4 Macam Kopi Kekinian yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Kopi Kekinian: Menikmati Esensi Kekinian dalam Setiap variasi rasa

ARENGAINDONESIA.com, Tangerang – Kopi Kekinian: Menikmati Esensi Kekinian dalam Setiap Tegukan Kopi Dengan Aneka Variasi Rasa

Yang berbau kekinian itu akan selalu menarik perhatian kaum milenial. Dari tempat hangout, tempat wisata, sampai ke makanan dan minuman. Kenapa? Karena warga melinial itu menganggap bahwa yang kekinian itu adalah dunia mereka.

Begitu pun sampai ke dalam dunia kopi, mereka adalah pelanggan utama kopi kekinian. Gemanya sudah bukan main, dipopulerkan lewat berbagai saluran percakapa sosial, mulai dari media daring lalu menembus ke cafe-cafe dan bahkan ke tempat tinggal kita.

Apa Sih Kopi Kekinian Itu

Ngmong-ngomong sebelum lanjut pada berbagai resep di bawah, sebenarnya apa sih kopi kekinian itu?

Kopi kekinian adalah tren inovatif dalam indutri coffee. Tren ini menawarkan pengalaman modern dalam menikmati minuman kopi. Dimulai dari kopi susu dengan menggunakan palm sugar atau gula aren cair sebagai pemanis. Ditambah dengan variasi penyajian yang estetis, resep yang kreatif, dinikmati di tempat-tempat cantik dan instagramable.

Alternatif lain dari kopi moderen ini adalah penambahan sirup dalam berbagai rasa, matcha, green tea, buah-buahan dan banyak lainnya. Dengan penekanan pada estetika dan presentasi yang menarik ini lah yang membuat minuman ini menarik minat milenial pecinta kopi. Karena variasi dan inovasi baru telah membuat pengalaman baru dalam menikmati kopi.

Revolusi Dalam Industri Minuman Kopi

Beragam jenis racikan minuman kopi memang telah merevolusi dunia kopi dengan inovasi yang segar dan menggugah selera. Di samping kopi tradisional yang telah ada selama berabad-abad, minuman ini menawarkan pengalaman yang lebih modern dan memikat bagi para pecinta kopi.

Berikut 5 kategori kopi kekinian yang enak dan panduan tentang cara membuatnya sendiri di rumah.

1. Maniskan Dengan Gula Aren Cair

Salah satu ciri khas dari kopi kekinian adalah penggunaan sirup gula merah atau gula aren cair sebagai pemanisnya. Pemanis yang terbuat dari sugar palm tree ini ini memberikan sentuhan manis unik, selain manis juga memperkuat aroma smoky dari kopi.

Tertarik membuat minuman kafein masa kini dengan sirup gula aren? Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan satu atau dua sendok teh Arenga gula aren cair.
  • Siapkan secangkir espresso atau kopi instan yang telah diseduh dengan air panas.
  • Tuangkan kopi yang sudah diseduh ke dalam gelas berisi es batu.
  • Tambahkan gula aren cair ke dalam gelas.
  • Aduk rata hingga gula larut dan kopi tercampur dengan baik.
  • Sajikan dengan sedotan dan nikmati kopi kekinian yang segar dan manis ini.

2. Topping Susu dan Bubuk Matcha

Kopi kekinian dengan tambahan topping susu dan bubuk matcha telah menjadi salah satu tren terbaru di dunia kopi. Perpaduan antara cita rasa kopi, kekentalan susu, dan keharuman matcha menciptakan sensasi yang luar biasa di lidah.

Berikut adalah cara membuatnya:

  • Siapkan secangkir espresso atau kopi instan yang telah diseduh dengan air panas.
  • Tambahkan susu dengan jumlah yang diinginkan ke dalam espresso atau kopi instan.
  • Campurkan bubuk matcha secukupnya ke dalam campuran kopi dan susu.
  • Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  • Sajikan dalam gelas berisi es batu jika ingin dinikmati dalam bentuk es atau nikmati dalam keadaan hangat.

3. Kopi Kekinian dengan Rasa Buah Segar

Untuk menghadirkan sentuhan buah segar dalam kopi kekinian, kamu bisa mencoba variasi kopi dengan rasa buah-buahan yang segar dan menyegarkan. Beberapa buah yang cocok untuk dikombinasikan dengan kopi adalah stroberi, blueberry, atau lemon.

Cara membuatnya sebagai berikut:

  • Siapkan secangkir espresso atau kopi instan yang telah diseduh dengan air panas.
  • Persiapkan buah-buahan segar sesuai selera, seperti stroberi atau blueberry.
  • Haluskan buah-buahan dengan blender atau alat pemroses makanan.
  • Tuangkan kopi yang sudah diseduh ke dalam gelas berisi es batu.
  • Tambahkan puree buah yang telah dihaluskan ke dalam kopi.
  • Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  • Sajikan dengan tambahan potongan buah segar di atasnya untuk memberikan sentuhan ekstra.

4. Memperkuat Rasa Dengan Bermacam Rasa Sirup

Berbagai macam sirup rasa juga menjadi pilihan populer dalam kopi kekinian. Sirup seperti karamel, vanilla, atau hazelnut menambahkan aroma dan cita rasa yang kaya pada kopi.

Cara membuatnya sebagai berikut:

  • Siapkan secangkir espresso atau kopi instan yang telah diseduh dengan air panas.
  • Tambahkan satu sendok teh atau sesuai selera sirup rasa yang diinginkan ke dalam kopi.
  • Aduk rata hingga sirup tercampur dengan baik.
  • Tambahkan es batu jika ingin dinikmati dalam bentuk es atau nikmati dalam keadaan hangat.
  • Sajikan dengan sentuhan tambahan, seperti whipped cream atau serutan cokelat, jika diinginkan.

Jadi begitu lah! Industri ini telah menawarkan variasi yang menarik, baik secara rasa maupun visual bagi para milenial pecinta kopi . Jika ingin membuatnya sendiri, dengan bantuan resep yang dapat ditemukan di internet, kamu dapat menikmati minuman favoritmu di rumah. Percayalah, dengan sedikit eksperimen dan kreativitas, kamu dapat menciptakan kreasi kopi kekinian yang unik sesuai dengan selera pribadimu. Selamat mencoba!

Arenga Indonesia. Pabrik gula aren cair untuk kopi di Tangerang – Banten

Share artikel ini

21 Comments

  1. Farida Pane Juli 27, 2023 at 1:10 pm

    Kopi pake gula aren memang sedap betul. Apa lagi ditambah perasan jeruk nipis yang sebenarnya sudah ada ramuannya di versi tradisional tapi sekarang diadopsi pula oleh kopi kekinian

  2. Milda Ini Juli 27, 2023 at 3:44 pm

    Benar MBa banyak ragam sekarang kopi kekinian, tapi aku kurang suka, doyannya yah kopi natural gitu, kopi hitam dengan sedikit gula. kalo anak aku yang remaja, iyah suka

  3. Eni Rahayu Juli 28, 2023 at 1:45 pm

    Sudah jadi primadona sejak lama kopi pakai gula aren, kopi yang pahit dan segar dipadukan dengan manis nya gula aren yang khas, sangat enak dinikmati apalagi waktu siang hari yang sedang panas panas nya hari, banyak sekali varian kopi saat ini,karena kebanyakan anak muda zaman sekarang sangat menggilai kopi.

    • @hm_zwan Juli 29, 2023 at 7:47 am

      Sekarang banyak banget variasi kopi kekinian ya mbk. Dan yang bikin bahagia itu kita bisa bikin sendiri di rumah, lumayan bisa lebih hemat ya.

  4. Yati Rachmat Juli 28, 2023 at 7:36 pm

    Yg modalnya sdh ada di rmh langsung donk tarok hp dan beranjak siap2 bikin kopi gula aren tp mau ducemplungin ice cube ah!

    • Ria Juli 29, 2023 at 7:07 pm

      Varian ketiga menarik, apakah ini sejenis mocktail yang tengah trending di kedai2 kopi? Aku suka juga mencoba minum yg ini tp belum pernah membuat sendiri. Kapan2 mau ah mencoba bikin di rumah

  5. Istiana Sutanti Juli 29, 2023 at 7:10 am

    Maak, gak ada Dalgona Coffee mak? Ihihi. Kopi itu agak viral pas pandemi kemarin soalnya, ahaha. Sampai aku nyoba dan beberapa kali bikin juga xp

  6. Ucig Juli 29, 2023 at 8:29 am

    Kopi kekinian aku belum pernah yg campuran buah nih kak. Pengin deh kayaknya bikin sendiri pakai gula aren Arenga nambah pollll nikmatnya. Makasih ya tulisannya bikin pengin ngupi pagi ini hhihii

  7. Momtraveler Juli 29, 2023 at 1:15 pm

    Sebenernya bikin sendiri di rumah lebih enak ya mbak. Bisa disesuaikan dengan selera kita dan kita bisa berkreqsi sepuasnya. Pake gula aren misalnya jqdi lebih sehat juga daripada pake gula pasir

  8. Suciarti Wahyuningtyas Juli 29, 2023 at 1:30 pm

    Aku pun di rumah sering ini bikin kopi kekinian, sekalian kemarin pas ada rezeki beli mesin kopi yang kecil gitulah. Biar vibes ngopinya sudah kayak di cafe.

  9. Lisdha www.daily-wife.com Juli 29, 2023 at 4:46 pm

    Saya membaca tulisan ini dengan segelas kopi isntan tanpa gula di depan laptop. Saya menyesapnya sekali-kali dengan after taste yang terasa kuat. Tentu saja, bukan after taste yang manis hihihi… jadi penasaran sajian kopi dengan buah segar dan sirup. Saya belum pernah mecoba keduanya. Saya pikir nggak nyambung lho..ternyata bisa ya..

  10. nchie hanie Juli 29, 2023 at 7:52 pm

    Naah, makin banyak kopi kekinian yang bisa dibikin di rumah ya Mamin, duh makasih banyak resep2nya yang wajib dicoba tuh, soalnya anakku paling suka sama matcha bisa dikreassikan tuuh. Kalo mamaknya mah tetep kopi item gula aren deeh.

  11. Dzulkhulaifah Juli 29, 2023 at 9:15 pm

    Aku baru tahu kalau minuman kopi bisa dipadukan dengan aneka buah atau sirup. Rasanya jadi unik banget kali, ya? Apalagi kalau ditambah es batu, jadi seger, deh. Cocok dinikmati siang atau sore hari.

  12. andiyani achmad Juli 29, 2023 at 9:15 pm

    sudah hampir setahun sepertinya aku bikin kopi sendiri, terutama saat di kantor hehehhe lumayan sih min jadi lebih hemat

  13. Dian Juli 29, 2023 at 9:41 pm

    Iya, sekarang banyak kopi kopi kekinian yang hype banget.
    Ternyata bisa buat sendiri di rumah ya

  14. April Hamsa Juli 29, 2023 at 10:01 pm

    Wuah terima kasih nih bocoran resepnya. Lumayan emang sih kalau bikin sendiri bisa menghemat budget buat ngopi di kedai atau kafe kekinian. Syukur2 pas racikannya udah pas bisa ikut menjual kopinya hehe. Kalau pakai gula aren cair lebih enak sih yaa. Kudu nyetok deh.

  15. Jiah Al Jafara Juli 29, 2023 at 10:50 pm

    Kalau aku paling sering lihat kopi gula aren. Kalau campur sirup, gak kebayang rasanya. Kayanya malah bikin aroma kopinya ilang

  16. Yayat Juli 29, 2023 at 11:15 pm

    Kopi susu gula aren paling gampang dibiiin di rumah, tapi rasa enaknya emang tergantung dari kopi sama guka arennya, makanya aku gak mau pilih guka aren sembarangan

  17. Ana Ike Juli 30, 2023 at 7:11 am

    Sebagai pecinta kopi kekinian, memang lebih praktis bikin sendiri di rumah dibanding beli terus di luaran. Sekali beli seenggaknya 30-50, misal tiap minggu beli 2 kali udah kehitung aja sebulan 400an.
    Nah kalau punya stok kopi, gula aren, susu (almond/oatmilk), sama whipped cream jauh lebih murah dibanding beli terus.

  18. antung apriana Agustus 2, 2023 at 3:00 pm

    jadi ingat dulu pernah ikutan workshop bikin kopi kekinian ini di salah satu hotel di Banjarmasin. Sayangnya pas saya coba sendiri di rumah gagal kopi kekiniannya dan sekarang belum ada coba lagi padahal lumayan ya bisa dijadikan usaha

  19. sri widiyastuti Agustus 3, 2023 at 9:43 am

    wah makasih mbak resep praktisnya membuat campuran kopi kekinian. emang enak sih ya segar kalau kopi dibuat kekinian itu. pernah saya ditawari kopi dengan campuran alpukat, enak banget lho mbak, apalagi disajikannya itu ketika baru meleleh sejak disimpan di freezer jadi aja gerenjilan es kayak es krim gitu deh. wah, saya jadi mau minum terus terus itu es kopi alpukat heuehu bahayyyaa hihihi

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter