Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

Published On: 16 Juli 2020|Categories: Resep Masakan Arenga|38 Comments|

Resep Es Kopi Susu Gula Aren – Kopi adalah minuman yang punya cerita seribu satu malam. Memiliki hubungan benci tapi rindu dengan beberapa orang. Sebagian penikmat hanya mau minum kopi panas, tanpa gula, hitam pekat. Ada semacam perasaan berdosa jika mereka meminumnya dengan cara lain.

Kemudian ada orang yang akan menikmatinya dengan cara apa pun yang bisa mereka dapatkan – bahkan dalam permen. Ada pula orang-orang yang tidak peduli dengan kopi tetapi akan meminumnya per galon jika itu diberi es. Nah kamu mana nih sahabat Arenga?

Buat Es Kopi Susu Sendiri

Lalu apakah kamu sering nongkrong di kedai kopi ternama yang harga segelas atau sekaleng es kopi susunya sebanding dengan 5 liter beras? Minum hanya satu gelas sehari di kedai kopi mahal memang tak begitu terasa kalau hanya satu kali. Namun bagi kamu para pengopi, pecandu sejati, kebiasaan itu mungkin bisa menggerus penghasilan bulanan.

Arenga tidak mengatakan teman-teman harus menghentikan kebiasaan minum kopinya. Sebab bisaΒ  membuat segelas es kopi gula aren yang lezat ini langsung di rumah. Untuk biaya kopi dua hari di cafe bisa senilai seminggu kopi di rumah.

Coba saja resep di bawah ini ya

Bahan Es Kopi Susu Gula Aren

  • 2/3 cangkir susu (dingin)
  • 3 sendok makan air (hangat)
  • 2 sendok teh bubuk kopi instan
  • 2 sendok makan Arenga gula aren cair
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat

  • Tempatkan kopi dan air hangat dalam cangkir, aduk rata.
  • Masukan berturut-turut Arenga gula aren cair ke dalam gelas saji.
  • Berturut-turut masukan es batu, kopi dan terakhir susu cair.
  • Aduk dan nikmatiResep ini untuk 1 porsi. bisa digandakan Β untuk membuat porsi lebih besar atau untuk melayani orang lebih banyak

Manfaat Rajin Minum Kopi Susu Gula Aren

Susu seperti kita tahu kaya akan protein ini sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Manfaat rajin minum susu sapi setiap hari dapat memulihkan otot, menjaga berat badan, menjagaka kesehatan tulang dan gigi, juga membantu mempercepat pemulihan tubuh pasca sakit.

Sementara reputasi manfaat kopi juga tak sedikit kalau tak bisa dibilang sebesar susu. Minum secangkir (atau gelas), sehari akan membuat kita
lebih sehat dalam jangka panjang.

Karena kopi mengandung anti-oksidan, dan ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah kita terserang penyakit tertentu.

Namun seperti apa pun juga, tidak boleh kebanyakan. Kebanyakan kopi tidak baik untuk waktu lama. Sekalipun es kopi susu gula aren itu emang enak banget, segelas sehari sudah cukup ya teman-teman

Share artikel ini

38 Comments

  1. Jarwadi MJ Juli 18, 2020 at 9:50 pm - Reply

    Ditunggu resep Teh terbaik dengan gula palm Arenga, hehe. Biar semenarik kopi ini πŸ™‚

    • Arenga Indonesia Juli 19, 2020 at 9:22 pm - Reply

      Asyiaaaap Mas. Kebetulan sudah ada resepnya. Mudah-mudahan sebentar lagi tayang hehehe

  2. Jiah Al Jafara Juli 20, 2020 at 11:29 am - Reply

    Boleh dicoba. Aku jarang ngopi. Tapi kalau lihat orang ngopi pakai gula aren, kayanya enak banget. Apalagi pakai es

  3. Nurul Sufitri Juli 20, 2020 at 3:38 pm - Reply

    Berarti kopi hitamnya tetap diaduk dengan air panas aja ya atau hangat supaya lekas larut? Baru dituang gula arennya. Atau boleh ga kalau susu dinginnya duluan yg dituang? Asli aku jadi kepengen nyobain bikin hehehe. Sayang juga sih fulus habis buat secangkir kopi senilai dengan 5 liter beras πŸ™‚ Bikin di rumah aja deh manfaatnya banyak ya buat kesehatan tubuh kita. TFS uni Evi.

    • Arenga Indonesia Juli 22, 2020 at 9:48 am - Reply

      Boleh susu dinginnya dulu dituang habis itu menyusul kopinya yang sudah dilarutkan πŸ™‚

  4. Alfa Kurnia Juli 20, 2020 at 6:17 pm - Reply

    Wah, terima kasih resepnya. Sudah dari kapan hari kangen minum kopi susu gula aren tapi terlalu mager untuk order GoFood sekalipun hahaha. Bakal dicoba nih.

