Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

Resep iga bakar gula aren Arenga

Resep igar bakar gula aren Arenga – Sebelum lanjut barangkali teman-teman membutuhkan definisi dari daging iga. Apa sih yang dimaksud dengan daging iga? Ini adalah daging bagian yang menempel pada tulang rusuk sapi. Kalau hendak digunakan biasanya akan dipotong pendek dengan daging tetap dibiarkan menempel pada tulang.

 

Nah ada kenikmatan tersendiri menikmati daging yang menempel pada tulang iga atau rusuk sapi ini. Biasanya memiliki lemak yang cukup tebal, sehingga teksturnya  mudah empuk dan menyerap bumbu. Akibarnya  gurih dari rempah atau bumbu berpadu sempurna dengan serat daging.

Baca juga :

 

Dengan tekstur yang khas seperti itu, iga sapi bisa dimasak dalam berbagai variasi menu. Kita sudah tahu bahwa sop konro dari Makassar berasal dari tulang iga sapi. Begitu pun iga enak bila di semur, dipanggang, atau digoreng penyet

Tak hanya dalam resep menu Indonesia, tulang iga sapi kita temukan dalam menu rib eye steak yang dihadirkan lengkap dengan tulang atau tanpa tulang.

Iga Bakar Saus Spesial Arenga

Daging sapi memang lezat untuk diolah menjadi menu yang bisa disajikan pada jamuan mewah maupun sederhana. Tapi kita sering enggan membuatnya karena mengira bahwa memasak iga agak ribet. Belum lagi merasa membutuh banyak jenis bumbu.

Nah berikut Mamin  akan memberikan resep iga bakar ala gula aren Arenga. Bila diikuti satu persatu dengan cermat, kelihatan bahwa membuatnya tidaklah sulit. Ini termasuk salah satu resep favorit keluarga besar Arenga Indonesia. Enak untuk disajikan makan siang maupun malam.

Bahan-bahan Iga Bakar Gula Aren Arenga

"<yoastmark

  1. 3 buah iga sapi ukuran besar
  2. 1 buah bawang bombay
  3. 2 siung bawang putih
  4. 5 sendok makan saus cabe pedas
  5. 3 – 5 sendok makan gula aren cair Arenga
  6. 1 sendok teh lada
  7. 2 sendok makan kecap manis
  8. Setengah sendok makan origano
  9. Garam dan air secukupnya
  10. Minyak zaitun secukupnya

Cara Membuat:

  • Rebus iga sapi hingga setengah matang atau cukup lembut.
  • Masukkan garam dan kecap manis.
  • Lanjutkan merebus hingga matang dan lembut. Tiriskan kemudian sisihkan
Bikin dan Siapkan Saus Spesial Arenga
  • Iris halus bawang putih kemudian iris dadu bawang bombay
  • Buat saus spesial dengan memanaskan minyak zaitun.
  • Tumis bawang bombay dan bawang merah hingga harum.
  • Masukkan saus cabe
  • Tambahkan air secukupnya atau sesuai kekentalan yang diinginkan.
  • Tambahkan gula cair arenga, lada, oregano dan garam sesuai selera.
  • Masak hingga mengental dan kehitaman.
  • Cicipi angkat dan sisihkan. Saus  special Arenga Indonesia siap digunakan untuk memanggang iga.
  • Siapkan pemanggang letakkan iga dan beri olesan saus iga spesial Arenga yang sudah dibuat.
  • Panggang hingga meresap dan tiriskan.
  • Lumuri lagi dengan saus spesial Arenga
  • Iga bakar spesial saus Arenga pun siap disajikan.

Tips Memilih Iga Sapi yang Baik

Rahasia igar bakar juga terletak di bahan bakunya. Jadi pastikan kondisi daging masih dalam keadaan segar. Biasanya ditandai dengan warna cerah dan terlihat ada lemak putih susu di sekitarnya. Hindari daging yang berwarna kusam dan lemak mulai menguning. Semoga cara bikin iga bakar spesial bermanfaat bagi teman-teman

  1. 3 buah iga sapi ukuran besar
  2. 1 buah bawang bombay
  3. 2 siung bawang putih
  4. 5 sendok makan saus cabe pedas
  5. 3 – 5 sendok makan gula aren cair Arenga
  6. 1 sendok teh lada
  7. 2 sendok makan kecap manis
  8. Setengah sendok makan origano
  9. Garam dan air secukupnya
  10. Minyak zaitun secukupnya

Cara Membuat:

