Resep Teh Bunga-Bungaan

Resep-teh-bunga-bungaan
Resep-teh-bunga-bungaan

Resep teh bunga-bungaan ini tak hanya membuat bunga tampak cantik namun juga berkhasiat. Dan minum teh tak selalu berarti menyeduh daun yang berasal dari pohon teh (Camellia sinensis) sebab untuk membuat teh herbal kita bisa menggunakan bunga-bunga yang cantik.

Resep teh bunga-bungaan ini saya temukan dalam buku 50 Rahasia Alami Detoks karya Tracey Kelly. Karena sangat menarik dalam menjaga kesehatan saya tuliskan di sini. Buku yang membahas tentang detoksifikasi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang salah satunya adalah tisane, yaitu teh dengan merendam tangkai-tangkai bunga segar ke dalam air panas.

Baca juga: Resep Ramuan Alami Pelangsing Tubuh

Bunga-bunga yang bisa digunakan dalam tisane antara lain chamomile, dandelion, lavender, mawar, bunga jeruk, melati, dan bergamot.

ย Berikut beberapa resep membuat teh dari bunga-bungaan :

Resep Teh Bunga Lemon Verbena

Resep teh bunga lemon verbana

Resep teh bunga lemon verbana

Ambil sekuntum bunga lemon verbena segar ditambah beberapa lembar daunnya. Masukan ke dalam cangkir dan tuang air mendidih. Seduh selama 4 menit hingga warna berubah jadi pucat keemasan. Buang ampasnya lalu tambahkan madu bila suka.

Kalau pun tak menggunakan madu, palm sugar boleh juga.

Teh Bunga Jeruk

Resep teh bunga jeruk

Resep teh bunga jeruk

Teh bunga jeruk yang berwarna kuning pucat sudah lama digunaka sebagai obat tidur alami alias membantu peminumnya agar tidur lebih nyenyak.

Baca juga : Teh Bunga Mawar

Untuk satu cangkir teh bunga jeruk, gunakan 5-6 tangkai bunga jeruk mekar. Tuang air panas (bukan mendidih) dan seduh selama 3-4 menit. Tambahkan seiris jeruk lemon untuk rasa lebih aduhai.

Kembang Sepatu dan Rosemary

Manfaat teh kembang sepatu dan bunga rosemary

Manfaat teh kembang sepatu dan bunga rosemary

Kembang sepatu dengan warna-warni cantik itu bisa dijadikan minuman teh yang spektakular. Kemudiakn ditambah bunga rosemary yang kaya rasa, jadi lah minuman herbal kaya khasiat.

Masukan masing-masing satu tangkai kembang sepatu dan rosemary ke dalam 1 cangkir. Seduh dengan air mendidih selama 4 menit. Kemudian buang rosemary dan biarkan kembang sepatu tetap dalam cangkir. Minum panas atau dingin sama enaknya. Tambahkan madu atau palm sugar sedikit untuk memperkaya rasa.

Memang sih bunga-bunga dalam resep teh ini bukan tanaman yang lazim di Indonesia. Namun bunga jeruk dan kembang sepatu relatif mudah kita temukan di tanah air. Semoga resep teh bunga-bungaan ini ada gunanya untuk teman-teman sekalian untuk menjaga kesehatan.

@eviindrawanto WA 0819 3241 8190

https://instagram.com/arengaindonesiaย 

Share artikel ini

30 Comments

  1. Indah Sulistyowati Juni 28, 2014 at 6:12 am

    Baru tau saya macam2 resep teh seperti ini. TFS mbak ;). Terimakasih kunjungan nya ke blog saya ๐Ÿ™‚

  2. ysalma Juni 28, 2014 at 12:06 am

    ternyata bunga kembang sepatu dan bunga jeruk bisa diseduh jadi teh, boleh dicoba resepnya nih.

  3. soeman jaya Juni 28, 2014 at 8:14 pm

    Wahhh … ternyata teh wangi bunga banyak ya, saya taunya teh wangi merk bunga mawar ๐Ÿ˜€

  4. prih Juni 28, 2014 at 2:07 pm

    Benar-benar apotek hidup ya Uni Evi, alam menyediakan berbagai sarana pemelihara kesehatan. Salam sehat

  5. Dunia Ely Juni 28, 2014 at 8:13 pm

    Beberapa bunga yang disebutkan di atas ada di halaman rumahku mba Evi ๐Ÿ™‚

  6. webctfatimah Juni 29, 2014 at 1:43 am

    Assalaamuโ€™alaikum wr.wb, mbak Evi….

    Marhaban yaa Ramadhan. Pucuk selasih bertunas menjulang
    Dahannya patah tolong betulkan. Puasa Ramadhan kembali menjelang,

    Semoga amal ibadah kita diterima Allah dan amalan kita semakin bertambah baik dari sebelumnya.

    Salah dan khilaf mohon dimaafkan.
    Selamat Menunaikan Ibadah puasa

    Salam Ramadhan dari Sarikei, Sarawak. ๐Ÿ˜€
    SITI FATIMAH AHMAD

  7. webctfatimah Juni 29, 2014 at 1:44 am

    kalau saya, sanat suka teh bunga jeruk mbak. Rasanya manis masam.

  8. Mugniar Juni 29, 2014 at 1:44 am

    Slurrrp … benar itu kak Evi, pake gula palem pasti enak, apalagi gula palem Arenga

  9. Blogs Of Hariyanto Juni 29, 2014 at 6:06 am

    di rumah biasanya bunga melati dan bunga mawar saja yg diramu jadi racikan teh…ya karena cuma bunga itu saja yg ada…. ๐Ÿ™‚
    selamat berpuasa ya…mohon maaf lahir batin bila ada salah khilaf kata selama nge-blog..
    keep happy blogging always…salam dari makassar ๐Ÿ™‚

  10. Nunu Juni 29, 2014 at 9:21 pm

    Saya baru tahu mbak kalau teh bisa dari bunga2an. Tahunya melati doang ding. Tapi enggak tahu caranya

  11. Nathalia Diana Pitaloka Juni 30, 2014 at 2:22 am

    harus dcoba nih… makasih infonya mba ๐Ÿ™‚

  12. Orin Juni 30, 2014 at 4:20 am

    Jadi kepengen nyicip teh bunga-bungaan ini deh tante..

  13. Keke Naima Juni 30, 2014 at 9:41 pm

    saya baru tau kalau kembang sepatu bisa dijadikan, Teh. Padahal pohon ini banyak di deket rumah. Cobain, ah ๐Ÿ™‚

  14. Trik Komputer Juli 2, 2014 at 4:58 am

    Ini nih yang harus di coba..
    makasih banyak info nya mba

  15. Asep Haryono Juli 2, 2014 at 1:45 am

    Wah baru tau nih ada banyak manfaat dan khasiat Daun Teh ya
    Kalau saya sih taunya Teh Herbal, Teh Hijau, sama Teh Chrisant aja

  16. Joe Ismail Juli 2, 2014 at 10:14 am

    saya termasuk penggemar teh nih, cocok diminum di kala hujan

  17. Evi Saja Juli 5, 2014 at 3:09 am

    Mak Anita selain nanam pohonnya sendiri, yang saya tahu, di pasar Jatinegara banyak menjual aneka herbal kering. Sepertinya ini pasar grosir untuk segala jenis tumbuhan herbal kering deh…

  18. Evi Saja Juli 5, 2014 at 3:10 am

    Iya mas Joe, menikmati secangkir teh wangi di kala hujan, jaddi pengalaman indah tersendiri ๐Ÿ™‚

  19. Evi Saja Juli 5, 2014 at 3:10 am

    Sama-sama. Terima kasih kembali

  20. Evi Saja Juli 5, 2014 at 3:11 am

    Aneka jenis tumbuhan yang diseduh untuk minuman diberi nama teh. Jadi bakal banyak banget jenisnya Mas Asep ๐Ÿ™‚

  21. Evi Saja Juli 5, 2014 at 3:12 am

    Ayo dicoba. Kalau saya baru coba teh bunga jeruk karena itu ada di halaman rumah ๐Ÿ™‚

  22. Evi Saja Juli 5, 2014 at 3:12 am

    Nyuuk bikin Teh ๐Ÿ™‚

  23. Evi Saja Juli 5, 2014 at 3:13 am

    Sama-sama. Makasih kembali Mbak Nathalia ๐Ÿ™‚

  24. Evi Saja Juli 5, 2014 at 3:13 am

    Iya Mbak Fatimah. Unik sekali rasanya ๐Ÿ™‚

  25. Evi Saja Juli 5, 2014 at 3:14 am

    Hehehe..Amin. Makasih Niar

  26. Evi Saja Juli 5, 2014 at 3:14 am

    Amin. Terima kasih. Selamat berpuasa juga Pak Hari.

  27. Evi Saja Juli 5, 2014 at 3:15 am

    Sepertinya tinggal diseduh saja, Mbak Nunu ๐Ÿ™‚

  28. ade anita Juli 5, 2014 at 3:05 am

    Mak.. nyari teh2 itu dimana ya? Aku tertarik dengn teh bunga jeruk buat suamiku yg sulit tidur

  29. chris13jkt Juli 7, 2014 at 1:03 am

    Menarik sekali, Mbak. Baru tahu kalau untuk pembuatan teh demikian yang dipakai adalah bunga-bungaan segar. Selama ini aku tahunya bunga-bunga itu dikeringkan dahulu baru diseduh air panas untuk pembuatan teh-nya

  30. Lyliana Thia Juli 10, 2014 at 6:40 am

    Wah kembang sepatu bisa dijadiin teh juga yah mbak evi, aku baru tau, hehehe…

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula-aren-cair-1-liter-arenga

    Gula Aren Cair 1 Liter Arenga Untuk Kedai Kopi

Artikel Terkait