Resep Masakan Telur yang Pasti Disukai Anak-Anak

Published On: 3 September 2020|Categories: Resep Masakan Arenga|23 Comments|
7 resep masakan telur yang pasti disukai anak-anak- Rendang Telur

Resep Masakan Telur yang Pasti  Disukai Anak-Anak – Telur  mengandung protein dan zat gizi yang diperlukan pertumbuhan. Anak-anak yang tak alergi terhadap telur disarankan untuk mengkonsumsi  paling tidak sebanyak 4 butir per minggu.

 

Mengolah telur untuk masakan sehari-hari tidak sulit. Yang paling mudah adalah digoreng atau direbus. Tapi tentu saja anak-anak akan cepat bosan jika mengkonsumsi telur goreng atau rebus setiap hari. Sebagai orang tua mau tak mau kita harus putar otak bagaimana caranya agar mereka  rajin makan telur tapi tidak pakai ‘drama”.  Caranya tentu saja dengan berbagai variasi olahan menu masakan telur.

Berikut saya akan memberikan 7 resep masakan telur yang pasti disukai anak-anak.

Baca juga 4 Resep Minuman Tradisional Menggunakan Gula Aren

1. Asem-Asem Telur Puyuh

Salah satu aneka masakan telur yang pasti disukai anak-anak adalah telur puyuh. Berasal dari burung puyuh. Melihat bentuknya saja anak-anak pasti suka. Kecil-kecil seperti bakso yang menimbulkan kesan lucu. Anak saya dulu selalu memanggil telur puyuh dengan “telur mini”. Mereka paling senang kalau menemukannya dalam sop. “Sekali gigit langsung hilang”, Kata mereka.

Berikut  resep asem-asem telur puyuh terlebih dahulu. 

Bahan-Bahan untuk Membuat Asem-Asem Telur Puyuh

  • 500 gram daging tetelan
  • 200 gram buncis dipotong kecil
  • 20 butir telur puyuh, rebus dan kupas
  • 1 sendok makan kecap manis
  • Setengah sendok makan Arenga Palm sugar
  • 6 buah bawang merah diiris tipis
  • 3 siung bawang putih diiris tipis
  • 6 buah belimbing wuluh dipotong menjadi 3
  • Setengah jari lengkuas dimemarkan
  • Garam, daun salam, asam jawa, minyak goreng, dan air kaldu secukupnya.

Cara Membuat Asem-Asem Telur Puyuh

  1. Daging tetelan direbus sampai empuk kemudian potong kecil-kecil
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, sampai harum. Masukkan potongan buncis, lengkuas, dan daun salam. A
  3. Aduk-aduk,  tambahkan kecap manis, air kaldu dan tambahkan Arenga palm sugar (gula aren bubuk).
  4. Masukkan pula potongan belimbing wuluh, garam, asam jawa, telur puyuh, dan potongan daging.
  5. Tunggu sampai matang, angkat

Baca juga Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

2. Rendang Telur Ayam

Gula aren untuk memasak

Pemanis yang pas! Gula aren untuk resep masakan telur

Masalah nutrisi telur ayam tak perlu diperdebatkan lagi. Terima saja sebagai kenyataan bahwa telur ayam ini paling mudah “ditangani” di dapur kita. Belinya juga mudah. Mulai dari pasar, warung, mini market, maupun supermarket.

Telur juga sering jadi menu darurat. Ketika tak sempat masak atau diburu waktu, telur ceplok adalah jalan keluar.

Nah untuk buah hati tersayang kita, mari tingkatkan menu telur ayam dengan bumbu lebih banyak, rendang telur.

Baca juga:

Bahan-bahan Membuat Rendang Telur Ayam

  • 8 butir telur ayam, rebus, kus
  • 3/4 butir kelapa tua diparut dan dibuat santan
  • 5 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 ruas jari lengkuas, geprek
  • 2 buah cabe merah ( skip bila anak-anak tidak suka pedas)
  • 1/2 ruas jari kunyit
  • 1/2 lembar daun kunyit
  • 1/2 ruas jari jahe
  • Arenga sugar secukupnya

Cara Membuat Rendang Telur Ayam

  1. Haluskan semua bumbu, kecuali lengkuas dan daun kunyit
  2. Tumis dengan sedikit minyak sampai harum
  3. Masukan santan. Tunggu sampai mendidih,  masukan telur yang sudah dikupas
  4. Masukan lengkuas yang sudah dimemarkan dan daun kunyit
  5. Beri sedikit Arenga palm sugar agar rasanya lebih legit
  6. Tunggu sampai rendang berminyak dan agak kering, angkat

3. Resep Pepes Telur Asin

Telur asin untuk pepes

Telur asin untuk pepes salah satu aneka resep masakan telur yang selalu bisa dipilih orang tua untuk anak-anak tercinta

Telur asin adalah makanan awetan tapi dengan nilai nutrisi relatif masih banyak. Biasanya dibuat dari telur itik dengan warna biru terang yang menarik. Kebanyakan telur asin kita nikmati sebagai dengan cara direbus. Digunakan sebagai  isi tambahan dalam rawon, nasi jamlang, dan nasi lengko. 

Yuk kita coba menu lain, pepes telur asin

Bahan-bahan Membuat Pepes Telur Asin

  • 150 gram bawang merah diiris tipis
  • 8 butir telur asin yang masih mentah
  • 3 butir bawang putih diiris tipis
  • 2 cabe merah diiris tipis
  • 5 tangkai daun kemangi
  • Setengah jari lengkuas dimemarkan
  • 100 cc santan kental
  • Garam, gula aren bubuk, daun pisang secukupnya

Cara Membuat Pepes Telur Asin

  1. Kecuali telur asin, semua bahan tadi dicampur menjadi satu aduk sampai rata cicipi asin dan manisnya.
  2. Setelah itu ambil daun pisang selembar, pecahkan telur asin 1 butir,tambahkan satu sendok makan santan dan campuran bumbu secukupnya. Bungkus dengan rapi dan semat dengan lidi.
  3. Kerjakan seterusnya sampai habis.
  4. Masukkan ke dalam dandang dan dikukus sampai matang.

4. Resep Telur Bersembunyi

Aneka masakan telur yang salah satunya adalah telur yang tersebunyi dalam tersembunyi

Resep telur tersembunyi

Sebenarnya ini adalah baso daging yang isinya telur. Rasanya yang gurih alami, merangsang selera makan dan pasti disukai anak-anak. 

Bahan-Bahan Resep Telur Tersembunyi

  • 5 butir telur ayam direbus dan dikupas
  • 450 gram daging cincang
  • 3 sendok makan susu murni sapi
  • 1 butir telur ayam dipisahkan dari putihnya
  • 60 gram tepung roti
  • Garam, pala, merica halus, secukupnya
  • Minyak Untuk menggoreng

Cara Membuat Telur Tersembunyi

  • Daging cincang, garam, merica, pala, susu, dan kuning telur dicampur menjadi satu aduk sampai rata.
  • Bagi campuran menjadi 5
  • Telur dibungkus satu-persatu dengan campuran daging cincang tadi sampai telurnya tertutup penuh.
  • Masukkan ke dalam putih telur yang sudah dikocok sebentar kemudian gulingkan ke dalam tepung roti sampai rata.
  • Goreng dalam minyak panasnya sedang sampai warnanya kecoklatan.
  • Sebelum dihidangkan gorengan telur tadi dipotong menjadi dua atau menurut selera.

5. Resep Telur Bumbu Petis

  • 10 butir telur ayam
  • 10 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 buah cabe merah
  • 1 gelas santan
  • Satu sendok teh petis udang
  • Satu iris temu kunci
  • Garam, gula aren bubuk, dan lada secukupnya

Cara Membuat Telur Bumbu Petis

  1. Telur ayam direbus sampai matang kupas kulitnya dan sisihkan.
  2. Bawang merah dan bawang putih diiris tipis-tipis
  3. Cabe merah diiris serong, temu kunci dimemarkan
  4. Tumis bumbu sampai baunya harum
  5. Masukkan petis udang, telur santan, garam, dan gula aren bubuk
  6. Bila santan sudah menyusut tambahkan sedikit lada
  7. Masak sampai matang dan dihidangkan

6. Resep Telur Gulung

Telur Gulung  satu lagi dari aneka masakan telur yang pasti disukai anak-anak:

  • 250 gram daging cincang ayam
  • 100 gram jamur
  • 150 g wortel
  • 150 gram rebung
  • 100 gram taoge
  • 2 buah cabai hijau
  • 2 butir telur ayam
  • Setengah sendok makan tepung maizena
  • Satu sendok teh air
  • 3 siung bawang putih
  • Setengah sendok makan kecap manis dan kecap asin
  • Satu sendok teh lada halus
  • Garam dan gula aren bubuk secukupnya, minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Telur Gulung

  1. Kocok kuning telur sebentar campur kan tepung maizena yang sudah dicampur air aduk sampai rata
  2. Wortel dan rebung dipotong kecil-kecil. Jamur direndam dengan air dingin.
  3. Toge dibersihkan, cabe diiris halus dan sisihkan
  4. Tumis bawang putih sampai setengah kering masukkan ayam cincang, rebung, wortel, cabe hijau, taoge, aduk sampai rata.
  5. Tambahkan kecap manis, kecap asin, garam lada, dan sedikit air angkat dan sisihkan.
  6. Dadar kuning telur selembar tipis-tipis kemudian diisi dengan bahan isi tadi baru digulung. Setelah itu celupkan ke dalam tepung maizena yang sudah dicairkan terlebih dahulu.
  7. Goreng sampai matang. Bila dihidangkan bisa dicocol dengan saus tomat atau saus cabe.

7. Aneka Resep Masakan Telur Puyuh Keluak

Bahan-bahan

  • 15 telur puyuh direbus dan dikupas
  • 100 g kacang tolo
  • 200 cc santan
  • 1 lembar daun salam
  • Setengah jari lengkuas dimemarkan
  • 1 lembar daun jeruk purut
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bahan-bahan yang dihaluskan untuk membuat telur puyuh masak keluak
  • Tiga buah keluak diambil isinya
  • 4 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah cabe merah
  • Satu sendok teh ketumbar
  • Garam dan gula aren bubuk secukupnya

Cara membuat telur puyuh masak keluak

  1. Bersihkan kacang tolo rendam 1 malam dan tiriskan
  2. Bumbu yang sudah dihaluskan ditumis sampai baunya harum
  3. Masukkan lengkuas daun salam daun jeruk purut dan santan satu gelas. biarkan sampai mendidih kemudian masukkan kacang tolo dan telur yang sudah dikupas.
  4. Biarkan sebentar sambil diaduk-aduk tuangkan sisa santan aduk sebentar biarkan sampai kacangnya matang baru diangkat dari api

Memasak makanan sehari-hari untuk keluarga memang membutuhkan strategi khusus. Belajar dari aneka resep yang banyak di internet banyak membantu. Mencegah menunya tak hanya itu-itu saja. Membuat anak-anak cepat bosan. Semoga 7 Resep Masakan Telur yang Pasti Disukai Anak-Anak ini bisa membantu teman-teman semua. 

Kontak Arenga https://wa.me/6281932418190

Share artikel ini

23 Comments

  1. @nurulrahma September 7, 2020 at 9:41 am

    Telor kesukaan keluarga kamiii
    Tapi ya gitu, tiap hari kalo nggak dadar ya ceplok 😀
    Gituuuu mulu dah

    Makasi inspirasi resepnya Mba, mau daku praktekin ahhh

  2. Jiah Al Jafara September 7, 2020 at 9:41 am

    Bisa dieksekusi nih resep telurnya. Aku kalau masak telur tuh simpel kaya dadar, balado, sama kecap. Sesekali kudu masak yang berbeda biar makan lebih semangat

  3. Nia Nastiti September 7, 2020 at 10:57 am

    Aneka resep telur puyuh emang andalanku banget Mak selama mpas anak sampe skrg dia udah batita masih ngandelin telur puyuh karen gampang dan boosting berat badan. Resepnya pengen aku coba 😀

  4. Dian Restu Agustina (@dianrestoe) September 7, 2020 at 3:09 pm

    Telur bahan yang praktis dan bisa divariasikan jadi banyak menu. Dan ini ketambahan 7 resep masakan yang pasti disukai anak-anak. Hepi akutu. Tengkyu! Tinggal eksekusi, karena saat mereka PJJ Ibunya mesti banyak ide

  5. lianny hendrawati September 7, 2020 at 9:40 pm

    Telur itu kesukaan anak-anak, jadi mesti sedia telur di rumah. Kalau gak ada bahan makanan lain untuk diolah, asal ada telur, beres lah. Bisa direbus, dadar, ceplok, bikin nasi goreng pake telur aja juga bisa hehe.
    Mau simpan ah resep masakan telur ini. Aku tertarik nih cobain yang telur tersembunyi, pasti anak-anak suka.

  6. Mugniar September 7, 2020 at 11:07 pm

    Anak-anak biasanya gak bisa telur, semuanya bisa dicoba nih.

  7. Keke Naima September 8, 2020 at 3:53 pm

    Mantaaap! Banyak aja resepnya. Ada beberapa yang belum pernah saya cobain. Padahal telur selalu diusahakan ada di rumah. Mau ah dipraktekkin

  8. Lina sophy September 8, 2020 at 7:59 pm

    Ternyata banyak resep untuk menu olahan telur ya kak Evi, anak saya demen banget telur tapi sayanya males coba-coba. Jadi kalau nggak ceplok, dasar atau orak arik.. makasih sudah berbagi 😁

  9. Dian E. Suryaman September 8, 2020 at 10:56 pm

    Ya ampun..itu menu telurnya menggoda banget kak…Boleh nih disimpan buat praktekin kalo pas mentok bingung mau olahan telur apa..hehe Seringnay cuma diceplok atau didadar aja..

  10. Nathalia DP September 9, 2020 at 1:06 am

    Unik-unik nih resep telurnya…
    Biasanya saya cuma bikin telur ceplok atau telur dadar, hihihi…

  11. indah nuria September 9, 2020 at 9:32 am

    resepnya oke semuaaa nih mba..aku pengen coba hidden eggs yang kayaknya anak – anak pasti suka bangeeet nih

  12. halochichie September 9, 2020 at 10:31 am

    Anakku nih favorit banget sama telur, setiap makan pasti harus ada telurnya. Aku belum pernah nih bikin asam-asam telur puyuh. Kalau rendang telur sudah pernah bikin dan gak aku kasih cabai, cobain ah beberapa resep yang ada disini.

  13. Nurul Sufitri September 9, 2020 at 12:18 pm

    Swear, aku sampe nelen ludah baca tulisan uni Evi ini 🙂 Ditambah foto2nya makin menggugah selera. Masakan telur aku seriiing bikin. Terutama yang bumbu balado. Enak2 semua ya, anak2ku juga doyan banget. Makasih ya resepnya. Telur asin juga aku syukaaaa 🙂 Istilahnya tuh bikin telur ceplok atau dadar, tinggal merem ya hahaha 😀

  14. Grandys Sofia September 9, 2020 at 2:53 pm

    Telur itu merupakan menu andalan banget buat di rumah. Pokoknya dari telur bisa jadi 10 macam varian masakan yg sedap, aku blm coba bikin pepes telur asin ini nih

  15. Aprillia Ekasari September 9, 2020 at 6:51 pm

    Nyam-nyam kelihatannya enak banget ini makanan2nya. Kapan2 mau ah nyobain resepnya, udah bosen soalnya telur kok diceplok ma dadar terus hehe. Terima kasih sharing resepnya mbakMin 😀

  16. Nunung Yuni Anggraeni September 9, 2020 at 9:03 pm

    Sebenarnya banyak banget ya mbak, masakan yang menggunakan telur. Tapi apalah daya aku malas masak, jadinya ya cuma telur dadar sama ceplok doang. Padahal resepnya banyak dan enak enak tuh sepertinya

  17. Lina W. Sasmita September 9, 2020 at 9:54 pm

    Alhamdulillah nemu resep baru lagi. Selama ini kadang bosan dengan olahan telur yang kalau nggak digoreng ya direbus atau disambal.

  18. lendyagasshi September 9, 2020 at 10:54 pm

    Sukaaa~
    Beneran siih…telur itu makanan yang selalu kami konsumsi. Karena anak-anak suka.
    Tapi mamak uda bosyan makan telur melulu.
    Diolah mengikuti resep di sini aah…Enaak~

  19. Uniek Kaswarganti September 9, 2020 at 11:55 pm

    Enak semua nih resep olahan telurnya. Dojamin anak-anak pasti suka tuh mba.

  20. tamasyaku.com September 10, 2020 at 12:21 am

    Aku tim tahu telur, mba. Jadi tahu dihancurkan, kasih telur garam, didadar. Enaaakk bgt pakai sambel kecap.

  21. Dian September 10, 2020 at 5:42 am

    Wahhh mantap resepnya, bisa di coba di rumah, biar makan telur lbh variatif lagi

  22. peralatanbakery September 16, 2020 at 10:59 am

    rendang telur ayam paling juara 😀 aku suka banget!!

    • Arenga Indonesia September 23, 2020 at 9:24 pm

      Emang enak banget ya kak 🙂

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Rolade-bayam-bagi-yang-kurang-suka-makan-sayur

    Rolade Bayam, Alternatif Untuk Anak-Anak yang Tak Suka Sayur

  • Gula-aren-cair-untuk-cafe

    Organic Palm Sugar, Sama kah Dengan Gula Aren Asli?

  • Optimalkan kinerja otak dengan herbal ini

    Optimalkan Kinerja Otak Dengan Herbal Ini

  • Sate peluang usaha yang menjanjikan

    Peluang Usaha Sate, 4 Pilihan Sate yang Menjanjikan

  • Mengenal tanaman sorgum dan manfaatnya

    Tanaman Sorgum dan Aneka Produknya

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • gula-aren-cair-1-liter-arenga

    Gula Aren Cair 1 Liter Arenga Untuk Kedai Kopi dan Minuman

Artikel Terkait