Menikmati Ikan Shisamo di Hokkaido

Categories: Kuliner Internasional, TRAVELING|Komentar Dinonaktifkan pada Menikmati Ikan Shisamo di Hokkaido|
Menikmati ikan shisamo di Hokkaido

Kalau Sobat Arenga traveling ke Hokkaido, Jepang, ada satu pengalaman kuliner yang tak boleh dilewatkan: menikmati ikan shisamo yang segar dan lezat.

Ikan shisamo atau Spirinchus lanceolatus, adalah ikan kecil keluarga anadromous, asli Hokkaido, Jepang. Biasanya ditemukan di sungai dan perairan dangkal. Penampilannya mirip dengan ikan teri.Tapi jelas kedua ikan ini berbeda.

Beda Ikan Shisamo dan Ikan Teri

Sekilas sama dengan ikan teri. Namun mereka adalah 2 makhluk yang berbeda.

Ikan shisamo adalah ikan kecil yang ditemukan di perairan pegunungan dan dataran rendah di Jepang, termasuk di Hokkaido. Ikan shisamo dikenal dengan tekstur yang renyah dan rasa yang lezat, dan menjadi hidangan favorit di daerah tersebut.

Sementara itu, ikan teri adalah ikan kecil yang sering ditemukan di laut di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Ikan teri juga dikenal dengan rasa yang gurih, selain diolah tersendiri, sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam makanan berempah.

Meskipun keduanya adalah ikan kecil, ikan shisamo dan ikan teri memiliki perbedaan dalam habitat dan daerah penyebarannya, serta penggunaan dalam masakan lokal yang berbeda.

Yang menyamakan mereka adalah kelezatan rasanya.

Menikmati Ikan Shisamo di Hokkaido

Menikmati ikan Shisamo di Hokka1do
Ikan shisamo tepung roti disajikan bersama salad

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati ikan shisamo di Hokkaido adalah di restoran-restoran lokal. Kalau teman-teman menginap di salah satu hotel yang cukup baik di Hokkaido, biasanya mereka juga menyajikan ikan shisamo sebagai salah satu konten sarapan pagi.

Yang terbaik tentu menemukan di tempat makan yang dihidangkandalam berbagai macam cara. Ada yang disajikan mentah sebagai sushi atau sashimi, atau digoreng dengan tepung roti untuk membuat makanan ringan yang renyah.

Namun menurut orang lokal, cara terbaik untuk menikmati ikan shisamo adalah dengan memanggangnya di atas bara api yang panas. Ikan tersebut diberi sedikit garam dan kemudian dibakar hingga kulitnya garing sempurna.

Shisamo bakar ini, dagingnya terasa lembut, gurih, dan sedikit rasa manis yang berpadu dengan rasa asin.

Saat menikmati ikan shisamo, jangan lupa ikuti cara masyakat lokal juga, padukan dengan sake lokal. Sake dari Hokkaido memiliki cita rasa yang khas dan menyegarkan, sehingga cocok untuk dinikmati bersama dengan ikan shisamo yang gurih.

Menikmati ikan shisamo di Hokkaido adalah sebuah pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Dari cita rasa yang lezat hingga pengalaman kuliner yang autentik, ini adalah sebuah pengalaman yang pasti akan terus diingat dan diinginkan kembali.

Ikan Pegunungan dan Dataran Rendah

Foto ikan shisamo bakar
Shisamo bakar

Ikan shisamo hidup di perairan yang terletak di daerah pegunungan dan dataran rendah di sepanjang wilayah utara Jepang, termasuk di Hokkaido. Mereka biasanya ditemukan di sungai, danau, dan laut yang terhubung dengan wilayah tersebut.

Selama musim panas, ikan shisamo bermigrasi dari laut ke sungai-sungai untuk berkembang biak. Setelah bertelur, mereka kembali ke laut dan memulai siklus hidup mereka lagi.

Ikan shisamo membutuhkan air yang jernih dan beroksigen tinggi, sehingga biasanya mereka ditemukan di perairan yang sejuk dan berarus deras.

Ikan shisamo juga dikenal sebagai salah satu ikan migran yang sangat berharga di Hokkaido. Mereka menjadi sumber makanan yang penting bagi penduduk setempat, dan juga menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang ingin mencoba hidangan lezat dari ikan tersebut.

Karena pentingnya ikan shisamo bagi ekosistem dan kehidupan manusia di Hokkaido, pemerintah Jepang telah melindungi ikan tersebut dengan undang-undang yang ketat untuk memastikan keberlangsungan hidup mereka di masa depan.

Arenga Indonesia. Pabrik gula aren di Tangerang.

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

    Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

  • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

    Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

  • Herbal alami atasi diare

    Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

  • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

    Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter