Resep Soto Padang Nikmat

Resep Soto Padang Nikmat

Resep Soto Padang Nikmat – Kemarin buka puasa di perjalanan. Kebetulan melewati Rumah Makan yang cukup terkenal di Bekasi. Karena kalau menunggu sampai di Serpong bisa lewat jam bukanya satu jam, saya memutuskan mampir di sana. Di samping di depan resto tertulis Soto Padang Nikmat, lansung bikin meleleh air liur. Terbayang  gimana enaknya hidangan Minangkabau yang sudah sangat populer se Nusantara ini. 

Resep Soto Padang Nikmat

Soto Padang Nikmat

Yang paling saya suka dari Soto Padang adalah selalu disajikan panas. Berbeda dengan hidangan lainnya yang sudah dingin,  Soto Padang akan selalu tersaji hangat. Aroma bawang goreng yang semerbak, pedas, asal dari perasan jeruk nipis, membuat hidangan ini segar sampai ke ulu hati. Dan yang paling utama adalah potongan daging garingnya yang kriuk-kriuk. Duh!

Untuk Sahabat Arenga yang suka masak dan ingin memberi menu istimewa untuk keluarga, simak ya resepnya.

Bahan-bahan Resep Soto Padang Nikmat:

  • 500 gram daging sapi tanpa lemak atau bagian paha
  • 2 liter air
  • 500 cc minyak untuk menggoreng
  • 205 gram lengkuas parut
  • 250 cc air untuk merebus lengkuas
  • 1 batang serai memarkan
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 3 cm kayumanis
  • 100 gram soun rendam air panas tiriskan
  • 3 butir telur rebus kupas iris iris
  • Perkedel atau keripik kentang secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya
  • Kerupuk merah
  • Irisan jeruk nipis
  • Garam secukupnya

Bumbu-bumbu yang dihaluskan:

  • 60 gram bawang merah
  • 25 g bawang putih
  • 1 SDT merica

Bahan untuk sambal:

  • 2 sendok makan cabe merah, sedikit garam, giling bersama 1 sendok teh terasi.
  • Goreng dengan sedikit minyak sampai harum

Cara membuat soto padang:

  1. Rebus daging sapi bersama 1 SDM garam hingga lunak angkat dari kaldu, lalu potong-potong kecil. Goreng hingga kering dan renyah.
  2. Rebus lengkuas parut
  3. Peras dan ambil sarinya. Tumis bumbu halus dengan minyak sisa menggoreng daging hingga harum.
  4. Masukkan ke dalam kaldu bersama air perasan lengkuas, serai, daun jeruk, dan kayu manis, didihkan.
  5. letakkan sound telur dan irisan tomat dalam mangkuk, siram dengan kuah soto.
  6. Taburi dengan bawang goreng dan kerupuk merah.
  7. Tambahkan perkedel kentang dan irisan jeruk nipis, dan sambal dalam tempat terpisah .

Selamat mencoba teman-teman

Share artikel ini

32 Comments

  1. Rosanna Simanjuntak April 17, 2021 at 9:31 am - Reply

    Bisa membayangkan!
    Aku juga kurang sreg kalau soto itu tidak panas.
    Rasanya sia-sia!
    Afdolnya, kaldunya,mendidih gitu pas disiram ke mangkuk.

    Setuju!
    Perasan jeruk nipis memang sungguh menggoda aromanya.
    Bahkan saat mengetikkannya di sini, aku pun meneguk liur. Hihihi.
    Kadangkala aku menambahan ke teh hangat lho.
    Alamak, aromanya itu, luar biasa gergetnya!

  2. Eryvia Maronie April 17, 2021 at 10:16 pm - Reply

    Ya ampun…
    Baca deskripsi rasanya aja saya udah ngences!
    Gimana kalo tuh soto ada di depan mata saya ya.. Heheh.

    Jujur saya belum pernah cobain yang namanya Soto Padang.
    Makasih ya kak udah berbagi resep.

  3. Dedew April 19, 2021 at 3:20 pm - Reply

    Iya Soto itu harus disajikan panas ya Ini.. Aku rasanya belum pernah makan Soto Padang yaa.. Bedanya apa ya dengan Soto lainnya.. Pengen..

  4. Ayi April 20, 2021 at 4:01 am - Reply

    Saya juga ga suka makan soto kalo udah dingin. Makanan berkuah paling enak ya pas masih panas dimakannya. Baca resepnya kayaknya mudah nih dibikinnya. Makasih ya mbak..

