Manfaat Matcha Green Tea dan Apa Beda Keduanya?

Categories: TEH - TEA|Komentar Dinonaktifkan pada Manfaat Matcha Green Tea dan Apa Beda Keduanya?|
Perbedaan matcha dan green tea dan manfaat kesehatan

Tangerang, Arengaindonesia.com – Studi tentang Matcha Green Tea dan Manfaat untuk Kesehatan

Kalau sudah ngomongan matcha dan green tea, kita sering bingung. Karena kedua bahan minuman berwarna hijau ini sama-sama berasal dari daun Camellia sinensis, tapi mengapa yang satu disebut matcha dan yang satu lagi disebut green tea atau teh hijau?

Perbedaan Matcha dan Green Tea

Biar teman-teman gak bingung lagi ini perbedaan antara matcha dan green tea.

Green tea atau teh hijau adalah teh berasal dari daun Camellia sinensis yang dikeringkan. Setelah daun teh dicabut dari tangkai daun, kemudian dikeringkan, lalu dijual dalam bentuk daun teh kering utuh.

Teh hijau terkenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi, seperti katekin, yang dikaitkan dengan manfaat kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi jantung, dan meningkatkan metabolisme.

Matcha, di sisi lain, berasal dari daun teh hijau juga, tetapi proses produksinya berbeda. Sebelum panen, tanaman teh yang akan diolah menjadi matcha dilindungi dari paparan sinar matahari langsung selama beberapa minggu. Hal ini menyebabkan daun-daunnya memproduksi lebih banyak klorofil dan meningkatkan kandungan nutrisi.

Setelah dipanen dan dikeringkan, daun-daun teh hijau ini kemudian digiling jadi bubuk halus. Baik menggunakan batu penggiling tradisional atau mesin mederen. Proses ini mempertahankan semua kandungan nutrisi yang terkandung dalam daun teh hijau.

Nah begitu lah sedikit keterangan mengenai perbedaan antara Matcha dan green tea.

Berbagai Manfaat Matcha Untuk Kesehatan

Foto sebuah toko di Otaru - Jepang yang menjual makanan berbahan matcha
Sebuah toko di Otaru – Jepang yang menjual makanan berbahan matcha

Nah setelah mengetahui perbedaan matcha dan green tea, mari kita menukik lebih dalam, mengenali lebih banyak apa saja manfaat serbuk yang berasal dari teh hijau ini untuk kesehatan

Penelitian yang dilakukan tentang matcha dan komponennya telah mengungkapkan sejumlah manfaat yang luar biasa, termasuk perlindungan hati, peningkatan kesehatan jantung, dan bahkan membantu penurunan berat badan.

1. Melindungi Hati Dari Kerusakan

Salah satu komponen utama dalam matcha adalah katekin, yaitu senyawa antioksidan yang kuat. Katekin yang paling melimpah dalam matcha adalah epigallocatechin gallate (EGCG). Beberapa studi telah menunjukkan bahwa EGCG dapat membantu melindungi hati dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kerusakan hati dapat terjadi akibat stres, polusi, atau konsumsi alkohol yang berlebihan. Dengan mengonsumsi matcha secara teratur, kita dapat memberikan dukungan tambahan bagi fungsi hati yang sehat.

2. Membuat Jantung Lebih Sehat

Selain perlindungan hati, matcha juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau secara umum terkait dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Katekin dalam matcha dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Hal ini dapat membantu menjaga keseimbangan lipid dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Bisa Membuat Langsing

Selanjutnya, matcha juga dikaitkan dengan potensi penurunan berat badan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi matcha dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dan membantu dalam pembakaran lemak. Selain itu, matcha juga mengandung senyawa bernama katekin, yang dapat meningkatkan oksidasi lemak selama aktivitas fisik. Dengan menggabungkan konsumsi matcha dengan pola makan seimbang dan olahraga rutin, dapat membantu dalam upaya penurunan berat badan.

Setelah mengetahui banyak manfaat matcha, apakah teman-teman tertarik? Tapi tetap ingat ya, sekalipun matcha memiliki berbagai komponen yang bermanfaat, penting juga untuk menjaga pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan mengikuti gaya hidup yang seimbang secara keseluruhan.

Penutup

Dalam kesimpulan, matcha adalah minuman yang mengandung sejumlah manfaat kesehatan yang menarik. Komponen-komponen seperti katekin dan EGCG dalam matcha dapat membantu melindungi hati, meningkatkan kesehatan jantung, dan mendukung upaya penurunan berat badan. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan yang seimbang dan berolahraga secara teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal. Nikmati segelas matcha yang menyegarkan sambil menjaga gaya hidup yang sehat dan seimbang!

Arenga Indonesia. Pemasok gula aren cair untuk Cafe dan Komersil di Tangerang – Banten

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Coffee wine, cita rasa unik dari kopi fermentasi

    Kopi Wine: Cita Rasa Unik Dari Kopi Fermentasi

  • Pewarna makanan sintetis aman atau bahaya?

    Pewarna Makanan Sintetis Aman atau Bahaya?

  • Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

    Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

  • Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

    Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

  • Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

    Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter