Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

Categories: Info|34 Comments|
Cara menikmati sayuran hijau mentah

ArengaIndonesia.Com – Sebagai penyuka sayuran, saya tidak keberatan makan sayur jenis apapun. Sepanjang itu dimasak. Tapi kalau sudah dihadapkan pada sayuran mentah, ada sedikit keraguan. Apalagi sayuran hijau yang terdiri dari daun-daunan. Secara tekstur dan rasa mereka sudah kurang menarik. Penyebabnya kandungan serat yang tinggi dan kadar gula yang lebih rendah dibanding dengan sayuran buah atau sayur akar. Belum lagi baunya. Tapi ada cara menikmati sayur hijau mentah yang enak. Salah satunya dibuat Smoothie Pina Cola. Takan ada bau langu. Yang ada hanyalah minuman lezat kaya nutrisi.

Untuk mendapatkan segala manfaat sayuran hijau mentah,  salah satunya bisa dibuat smoothie.

Contohnya baby spinah (bayam hijau) yang sedikit berbeda dengan bayam yang biasa digunakan sayur bening. Baby spinach, daun mint dan air kelapa, jadi minuman sayur mentah yang sangat lezat. Di bawah ada resep Smoothie Pina Colada.

Tapi sebelum sampai pada resep membuat smoothie Pina Colada mari kita kenali jenis sayuran terlebih dahulu.

Ada 4 kelompok sayuran yang bisa membuat tubuh kita sehat. Jenis sayuran daun, batang, bunga dan akar. Di bawah Arenga berbagi resep Green Smothies Pina Colada yang terbuat dari kelompok sayuran jenis daun.

 Jenis Sayuran Kelompok Daun

Kelompok ini yang paling membuat menderita jika harus dikonsumsi mentah. Terdiri dari bayam hijau, kangkung, daun ginseng, daun bii,  daun wortel, kailan, pakcoy, caisim, bayam merah, selada, selada romaine, daun mint, daun horenso, kol ,dan sawi putih. 

Sayuran kelompok daun
Sayuran daun

Namun manfaat kelompok sayuran  hijau sudah tidak diragukan lagi. Sayur mentah hijau hijau dari dedaunan ini apabila dikonsumsi secara rutin dan seimbang tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat tapi juga dapat meremajakan sel-sel di dalam tubuh. Obat awet muda!

Sayuran hijau mentah mempunyai nutrisi yang paling lengkap dibanding dengan kelompok sayuran lainnya. Di sana ada serat omega 3 ,klorofil, alkaline, dan protein.

Baca juga:

Membuat Green Smoothie dari Kelompok Sayuran Daun

Agar lebih mudah mengkonsumsi sayuran hijau mentah, pengolahannya kita modifikasi seperti dibuat smoothies.

Prinsip dasarnya adalah mencampurkan sayuran hijau mentah dan buah-buahan segar sehingga rasa sayuran mentah tertutup dengan manisnya buah. Dengan cara ini kita dapat mengkonsumsi sayuran mentah lebih banyak.

tak sekadar nikmat green smoothies seperti Pina Colada ini juga memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan bila dikonsumsi rutin setiap hari.

Green smoothies mampu memperbaiki kondisi kesehatan tubuh dan menyembuhkan beberapa penyakit berbahaya. Rasanya juga enak jika dinikmati semua orang termasuk balita dan lansia.

Pina Colada Smoothie, Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah

Resep Pina Colada Smoothie
Pina Colada Smoothie

Sejatinya Pina Colada adalah koktail yang terbuat dari rum, krim kelapa atau santan, dan jus nanas yang dikocok dengan es batu. Ini bisa dihiasi dengan irisan nanas, ceri maraschino, atau keduanya. Ada dua versi minuman tersebut, keduanya berasal dari Puerto Rico.

Untuk minuman kesehatan, rum ditiadakan.

