Gula Aren Arenga Sebagai Bumbu Masak

Gula Aren Arenga Sebagai Bumbu Masak

Iya, gula aren ARENGA sebagai bumbu masak bukan satu ide yang terlalu nyelimet. Kita sudah terbiasa menggunakan keluarga gula merah ini sebagai perasa makanan di Indonesia. Entah masakan berkuah, goreng, atau sekadar menumis. Menambahkan pemanis ini ke dalam makanan bertujuan meningkatkan aroma dan memperkuat rasa. Dan Arenga palm sugar sudah biasa untuk memperkuat rasa produk camilan, minuman ringan, sereal, kue, hingga yoghurt. Lantas mengapa sekarang tak menggunakannya sebagai bumbu masak?

Bumbu Masakan Indonesia

Hidup di negeri tropis, bangsa Indonesia diberkati tanah yang subur. Di atasnya tumbuh aneka tanaman yang bisa digunakan sebagai bumbu, penyedap, dan penyerta seluruh masakan Nusantara. Begitu pun rempah Indonesia sudah berjaya untuk menyuplai kebutuhan rempah dunia, malah sampai jadi komoditi perdagangan sampai abad ke-16.

Kekayaan terhadap akses rempah ini telah melahirkan jutaan jenis kuliner Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, bumbu masakan mempunyai racikan khas dan unik. Jahe, lengkuas, cabe, bawang putih dan bawang merah, misalnya, sama-sama digunakan di dapur Aceh sampai ke Papua.

Namun warisan rasa yang diturunkan turun temurun membuat kombinasi bumbu berbeda dari daerah ke daerah. Bila Minangkabau dan Manado menonjokan rasa pedas dari cabe, pulau Jawa menonjolkan rasa manis dari gula.

Gula Aren Arenga Sebagai Bumbu Masak

Secara umum gula aren kita temukan fungsinya sebagai pemberi rasa manis terhadap semua hidangan. Tujuannya memperbaiki flavor (rasa dan aroma) untuk meningkatkan kelezatan. Selain itu gula aren juga dapat memperbaiki tekstur bahan makanan sehingga menambah bobot rasa agar lebih mudah dikunyah.

Itu lah satu alasan mengapa Arenga sugar juga tepat ditaruh dalam klasifikasi bumbu dapur Indonesia. Bisa dimasukan ke dalam sambal, kari, berbagai macam gulai, dan bahkan sampai ke tumisan.

Pernah memasak pecak kangkung menggunakan gula aren? Coba deh kalau belum. Selain sedap juga dapat menyamarkan rasa pedas cabe merah.

Dan tak terhitung jumlah resep masakan yang membutuhkan warna coklat alami dari gula aren.

Kontak Arenga

https://wa.me/6281932418190

Follow Instagram untuk mendapat tips seputar pemanis dan resep masakan

Share artikel ini

18 Comments

  1. @nurulrahma Agustus 17, 2020 at 1:41 pm - Reply

    Dimasak pake tempe tahu bacem uenaakkk ini Mba
    Warna cokelatnya bakal tampil sempurna.
    Rasa juga juara

  2. Jiah Al Jafara Agustus 17, 2020 at 3:03 pm - Reply

    Aku di beberapa masakan ya pakai gula aren. Paling gampang sih dipakai buat sambel. Pedas manis tuh enak

  3. Nurul Sufitri Agustus 17, 2020 at 7:27 pm - Reply

    Wah, boleh juga nih kapan2 daku coba masak nasi goreng, cah kangkung dll pakai bumbu2 ditambah gula aren 🙂 Bayangin rasanya pasti lezat ya dan makin terasa kenikmatannya. Bisa dibeli di supermarket ga, uni Evi? Atau kontak khusus seperti di atas aja? TFS.

  4. ranirtyas86 Agustus 17, 2020 at 8:14 pm - Reply

    Bikin sambel aja pake gula aren 😂 tapi aku paling seneng masukkan gula aren itu ke minuman herbal, Kak Evi

  5. Mugniar Agustus 17, 2020 at 8:28 pm - Reply

    Iya yah … pecak kangkung dengan gula aren terus pakai sambal terasi … wuih asyiknyaa.

  6. Bibi Titi Teliti Agustus 17, 2020 at 8:44 pm - Reply

    Wah, selama ini biasanya pake gula merah biasa aja kalau masak mbak.
    Kadang pake gula putih kalau gula merahnya kebetulan habis hehe

    Nanti pengen coba juga pake gula aren deh, biar makin endeus masakanku walau jarang masak hahaha

    • Nathalia DP Agustus 19, 2020 at 4:33 pm - Reply

      Wah, iya ya gula aren bisa digunakan untuk menambah rasa pada masakan juga ya…

  7. Keke Naima Agustus 18, 2020 at 4:53 pm - Reply

    Sekarang saya mulai jarang banget pakai gula pasir, Mbak. Udha mulai beralih ke gula aren. Tetapi, memang gak semua rasa sama ternyata, ya. Saya suka gula aren yang masih ada sedikit pahitnya gitu

  8. andiyani achmad Agustus 19, 2020 at 12:28 pm - Reply

    gula aren bumbu masak yang harus ada di rumahku, sebagai pecinta rasa manis dan pedas, setiap masak harus ada gula merahnya buat pemanis rasa

  9. Damar Aisyah Agustus 19, 2020 at 2:13 pm - Reply

    Kebayang kalau dimasak sama tahu bacem mesti wenak. Manisnya beda. APalagi kalau dicampur minuman, waduhhhh enak banget.

  10. echaimutenan Agustus 19, 2020 at 4:41 pm - Reply

    Enak kayak e bikin baceman pake gula aren ini ya mba kemaren soale bapake nyoba pake gula merah biasa. Pakai ini lebih sehattt

  11. RACHMANITA Agustus 19, 2020 at 8:11 pm - Reply

    aku belum pernah nih masa pakai gula aren seperti ini kayaknya memang bisa menambah rasa makanan jadi lebih enak ya kalau pakai gula aren

  12. Adriana Dian Agustus 19, 2020 at 8:32 pm - Reply

    wah praktis ya gula aren dalam kemasan gini, masak pake gula aren pastinya rasa manisnya juga beda dan aromanya jadi lebih sedap yaaa

  13. hidayahsulistyowati Agustus 19, 2020 at 9:00 pm - Reply

    Aku biasanya kalo belanja bulanan ngambil gula aren, mbak. Tapi aku pakainya aku hemat-hemat, harganya lebih mahal dari gula jawa baisa. Tapi sayur atau sambel yang dikasih gula aren emang lebih enak

  14. Uniek Kaswarganti Agustus 19, 2020 at 9:34 pm - Reply

    Pastinya jadi lebih gurih ya mba dengan rasa gula aren yang ada dalam masakan. Tentu beda lah dibandingkan dengan gula merah biasa gitu.

  15. lendyagasshi Agustus 19, 2020 at 10:19 pm - Reply

    Penggunaan gula merah di rumahku masih sebatas dicampurkan saat membuat minuman manis.
    Alhamdulillah~

  16. Aprillia Ekasari Agustus 19, 2020 at 10:47 pm - Reply

    Ah iya selama ini tu kalau denger gula aren kebayangnya minuman manis es enak2 gtu 😀
    Bener2 iya ya bisa buat masak juga nih gula arennya 😀 Jd pengen makan pecak kangkung yg pedes deh 😀

  17. Meykke Santoso Agustus 23, 2020 at 10:18 pm - Reply

    pecak kangkung pake bumbu ini ya Mba? wah seru kayaknya ya Mba, jadi pingin nyobain juga biar kaya rasa

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Rekomendasi gula aren organik sebagai pemanis harian

    Alasan Menggunakan Gula Aren Organik Sebagai Pemanis Harian

  • Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

    Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

  • Fungsi-rempah-dalam-makanan

    Fungsi Rempah dan Bumbu Dapur Dalam Makanan

  • Som-tam-salad-hidangan-penggugah-selera-Thailand

    Som Tam Salad, Hidangan Penggugah Selera Thailand

  • Pasar-Flamboyan-Pontianak-Foto-Jufihiro-Google-Maps

    Pasar Flamboyan Pontianak, Ragam Makanan Lokal Kalimantan Barat

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

Artikel Terkait