The real arenga gula aren

Arenga gula aren tersedia dalam dua bentuk dan kemasan berbeda. Gula aren bubuk dan gula aren cair.

Untuk bubuk sering juga disebut sebagai gula semut. Atau kalau diperpanjang mengikuti bahan pembuatnya, nira enau (arenga pinnata), jadi gula semut aren.

Sementara yang cair bisa disebut Arenga palm sugar syrup atau sirup gula aren.

The Real Arenga Gula Aren Berbasis Kearifan Lokal

Proses Meninggur yang dilatar belakangi kejeniusan lokal untuk melancarkan aliran nira

Proses Meninggur yang dilatar belakangi kejeniusan lokal untuk melancarkan aliran nira

Kemasan Arenga Gula Aren seperti foto di atas. Produk dengan logo helai daun aren dengan tulisan ARENGA untuk menggambarkan visi dan misi yang diusung.

ARENGA merupakan produk asli Indonesia yang berangkat dari kearifan lokal. Mulai dari penanaman enau, cara tumbuhnya,memanen nira, sampai mengolah jadi gula dilakukan dengan berpedoman pada pengetahuan turun temurun.

Begitupun ada ritual-ritual tertentu yang dilakukan para penyadap dan pembuat gula aren dengan harapan panen dan produksi mereka melimpah.

Produk berbasis hutan, diproses mengikuti prinsip-prinsip keberlanjutan, ikut membangkitkan ekonomi kerakyatan dari sisi produk non-kayu.

Seperti yang ditulis seorang teman blogger bahwa pemrosesan nira menjadi gula melibatkan proses pengentalan, dilanjutkan kristalisasi, sirup, ataupun pencetakan. Semuanya melibatkan pengetahuan yang diwarisi perajin secara turun temurun. Begitu pun ketika memerlukan materi tambahan seperti pengawet nira, perajin memanfaatkan tumbuhan yang ada di sekitar mereka.Bahan-bahan almi yang sudah teruji sejak ratusan tahun, sejak gula merah dari tanaman palem-paleman ditemukan.

Perajin aren memanfaatkan materi lokal sebagai bahan pengeras semisal tatal nangka di daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Banten. Bahan yang membantu proses dari nira menjadi sirup kental menuju produk akhir. Setiap daerah memiliki pengetahuan dan kearifan lokal khasnya dalam berolah gula aren.

Arenga Asli

Jadi tidak ada yang lain. Arenga asli ada di sini, merek di bawah payung Arenga Indonesia. Karena ada pelanggan yang bingung membedakan Arenga Sugar di pasar. Kok banyak yang membawa nama Arenga?

Arenga Gula Aren organik sudah memulai debut sejak 2006. Kami bertumbuh seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk memilih pemanis yang lebih sehat. Sampai sekarang tetap berkiprah untuk melayani kebutuhan masyarakat dengan beberapa kali mengganti kemasan.

Jadi kalau masih ragu mengenai the real Arenga atau Arenga asli, perhatikan saja logo dan kemasan seperti foto di atas ya teman-teman.

Kontak Arenga by WA https://wa.me/6281932418190