Bahan-bahan Smoohtie Pina Colada

  • 3 cangkir nanas segar potong dadu, 15 ons
  • 2 pisang kupas matang, dibekukan untuk smoothie yang lebih creamy
  • 1 cangkir santan 
  • 2 cangkir daun bayam, atau kangkung
  • 1 cangkir air kelapa
  • 10 lembar daun mint

Cara Membuat

  1. Masukan ssemua bahan ke dalam blender bertenaga tinggi , dan blender sampai halus. 
  2. Tambahkan penguat smoothie seperti pisanga agar terasa lebih creamy. Pisang dengan segala macam vitamin dan mineral untuk kecantikan yang bisa membuat kulit bercahaya.
  3. Sajikan Pina Colada smoothie segera. Atau dinginkan di kulkas tapi untuk rasa terbaik harus dikonsumsi 1-2 jam setelahnya.

Tips Dalam Membuat Green Smoothies

  1. Pilih nanas yang sudah matang agar mendapatkan rasa manis yang nikmat.
  2. Bekukan nanas di freezer sehari sebelum digunakan agar green smoothies terasa lebih nikmat dan segar.
  3. Pilih nanas lokal jika sulit mendapatkan nanas organik. Selain lebih manis.
  4. Batang sayur besar dan tidak dipakai untuk smoothies dapat diolah menjadi masakan seperti sayur tumis.
  5. Cara menikmati sayuran hijau mentah ini ala smoothie Pina Colada ini bisa juga dipadu dengan buah atau sayuran lain. Karena kita tinggal di garis khatulistiwa di mana sayur dan beragam buah bisa tumbuh sepanjang tahun, paduan buah dan sayurnya akan sangat beragam

    Kontak Arenga Indonesia by WA https://wa.me/6281932418190

Share artikel ini

34 Comments

  1. Yopie Pangkey Juli 22, 2020 at 6:07 pm - Reply

    Bahan dan cara membuat Green Smoothies Pina Colada itu mudah ya ternyata. Ga ribet.
    Bisa coba di rumah nih 😍

    • Arenga Indonesia Juli 23, 2020 at 9:45 am - Reply

      Mudah banget, Mas. Bahannya juga mudah didapat. Namnya aja yang keren hehehe

  2. deddyhuang.com Juli 23, 2020 at 10:12 pm - Reply

    minuman sehat untuk jaga imun tubuh kita ya mbak.

  3. Adhe Albian Agustus 1, 2020 at 12:08 pm - Reply

    Auto ngiler kalau udah baca kata smoothies. Udah kebayang seger nya gimana sih apalagi bahannya dari sayur-sayuran hijau dan buah-buahan. Nanti mo coba bikin ah hehe 😉

  4. Akarui Cha Agustus 2, 2020 at 10:41 am - Reply

    Resep Green Smoothies Pina Colada nya gampang banget. Jadi terbayang segarnya.

    Hmm kalau saya sendiri pun. Lebih suka sayur yang sudah dimasak. Kalau mentah, ragu. Mentok makannya cuma selada, tomat, wortel itupun dalam bentuk dicocol mayonaise, sama kol dan kemangi ala lalapan pecel lele.

  5. Reni Agustus 2, 2020 at 2:57 pm - Reply

    Boleh dicoba nih resep smoothies Pina Colada nya, pasti bikin segar dan bugar ya.

  6. EkaRahmawatizone Agustus 2, 2020 at 10:13 pm - Reply

    Dulu pernah nyoba buat smoothies hijau. Bahannya pake Kale, timun, perasaan lemon sama apa lagi gitu lupa. Rasanya pahit asam gitu sih. Mungkin karena belum terbiasa ya jadi saya cuma nyoba sekali aja

  7. Maria G Agustus 3, 2020 at 3:23 am - Reply

    Karena lahir di tanah Sunda walau bukan etnis Sunda, saya suka banget sayuran mentah. Mulai yang hambar hingga yang agak pahit.
    Bahkan pakchoy, sawi, brokoli dan bloomkol saya lahap 😀😀😀
    Enak lho.
    Eniwei yang dimaksud brown sugar ya?
    Saya sering pakai untuk bikin kue dan bikin wedang jahe

  8. Syaiful BS Agustus 3, 2020 at 11:18 am - Reply

    Wah nggak ribet ternyata cara buat Green Smoothies Pina Colada yah mbak, aku bisa nih buat dirumah hehe. Apalagi aku penyuka sayur dan buah jadi aman banget buat aku hehe

  9. Alfa Kurnia Agustus 3, 2020 at 2:15 pm - Reply

    Terima kasih resep green smoothies pina coladanya. Bisa jadi alternatif green smoothies dari resep yang biasa dicoba nih. Kalau pakai nanas itu pasti seger banget ya.

  10. ANGGA FATHURACHMAN Agustus 3, 2020 at 3:12 pm - Reply

    wah makasih banyak mba resep ini sangat bermanfaat untuk aku yg dirumah aja dan masih pengen menjaga stabilitas imun tubuh

  11. rahma ahmad Agustus 3, 2020 at 4:04 pm - Reply

    Mbak Evi, kalau di era pandemi gini ok ga makan daun-daun mentah. Aku kok masih ngeri ya. Ada tipnya kah biar lebih bersih?

  12. Ani Berta Agustus 3, 2020 at 6:47 pm - Reply

    Saya suka makan sayuran mentah dilalap Mba Evi namun sejak ada Arenga, saya mulai ngejus wortel, kedondong sama bengkoang 😀
    Arenga menambah cita rasa banget pokoknya Mba Evi 🙂

  13. Ariefpokto Agustus 3, 2020 at 6:51 pm - Reply

    Saya suka buat green smoothie, dan memang pakai nenas bantu banget buat mengurangi rasa langu sayurnya. Belum coba pakai gula aren. Bisa juga dicoba

  14. Lidya Agustus 3, 2020 at 7:45 pm - Reply

    Wah kebetulan nih bak aku skr punaya tanaman mint bisa langsung praktik di rumah. Pakai gula aren bubuk lebih sedap ya

  15. ndiievania Agustus 3, 2020 at 9:13 pm - Reply

    Sayuran raw di smoothies kalo campurannya tepat enak dan seger banget.

    Selain itu biasanya sih dibikin salad aja yaa.. enak juga

  16. Okti Agustus 4, 2020 at 3:25 am - Reply

    Saya baru tahu, kalau paprika masuknya ke jenis sayuran buah ya… Kirain bumbu hehehe karena dekat ke cabe

  17. Wida Agustus 4, 2020 at 10:08 am - Reply

    Seger nih Pina Colada 🙂 aku suka smoothie sayuran dan selalu dicampur nanas untuk menyamarkan rasa sayur.

  18. Milda Ini Agustus 4, 2020 at 1:23 pm - Reply

    i am never make Green Smoothies, hahaha. vegetable often i eat soon or mix the other. Thanks for your sharing Mba

  19. Keluarga Nawra Agustus 4, 2020 at 1:24 pm - Reply

    wah, ini bisa jadi solusi buat anak-anak yang ngak doyan makan sayur ya

  20. Mugniar Agustus 4, 2020 at 2:23 pm - Reply

    Wah baru tahu nih Mamin .. prinsip dasarnya adalah mencampurkan sayuran hijau mentah dan buah-buahan segar lalu bisa ditambah arenga bubuk, ya. Belum pernah cobain, noted dulu deh.

  21. naniknara Agustus 5, 2020 at 8:36 am - Reply

    saya makan sayuran mentah yang biasa buat lalapan aja. Kacang panjang, selada, mentimun.
    Bisa dicoba nih resep smooties nya, biar sehat dan awet muda kayak mbak Evi

  22. Damar Aisyah Agustus 5, 2020 at 3:21 pm - Reply

    Kalau lalap saya masih oke Mbak. Kadang kecambah juga oke saya makan mentah aja. Daun pepaya bisa juga. Kalau smoothie saya paling suka pokcoy campur pisang. Rasanya yummy banget, kayak es krim, apalagi kalau pisangnya matang sempurna. Tambah gula Arenga kayaknya oke juga nih.

