Beda Kopi Asli dan Kopi Instan

4 beda antara kopi asli dan kopi instan

ARENGAINDONESIA.com – Untuk Para Pecinta Kopi, sudah tahukan beda Kopi Asli dan Kopi Sachet Instan? Kalau belum bisa dibaca sampai ke bawah ya

Sebagai pecinta minuman paling terkenal di dunia ini, mungkin Sobat Arenga sudah tidak asing lagi dengan dua jenis kopi yang sering ditemukan di keseharian kita. Iya, itu lah dia kopi sachet instan dan kopi asli non-sachet atau biasa disebut brewed coffee. Meskipun keduanya adalah minuman kopi, dan menurut penggemarnya keduanya sama enaknya, ternyata terdapat perbedaan yang signifikan di antara keduanya lho!

Penasaran kan? Na apa saja perbedaannya? Mari teruskan membaca sampai ke bawah ya teman-teman.

1. Proses Pembuatan

Perbedaan pertama yang mencolok antara kopi sachet instan dan kopi asli terletak pada proses pembuatannya. Kopi sachet instan diproduksi dengan cara mengeringkan bubuk kopi biasa sehingga dapat disajikan dalam bentuk sachet praktis. Proses ini melibatkan penghilangan air dari bubuk kopi melalui proses pengeringan.

Sementara kopi asli dibuat dengan cara menyeduh biji kopi segar yang baru saja sesaat sebelum diseduh. Tapi seduhan kopi yang sudah digiling sebelumnya juga bisa disebut sebagai kopi asli.

Di kedai kopi, proses penyeduhan ini ni membutuhkan alat seperti mesin kopi atau alat seduh manual seperti French press, espresso machine, atau dripper.

Banyak orang lebih suka kopi asli ketimbang instan karena memberikan pengalaman yang lebih otentik.

2. Kualitas dan Rasa

Kopi sachet instan umumnya menggunakan biji kopi yang telah diolah secara massal, sering kali dengan menggunakan kopi robusta yang memiliki rasa yang kuat dan pahit.

Berbeda dengan kopi asli, biji kopinya berasal dari kopi arabika atau kopi spesial lainnya, yang memiliki rasa yang lebih halus dan kompleks.

Selain itu, kopi sachet instan sering kali mengandung tambahan bahan seperti gula, krimer, atau perasa buatan untuk memperkuat rasa dan aroma.

Di sisi lain, kopi asli diseduh apa adanya, tanpa tambahan bahan lain, sehingga rasa kopi murni terasa lebih kental dan alami.

3. Kandungan Nutrisi

Kopi sachet instan sering kali memiliki kandungan nutrisi yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi asli. Proses pengeringan pada kopi instan dapat menyebabkan sebagian nutrisi dalam biji kopi hilang. Selain itu, tambahan bahan seperti gula dan krimer dalam kopi sachet instan juga dapat menambah kalori dan gula yang tidak diinginkan.

Sementara itu, kopi asli yang diseduh dengan biji kopi segar umumnya mengandung lebih banyak antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat. Namun, perlu diingat bahwa kandungan nutrisi dalam kopi juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti jenis biji kopi, metode pemrosesan, dan kondisi penyimpanan.

Baca gula aren cair asli untuk kopi asli : Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter

4. Pengalaman dan Ritual Ngopi

Satu hal lagi yang membedakan antara kopi sachet instan dan kopi asli adalah pengalaman dan kehadiran ritual saat menikmatinya. Kopi sachet instan memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam pembuatannya, tetapi kurang memberikan pengalaman yang mendalam dibandingkan dengan menikmati kopi asli yang ada proses ritualnya.

Karena seperti Sobat Arenga ketahui, kopi asli, proses penyeduhannya melibatkan alat dan waktu yang lebih lama. Proses ini bisa mendatangkan pengalaman lebih subtil dan memuaskan. Proses mengahdirkan secangkir kopi dengan segala perniknya itu memungkinkan kita lebih menghargai tiap teguk kopi yang kita minum.

Penutup

Jadi demikian lah sedikit perbedaan antara kopi asli dan kopi sachet instan. Pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi masing-masing individu.

Bagi yang menginginkan kenyamanan dan praktisitas, kopi sachet instan bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, bagi pecinta kopi yang menginginkan pengalaman yang lebih mendalam dan otentik, kopi asli dengan biji kopi segar adalah pilihan yang lebih baik. Tetaplah menikmati kopi dengan bijak dan sesuai dengan selera teman-teman!

Arenga Indonesia. Pabrik gula aren di Tangerang – Banten

Share artikel ini

20 Comments

  1. Ana Ike Agustus 7, 2023 at 6:43 pm

    Kapan itu tanteku pernah periksa ke dokter dalam dan disaranin kalau mau ngopi better pake kopi yang asli dibanding yang instan.
    Jauh lebih bagus dan aman ke lambung katanya.
    Setelah baca tulisan ini jadi paham sih memang lebih baik yang alami ya meski dari segi harga pasti beda.

  2. Era Agustus 8, 2023 at 10:14 am

    Kemarin aku sempat lihat video tentang kopi mba, ternyata ada kopi instan yang hanya menggunakan essence kopi, nah , itu yang bikin ada efek seperti kembung atau perut ga nyaman setelah minum kopi.

  3. Milda Ini Agustus 8, 2023 at 5:10 pm

    Kalo penga aku sehari2. Saat ngopih atau ada yang buat kopi fi kantor. Wangi kopi asli atau aku sering sebut kopi hitam itu beda banget sam yang sangat. Wangi alami kopi hitam yah kan

  4. Nurul Fitri Fatkhani Agustus 9, 2023 at 7:19 am

    Sebagai orang yang selalu membuat kopi di pagi hari, saya lebih seneng kopi sachet karena praktis hehehe
    Tapi yang dibikinin kopi maunya yang asli. Karena katanya rasa dan aromanya lebih enak

  5. Nathalia DP Agustus 9, 2023 at 9:44 am

    Saya bukan penggemar kopi nih, jadi mau dikasih kopi asli atau kopi instan, enggak terlalu ngaruh, hehehe… Yang pasti suka banget sama wanginya…

  6. Mutia Karamoy Agustus 9, 2023 at 1:26 pm

    Sebenarnya aku bukanlah penggemar kopi bahkan termasuk jarang minum kopi tapi suamiku suka banget kopi, pokoknya tiada hari tanpa kopi entah itu kopi instan atau kopi asli, tapi memang sih kopi instan itu lebih oraktis dan mudah diseduh kapan saja.

  7. lendyagassi Agustus 9, 2023 at 6:29 pm

    Oh rasa dan aroma kopi asli ini memang gak tergantikan ya, kak..
    Pengalaman menyeduh bahkan dengan suhu tertentu, bisa menjadikan bijih kopi berbeda rasa.
    Aku tapi beneran se-suka itu sama kopi euuii.. pengalaman pahitnya ini yang bikin ketagihan. Hihihi~

  8. Eri Udiyawati Agustus 9, 2023 at 6:52 pm

    Dulu zaman saya kecil, saya sering membantu mama buat kopi sendiri secara manual. Dari metik kopi di kebun, kemudian proses ‘nutu’ membuka kopi dari kulitnya. Lanjut menjemur kopi sampai kering sampai tinggal bijinya, terus disangrai. Kemudian ditumpuk. Saya suka nyicipin kopi pas baru ditumbuk, enak banget itu.

    Seiring perkembangan zaman, saya makin sibuk dengan dunia saya, orang tua makin berusia dan cukup lelah, akhirnya gak pernah bikin kopi sendiri. Ada kopi sachet yang memberikan kemudahan dan kenyamanan. Hahahha..

  9. Husnul Khotimah Agustus 9, 2023 at 8:16 pm

    Panjang ya ternyata masalah kopi ini.. bagi orang yang jarang ngopi, kopi sepertinya sama aja untuk saya hihi, mohon maklum dan mohon maaf.. karena nggak ngerti seni ngopi yang menyenangkan itu seperti apa :D.

  10. Suciarti Wahyuningtyas Agustus 9, 2023 at 8:16 pm

    Enakan kopi asli ya daripada kopi instan, aku udah lama banget gak minum kopi instan. Kebetulan di rumah pun senangnya bikin sendiri, karena lagi trial terus nih. Kopi instan tuh kalau aku ngeri sama kandungan gulanya sih ya.

  11. Jiah Al Jafara Agustus 9, 2023 at 8:35 pm

    Jadi ingat dulu pas ada pohon kopi di belakang rumah, suka ambil terus dikeringkan dan dibikin kopi. Ditumbuk dong karena gak kenal alat penggiling kopi. Sekarang di rumah yang paling sering minum tuh adik sama keponakan. Mereka sih suka dua-duanya baik asli atau instan

  12. Eni Rahayu Agustus 9, 2023 at 8:43 pm

    Benar saja kopi instant memang tidak butuh waktu yang lama untuk dapat menyeduh dan meni kopi trsebut, tetapi jelas lebih nikmat jika menggunakan kopi asli, aroma dan rasa nya yang lebih enak , dan lebih baik untuk kesehatan.

  13. Dawiah Agustus 9, 2023 at 10:04 pm

    Saya lebih suka kopi asli, diseduh langsung dan paling tambahkan gula sedikit bahkan kadang tanpa gula sama sekali. Sensasi rasa kopinya lebih maknyus.

  14. Gusti yeni Agustus 9, 2023 at 11:06 pm

    Oalah pantesan yaa di cafe atau kedai kopi alat pembuat kopi terlihat sampai ada yang masih berujud biji kopi yaa…

    Pastinya lebih sedap yang buatan manual.dibandingkan instan, nah di rumahku tidak ada yg minum.kopi jadi membaca ulasan ini menjadi ilmu barubuatku makk..

  15. Erin Friyana Agustus 9, 2023 at 11:35 pm

    Wah, ternyata kopi instan malah kandungan nutrisinya sedikit, ya. Jadi, memang bagusnya minum kopi asli biar kualitas dan kandungan gizinya tetap terjaga baik.

  16. Larasatinesa Agustus 10, 2023 at 4:02 am

    Waah jadi tau deh perbedaannya. Jujur karena nggak terlalu suka ngopi jadi nggak notice. Memang tergantung preferensi masing-masing ya. Aku malah lagi suka pakai bubuk kopi dicampur sampo untuk keramas, bikin rambut rontok berkurang. Hehe.

  17. Ade UFi Agustus 10, 2023 at 7:17 am

    Ada yang membedakan lainnya mba. Kooi asli ketika disedu dengan air 90 derajat celcius dia mudah mengurai, tapi kalau ada campuran dia masih ngembang ampasnya diatas

  18. siti hairul Agustus 11, 2023 at 8:51 am

    aku prefer kopi asli daripada instant. malah hampir ga pernah beli kopi sachet yang kemasan yang ada rasa macam2 itu sekarang, usia sekarang kayaknya udah ga cocok di lidah dengan gulanya hahaha

  19. Hikmah Khaerunnisa Agustus 14, 2023 at 9:12 am

    Nutrisi jelas beda yaa mba.. sensasi minumnya juga beda.. aku pecinta kopi instan dan kopi asli. Sesekali minum kopi asli di cofeeshop buat rasakan sensasi yang berbeda.. hihi

  20. sri widiyastuti Agustus 14, 2023 at 9:57 am

    pernah dikasih biji kopi yang baru disangrai mbak, cuma aku kan gak ngopi yaa, jadi gak begitu tertarik untuk menyeduh kopi dari biji kopi yang digiling sendiri dan menyeduhnya terus menyeruputnya sendiri hehe, belum sama sekali tergerak untuk itu, tapi membaca bedanya emang beda banget ya, karena pengalaman menyeduh kopi asli itu merupakan pengalaman batin yang hanya dimiliki pecinta kopi sejati

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

  • Kuliner Indonesia yang diadopsi dari kuliner Belanda

    Makanan Indonesia yang Diadopsi Dari Makanan Belanda

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar