Mengapa Kayu Manis Jadi Incaran Penjelajah Arab dan Eropa – Nusantara ini pernah jadi inceran para penjelajah Arab dan Eropa. Bahkan Portugis dan Belanda bertindak lebih jauh dengan menjadikannya sebagai wilayah jajahan. Salah satunya  karena pohon yang kulit bagian dalamnya bila kering mengeluarkan aroma kuat, manis, dan pedas.

Kayu manis adalah rempah-rempah, berasal dari kulit beberapa pohon termasuk dalam genus Cinnamomum. Terkenal di dapur dan koki di seluruh dunia. Hampir semua orang pernah mencicipi kayu manis, baik gulung atau sudah jadi bubuk. Baik sebagai bumbu masak, dan berbagai resep minuman. Bahkan roti bakar kayu manis bisa membuat kita tersenyum di ujung lidah. Atau paling tidak teman-teman pernah menikmatinya dalam masakan keluarga.

Baca juga:

 

Alasan Utama Jadi Incaran Karena Banyak Manfaat

Para penjalajah kuno itu tak salah datang ke Nusatara. Negeri tropis dengan kekayaan hayati. Tentang kayu manis, sains telah menemukan bukti, membenarkan penghormatan yang diberikan orang-orang kuno pada bumbu sederhana ini.

Foto pohon kayu manis

Seperti apa pohon kayu manis itu? Batang pohon cukup tinggi untuk diambil kulitnya. Dan daun mudanya seperti ini, berwarna merah cerah yang nanti akan berubah jadi hijau seiring waktu. Terakhir daun berubah jadi coklat lalu rontok

Beberapa Alasan Mengapa Kayu Manis Jadi Incaran dan Populer di Dunia

  1. Yang paling utama dari kayu manis adalah aromanya yang menyengat. Digunakan juru masak di seluruh dunia untuk menghidupkan rasa masakan mereka. Aromanya yang menyenangkan dan menyegarkan itu, dapat meningkatkan cita rasa hidangan apapun yang disentuhnya.

2. Selain itu, kayu manis digunakan oleh herbalis dan naturalis karena sifat obatnya yang kuat. Berdaya guna dalam melawan bakteri sampai kanker.

3. Meskipun manfaat kesehatan langsung sudah terbukti, kayu manis juga punya sejumlah sifat yang mempengaruhi kesehatan manusia secara tak langung. Masukan bebera kerat kulit kayu kering ke dalam kantong potpourri. Dihangatkan atau diletakan begitu saja akan menyalakan  aroma enak di sekitar ruangan. Karena bubuk atau kulit kayu manis  mengandung minyak esensial yang mengendalikan suasana hati yang buruk yang jadi penyebab  stres.

4. Itu saja belum cukup. Kayu manis dapat digunakan sebagai pengusir serangga. Minyak atsiri yang terkandung di dalam sangat efektif mengusir  nyamuk.

Banyak kan manfaat khasiat dan manfaatnya? Itu lah sedikit alasan mengapa kayu manis, kulit terutama jadi incaran para pedagang dan petualang Arab dan Eropa di masala lalu.

Semoga artikel singkat ini berguna bagi Sahabat Arenga