Agar-Agar Santan Gula Aren

agar-agar santan gula aren

Agar-agar Santan Gula Aren – Anak-anak di rumah suka sekali pudding yang dimaniskan dengan gula aren organik ini. Rasanya yang gurih dan santan dan legit dari palm sugar, membuat mereka selalu ketagihan. Mereka suka nikmati saat pulang sekolah atau diantara jam makan.

Sebagai emak tentu saya tak keberatan mereka menikmati cemilan kenyal-kenyal ini. Karena tepung agar terbuat dari rumput laut dengan kadar serat tinggi. Mengkonsumsinya secara taratur  bagus banget bagi pencernaan. Dengan kata lain agar-agar santan gula merah ini bisa dimasukan ke dalam ketegori makanan sehat.

Yang masalah mungkin adalah santan yang mengandung lemak tinggi. Jadi bisa diganti dengan susu. Hanya kalau santan diganti dengan susu pudingnya tak bisa terbagi dua seperti kue lapis. Warna krim kecoklatannya akan merata.

Kalau lah ada makanan pencuci mulut (dessert) tradisional yang sangat terkenal salah satunya adalah Agar-Agar Santan Gula Aren. Terbuat dari tepung agar, santan kelapa dan gula aren atau gula merah dengan rasa manis dan gurihnya yang khas. Sebenarnya puding ini enak dinikmati kapan saja, tak harus selalu sebagai dessert.

Yang menarik dari agar-agar gula merah ini adalah penampilannya setelah dingin. Bagian santan bertumpuk di atas sementara bening coklat dari agar-agarnya tinggal di bawah. Seperti kue lapis saja bentuknya.

Resep Membuat Agar-Agar Santan Gula Aren

Bahan :

  • 1 bungkus agar-agar warna bening
  • 200 gram Arenga palm sugar atau gula semut aren
  • 300 ml air putih
  • 100 ml santan dari setengah butir kelapa
  • 2 Lembar daun pandan
  • ½ sendok teh vanili
  • ½ sendok teh garam

Cara Membuat :

  • Didih kan air putih
  • Encerkan tepung agar dengan sedikit air dingin lalu tuang ke dalam air mendidih dengan diaduk.
  • Tambahkan Arenga palm sugar, daun pandan, vanili dan garam.
  • Didihkan kembali.
  • Tuang ke dalam cetakan atau gelas saji dan dinginkan.


Catatan :

Setelah dingin  agar-agar santan gula aren bisa disimpan di lemari pendingin. Dingin lebih enak.

Untuk pembelian Arenga Gula Aren Organik bisa di Market Place. Klik saja Arenga di  Tokopedia

Share artikel ini

38 Comments

  1. fanny_dcatqueen Oktober 7, 2021 at 12:19 am - Reply

    Asiiiiiik resepnya gampaaang, dan bahannya ada semua :D. Agar2 itu cemilan favorit di rumahku mba. Anak2 paling doyan. Makanya paling sering aku bikin, walopun kebanyakan varian itu lagi itu lagiiii yg dibikin :p. Ntr besok aku mau bikin resep di atas deh, biar ada variasi 😉

  2. Aprillia Oktober 7, 2021 at 9:22 am - Reply

    Fav aku juga nih manisnya lebih enak pake gula aren emang yaa ditenggorkan beda

  3. Tanti Amelia Oktober 7, 2021 at 1:56 pm - Reply

    Omaygaaad aku suka banget agar agar santan gula aren, pernah beli di mall tapi lupa lagi nama gerai yang jual apa. Nyesel ga dicatat soalnya keingetan rasanya tuh karamel gimana gitu

  4. Nurul Sufitri Oktober 7, 2021 at 5:02 pm - Reply

    Agar-agar santan gula arn ini cocok banget dinikmati setelah makan besar atau buat camilan sehari2 🙂 Dari tampilannya aja udah kelihatan lezat ya apalagi kalau aku dikirimin sama uni hahahha 😀 Semangkok ga akan pernah cukup. Makasih ada resepnya nih kapan2 mau dieksekusi ah. Anak2 dan suami pasti sukaaa 😀

    • Arenga Indonesia Oktober 10, 2021 at 7:46 pm - Reply

      Iya Mbak, yang istimewa dari agar-agar gula aren adalah perpaduan wangi olahan rumput laut, santan dan gula aren Arenga yang terkenal enaknya itu hahahaha

  5. Yuni BS Oktober 7, 2021 at 7:43 pm - Reply

    Saya dan adik tu pecinta agar-agar banget, Kak. Apalagi kalau agar-agar santan. Tapi kalau dikasih gula aren belum pernah nyoba sih. Jadi kepingin deh. Save lah resepnya. Siapa tahu nanti ada kesempatan buat eksekusi.

  6. Dedew Oktober 8, 2021 at 6:19 am - Reply

    Enak banget ya agar-agar ini aku jadi pengen bikin untuk anak-anak di rumah, pakai santan atau susu semuanya enak yaaa apalagi pakai gula Arenga..

  7. Nyi Penengah Dewanti Oktober 8, 2021 at 8:52 am - Reply

    lezat sekali ini sih kak, pengen coba bikin juga
    belum pernah bikin agar-agar make gula aren asli. Jadi pengen coba apalagi make arenga ya

  8. Naqiyyah Syam Oktober 8, 2021 at 3:21 pm - Reply

    wow sepertinya aku pun mau nyobain deh resep ini dan pastinya kalau agar2 gula aren itu manisnya enak banget

  9. Katerina Oktober 8, 2021 at 5:12 pm - Reply

    Agar-agar santan gula aren ini buatku adalah cemilan klasik yang mengingatkan pada masa kecil ketika sore bersama nenek.
    Manisnya semanis kenangan bersama nenek. Kalau sekarang saya bikin cemilan ini untuk anak saya (pakai gula aren Arenga), kelak anak-anak akan punya kenangan serupa “Manisnya Gula Aren Arenga di cemilan yang mama buat” 😀

  10. Nurul Fitri Fatkhani Oktober 8, 2021 at 6:44 pm - Reply

    Waah, kebayang lezatnya agar-agar santan gula aren ini. Dulu ibu sering buat agar-agar dengan gula aren seperti ini, enaak rasanya. Jadi kangen buatan agar-agar ibu, deh!

    • Arenga Indonesia Oktober 10, 2021 at 10:48 am - Reply

      Salah satu hasil tangan ibu yang the best ya Mbak. Sama denganku 🙂

  11. lendyagassi Oktober 8, 2021 at 8:19 pm - Reply

    Kebayang kelezatan Agar-Agar Santan Gula Aren.
    Rasanya gurih-gurih manis. Ibuku paling suka bebikinan cemilan lezat begini, kak..
    Rasanya jadi rindu Ibu dan rindu masakan Ibu.

    • Arenga Indonesia Oktober 10, 2021 at 9:58 am - Reply

      Sayapun mewarisi cara membuat dan resep agar-agar santan ini juga dari Ibu, Mbak lendy. Perempuan terbaik dalam hidup kita 🙂

  12. Suciarti Wahyuningtyas Oktober 8, 2021 at 9:12 pm - Reply

    Anakku banget ini kalau di rumah suka ngedadak minta dibikinkan puding, karena paling gampang buatnya. Tapi aku belum pernah buatin dia puding dari santan dan gula aren. Sepertinya enak ini ya, aku pun penasaran juga pengen bikin di rumah. Nanti kalau sudah bikin, share videonya ah.

    • Arenga Indonesia Oktober 10, 2021 at 9:59 am - Reply

      Pudding santan gula aren ini, selain gurih dan bikin nagih, kalau sudah jadi bentuknya berlapis Mbak. Bagian santan di permukaan dan ini yang paling enak menurut saya 🙂

  13. Nia Haryanto Oktober 9, 2021 at 7:36 am - Reply

    Wah, ini sih agar-agar kesukaan anak-anak. Kalo bikin, pasti langsung habis. Disimpen dingin lebih nikmat. Aku bikinnya biasanya pake gula aren blok. Tapinya ribet, karena seringnya harus disaring dulu. Kalo pake gula aren cair praktis ya. Gak perlu saring-saring. Kudu punya deh.

    • Arenga Indonesia Oktober 10, 2021 at 11:21 am - Reply

      Betul Mbak. Pakai gula aren cair sangat praktis. Mutunya juga lebih prima 🙂

  14. Wah jd kepikiran bikin agar2 hari ini, kebetulan cuaca cerah kebayang nanti terik kan enak makan agar2 dingin 😀
    Iya mbak aku juga dah hampir gak pernah bikin agar2 atau puding pakai santan sekarang lebih sering pakai susu cair yang plain gtu
    Gak kalah gurih sih 😀
    TFS resepnya ya

    • Arenga Indonesia Oktober 10, 2021 at 11:22 am - Reply

      Betul Mbak. Santan bisa diganti dengan susu. Cuma kalau dengan susu gak bisa berlapis aja agarnya 🙂

  15. Helena Oktober 9, 2021 at 2:02 pm - Reply

    Buat agar-agar dengan arenga palm sugar manisnya bakal lebih pas, ga terlalu eneg. Selama ini buat agar-agar ya pakai gula pasir biasa. Coba ah dengan gula aren.

  16. Dian Restu Agustina Oktober 9, 2021 at 2:33 pm - Reply

    Memang agar-agar santan gula aren ini cantik sekali. Apalagi kalau wadah penyajian bening begini. Kelihatan santan bertumpuk di atas, dan agar-agar bening di bawah. Rasanya juga istimewa apalagi kalau pakai gula Arenga Plam Sugar ya

  17. Rach Alida Oktober 9, 2021 at 4:40 pm - Reply

    Aku penasaran mau coba juga resep ini. Pastinya makin segar dan enak makan bersama keluarga ya. Apalagi pakai Arema Palm Sugar yang rasanya sudah pasti enak dan manis gurih

  18. Dian Oktober 9, 2021 at 6:39 pm - Reply

    wah simple banget resep agar agar santan gula aren ini mbak
    bisa dibuat jadi kudapan keluarga saat malam minggu nih
    pasti enak dinikmati saat dingin

  19. Witri Prasetyo Aji Oktober 9, 2021 at 9:11 pm - Reply

    Agar2 santan gula aren atau gula merah ini salah satu cemilan favorit aku Mak, kadang aku kasih roti tawar juga dan rasanya makin enak Mak…

  20. Lia Yuliani Oktober 9, 2021 at 9:15 pm - Reply

    Ah, ini menu kesukaan saya. Suka dibikinin mamaku. Emang paling enak kalau dimakan dingin. Seger banget rasanya. Makasih juga udah nulis resepnya

  21. Jiah Al Jafara Oktober 9, 2021 at 9:20 pm - Reply

    Aku suka nih agar-agar santan gula aren, tapi jarang bikin. Next boleh dicoba sendiri resepnya di rumah. Bikin agar kan gampang ya

  22. Sri Widiyastuti Oktober 9, 2021 at 10:41 pm - Reply

    wah mbak, ini sih kesukaan saya banget. Puding masa kecil. Makasih resepnya mbak, beneran bikin saya jadi ingat masa kecil saya.

  23. Nyak Rotun Oktober 9, 2021 at 11:02 pm - Reply

    Aduh-aduuuh,lihat postingan ini malam-malam kok bikin ngiler ya Mbaa. Terbayang segarnya makan agar-agar santan gula aren ini. Apalagi aku penggemar gula aren garis keras. Ahahaha. Di rumah kalau bikin teh atau kopi juga pakai gula aren, bahkan buat masak. Rasanya khas banget!

  24. Khairiah Oktober 10, 2021 at 12:09 am - Reply

    sederhana cara membuatnya tapi sangat mengunggah selera, pas juga yaa dibuat untuk ngajarin si kecil masak menu sederhana

  25. khairiah Oktober 10, 2021 at 8:14 am - Reply

    resep sederhana, namun sangat mengunggah selera, bahan-bahannya juga mudah di dapat, pas sekali kalau resep ini digunakan pas masak bareng dengan si kecil

  26. Sapti nurul hidayati Oktober 10, 2021 at 9:03 am - Reply

    Pernah masak agar-agar dengan gula aren juga. Manisnya beda, ada aroma khas yang bikin tambah selera. Sayangnya memilih gula aren yang asli di pasaran kadang sulit ya. Lebih aman pilih gula aren arenga. Tersedia di market place pula..

    • Arenga Indonesia Oktober 10, 2021 at 7:45 pm - Reply

      Terima kasih Mbak. Arenga gula aren dijamin gula aren asli hahaha..Benar bisa beli di Tokopedia seperti link di atas

  27. Mirna Oktober 10, 2021 at 12:53 pm - Reply

    Wah ini dulu pas kecil suka dibikinin agar-agar seperti ini sama BUndaku.. Aku malah belum pernah sama sekali bikin sendiri, jadi pengen bikin ngikutin resep ini sebagai onat kangen

  28. Uniek Kaswarganti Oktober 11, 2021 at 7:02 am - Reply

    Aku paling suka nih agar-agar santan dengan gula aren gini. Apalagi kalau bisa pake Arenga ya, ga cuma terasa manis dan gurih, kita tetap sehat karena Arenga nih kan gula aren berkualitas.

  29. Apura Oktober 11, 2021 at 4:38 pm - Reply

    Wah baru kemarin aku makan agar-agar gula aren. Emang enakkk banget. Apalagi kalau pakai santan yah. Tampilannya jadi lebih cantik.

  30. artha Oktober 14, 2021 at 7:57 am - Reply

    mertua saya sering bikinin pake gula aren begini. rasa manisnya memang jd khas, enak sekali. selain itu gurih juga ya. apalagi kalo pake arenga

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Rekomendasi gula aren organik sebagai pemanis harian

    Alasan Menggunakan Gula Aren Organik Sebagai Pemanis Harian

  • Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

    Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

  • Fungsi-rempah-dalam-makanan

    Fungsi Rempah dan Bumbu Dapur Dalam Makanan

  • Som-tam-salad-hidangan-penggugah-selera-Thailand

    Som Tam Salad, Hidangan Penggugah Selera Thailand

  • Pasar-Flamboyan-Pontianak-Foto-Jufihiro-Google-Maps

    Pasar Flamboyan Pontianak, Ragam Makanan Lokal Kalimantan Barat

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

Artikel Terkait