Semangkuk Soto Untuk Sahabat Arenga

Categories: FOODIE|31 Comments|
Kalaiko sop ubi jalar dari Lembah Bada Sulawesi Tengah

Semangkuk Soto Untuk Sahabat Arenga – Banyak jenis soto di Indonesia. Tak berlebihan bila dikatakan hampir tiap  suku yang mendiami pulau-pulau Nusantara mempunyai resep soto sendiri.Bedanya mungkin ada yang terkenal dan dijual secara besar-besaran seperti Soto Kudus, dan ada pula yang hanya di kenal oleh anggota suku itu sendiri. Seperti Kalaiko yang dibuat dari ubi jalar yang saya temukan sewaktu jalan-jalan ke Lembah Bada di Poso.

Semangkuk Soto untuk Sahabat Arenga

Semangkuk Soto untuk Sahabat Arenga

Kuah soto ada yang menggunakan santan dan ada pula kaldu bening. Isinya ada yang menggunakan daging sapi, daging kambing, dan daging ayam. Mereka bersatu dalam potongan-potongan kecil yang dimeriahkan  aneka sayuran,  mie, bihun, ubi, risoles, kacang dan masih banyak lagi. Tergantung kreativitas, lokasi pembuat, dan ketersediaan bahan.

Baca juga Resep Dendeng Ragi Istimewa

Kelahiran Semangkuk Soto

Dulu saya pernah berpikir bahwa kelahiran semangkuk soto datanglah nenek moyang kita yang ingin berhemat dalam pemakaian daging. Coba perhatikan Soto Kuning Bogor hanya menggunakan seuprit daging ayam.  Setelah disuwir kemudian dicampur dengan tulangnya. Agar bisa memenuhi satu mangkok ditambahkan, sayur kol, toge, seledri, dan tomat. Nyam saat dihidangkan hangat-hangat kamu pun sampai berkeringat memakannya.

Baca di sini Filosofi Semangkuk Soto

Saya pernah berkelakar pada ibu bahwa di masa lalu nenek moyang kita banyak yang susah. Maklum  350 tahun dijajah dan marjinalkan bangsa Eropa. Disamping masyarakat Indonesia masa lalu banyak hidup berkomunitas. Mereka berkumpul dalam rumah besar mulai dari nenek sampai piyut.

Untuk memenuhi pangan seisi rumah tentunya ada kesulitan. Jika memberi tiap orang 1 potong ayam, walaupun satu ekornya sudah dipotong 12, hampir tidak mungkin. Jadi agar semua orang ke bagian, daging ayam di rebus, disuwir, diberi sayuran, tambahkan air yang banyak, jadilah semangkok soto yang meriah.

Nikmati Semangkuk Soto di Mana Saja Sahabat Arenga

Coto Kondro - Soto Makassar

Coto Kondro – Soto Makassar

Soto tidak mengenal kelas sosial. Bila steak daging  umumnya identik dengan makanan orang kaya, ikan asin identik dengan orang miskin, soto tak ribu-ribu bisa masuk ke dalam dua kelas.

Tapi sebenarnya soto juga tidak lepas dari ikatan kelas sosial. Identifikasikan saja kelas atas, menengah atau bawah melalui  tempat menikmatinya. Apakah di restoran bagus, resto sedang, warung, ataupun gerobak kaki lima di tepi jalan.

Peribahasa mengatakan ada tempat, ada rupa, ada harga. Dan semangkuk soto juga bisa diidentifikasi kan lewat harga. Semakin bagus tempat untuk menikmati tentunya harga juga mengikuti. Lalu soto tak hanya bermain di rasa tapi juga gengsi.

Bermacam Soto Nusantara

Kalaiko sop ubi jalar dari Lembah Bada Sulawesi Tengah

Kalaiko sop ubi jalar dari Lembah Bada Sulawesi Tengah

Dari riset kecil-kecilan di internet ada yang mengatakan Soto Nusantara tak kurang dari 14 jenis. Mulai dari Medan, Padang, Betawi ,Bogor, Bandung, Tasik, Madura, Kudus, Lamongan, Banjar, makassar, Jogja, Pekalongan,  sampai Semarang mempunyai resep soto masing-masing.

Menurut ahlinya ada perbedaan antara sop dengan soto. Beda karena isi dan cara memasaknya. Tapi bagi saya yang hanya tahu makan,  antara sop dan soto hampir tak ada beda. Kalau yang mau bersikeras untuk membedakan ya silahkan saja.

Baca juga Kemukus Bumbu Masakan Sejak Zaman Kuno

Bagi saya sop ubi rasanya soto ubi. Misalnya Kalaiko,  masakan khas yang saya temukan di Lembah Bada, ya mirip juga dengan soto. Berkuah bening dan agak kental karena ubi jalar sebagai konten utama, selain diiris juga dilumat dalam kuah. ” Sop itu mah!” Kata teman saya. “Silahkan saja membantah kalau menurut saya itu soto” Jawab saya gak mau kalah.

Makassar selain terkenal dengan coto-nya tak ketinggalan soto ubi. Terkenalnya sih sebagai sop ubi tapi saya perhatikan yah soto juga. Sama-sama berkuah bening, gurih dan banjir kuah.

Baca juga Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah

Kalau diperhatikan satu persatu setiap soto memang punya keunikan masing-masing. Baik karena fakto  isi, cara memasak, maupun warna kuahnya. Kuah dari santan ada yang kental ada juga yang encer. Seperti Soto Medan terkenal dengan kuah santan yang kental disamping rempahnya yang tebal.

Selain santan, soto bening yang paling saya sukai adalah Soto Padang. Dagingnya lebih hemat lagi dibanding Soto Bogor. Daging sapi digoreng garing lalu dipotong halus.  Saat mengunyah terasa kriuk-kriuk lalu pecah rasa gurih yang dibawa seluruh syaraf lidah ke otak saya sebagai makanan enak.

Seperti Bhinneka tunggal Ika,  walaupun macam-macam resep soto di Indonesia, mereka disatukan oleh konten yang bervariasi,  kuah yang berlimpah,  dan rasa gurih yang tak terlupakan.

Sahabat Arenga  yang punya resep soto favorit apa?

Share artikel ini

31 Comments

  1. @nurulrahma Agustus 31, 2020 at 9:42 am

    Soto Ayam Kampung di desaku Pacitan Mbaaa
    Kuahnya bening, tapiiii berasa bgt kaldu khas ayam kampung
    uenaaak, pakai topping kecambah dan kacang tanah sangrai.
    Suedeeepp banget dah

  2. Rach Alida Ayyas Agustus 31, 2020 at 12:16 pm

    Aku tuh suka soto apalagi kalau dimakan panas-panas. SUngguh sangat bikin ngiler deh 🙂 Entah pakai santan atau tak pakai santan pun aku tetap suka soto 🙂

  3. Nchie Hanie Agustus 31, 2020 at 1:06 pm

    Makasih, semangkuk sotonyaa..
    Hmm Yummy..

    Aku pecinta soto manapun, yang membuat enak adalah rasa dari kuah itu sendiri gurih apa ga.
    lebih suka soto yang berkuah santal kental, dan bisa milih dagingnya aja, hahaa..Ternikmat ituuu

  4. Nurul Sufitri Agustus 31, 2020 at 10:34 pm

    Aku sukaaaaa banget soto Lamongan 🙂 Soto kuah santan kayak soto Betawi juga doyan. Yang penting isinya daging ayam atau sapi yg full daging. Daku ga doyan tetelan, gajih, babat dan semacamnya. Jangan upa sambal ulegnya yang banyak, sedikit kecap, kerupuk dan miminya teh tawar panas udah bahagia hahahaha 😀 Soto Bandung juga enak.

  5. fainun24 September 1, 2020 at 4:35 am

    Saya suka hampir semua soto, mulai dari Coto Makassar, Soto Padang, Soto Betawi, Soto Banjar…Yang masih belum terlalu cocok itu Soto Sokaraja…Penasaran, hampir semua daerah punya resep soto, di Palembang belum pernah nemu Soto Palembang hehehe

  6. Dedew September 1, 2020 at 8:35 am

    Duh ngomongin soto jadi kangen Soto Bogor, min hihi walau nggak boleh sering makannya karena santan dan lemaknya tinggi pisan tapi memang enaaak

  7. Dedew September 1, 2020 at 8:36 am

    Duh jadi ngiler pengen soto Bogor, sudah lama sekali tidak mudik…walaupun nggak boleh sering makan itu karena bersantan kental dan lemaknya tinggi tapi memang enaak

  8. Ucig September 1, 2020 at 12:07 pm

    Sop atau soto.. aku sukaa mba hihii..
    Bagiik
    Ya bener juga ya mba, aku klo mau berhemat juga masak soto 😁 it work.. anak2 masih kecil ayam 1 potong nggak habis jadilah bikin soto plus kuahnya itu segeer

  9. halochichie September 1, 2020 at 9:24 pm

    Lihat semangkok soto di jam segini langsung auto lapar dan kepengen banget soto. Aku lebih suka kalau makanan itu berkuah, apalagi soto karena bikin seger.

  10. Mugniar September 2, 2020 at 10:40 am

    indonesia beneran kaya dengan soto-sotoan ya Mamin. Saya takjub kalau buka buku resep masakan dan berjejer tuh resep soto dari mana-mana.

  11. aswindautari September 2, 2020 at 12:47 pm

    Bicara soro jd inget soto banjar deh mba. Disini agak unik kalo ngomong soto yg disajikan versi ketupat racik dan kuah soto. Tp kalo nasi sop nasi n kuah soto. Eh, kok jd curcol

  12. Rosanna Simanjuntak September 2, 2020 at 5:13 pm

    Soto Favorit?
    Hmmm, let me think.
    Agak susah juga ya, hahaha.

    Tapi yang unik menurutku memang soto Medan.

    Setuju banget sama mba Evi, kuah santannya itu memang khas!
    Aroma dan rasanya, wah, saat menuliskannya di sini, aku sampai menenggak liur, hihihi.
    Plus topping jeniper, nasi pulen, untuk sejenak mampu menggilas kepahitan hidup. Tsaaah!

  13. HM Zwan September 2, 2020 at 6:34 pm

    Dulu sering banget beli soto Medan, khas banget dengan kuah santan kentalnya dan perkedel kentang. Kalo soto di Jawa mayoritas soto bening

  14. Ria Rochma September 2, 2020 at 6:42 pm

    Kapan hari ngobrol sama suami soal asal muasal soto. Kami tertawa, karena setelah searching, ternyata ada banyak soto di Indonesia haha

  15. Ruli Retno Mawarni September 2, 2020 at 7:07 pm

    Wah aku doyan banget soto2 khas indonesia, dimana aja sotonya rasanya beda. Aku belum pernah nyoba sop ubi kalimantan tengah sih. Sukanya malah sop ubi makassar, penampakannya gak sama tapi

  16. herva yulyanti September 2, 2020 at 7:44 pm

    Soto ini favorit aku mba dari soto berkuah santan sampe yang bening tapi kalau buat sendiri aku suka gagal wkwwk kesel banget yah ga bisa masak kedoyanan sendiri 😀

  17. Milda Ini September 2, 2020 at 8:14 pm

    i like soto from Betawi and Padang, they taste is unique. but i like soto from other,

  18. niaharyanto September 2, 2020 at 9:27 pm

    Waduh soto, salah satu makanan favoritku nih. Aku sukanya soto bening gitu. Kayak soto Bandung. Palingan ditambah sambel aja yang banyak. Biar nyoooos 😀

  19. Lina W. Sasmita September 2, 2020 at 9:34 pm

    Bermacam-macam soto di pelosok Indonesia selalu menambah khanasah kekayaan kuliner negeri.

  20. lendyagasshi September 2, 2020 at 10:15 pm

    Soto banyak juga macamnya yaa…
    Yang aku kaget pas diajakin temen makan Soto Pekaloingan. Mangkoknya kecil banget..
    Jadi 1 porsi gak cukup kenyang kaan…

  21. Nunung Yuni Anggraeni September 2, 2020 at 10:41 pm

    Waah aku baru tau ada sop ubi atau soto ubi Penasaran sama rasanya deh. Kalau untuk soto sendiri aku paling suka dengan soto kudus. Hmm….yummi..

  22. Aprillia Ekasari September 2, 2020 at 11:03 pm

    Aku suka soto mbaaak. Wah itu yang gambar pertama ada koyanya khas Lamongan/ Surabaya biasanya.
    Sayang selama tinggal di Jakarta (coret) blm pernah sarapan soto, kalau di Surabaya dulu sih soto biasa buat sarapan, banyak yang jual sejak pagi hehe

  23. Uniek Kaswarganti September 2, 2020 at 11:24 pm

    Aku suka semua jenis soto mba, mulai dari yang bening ala Semarangan sampai Soto Padang maupun Coto Makassar yang pekat itu. Ada sensasi berbeda dari tiap hidangan soto tersebut.

  24. Nurul Fitri Fatkhani September 2, 2020 at 11:39 pm

    Soto favorit keluarga saya, soto ayam aja, Mbak. Selain mudah membuatnya, rasanya juga lebih pas di lidah keluarga kami.

  25. Fara Dillah September 5, 2020 at 11:36 pm

    Aku belum pernah coba makanan khas Sulawesi Tengah kak, jadi penasaran pengen coba deh

  26. Emanuella Christianti September 6, 2020 at 5:02 pm

    Perasaan saya termasuk penggemar soto, tapi ternyata belum semua jenis soto di Indonesia saya cobaaaa, 14 jenis ya mbaaaa!!! Banyaknyaaaa :love

  27. Anggi Restiana Dewi September 6, 2020 at 10:03 pm

    Kalo sejak di Kalimantan jadi suka Soto Banjar kuahnya rasanya menyatu apalagi ditambah jeruk nipis duh segerrr

  28. Nchie Hanie September 6, 2020 at 10:37 pm

    Sotoo favorit aku banget.
    Dunia persotoan tak icip2, kecuali yang soto ubi itu belom pernah Mbaaa.

  29. Ratna Dewi September 6, 2020 at 11:25 pm

    Sampai saat ini, sesotoan di Pulau Jawa yang masih aku suka. Kecuali Soto Bandung ya, entah kenapa aku kurang suka karena ada kacang sama lobaknya. Tapi tiap aku datangi kota-kota kecil di Jawa khususnya Jawa Tengah atau Jogja, udah pasti nyari soto.

  30. Bibi Titi Teliti September 7, 2020 at 11:25 am

    Memang soto berbagai macam banget yah mbaaak,
    Aku sih suka soto yang bening kayak soto Bandung gitu
    Tapi Abah sukanya soto bersantan yang kental gitu hehe

    Sama yang paling penting sih jangan lupa kerupuk atau emping nih mbaak hehe

  31. Indah Nuria September 7, 2020 at 11:39 am

    Aku sukaaa bangeeet sotooo mba.. ya ampuuun bjsa habisin satu panci hahaha.

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula-aren-cair-1-liter-arenga

    Gula Aren Cair 1 Liter Arenga Untuk Kedai Kopi

Artikel Terkait