    • Arenga Indonesia Juli 22, 2020 at 9:46 am - Reply

      Iya silahkan dicoba. Kelebihan dari membuat sendiri, rasa manisnya bisa disesuaikan dengan selera sendiri πŸ™‚

  5. lianny hendrawati Juli 20, 2020 at 7:06 pm - Reply

    Sekarang banyak yang berjualan kopi susu dengan gula aren ya. Suamiku sukanya kopi hitam tanpa gula, aku sendiri lebih suka teh.
    Ntar kapan-kapan coba deh es kopi susu pakai gula aren, sepertinya nikmat πŸ™‚

  6. Fajrin Herris Juli 21, 2020 at 11:29 am - Reply

    Bisa dicoba sendiri nih bikin es kopi dirumah ya tante. Apalagi pas siang2 gini, pasti seger banget

    • Arenga Indonesia Juli 22, 2020 at 9:40 am - Reply

      Iya bisa dicoba sendiri, Jrin. Mudah kan cara membuat kopi susu gula aren ala Arenga Indonesia πŸ™‚

  7. Siti Nurjanah Juli 21, 2020 at 3:05 pm - Reply

    Wuih seger banget nih kalau disajikan saat siang hari yang terik. Manisnya gula aren dan sedapnya kenikmatan rasa kopi bisa bikin ga ngantuk

    • Arenga Indonesia Juli 22, 2020 at 9:39 am - Reply

      Pekerjaan lancar, kita kreatif dan lebih bahagia, Mbak πŸ™‚

  8. Ruli retno Juli 21, 2020 at 4:13 pm - Reply

    Pas banget beberapa hari ini aku lagi cari resep bikin kopi ini buat suamiku, akhirnya ketemu arenga

  9. NurulRahma Juli 21, 2020 at 6:00 pm - Reply

    Akuu akuuuu penikmat es kopsus gula aren!
    Kalo ngemall (jaman blum pendemi covid) aku selalu pesen segelas mba
    Sekarang ada resepnya, asik cuss bikin ah

    • Arenga Indonesia Juli 22, 2020 at 9:36 am - Reply

      Iya Mbak. Bikin sendiri aja. Lebih mudah dan kita bisa kontrol kontennya dengan bahan-bahan sehat πŸ™‚

  10. Elly Nurul Juli 21, 2020 at 9:57 pm - Reply

    Iya manfaat kopi sesungguhnya baik untuk kesehatan tubuh, begitu pula dengan gula aren.. tapi memang apapun yang di konsumsi secara berlebihan akan tidak baik juga untuk tubuh ya.. maka itu makan dan minum secukupnya saja.

    • Arenga Indonesia Juli 22, 2020 at 9:35 am - Reply

      Iya Mbak. Alam semesta ini dirancang dengan harmonis. Sesuatu yang kelebihan atau kekurangan akan merusakan tatakan harmonisasi hehehe

  11. Dzulkhulaifah Juli 21, 2020 at 10:59 pm - Reply

    Waktu kecil aku suka menyesap kopi susu milik ibuku, tapi dulu belum familiar sama gula aren. Sekarang sih aku udah nggak minum kopi lagi. Kira-kira buat campuran minuman lain gula aren cairnya pasti nikmat juga kan ya? Atau bisa untuk campuran masakan juga kah?

    • Arenga Indonesia Juli 22, 2020 at 9:34 am - Reply

      Gula aren gak harus hanya untuk kopi, Mbak. Untuk minum susu sapi atau susu soya rasanya enak banget. Begitu pun untuk melegikan kue, cookies dan aneka makanan yang membutuhkan gula merah. Arenga gula aren bisa dicoba πŸ™‚

  12. Nanik Nara Juli 22, 2020 at 9:54 am - Reply

    Saya kadang minum kopi, di rumah aja, kopi susu sachetan.
    Kalau suami sukanya kopi hitam.
    Es kopi susu gula aren, sepertinya menarik untuk dicoba

    • Dyah Kusuma Susanti Juli 22, 2020 at 4:24 pm - Reply

      Lama tak buat kopi. Ide bagus nih mba, buat varian ngopi. Siap untuj dieksekusi. Thanks resepnya mba Evi

  13. Lina W. Sasmita Juli 22, 2020 at 10:55 am - Reply

    Duuh di rumah banyak nih stok gula aren dan kental manis. Tinggal pilih kopinya mau apa. Sayang udah gak boleh minum kopi.

  14. Milda Ini Juli 22, 2020 at 1:07 pm - Reply

    Wah, someday i need coffee every day with little milk. But I should try doing like this coffee with little ice cubes. Thank for you sharing

  15. Dedew Juli 22, 2020 at 5:32 pm - Reply

    Aku cinta banget sama es kopi susu gula aren Uni, hanya ingat harganya dan kadar gulanya yang tinggi, hihi, jadi nggak sering minumnya..aku penasaran dengan gula aren Arenga…

  16. widyanti yuliandari Juli 22, 2020 at 7:04 pm - Reply

    Karena aku tidak minum susu hewan, apakah bisa susu diganti susu nabati seperti almond milk atau susu kedelai Mbak?

  17. Eri Udiyawati Juli 22, 2020 at 8:17 pm - Reply

    Kalau bikin sendiri memang lebih hemat, ya. Jadi pengen nih minum es kopi gula aren, apalagi pas cuaca panas. Cocok banget deh.

  18. Selalu suka es kopi susu apalagi diminumnya saat cuaca panas sama makan camilan yang enak gtu πŸ˜€
    Malah jarang minum di coffee shop sih mbak, seringnya bikin sendiri di rumah. Tp blm pernah bikin dengan gula aren. Penasaran rasanya.

  19. Hidayah Sulistyowati Juli 22, 2020 at 10:17 pm - Reply

    Aku belum pernah minum kopi pakai gula aren, tapi sebenarnya ada stok gula aren di rumah untuk bikin wedang.
    Coba deh aku bikin resepnya, anakku yang bungsu addict es kopi susu

  20. lendyagasshi Juli 22, 2020 at 10:30 pm - Reply

    Kopinya dimasukkan bersamaan dengan air hangat yaa…lalu gula aren, es batu, terakhir susu.
    Aku suka banget jajan Kopi Gula Aren.
    Rasanya gak terllau manis, jadi masih tampak rasa kopi yang khas.

  21. indah nuria Juli 22, 2020 at 10:36 pm - Reply

    gula aren ini juaraaa memang mba. Karena aku udah ngga ngopi, aku pakai gula aren untuk yang yang lainnya, termasuk untuk buat tempe bacem, semur dan sayur asem mbaaa. Enaaaak

  22. Lisdha Juli 23, 2020 at 6:05 am - Reply

    Jadi inget seorang mbah di kampung. Sekarang sudah almarhum. Mbah Wito namanya. Mbah Wito ini hobinya minum pakai gula aren. Kalau kopi, pakainya kopi tubruk disajikan panas dan pait, lalu gula arennya dipotong ditaruh dilepek. Jadi beliau minum kopi sambil ngemut gula aren gitu πŸ™‚
    Btw..saya suka kopi tp malah belum pernah coba pakai gula aren. masih sebatas gula pasir dosis setengah. Bisa nih coba rasa lain πŸ™‚

    • Arenga Indonesia Juli 23, 2020 at 9:46 am - Reply

      Cerita dan kisah kopi gula aren yang menarik, mbak Lisdha. Terima kasih ya sudah berbagi πŸ™‚

  23. meykke santoso Juli 24, 2020 at 2:28 pm - Reply

    Wah siang siang liat kayak gini langsung mak nyesss mba pingin, apalagi emang suka kopi,ini ditambah gula aren. Pasti lebih mantap ya mba

  24. diane Juli 25, 2020 at 9:59 pm - Reply

    Kebayang banget nih lezatnya…pengen cobain pake gula Arenga nih…apalagi belum pernah bikin kopi susu dengan resep seperti ini…

Terima kasih sudah mampir. Silahkan tinggalkan kesan dan pesan teman-teman di bawah ya. Mencegah spam komentar teman-teman kami moderasi πŸ™‚

Artikel Terbaru

  • Rolade-bayam-bagi-yang-kurang-suka-makan-sayur

    Rolade Bayam, Alternatif Untuk Anak-Anak yang Tak Suka Sayur

  • Gula-aren-cair-untuk-cafe

    Organic Palm Sugar, Sama kah Dengan Gula Aren Asli?

  • Optimalkan kinerja otak dengan herbal ini

    Optimalkan Kinerja Otak Dengan Herbal Ini

  • Sate peluang usaha yang menjanjikan

    Peluang Usaha Sate, 4 Pilihan Sate yang Menjanjikan

  • Mengenal tanaman sorgum dan manfaatnya

    Tanaman Sorgum dan Aneka Produknya

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • gula-aren-cair-1-liter-arenga

    Gula Aren Cair 1 Liter Arenga Untuk Kedai Kopi dan Minuman

Artikel Terkait