Cara menikmati sayuran hijau mentah

Sebagai penyuka sayuran, saya tidak keberatan makan sayur jenis apapun. Sepanjang itu dimasak. Tapi kalau sudah dihadapkan pada sayuran mentah, ada sedikit keraguan untuk menyantapnya. Apalagi sayuran hijau yang terdiri dari daun-daunan. Secara tekstur dan rasa mereka sudah kurang menarik. Penyebabnya kandungan serat yang tinggi dan kadar gula yang lebih rendah dibanding dengan sayuran buah atau sayur akar. Belum lagi baunya. Langu.

Tapi banyak jalan menuju Jakarta. Untuk mendapatkan segala manfaatnya,  ada cara menikmati sayuran hijau mentah ini. Salah satunya dibuat smoothies.

Tapi sebelum sampai pada resep membuat smoothies mari kita kenali jenis sayuran terlebih dahulu. Ada 4 kelompok sayuran yang bisa membuat body kita sehat wal afiat sampai tua.

 1.Sayuran Kelompok Daun

Kelompok ini yang paling membuat menderita jika harus dikonsumsi mentah. Terdiri dari bayam hijau, daun ginseng, daun bii,  daun wortel, kailan, pakcoy, caisim, bayam merah, selada, selada romaine, daun mint, daun horenso, kol ,dan sawi putih.

Baca juga Kemukus Bumbu Masakan Sejak Zaman Kuno

Manfaat kelompok sayuran  hijau sudah tidak diragukan lagi. Sayur mentah hijau apabila dikonsumsi secara rutin dan seimbang tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat tapi juga dapat meremajakan sel-sel di dalam tubuh.

Sayuran hijau mentah mempunyai nutrisi yang paling lengkap dibanding dengan kelompok sayuran lainnya. Di sana ada serat omega 3 ,klorofil, alkaline, dan protein.

Obat awet muda, Sis! Masa gak mau?

Agar lebih mudah mengkonsumsi sayuran hijau mentah, pengolahannya kita modifikasi seperti dibuat smoothies.

Prinsip dasarnya adalah mencampurkan sayuran hijau mentah dan buah-buahan segar sehingga rasa sayuran mentah tertutup dengan manisnya buah. Dengan cara ini kita dapat mengkonsumsi sayuran mentah lebih banyak.

Jika teman-teman tak keberatan dengan warnanya bisa juga menggunakan Arenga gula aren bubuk.

tak sekadar nikmat green smoothies juga memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan bila dikonsumsi rutin setiap hari.

Green smoothies mampu memperbaiki kondisi kesehatan tubuh dan menyembuhkan beberapa penyakit berbahaya. Rasanya juga enak jika dinikmati semua orang termasuk balita dan lansia.

Baca juga: Resepnya diambil dari buku Green Smoothies

Resep Green Smoothies Pina Colada

Bahan bahan

  • 1/2 buah nanas Palembang lokal. Kupas dan buang matanya. Potong sedang.
  • 100 gram caisim organik ambil daunnya.
  • 10 lembar Daun mint
  • 200 ml air mineral.

Cara Membuat

  • Masukkan nanas dan Daun mint ke dalam gelas blender.
  • Tambahkan 100 ml air, haluskan hingga nanas setengah hancur.
  • Bila sudah hancur tambahkan sisa air. Haluskan kembali hingga tercampur rata.
  • Tuangkan ke dalam gelas dan minum segera.

Tips Dalam Membuat Green Smoothies

  1. Pilih nanas yang sudah matang agar mendapatkan rasa manis yang nikmat.
  2. Bekukan nanas di freezer sehari sebelum digunakan agar green smoothies terasa lebih nikmat dan segar.
  3. Pilih nanas lokal jika sulit mendapatkan nanas organik. Selain lebih manis.
  4. Batang cacing yang besar dan tidak dipakai untuk smoothies dapat diolah menjadi masakan seperti sayur tumis.

Cara menikmati sayuran hijau mentah ini bisa juga dipadu dengan buah atau sayuran lain. Nah agar tidak bosan silahkan simak sayuran lain untuk dijadikan smoothies.

2. Sayuran Kelompok Akar

Juga diklasifikasikan sebagai umbi, jenis sayuran berasal dari dalam tanah. Sayuran akar ibarat tangki nutrisi yang rendah lemak, tinggi kadar gula alami dan
penuh serat. Sayuran kelompok akar merupakan  makanan yang sempurna saat kita  membutuhkan energi dan fokus.

Beberapa sayuran akar paling bergizi punya ciri dengan kulit warna oranye. Kulit oranye menandakan mereka mengandung beta-karoten, antioksidan kuat yang memerangi radikal bebas yang merusak.

Berikut adalah beberapa sayuran akar yang lezat dan bergizi untuk dimasukkan ke dalam menu smoothie: 

Wortel, bit, ubi, lobak, bengkoang, dan kentang

3. Sayuran Kelompok Buah

Dari biji labu hingga zucchini, sayuran kelompok buah menghasilkan banyak nutrisi dan serat. Sayuran kelompok buah juga sangat mudah tumbuh di kebun kecil dan padat. Atau dalam wadah di teras.  Berikut adalah ikhtisar sayuran kelompok buah  paling enak dan bergizi:

Mentimun, kiyuri, zukini, tomat, labu siam, labu kuning, terong, dan paprika.

4. Sayuran Bunga

Dari brokoli, kembang kol hingga cuciwis (kubis Brussels), kangkung, kubis, dan bok choy, anggota kelompok sayuran bunga yang kaya nutrisi. Mengandung phytochemical, vitamin, mineral, dan serat yang penting bagi kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa sulforaphane — salah satu fitokimia yang ditemukan dalam sayuran silangan — merangsang enzim dalam tubuh yang mendetoksifikasi karsinogen sebelum merusak sel :

Kembang kol, cuciwis, dan brokoli

5. Sayuran Batang

Asparagus dan seledri

6. Sayuran Biji

Buncis ,kacang merah, kacang panjang, kapri dan jagung manis.

Kontak Arenga Indonesia by WA https://wa.me/6281932418190