  23. Ririe Agustus 5, 2020 at 4:44 pm - Reply

    Ternyata brokoli, kangkung, kubis, masuk dalam kategori sayuran bunga ya? Utk urusan makan sayuran secara mentah, paling sering makan timun Mbak. Selain itu paling ya lalapan spt daun kemangi. Selebihnya, sayur dimasak (kukus atau rebus)

  24. @mirasahid Agustus 5, 2020 at 5:24 pm - Reply

    Dulu aku rajin bikin smoothies dari sayur2an seperti ini. Terus baca ini, jadi termotivasi lagi untuk bikin.

  25. Diah Kusumastuti Agustus 5, 2020 at 9:03 pm - Reply

    Wah kalau aku biasanya sayuran mentah hijau ya buat lalapan aja. Belum pernah dibikin smoothies. Kapan-kapan boleh dicoba, nih 🙂

  26. Wiwied Widya Agustus 5, 2020 at 9:17 pm - Reply

    Mau coba praktikin resep smoothies ah. Mumpung baru punya juicer baru. Hahaha. selama ini cuma ngejus buah mulu. Pengen nyoba sayur, tapi masih ragu, takut nggak kuat rasanya sih

  27. lendyagasshi Agustus 5, 2020 at 9:48 pm - Reply

    Mau doonk…jadi awet muda dan kulit tetap kencang di usia yang sudah 30+ gini.
    Hihii~
    Jadi ingat kalau kemarin diberi tanaman daun mint sama teman. Jadi pengin coba bikin smoothies pakai sayuran.
    Haturnuhun tulisannya yang menginspirasi.

  28. Meykke Santoso Agustus 6, 2020 at 1:06 am - Reply

    aku paling suka lalap kol, daun keningkir, daun mint, dan lalapan gitu mba. Enak soalnya apalagi ditambah ayam dan sambal. Aku jga suka smoothies tpi ga cuma sayur, ditambah pisang dan yoghurt

  29. Nunung Yuni Anggraeni Agustus 6, 2020 at 9:12 am - Reply

    Aku belum pernah bikin smoothies sayuran. Kalau sayuran hijau mentah yang dilalap doyannya juga terbatas sama kubis, kemangi sama ketimun aja. Lainnya gak doyan.

  30. Hanifa Agustus 6, 2020 at 12:00 pm - Reply

    Kalau olahan sayur, saya suka banget semacam salad & smoothies Mak. Enaaa banget rasanya jadi lebih seger daripada dimasak oseng-oseng biasa hahaha

  31. Noorma Agustus 6, 2020 at 2:57 pm - Reply

    Jadi pengen cobain juga nih. Secara aku kurang suka sayuran 😦 gimana yaa biar bisa suka..

  32. Rahmah Chemist Agustus 10, 2020 at 7:16 pm - Reply

    Saya coba smoothies baru sebatas buah
    Belum pernah sayur
    Kebayang rasa pahitnya pokcoy sudah bikin keringet dingin

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • pengawet nira alami dan manfaat buah rambusa

    Pengawet Nira Aren Menggunakan Buah Rambusa

  • Pohon-aren-sebagai-sumber-kesejahteraan-ekonomi

    Pohon Aren dan Manfaatnya Sebagai Sumber Kesejahteraan Ekonomi

  • Daun-padan-dalam-Arenga-Liquid-Palm-Sugar

    Daun Pandan Dalam Liquid Palm Sugar dan Apa Faedahnya?

  • Rekomendasi gula aren organik sebagai pemanis harian

    Alasan Menggunakan Gula Aren Organik Sebagai Pemanis Harian

  • Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

    Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

Artikel Terkait