  • Rebus iga sapi hingga setengah matang atau cukup lembut.
  • Masukkan garam dan kecap manis.
  • Lanjutkan merebus hingga matang dan lembut. Tiriskan kemudian sisihkan
Bikin dan Siapkan Saus Spesial Arenga
  • Iris halus bawang putih kemudian iris dadu bawang bombay
  • Buat saus spesial dengan memanaskan minyak zaitun.
  • Tumis bawang bombay dan bawang merah hingga harum.
  • Masukkan saus cabe
  • Tambahkan air secukupnya atau sesuai kekentalan yang diinginkan.
  • Tambahkan gula cair arenga, lada, oregano dan garam sesuai selera.
  • Masak hingga mengental dan kehitaman.
  • Cicipi angkat dan sisihkan. Saus  special Arenga Indonesia siap digunakan untuk memanggang iga.
  • Siapkan pemanggang letakkan iga dan beri olesan saus iga spesial Arenga yang sudah dibuat.
  • Panggang hingga meresap dan tiriskan.
  • Lumuri lagi dengan saus spesial Arenga
  • Iga bakar spesial saus Arenga pun siap disajikan.

Tips Memilih Iga Sapi yang Baik

Rahasia igar bakar juga terletak di bahan bakunya. Jadi pastikan kondisi daging masih dalam keadaan segar. Biasanya ditandai dengan warna cerah dan terlihat ada lemak putih susu di sekitarnya. Hindari daging yang berwarna kusam dan lemak mulai menguning. Semoga cara bikin iga bakar spesial bermanfaat bagi teman-teman

Share artikel ini

34 Comments

  1. dian Desember 4, 2020 at 6:18 pm - Reply

    aku suka banget ama iga bakar mbak, sayangnya nggk bisa masaknya
    jadi selama ini beli , hehe

  2. Happy Dyah Desember 4, 2020 at 8:40 pm - Reply

    Duh jadi pengen nih mba. Ternyata gampang juga kok buatnya. Apalagi ditambah dengan gula aren Arenga, masakan jadi tambah sedep nih. Mau order Arenga dulu deh

    • Arenga Indonesia Desember 5, 2020 at 7:37 am - Reply

      Iyaaa Mbak, sebenarnya kalau masak tuh gak ada yang susah ya. Kitanya aja yang perlu sedikit rajin 🙂

  3. Tanti Amelia Desember 4, 2020 at 9:04 pm - Reply

    Sejak kenal gula aren Arenga aku masak juga menggunakan gula aren. Rasanya lebih light ga kayak kecap manis tapi gurihnya malah dapet

  4. Rahmi Desember 5, 2020 at 2:48 am - Reply

    Makanan kesukaan suamik nih tapi baru bisa makan kalo pas di kondangan hahaha. Jadi pengen coba2 juga masak. Kan udah ada resepnya di siniii

    • Arenga Indonesia Desember 5, 2020 at 7:39 am - Reply

      Pas kondangan emang sering ya iga bakar disajikan. Jadi pengen kondangan deh …Tapi masih lama, biar covid lewat dulu 🙂

  5. Dedew Desember 5, 2020 at 8:35 am - Reply

    Ya ampun jadi ngences lihat iga bakarnya mbak apalagi spesial pakai bumbu gula aren..pantas jadi makanan kesukaan keluarga besar ya

    • Arenga Indonesia Desember 5, 2020 at 12:56 pm - Reply

      Iya Mbak Dew..Iga bakar kayak gini hampir semua orang di keluarga kami suka 🙂

  6. Ruli retno Desember 5, 2020 at 1:37 pm - Reply

    Nah melihat iga cukup lembut itu gimana ya? Kadang ada yg kurasa uda empuk ternyata di gigit alot, hehehe. Btw kalo gak punya orageno di skip gpp ya

    • Arenga Indonesia Desember 5, 2020 at 2:23 pm - Reply

      Untuk memastikan iganya sudah empuk biasanya saya ya rebus dulu pakai panci bertekanan Mbak. Kebiasaan saya juga kalau kekurangan satu bumbu biasanya di skip 😀

  7. Ranny Desember 5, 2020 at 2:20 pm - Reply

    Keluargaku suka banget makan iga, tapi biasanya dibikin sop iga. Pernah juga iga goreng tapi iga bakar belum pernah saya coba. Berhubung dah pnya pan grill pengin cobaa dahh resepnya mbak, kayaknya enak banget nih pakai gula aren.

  8. Keke Naima Desember 5, 2020 at 3:37 pm - Reply

    Saya jadi lapaaaar! Enak banget deh ini pasti. Apalagi kalau ada sambal. Lupakan diet! Saya mau nambah berkali-kali hehehe

    • Arenga Indonesia Desember 7, 2020 at 9:43 am - Reply

      Wah kalau sudah sambel dan nasi hangat masuk dalam komposisi, gak ada lawan deh Mbak Myr 🙂

  9. Kartika Nugmalia Desember 5, 2020 at 7:52 pm - Reply

    Waaa…makasih resep iga bakarnya mbak. Kayanya simpel dan enak nih. Aku belum nemu resep iga bakar yang endeus gurindes. jadi pengen nyobain recook

    • Arenga Indonesia Desember 7, 2020 at 9:45 am - Reply

      Iya Mbak, silahkan coba resep iga bakar dari Arenga ini. Siapa tahu cocok jadi bisa dipraktekan berulang-ulang 🙂

  10. Nia Haryanto Desember 5, 2020 at 9:46 pm - Reply

    Wuih, bisa ya bikin iga bakar pake gula Arenga cair. Duuuh nampak enak. kudu nyoba bikin nih. Ada resepnya 😍

    • Arenga Indonesia Desember 7, 2020 at 9:45 am - Reply

      Iya mbak, gula aren cari Arenga gak hanya untuk kue atau minuman, tapi juga bisa digunakan sebagai bumbu dapur 🙂

  11. Caroline Adenan Desember 5, 2020 at 10:04 pm - Reply

    Pengen coba bikin deh di rumah, aku jarang bikin iga juga sih 🙂 apalagi kalo pakai gula aren

    • Arenga Indonesia Desember 7, 2020 at 9:46 am - Reply

      Semoga sukses dengan resep Arenga ini Mbak. Gula aren cair akan membuat rasanya nambah nendang 🙂

  12. Andy Hardiyanti Desember 5, 2020 at 10:55 pm - Reply

    Wuahh boleh juga nih dicoba resepnya. Selama ini kalau mikir gula aren, ya untuk kopi atau kue aja. Ternyata bisa yaa jadi bahan iga bakar.

    • Arenga Indonesia Desember 7, 2020 at 9:47 am - Reply

      Betul Mbak Andy, gula aren cair bisa juga digunakan di dapur, menambah sedap aneka masakan 🙂

  13. lendyagasshi Desember 5, 2020 at 11:06 pm - Reply

    Aku suka igaaa…
    Ini sungguhan menu yang paling menambah nafsu makan.
    Tapi untuk masaknya aku gak bisa sering-sering, hiiiiks~ karena yang doyan hanya aku dan suami.
    Nyaammm~

    • Arenga Indonesia Desember 7, 2020 at 9:48 am - Reply

      Iya Mbak Lendy. Pas pengen masak nanti silahkan intip resep Arenga ya 🙂

  14. indah nuria Desember 5, 2020 at 11:20 pm - Reply

    enaaak bangeeet ini mba… suamiku pasti doyaaan banget karena enak dan looks super juicy as wel

    • Arenga Indonesia Desember 7, 2020 at 9:42 am - Reply

      Berarti selera keluarga kita sama, Mbak. Habis emang enak sih ya hehehe

  15. ira duniabiza Desember 5, 2020 at 11:30 pm - Reply

    Ngebayangin iga bakar dipadu gula aren itu sepertinya membayangkan sesuatu yang lezat banget ya mba evi sebab gula aren punya tekstur yang menarik dan unik. pasti jadi harum banget deh saat membakarnya.. jadi penassaran

    • Arenga Indonesia Desember 7, 2020 at 9:41 am - Reply

      Selain itu fungsi gula aren dalam bumbu iga bakar ini selain memberi rasa lembut juga legit, Mbak Ira 🙂

  16. Sapti nurul hidayati Desember 7, 2020 at 1:42 pm - Reply

    Terbayang lezatnya..Belum pernah masak iga bakar yang saosnya dikasih oregano. Pasti wangi..jd pengen praktik nih…

  17. Uniek Kaswarganti Desember 9, 2020 at 7:31 am - Reply

    Kebayang mba sedapnya nih iga bakar dengan saus lumurannya yang spesial. Paduan bawang bombay dengan gula aren Arenga pasti mantap banget deh di lidah.

  18. Dzulkhulaifah Desember 9, 2020 at 11:13 pm - Reply

    Baru tahu kalau gula aren bisa juga untuk memasak olahan daging. Jadi terbayang nih perpaduan rasanya, daging iga yang gurih dengan gula aren Arenga. Pasti mantaaap!

    • Arenga Indonesia Desember 10, 2020 at 10:06 am - Reply

      Pasti mantaaf Mbak. Dicoba aja resepnya pas kalau lagi pengen masak 🙂

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Rekomendasi gula aren organik sebagai pemanis harian

    Alasan Menggunakan Gula Aren Organik Sebagai Pemanis Harian

  • Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

    Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

  • Fungsi-rempah-dalam-makanan

    Fungsi Rempah dan Bumbu Dapur Dalam Makanan

  • Som-tam-salad-hidangan-penggugah-selera-Thailand

    Som Tam Salad, Hidangan Penggugah Selera Thailand

  • Pasar-Flamboyan-Pontianak-Foto-Jufihiro-Google-Maps

    Pasar Flamboyan Pontianak, Ragam Makanan Lokal Kalimantan Barat

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

Artikel Terkait