    • Arenga Indonesia April 21, 2021 at 3:33 pm - Reply

      Emang setting makan soto itu pas panas-panas. Kalau sudah dingin, terus minyak bumbunya sudah ngampang di atas dan beku, gak enak banget kelihatannya Mbak 🙂

  5. Rifia Nisya April 20, 2021 at 8:11 am - Reply

    Uih aku belum pernah makan soto padang, btw. Sepertinya lezat sekali yaa… Kelihatannya resepnya juga mudah dibuat. Mungkin suatu hari aku akan mencoba membuatnya sendiri..

    • Arenga Indonesia April 21, 2021 at 3:35 pm - Reply

      Iya Mbak, gak nyesel deh kalau dibuat sendiri. Wong enak banget, makannya sampai keringetan hahaha

  6. nurulrahma April 20, 2021 at 8:45 am - Reply

    Penggemar soto hadiiiirrr
    memang sedaapp banget kalo makan soto, dalam kondisi kuah panas
    tambahin sambel yg banyaakk
    niqmaaatt!

  7. Mia Yunita April 20, 2021 at 8:46 am - Reply

    Wah, aku sebagai soto lover jadi pengen nyicip Soto Padang nih. Makin naksir begitu liat ada dagingnya. Jelas enak nih. Kalo di kotaku yang djual rata-rata Soto Banjar, Soto Surabaya, Soto Lamongan dan Coto Makasar. Kalo di rumah makan Padang, paling yang ada sate padang. Thanks resepnya ya. Kalo ada kesempatan akan kucoba deh.

  8. Rani R Tyas April 20, 2021 at 9:28 am - Reply

    Kalau sama-sama pakai soun, rasa-rasanya mirip soto Semarangan ya Mbak? atau apa ya? hehe saya sih memang belum pernah makan soto padang. Dikasih resep Mbak Evi rasanya pengen bikin sendiri euy jadinya

  9. nyi Penengah Dewanti April 20, 2021 at 9:36 am - Reply

    Buka jam segini bikin ngiler hahaha soto itu seger banget kuahnya dan nikmat. Tapi kalau soto padang belum pernah cobain sih Kak

  10. Mugniar April 20, 2021 at 10:31 am - Reply

    Soto Padang ada kayu manisnya ya …. saya sudah merasakan berbagai macam masakan soto tapi gak ngeh soto apa saja itu. Next time mau lebih perhatian lagi, apa jenis-jenisnya.

  11. Lisdha April 20, 2021 at 2:53 pm - Reply

    Ah iya, baru nyadar kalau saya juga tidak familiar dengan soto padang. Padahal, kalau nasi padang mah seriiiiing.
    Ternyata soto padang ini tidak semassif nasi padang dalam bermigrasi ya mbak 🙂
    Sejauh mencicipi nasi padang di beberapa kota, saya belum pernah menemukan sajian soto padang di situ.
    Padahal baca deskripsi mba Evi ini saya jadi pengen juga euy nyicip soto padang

  12. Bibi Titi Teliti April 20, 2021 at 7:11 pm - Reply

    Soto mah harus disajikan panas mengepulbiar makin nikmat yah mbaaak
    Makasih resepnya, nanti dicobain

    tapi kalo kesukaan aku sih, ditabur emping di atasnya mbaaak biar makin nikmat hehe

  13. Dian Restu Agustina April 21, 2021 at 3:29 pm - Reply

    Mbak aku belum pernah racik bumbu sendiri untuk soto padang…biasa beli soto atau bumbu jadinya.
    Suka dengan soto padang ini karena tanpa nasi aja sudah kenyang..dan seger rempahnya itu lho komplit rasanya
    Pengin coba juga resepnya

  14. Elly Nurul April 21, 2021 at 3:54 pm - Reply

    Yumiee.. akutu belum pernah lho buat soto padang dirumah.. makan di restonya pun belum deh.. seringnya makan makanan padang tuh ngga jauh dari sate padang atau nasi padangnya aja hehe.. tapi layak deh ini aku cobain dulu baru deh nanti nyontek dari sini kalo mau bikin sendiri dirumah hehe

    • Arenga Indonesia April 21, 2021 at 8:42 pm - Reply

      Kapan-kapan pesan soto padang pas ke rumah makan padang, Mbak 🙂

  15. Nanik Nara April 21, 2021 at 5:47 pm - Reply

    Saya belum pernah makan soto padang, kayaknya segar nih buat pembuka puasa

    • Arenga Indonesia April 21, 2021 at 8:43 pm - Reply

      Banget Mbak Nanik. Buat buka puasa, pas banget, panas-panas gitu 🙂

  16. Dian April 21, 2021 at 5:57 pm - Reply

    omg soto padang! enak banget ya mbak
    aku sering beli di warung dekat kantor
    ternyata klo bikin sendiri sebenarnya mudah ya mbak
    resepnya aku contek ya mbak, kali saja aku pengen bikin sendiri

  17. Lidya April 21, 2021 at 6:55 pm - Reply

    Kesukaan aku banget soto padang, kemarin pingin banget beli ke rumah makan padang, Ternyata bikin juga gampanv ya mbak

  18. Nchie Hanie April 21, 2021 at 6:55 pm - Reply

    Pecinta Soto hadiiirr..
    Ku suka banget soto Padang jugaa, pernah beli dan kbayang itu aroma bawang goreng dan jeruk nipis.
    Wangiiii…

  19. siti nurjanah April 21, 2021 at 8:13 pm - Reply

    Menikmati makanan berkuah seperti soto memang begitu nikmat disantap saat hangat
    apalagi soto padang yang lezat karena rasa kaldu nya yang kaya akan rempah

  20. Wiwied Widya April 21, 2021 at 8:32 pm - Reply

    Udah lama banget nih nggak makan soto padang. Terakhir makan ada kali 2 tahun lalu, tapi itu juga ga seenak bayanganku. Ntar coba bikin sendiri pakai resep ini deh. Kalau pas nggak males. Hehehehe

  21. Tian lustiana April 21, 2021 at 9:07 pm - Reply

    Duh kebayang enaknya soto Padang yah, Jdi pengen bikin juga nih, untuk buka puasa kayaknya oke nih yah.

  22. Adriana Dian April 21, 2021 at 10:14 pm - Reply

    Aku belom pernah nyobain niih, tapi sepertinya enak banget yaaaaa.. nanti mau cobain resepnya aaaaah

  23. Utie adnu April 21, 2021 at 10:31 pm - Reply

    Pernah makan juga kak.. tapi belum pernah buat sendiri.. masakan dari Padang itu selalu enak2

    Next aku mau coba juga respnya

  24. Diah Kusumastuti April 21, 2021 at 10:57 pm - Reply

    Banyak sekali jenis soto di Nusantara ini ya, Mbak. Namun saya belum pernah menikmati Soto Padang. Kebayang daging sapinya yang kriuk-kriuk.. berpadu dengan soun dan bahan-bahan lainnya. Duh.. pengen coba, deh! 😀

  25. Echaimutenan April 21, 2021 at 11:09 pm - Reply

    enak buat buka puasa ini anget2 makan soto perut masih kosong jadi angettt
    kemaren biasa pakai bumbu jadi yang pasar itu mba
    taapi bacaa resepnya kayaknya bisa ini pakai resep ini

  26. Andy Hardiyanti April 21, 2021 at 11:42 pm - Reply

    Belum pernah coba menu Soto Padang. Pernahnya Sate Padang aja. Enaaaak. Soto Padang ini juga kayaknya enak nih. Segerrrr tampaknya. Dikasih sambel dan perasan jeruk nipis.

  27. Ruffie Lucretia April 22, 2021 at 9:41 am - Reply

    duuh asik banget nih buat buka puasa. nikmaattttt….
    ada bumbu rahasianya nggak selain yg di list? 😀

  28. Hanifa April 26, 2021 at 12:27 am - Reply

    Saya pernah nyoba soto padang buatan keluarga temen saya, rasanya cukup seger dan enak dimakan sambil kumpul bareng temen waktu itu. Mumpung di-share resepnya di sini, bisa sekalian saya bookmark buat dicoba nanti deh 😀

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Rekomendasi gula aren organik sebagai pemanis harian

    Alasan Menggunakan Gula Aren Organik Sebagai Pemanis Harian

  • Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

    Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

  • Fungsi-rempah-dalam-makanan

    Fungsi Rempah dan Bumbu Dapur Dalam Makanan

  • Som-tam-salad-hidangan-penggugah-selera-Thailand

    Som Tam Salad, Hidangan Penggugah Selera Thailand

  • Pasar-Flamboyan-Pontianak-Foto-Jufihiro-Google-Maps

    Pasar Flamboyan Pontianak, Ragam Makanan Lokal Kalimantan Barat

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

Artikel Terkait