Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

ARENGAINDONESIA.COM – Kabar Baik Bagi Pecinta Kopi: Minum Kopi Bisa Melindungi Jantung dan Memperpanjang Usia alias Panjang Umur!

Sobat Arenga pecinta kopi, ada kabar gembira nih! Seperti diketahui, minuman kesayangan kita terus diteliti dalam berbagai studi ilmiah lalu diterbitkan di jurnal-junal ilmu pengetahuan. Dari sana kita bisa mengekstrak berbagai manfaat kopi yang membuat kita tidak akan ragu meneruskan kebiasaan meminum cairan kafein ini.

Baru-baru ini, sebuah studi dari Baker Heart and Diabetes Institute di tahun 2022 menemukan bahwa minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular dan kematian dini.

Nah hebatkan?

Gak sembarangan studi karena telah melibatkan lebih dari 300.000 orang untuk diteliti. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang minum kopi secara moderat memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke, dan gagal jantung dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Jenis-Jenis Kopi Yang Bisa Melindungi Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

Kabar menarik ini tidak hanya untuk Sobat Arenga yang menggemari minum kopi pahit, kopi tubruk atau kopi hitam. Karena perlindungan kesehatan dari kopi terlihat pada semua jenis kopi. Entah itu kopi hitam, kopi susu, maupun kopi instan, manfaatnya terlihat pada subjek penelitian.

Kok bisa begitu, bukannya kopi instan kurang baik untuk kesehatan?

Ini juga yang menarik bagi Mamin. Karena pernah membaca bahwa kopi instan kurang baik bagi kesehatan. Namun dalam penelitian ini terjadi sebaliknya.

Penyebabnya, para peneliti menduga bahwa manfaat ini berasal dari antioksidan dan senyawa bioaktif lain yang terdapat dalam kopi. Sedangkan kopi instan sepanjang memang mengandung kopi dan tidak ditambahkan zat-zat yang bisa merusak kesehatan, masuk ke dalam kategori kopi sehat.

Baca juga :

Senyawa Bioaktif Dalam Kopi Dengan Manfaat Kesehatan

Terus apa saja sih senyawa aktif yang terdapat dalam kopi yang bisa membuat jantung kita sehat dan bisa membut panjang umur? Ternyata banyak juga ya teman-teman. Diantaranya:

  • Asam klorogenat: Asam klorogenat adalah salah satu antioksidan paling melimpah dalam kopi. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, pemicu penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.
  • Asam kafeik: Asam kafeik adalah antioksidan lain yang terdapat dalam kopi. Ini juga memiliki efek anti-inflamasi dan dapat membantu melindungi otak dari penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.
  • Kafein: Kafein adalah stimulan yang meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Ini juga dapat meningkatkan kinerja atletik dan membantu melindungi dari penyakit neurodegeneratif.
  • Asam quinic: Asam quinic adalah senyawa yang dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Ini juga memiliki efek antibakteri dan antivirus.
  • Tocopherol: Tokoferol adalah jenis vitamin E yang merupakan antioksidan kuat. Ini dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurut isi penelitian, senyawa bioaktif di atas hanyalah beberapa dari banyak senyawa yang ditemukan dalam kopi. Semua senyawa ini bekerja sama untuk memberikan berbagai manfaat untuk melindungi jantung dan membuat para peminum kopi umur panjang.

Tapi penting juga diingat ya Sobat Arega bahwa jumlah senyawa bioaktif dalam kopi dapat bervariasi. Tidak semua kopi memiliki jumlah yang sama, tergantung pada jenis kopi, metode pengolahan, dan metode persiapan. Yang pasti semakin baik pengolahan kopi semakin banyak manfaatnya.

Tetap Batasi Konsumsi Kopi

Kita sudah tahu aturan main alam semesta bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Jadi ingat ya Sobat Arenga, walau punya segudang manfaat seperti melindungi jantung dan membuat kita bisa panjang umur, tetap batasi konsumsi kopinya.

Jangan pernah konsumsi kopi berlebihan atau lebih dari 5 cangkir per hari. Ini benar-benar tidak dianjurkan. Karena nanti bukan manfaat yang kita dapat tapi mudarat. Karena minum kopi berlebihan bisa menyebabkan efek samping seperti kecemasan, insomnia, dan sakit perut.

Sementara bagi Sobat Arenga yang tidak suka kopi, jangan khawatir! Masih banyak cara lain untuk menjaga kesehatan jantung, seperti makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan mengelola stres.

Jadi, bagi para pecinta kopi, nikmati kopimu dengan moderat dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan jantung dan umur panjang!

Arenga Indonesia. Produsen gula aren di Tangerang

Share artikel ini

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

    Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

  • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

    Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

  • Herbal alami atasi diare

    Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

  • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

    Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter