Green Smoothies Penurun Berat Badan

Greeb Smothies untuk menurunkan berat badan

Tangerang, ARENGAINDONESIA.com– Banyak alasan mengapa kita ingin menurunkan berat badan. Entah untuk alasan kecantikan ataupun kesehatan. Nah sudah seringkan mencoba mendapat berat badan ideal? Entah dengan mengurangi makan atau olah raga, tapi tiap naik timbangan tetap saja “kesel”, pengen garuk-garuk aspal?  Karena kok ya jarumnya gak beranjak ke kiri?

Ada banyak alasan juga mengapa setelah diet dan olah ragapun lemak masih bertengger di mana-mana. Lengan, perut, pinggang, pinggul dan paha. Di mana salahnya?

Mendapatkan Berat Badan Seimbang

Sebenarnya body kita sama dengan body orang lain. Jika asupan kalori dan lemak lebih besar ketimbang yang dibutuhkan tubuh, kelebihannya disimpan sebagai cadangan makanan. Akibatnya lemak pun tumbuh dimana-mana. Berolah raga sudah betul tapi bagaimana dengan mengurangi porsi makan dan ngemil? Apakah masih megikuti kebiasaan lama?

“Oh kayaknya makan dan ngemil masih tetap deh. Habis gimana dong lapar terus?”

Iya kegagalanya untuk dapat berat badan seimbang itu lebih sering karena faktor makanan. Pola makan dan ngemil sama dari tahun ke tahun. Makan hanya akan berhenti kalau sudah kenyang banget. Iseng, saat di kantor atau di rumah, buka stok makanan dan kulkas. Gimana mau kurus?

Dari baca-baca di internet, rahasia menurunkan berat badan yang berhasil adalah olah raga teratur dan mengurangi asupan kalori dan lemak. Tapi jangan pernah membuat tubuh kita kelaparan!

Tantangannya tuh di sini, bagaimana cara agar tubuh kita tak kelaparan tapi berat tetap berkurang?

Konsumsi Sayur Mentah dan Buah

Konsumsi sayur mentah dan buah cara bijak untuk membuat tubuh kita tak kelaparan. Ditambah lagi kesejahteraan kita  secara keseluruhan sangat tergantung pada apa yang kita makan. Dan dari semua makanan, buah-buahan dan sayuran adalah yang paling sehat. Tak hanya serat, sayuran hijau mentah mengandung vitamin, mineral, dan protein.

Namun makan buah dan sayur, apa lagi mentah,  setiap hari bisa menjadi tantangan. Di situlah smoothie hijau bisa masuk. Cepat dan mudah dibuat hanya dengan beberapa alat sederhana. Resep green smoothie penurun berat badan ini mengandung beberapa porsi buah dan sayuran. Meraka adalah apel hijau granny smith, pisang, daun bayam dan chia seed. Cara membuatnya pun  mudah.

Manfaatkan Apel Hijau Untuk Membuat Green Smothies Penurun Berat Badan

Teman-teman bisa menggunakan apel Granny Smith atau apa hijau lainnya. Karena apel hijau memiliki kandungan serat yang tinggi yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Saat mengonsumsi apel, pastikan Anda tidak membuang kulitnya ke tempat sampah.

Mengkonsumsi apel dengan kulitnya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Karena kandungan seratnya yang tinggi, apel membantu dalam proses detoksifikasi. Itu membuat hati dan sistem pencernaan jauh dari unsur-unsur berbahaya.

Manfaatkan Buah Pisang

Pisang sarat dengan mikronutrien terutama kalium. Kalium merupakan salah satu elektrolit terpenting dalam tubuh, membantu mengatur fungsi jantung dan keseimbangan cairan. Ini adalah faktor kunci dalam mengatur tekanan darah. Pisang juga efektif dalam mencegah stroke, sudah diterima secara luas dan didukung oleh banyak bukti ilmiah.

Pisang bermanfaat juga bagi saluran pencernaan karena kandungan pektinnya yang tinggi. Pektin merupakan  serat larut yang tidak hanya menurunkan kolesterol tetapi juga menormalkan fungsi usus. Kandungan serat pisang yang tinggi mendorong rasa kenyang (perasaan kenyang) lebih lama.

Manfaatkan Daun Bayam Mentah

Salah satu komponen dalam membuat green smoothies penurun berat badan adalah daun bayam mentah. Bayam dianggap sebagai sayuran berdaun hijau paling penting untuk menjadi sehat dan kuat.Kalau ada yang satu generasi dengan saya pasti ingat film cartoon Popeye the Sailorman yang selalu kuat berkat makan bayam.

Biasanya bayam cuma disayur bening, rebus atau ditumis. Di lain tempat keluarga kangkung ini juga dimasukan ke dalam sup atau sebagai content salad.

Bayam rasanya enak dan sarat dengan vitamin dan mineral esensial seperti karoten, asam amino, zat besi, yodium, kalium dan magnesium. Paketnya juga berisi vitamin A, vitamin E, vitamin K, vitamin C, dan vitamin B kompleks.

Jadi manfaat kesehatannya yang tak terhitung jumlahnya menjadikan bayam sebagai tambahan yang harus dimiliki dalam diet harian Anda. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan bayam adalah jus bayam.

Manfaatkan Chia Seed

Hanya 100 gram biji chia dapat memuat nutrisi kita terpenuhi. Di dalamnya ada zat besi,  kalsium, tiamin, mangan, magnesium, seng,  fosfor, vitamin B, folat dan riboflavin. Menurut para ahli medis, sejumlah kecil biji chia yang ditambahkan dalam makanan sehari-hari dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh,  meningkatkan metabolisme,  dan juga dapat menangkal beberapa penyakit.

Resep Green Smoothies Penurun Berat Badan Menggunakan Apel Granny Smith

Apel Granny Smith kaya akan antioksidan yang memperbaiki sel. Mereka juga merupakan sumber serat larut yang baik, yang telah terbukti membantu menurunkan kolesterol, mengontrol berat badan, dan mengatur gula darah. Apel Granny Smith mengandung vitamin A dan C, serta sejumlah kecil zat besi, yang sebagian besar terletak di kulit mereka.

Jadi setelah punya semua bahan dan memahami kandungan nutri dan manfaat, mari kita buat tesep green smoothies penurun berat badan.

BAHAN Green Smoothies Penurun Berat Badan

  • 1 cangkir bayam
    3 buah apel Granny Smith, dikupas dan dikupas
    2 pisang2 sendok makan chia seeds
  • 2 gelas air murni

Cara Membuat

  • 1. Masukkan bayam, apel, pisang, dan 1 gelas air ke dalam blender dan haluskan hingga tercampur rata.
  • 2. Masukan chia seed yang sudah dicuci bersih. Aduk rata
  • 3. Tambahkan sisa air sambil dicampur hingga tekstur yang diinginkan tercapai.

Konsumsi segera. Paling baik green smoothies ini dikonsumsi sebagai sarapan setiap hari.

Arenga Indonesia. Produsen gula aren organik di Tangerang – Banten

Share artikel ini

22 Comments

  1. armitafibriyanti Agustus 6, 2020 at 3:14 pm

    Jadi inget udah lama gak bikin smoothies. Cobain ah bikin green smoothies biar badan sehat.

  2. andyhardiyanti Agustus 6, 2020 at 7:27 pm

    Pernah coba green smoothies yang terbuat dari pokcoy. Enak yaa ternyata, segerrr. Penasaran sama yang terbuat dari bayam, gimana yaa rasanya. Terus pernah dong iseng cobain pake daun kelor. Bwahahaha..rasanya? pedesss! Tapi emang sih..berasa seger di badan.

    • Erin Agustus 12, 2020 at 10:11 am

      Kalau aku mba pengin diet karena badan terasa berat walau gak gendut banget. Sayangnya aku tuh gak konsisten pas mau diet tergoda terus dengan makanan yang banyak mengandung lemak. Perlu dicoba nih bikin smootie apel hijaunya.

  3. Mugniar Agustus 6, 2020 at 7:28 pm

    Popeye the Sailorman … iya, ingat Mamin … jadi perhatian sama sayur bayam tapi susahnya, waktu itu saya masih belum suka makan sayuran padahal bermanfaat banget ya, apalagi buat green smoothies.

    • Aswinda Utari Agustus 8, 2020 at 9:54 pm

      Hmm.. Chia seed ini banyak manfaatnya ya salah satunya buat campuran smoothies. Nutrisinya lengkap pas banget buat konsumsi di masa pandemi gini

  4. @nurulrahma Agustus 6, 2020 at 8:35 pm

    Nah ini penyebab bodiku stagnan mbaaa 😦
    Apalagi selama pandemi banyak excuse, biar kagak stres, jajaaaannn trus di GrabFood
    mana jajannya yg berlemak pulak hikshikssss

  5. Nurul Sufitri Agustus 7, 2020 at 10:44 am

    Wah, pas bener deh hari ini aku punya sayur bayam banyak hihihih trus pisang juga ada tapi apelnya habis. Mau dibikin jus juga ah dipakein gula aren. Biar langsing body nih hihihihi 😀 Memang ya menjaga pola makan dan gaya hidup mesti dimulai sekarang juga. Ga ada kata terlambat memulainya.

  6. Latifika Sumanti Agustus 7, 2020 at 3:10 pm

    smoothies ini bisa kenyang sampai jam berapa Mba? Soalnya lumayan seratnya bisa menahan lapar ya. Aku belum nyoba bikin smoothies sih 😦 masih pake VCO + kopi buat sarapan kadang-kadang.

  7. halochichie Agustus 7, 2020 at 10:03 pm

    Ini tuh smoothies kesukaan banget deh, aku juga kalau bikin smoothies suka mencampurkan apel hijau, bayam dan pisang. Biasanya suka aku tambahkan topingnya dengan almond atau chiaseed atau berrys.

  8. naniknara Agustus 8, 2020 at 4:45 am

    saya kalau makan apel, malah kulitnya pasti dikupas dan di buang. Jadi seratnya lebih banyak di kulitnya ya?

  9. Nurul Fitri Fatkhani Agustus 8, 2020 at 8:49 pm

    Kemarin saya punya bayam merah, bingung mau diolah jadi apa? Ternyata enak juga kalau dibuat smoothies ya … apalagi ditambah dengan buah-buahan. Pastinya segar dan menyehatkan

  10. niaharyanto Agustus 8, 2020 at 8:49 pm

    Wuih, jadi penasaran deh. Kudu nyoba nih aku. Kepengen deh bisa turun berat badan. Gampang pula bahan-bahan dan cara bikinnya. 😍

  11. HappyDyah Agustus 8, 2020 at 10:16 pm

    Bisa dicoba nih mba, Kota Malang banyak apel hijaunya. Selama ini saya buat rujak aja. Bikin smoothies bakal lebih enak nih

  12. lendyagasshi Agustus 8, 2020 at 10:45 pm

    Aku pernah bikin smoothies tapi gak memperhatikan komposisi.
    Jadi gak enyaakk…mesti lihat resep niih..supaya komposisinya pas dan rasanya enaakk~

  13. echaimutenan Agustus 8, 2020 at 10:50 pm

    Sehat banget smoothiesnya ya mba
    Enakkk kelihatannya buat diminum sambil nurunin bb *liat badan sendiri yang gede banget

  14. Dian E. Suryaman Agustus 8, 2020 at 11:08 pm

    wah aku belum. pernah cobain green smoothies kayak gini kak… kayaknya enak kalo lihat dari campuran pisang sama apelnya

  15. Hidayah Sulistyowati Agustus 8, 2020 at 11:14 pm

    Aku kalo bikin smoothies suka pilih-pilih, sepeerti apel gitu suka. Tapi kalo pisang gak pernah dibikin smoothies, aku gak doyan.

  16. Milda Ini Agustus 9, 2020 at 1:51 am

    I am over 3 mouth didnt eat rice. Everyday i more eat some fruit, vegetable, bread etc. As long as. I fell my body more comport and healhty.

  17. nyi Penengah Dewanti Agustus 10, 2020 at 6:34 am

    Aku nih yang masih belum suka sayur banget, pilih-pilih eheheh, tapi kalau buah aku suka semuanya mba.
    Apel ijo ini dlu disarankan oleh dokter gigiku juga, untuk sering konsumsi.

  18. Indah Nuria Agustus 10, 2020 at 10:51 am

    Aku sukaaa apel hijau yang enaaaak mba.. san seger pastinya! Mauu ahh aku cobain juga smoothies

  19. Eni Martini Agustus 12, 2020 at 11:18 pm

    Aku suka semua makanan dan minuman sehat, tapi kadang penyakiitnya suka malas bikin. Padahal bagus buat kesehatan ya kak

  20. Rina Susanti Agustus 13, 2020 at 11:59 am

    Sy blm pernah nih bikin smoties dicampur sayuran katanya enak ya tp blm pernah nyoba kebayangnya rasanya jd aneh. Sayuran lbh suka dilalap hahah

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter