Gula Aren : Alternatif Pemanis yang Aman

Categories: Referensi Arenga Palm Sugar|Komentar Dinonaktifkan pada Gula Aren : Alternatif Pemanis yang Aman|


Hampir 2 tahun menjadi juragan gula aren, sedikit banyak membuat saya mengerti pada pola kebiasaan masyarakat di beberapa desa yang menjadi supplier kami. Umumnya mereka tidak memakai gula pasir untuk pemanis sehari-hari. Jika Anda menganggap wajar karena gula aren berlimpah di sekeliling mereka, mungkin anda sedikit keliru. Dari menggali lewat beberapa pertanyaan, mereka lebih memilih gula aren karena khasiat, rasa dan aromanya yang cenderung tidak tergantikan oleh gula lainnya.

Dulu, sebelum terjun di bisnis ini, saya menganggap palm sugar atau ada juga yang keliru menyebutnya sebagai brown sugar, tidak punya hubungan kekerabatan dengan gula aren. Maklum lah otak belum mampu membangun koneksi antara tumbuhan palmae dan gula, ditambah lagi namanya terdengar jauh dari kampung; Palm Sugar. Karena tidak puny ide dari mana datangnya, kebetulan ketemunya di hotel-hotel berbintang, café-café dan beberapa toko-toko kue, jadi wajarkan kalau dulunya gula ini saya anggap sebagai gulanya orang kaya?

Tidak mengetahui apa-apa memang merusak. Jadi bapak dan ibu berhati-hatilah dengan ketidak tahuan kita. Padahal kalau sedikit saja berbalik, nenek moyang saya menggunaka gula alami ini dalam masakan sehari-hari. Sayur asem itu hanya sedap kalau memakai palm sugar. Rujak dan gado-gado tidak akan disebut demikian kalau tidak ada kandungan palm sugar-nya.

Jadi, orang-orang kampung yang saya sebutkan diatas memperoleh keberkahan sendiri dari Yang Diatas. Mereka hidup dengan gula sehat dan tidak perlu mempertaruhkan kesehatan dengan gula pasir. Disamping itu mereka juga telah membuat saya lebih cerdik dengan memakai gula aren untuk segala jenis pemanis dan penggurih masakan di rumah. Dan saya juga terkekeh membayangkan, para petani itu menyamakan kedudukan dengan para café goers yang keren-keren melalui pemakain palm sugar dalam minuman kopi, teh dan susu mereka.

Sebetulnya gula aren dipakai orang dalam makanan apa saja sih?

Sedikit diantaranya : pempek, dodol, apem, kue codot, jojorong, klepon, kue tutun atau dodol cina, wajid, kue ali, cucur, lupis, dodongkol, teng-teng, awug, cendol, dan aneka jenis kolak.

Bahkan meminum gula aren yang dilarutkan dalam air putih merupakan kebiasaan yang umum di desa. Minuman ini memiliki kelebihan, selain menimbulkan tenaga, juga dapat menghilangkan sakit pinggang dan pegal-pegal. Kalau ditambahkan batu es, rasanya tambah sedap.

Nah, dari informasi ini, saya bertambah yakin bahwa upaya mensubtitusi gula putih atau gula pasir yang umumnya berasal dari gula tebu dengan gula aren sangat berpeluang. Peluang tambah menjulur apabila setiap orang semakin memahami bahwa sesungguhnya gula aren memiliki berbagai kelebihan nutrisi dibandingkan dengan gula putih, terutama kalau kita bicara soal gizi dan kesehatan.

Salam sehat,
— Evi
Gula Sehat

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula-aren-cair-1-liter-arenga

    Gula Aren Cair 1 Liter Arenga Untuk Kedai Kopi

Artikel Terkait