The Real Arenga Gula Aren

Categories: Info|31 Comments|
The real Arenga asli

The real arenga gula aren

Arenga gula aren tersedia dalam dua bentuk dan kemasan berbeda. Gula aren bubuk dan gula aren cair.

Untuk bubuk sering juga disebut sebagai gula semut. Atau kalau diperpanjang mengikuti bahan pembuatnya, nira enau (arenga pinnata), jadi gula semut aren.

Sementara yang cair bisa disebut Arenga palm sugar syrup atau sirup gula aren.

The Real Arenga Gula Aren Berbasis Kearifan Lokal

Proses Meninggur yang dilatar belakangi kejeniusan lokal untuk melancarkan aliran nira

Proses Meninggur yang dilatar belakangi kejeniusan lokal untuk melancarkan aliran nira

Kemasan Arenga Gula Aren seperti foto di atas. Produk dengan logo helai daun aren dengan tulisan ARENGA untuk menggambarkan visi dan misi yang diusung.

ARENGA merupakan produk asli Indonesia yang berangkat dari kearifan lokal. Mulai dari penanaman enau, cara tumbuhnya,memanen nira, sampai mengolah jadi gula dilakukan dengan berpedoman pada pengetahuan turun temurun.

Begitupun ada ritual-ritual tertentu yang dilakukan para penyadap dan pembuat gula aren dengan harapan panen dan produksi mereka melimpah.

Produk berbasis hutan, diproses mengikuti prinsip-prinsip keberlanjutan, ikut membangkitkan ekonomi kerakyatan dari sisi produk non-kayu.

Seperti yang ditulis seorang teman blogger bahwa pemrosesan nira menjadi gula melibatkan proses pengentalan, dilanjutkan kristalisasi, sirup, ataupun pencetakan. Semuanya melibatkan pengetahuan yang diwarisi perajin secara turun temurun. Begitu pun ketika memerlukan materi tambahan seperti pengawet nira, perajin memanfaatkan tumbuhan yang ada di sekitar mereka.Bahan-bahan almi yang sudah teruji sejak ratusan tahun, sejak gula merah dari tanaman palem-paleman ditemukan.

Perajin aren memanfaatkan materi lokal sebagai bahan pengeras semisal tatal nangka di daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Banten. Bahan yang membantu proses dari nira menjadi sirup kental menuju produk akhir. Setiap daerah memiliki pengetahuan dan kearifan lokal khasnya dalam berolah gula aren.

Arenga Asli

Jadi tidak ada yang lain. Arenga asli ada di sini, merek di bawah payung Arenga Indonesia. Karena ada pelanggan yang bingung membedakan Arenga Sugar di pasar. Kok banyak yang membawa nama Arenga?

Arenga Gula Aren organik sudah memulai debut sejak 2006. Kami bertumbuh seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk memilih pemanis yang lebih sehat. Sampai sekarang tetap berkiprah untuk melayani kebutuhan masyarakat dengan beberapa kali mengganti kemasan.

Jadi kalau masih ragu mengenai the real Arenga atau Arenga asli, perhatikan saja logo dan kemasan seperti foto di atas ya teman-teman.

Kontak Arenga by WA https://wa.me/6281932418190

Share artikel ini

31 Comments

  1. Vicky Laurentina Agustus 9, 2020 at 11:50 am

    Wah, setelah baca ini, saya jadi ingin belajar lebih banyak lagi tentang keunggulan gula aren daripada pemanis-pemanis yang lain.

  2. Mugniar Agustus 9, 2020 at 10:50 pm

    Kearifan lokal Arenga berpedoman pada pengetahuan turun temurun, ya. Semoga makin berkembang terus ya Arenga dan ada produk-produk baru lagi.

  3. ida's journeys Agustus 10, 2020 at 3:27 am

    Wah asyik nih Arenga bener2 asli, paling suka tuh susu kopi campur gula aren ..hmmm sedap banget deh. Lebih sehat lebih enak juga ya hehehe….

  4. Sarahjalan_ Agustus 10, 2020 at 6:25 am

    Apa gula aren ini sudah tersedia disetiap market diseluruh Indonesia kak ? Aku di Batam, sesekali aku mau survei ah saat belanja..jadi penasaran juga dengan produknya

  5. indah nuria Agustus 10, 2020 at 7:43 am

    Banyak kearifan lokal yang penting untuk kita lestarikan yaa mba. Salah satunya proses pengolahan gula aren asli ini

  6. Farida Pane Agustus 10, 2020 at 9:09 am

    Aku suka banget rasa gula aren. Terima kasih rekomendasinya, ya.

  7. Nchie Hanie Agustus 10, 2020 at 9:36 am

    Luar biasa prosesnya untuk penjadi pemanis yang lezat seperti Arenga the real gula aren.
    Apalagi dibumbui dengan rasa kearifan lokal dan ternyata tiap daerah berbeda ceritanya ya Mamin.
    Makin memperkaya pengetahuan deh.

  8. @nurulrahma Agustus 10, 2020 at 9:40 am

    Mantaaaabb ini mah!
    Selalu bangga dgn produk yg memperkaya khazanah kuliner, dan tetap mengusung kearifan lokal.
    Bravooo real arenga gula aren 🙂

    • Nunung Yuni Anggraeni Agustus 12, 2020 at 11:20 pm

      Jadi harus lihat logonya ya mbak. Buat tau Arenga asli atau ngaku-ngaku Arenga.

  9. Mugniar Agustus 10, 2020 at 12:09 pm

    Pemrosesan nira menjadi gula melibatkan proses pengentalan, dilanjutkan kristalisasi, sirup, ataupun pencetakan .. butuh ketelatenan yang luar biasa juga. Ketelatenan yang diwariskan dan menjadi kearifan lokal juga.

  10. lianny hendrawati Agustus 10, 2020 at 2:52 pm

    Banyak memang di online yang berjualan arenga gula aren. Minggu lalu aku baru saja beli arenga gula aren yang bubuk, warna dan gambarnya sama dg yang di postingan ini. Aku beli yang ukuran 225 gr.

  11. Ratna Dewi Agustus 10, 2020 at 3:09 pm

    Semoga ke depannya Arenga makin maju dan jadi ciri khas sekaligud oleh-oleh lokal yang selalu diingat dan dirindukan sama orang-orang.

  12. Lisdha Agustus 10, 2020 at 7:58 pm

    Wah saya baru tau tentang ritual tertentu dalam proses ini. Jadi bener2 kearifan lokal ya mbak. Saya pernah menyaksikan sebagian proses pembuatan gula aren di kampung adat di sukabumi. Tap waktu itu tidak berpikir sedalam ini

  13. Wiwied Widya Agustus 10, 2020 at 10:42 pm

    Kapan-kapan bahas juga tentang ritual yang biasa dilakukan penyadap dan pembuat gula aren dong. sepertinya menarik

  14. Dian Restu Agustina (@dianrestoe) Agustus 11, 2020 at 9:09 am

    Sukses selalu untuk Arenga Gula Aren organik yang sudah ada sejak 2006. Mempersembahkan pemanis yang lebih sehat dengan misi mengusung kearifan lokal dalam pengolahannya. Salut!

  15. naniknara Agustus 11, 2020 at 9:09 am

    Ternyata arenga sudah berusia 10 tahun lebih ya. Semoga makin sukses ya mbak, pemasarannya makin luas
    Saya juga suka konsumsi gula aren. Biasanya minta dikirimi sama mertua di Bengkulu

  16. fainun Agustus 11, 2020 at 10:20 am

    Wah, keren sekali mba, bisa menciptakan produk organik yang disertai misi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pemanis yang lebih sehat…Produk lokal yang aware dengan kesehatan pun sekarang banyak, termasuk arenga. Tapi harus pastikan keasliannya juga saat membeli ya

  17. Hani S. Agustus 11, 2020 at 8:40 pm

    Belakangan, aku semakin tidak asing dengan Arenga ini, sering lihat postingannya Teh Ani Berta, dan semakin lama semakin penasaran dengan Gula Aren murni ini. Karena jujur aja, di Jabodetabek ini aku cukup kesulitan menemukan gula aren yang murni tanpa campuran seperti biang atau gula pasir.

  18. ranirtyas86 Agustus 12, 2020 at 9:00 am

    Kemarin pas heboh-hebohnya bikin dalgona, aku nyari gula semut. Sayangnya belum dapat. Belinya harus online ya gula aren bubuk ni?

  19. Uniek Kaswarganti Agustus 12, 2020 at 11:32 am

    Gula aren berkualitas nih emang harus pilihan. Mungkin di luaran banyak yang nyontek ide kalik ya Mba.
    Aku udah pernah nyobain gula aren dari Arenga. Mantap. Enak sekali digunakan dan enggak bikin tenggorokan sakit.

  20. Lina W. Sasmita Agustus 12, 2020 at 3:14 pm

    Proses pengolahan yang sesuai dengan kearifan lokal dan asal-usul pengolahan secara tradisional justru malah menjadi cita rasa khas suatu produk. Semoga Arenga Indonesia tetap bisa mempertahankan ciri khas tersebut.

  21. hidayahsulistyowati Agustus 12, 2020 at 7:58 pm

    Arenga pasti produk gula aren yang bagus sampai banyak yang meniru gitu. Merk gula aren banyak di pasaran, tapi merk Arenga ini malah aku belum pernah ketemu. Atau di kotaku belum ada distribusinya ya, mbak? Aku suka sedia gula aren untuk bikin minuman atau kolak.

  22. Larasati Neisia Agustus 12, 2020 at 8:42 pm

    Seru kayaknya ya lihat langsung pemrosesan nira menjadi gula. Penasaran sama proses kearifan lokalnya. Hehe. Semoga lancar selalu usaha Arenga Gula Aren-nya mbak.

  23. Rohmahdg Agustus 12, 2020 at 9:50 pm

    BAru tahu kalau aja jenis gula aren bernama Arenga ini. Penasaran sama keunggulan Gula Aren Arenga ini, deh. Bisa pesan online yaa,
    Emang deh gula aren kadang dicampur sama dawet gitu rasanya manisnya beda heheee

  24. lendyagasshi Agustus 12, 2020 at 9:57 pm

    Gula Aren sebagai pemanis yang lebih sehat daripada gula pasir.
    Bisa dibiasakan mengganti segala yang manis-manis dengan gula aren.

  25. niaharyanto Agustus 12, 2020 at 10:08 pm

    Aku jarang banget pakai gula. Beda sama mamaku yang bisa sampe berkilo-kilo per bulannya. Jadinya kalo beli gula, pasti gula kelapa yang murah, di pasar. Nah aku sebaliknya. selalu pakai gula premium semacam Arengka ini. Keasliannya dan manfaatnya bagus. 👌

  26. Dian E. Suryaman Agustus 12, 2020 at 10:57 pm

    Kak aku selalu inget.. awal2 aku ngeblog aku ikutan lomba blog apa ya ttg arenga ini.. juga ttg kopi.. Sukses selalu ya kak utk Arenga Indonesia

  27. Siti Hairul Agustus 13, 2020 at 6:02 am

    Aku selalu nyetok gula aren untuk bikin kopi mb. Tapi belum ketemu yang gula aren cair nya Arenga.

  28. Siti Hairul Agustus 13, 2020 at 6:03 am

    Aku selalu nyetok gula aren untuk bikin kopi mbak. Tapi belum nemu gula aren cair Arenga nih di Jogja

  29. Meykke Santoso Agustus 16, 2020 at 7:25 am

    Wah gula Aren berbasis kearifan lokal ini kereeeen banget ya mba, tradisional sekali toi justru itu yg membuat citarasanya berbeda dari gula aren lainnya. Semoga bisa semakin lariiiiis ya

  30. Fara Dillah Agustus 17, 2020 at 10:31 pm

    Proses pengolahan yang sesuai dengan kearifan lokal dan asal-usul pengolahan secara tradisional justru malah menjadi cita rasa khas suatu produk. Semoga Arenga Indonesia tetap bisa mempertahankan ciri khas tersebut.

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula-aren-cair-1-liter-arenga

    Gula Aren Cair 1 Liter Arenga Untuk Kedai Kopi

Artikel Terkait