Nanas Anti Radang Sendi dan Ganguan Cerna

Nanas Anti Radang Sendi dan Ganguan Cerna

Nanas Anti Radang Sendi dan Ganguan Cerna – Buah nanas mengandung bromelain enzim proteolitik yang mencerna makanan dengan memecah protein. Senyawa bromelin ini bersifat anti inflamasi, anti pembekuan dan antikanker.

Kapan terakhir Anda mengkonsumsi nanas? Rasa dan sensasi apa saja yang teringat atau tersimpan di lidah anda ada? Manis, asam, atau kombinasi keduanya? manapun rasa dominan yang diingat, satu hal yang perlu kita tahu adalah manfaat buah nas. Apa yang didapat dari nilai gizi yang tersembunyi dibalik permukaan bulir kulitnya yang unik ini. Atau tersimpan dalam kombinasi warna, tekstur daging buahnya yang segar dan bergizi.

Ahli nutrisi memiliki jawaban lugas dan pasti, ya itu tergantung pada bagaimana cara kita mengolah dan mengkonsumsi buah nanas itu sendiri. Seperti halnya apokat dan mangga, nanas mengandung banyak antioksidan yang tersimpan dalam kandungan vitamin A dan C. Nanas juga kaya kandungan serat, kalsium, fosfor, magnesium, besi natrium kalium, dekstrosa sukrosa dan enzim bromelain.

Nanas Anti Radang Sendi dan Gangguan Cerna

Secara umum enzim ini berfungsi bermanfaat membantu fungsi pencernaan. enzim bromelin bekerja dengan cara memecah protein makanan untuk memperlancar pencernaan, sehingga meringankan beban kerja pencernaan dalam menghilangkan kotoran di saluran cerna serta membantu mengikis racun yang menempel di dinding usus. Tentu saja hal ini bisa mencegah penyakit tertentu termasuk kanker. bromelain juga dapat membantu meningkatkan pemulihan tubuh dari cedera serta membantu mengurangi peradangan.

Selain itu bromelain memiliki kandungan anti inflamasi, anti pembekuan dan antikanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi nanas secara teratur membantu memerangi peradangan sendi atau arthritis, gangguan pencernaan dan cacing kutu. Ditambah lagi enzim alami ini juga sering digunakan sebagai suplemen populer di kalangan pelaku diet dan atlet yang ingin mendapatkan bentuk tubuh lebih ramping namun tetap sehat.

Keistimewaan enzim alami bromelain lainnya adalah dapat bekerjasama dengan enzim lain yang berfungsi untuk mencerna lemak yaitu lipase. Kerjasama dua enzim ini dapat membantu dalam mengontrol nafsu makan dan meningkatkan sekresi lemak.

Lihat di sini tentang Bottle Gula Aren Cair Organik

Buah nanas termasuk jenis makanan katabolik. Artinya dapat membantu tubuh mengeluarkan kalori lebih banyak saat dicerna dalam usus.  Itu lah mengapa nanas sangat baik dalam upaya mengurangi lemak yang tersimpan di dalam perut. Selain kaya vitamin dan mineral, tiap 100 gram buah nanas memiliki kandungan 50 kalori, setara dengan nilai kalori apel. Daging buah nanas tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

Sebaliknya kaya akan kandungan serat larut maupun serat tidak larut seperti pektin. USDA –  national nutrition databases mencatat, 100 gram nanas segar mengandung 47,8 atau 80% dari vitamin C yang merupakan sumber antioksidan tinggi. Kita tahu vitamin C diperlukan untuk sintesis kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktur utama dalam tubuh yang diperlukan untuk menjaga integritas pembuluh darah kulit organ dan tulang. Mengkonsumsi sumber vitamin seperti nanas yang kaya kandungan vitamin C membantu tubuh melindungi diri dari penyakit kulit, membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan dapat menangkal radikal bebas pro-inflamasi dari tubuh. Selain itu buah nanas juga kaya akan vitamin b kompleks seperti folat, thiamin,piridoksin, riboflavin, dan mineral seperti tembaga, mangan, dan kalium.

Lihat di sini tentang Arenga Sugar vs Coconut Sugar Beda di Mana

Sementara kandungan vitamin a dalam nanas meski kecil hanya menyediakan 50 iu per 100 gram diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit dan sangat penting untuk kesehatan mata. penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya kandungan flavonoid membantu tubuh manusia untuk melindungi diri dari gangguan paru-paru dan kanker rongga mulut.

Cara Mengkonsumsi  Nanas Anti Radang Sendi dan Gangguan Cerna

Agar dapat manfaat maksimal sebagai Anti Radang Sendi dan Ganguan Cerna ada beragam cara mengkonsumsi buah nanas. Selain bisa dikonsumsi dalam keadaan segar karena bisa memberikan sensasi rasa manis dan segar nanas juga dapat diolah menjadi beragam makanan dan minuman.

Beberapa jenis makanan dan minuman olahan dari nanas antara lain seperti selai, saus asam manis, jus, campuran salad, buah asinan, dan rujak. Sebagai buah segar nanas dapat dipotong dan dikupas dalam banyak cara menggunakan mata pisau yang tajam.

Untuk mengupas buah nanas kita dapat menempatkan salah satu sisi sebagai alasnya dan secara berhati-hati mengiris kulit. Secara bergilir untuk membuang permukaan kulit yang kasar serta setiap sisa makanan khas dengan ujung pisau yang tajam. setelah kulit dikupas kita dapat memotong buah nanas sesuai bentuk dan ukuran yang diinginkan.

Untuk mendapatkan manfaat kandungan nilai gizi dan merawat radang sendi secara optimal,  ada baiknya nanas dikonsumsi sesegera mungkin setelah dipotong. Atau jika tidak bungkus nanas dengan rapat dan segera simpan di ruang kedap udara pada lemari es. Usahakan tidak terlalu lama menyimpan nanas karena bisa mengubah tekstur dan rasa serta mengurangi kandungan dan nilai gizinya.

Cara Memilih Buah Nanas

Untuk mendapatkan buah nanas kualitas bagus kita perlu memilih buah nanas secara baik dan benar. Pilihlah buah nanas yang matang dengan warna kulit kekuningan dan terasa berat. Tidak memiliki jamur di permukaan kulit luarnya serta bersih.

Pilih buah nanas yang matang untuk mendapatkan cita rasa manis dan segar dari daging buahnya yang berwarna kuning terang. Nanas yang belum matang biasanya bercitarasa asam dan daging buahnya berwarna pucat atau hijau kekuningan. Sebagai catatan meski secara umum buah nanas dinyatakan aman nanas yang masih muda atau hijau bisa menyebabkan mual dan muntah jika dikonsumsi terlalu banyak.

Reaksi alergi juga dapat muncul pada mereka yang mempunyai alergi terhadap serbuk buah pohon yang bisa dibawa oleh lebah madu.

Resep Minuman Smoothies Nanas 

Nanas Anti Radang Sendi dan Ganguan Cerna

Saat terik panas matahari di siang hari atau saat menjelang buka puasa, mengkonsumsi jus buah nanas bisa memberi sensasi segar dan asupan cairan alami kaya nutrisi. Jika menginginkan resep smoothies berikut ini patut Anda pertimbangkan.

Bahan

1 buah nanas

3 buah jeruk lemon

1 buah bengkuang potong dadu kecil

2 gelas air

2 sendok makan Arenga Palm sugar

Es batu sesuai selera

Cara Membuat Smoothie Nanas

Campur potongan nanas air arenga Palm sugar dan jeruk lemon.

Masukkan dalam blender hingga halus

Tuang hasilnya dalam gelas tinggi selanjutnya masukkan potongan bengkoang

Untuk menambah rasa bisa ditambahkan es batu Jus buah nanas siap dihidangkan

Asal Muasal Buah Nanas

Nanas adalah jenis tanaman tropis dan subtropis. Nama ilmiahnya ananas comosus.  Dalam bahasa Inggris disebut dengan pineapple. Orang Spanyol menyebutnya pina. Dalam bahasa Mandarin nanas bermakna kemakmuran.

Dalam tradisi Tionghoa, nanas dianggap sebagai lambang kemakmuran dan sering dimunculkan dalam tradisi perayaan Imlek dan cap Go meh. Ditampilkan  sebagai souvenir festival untuk dibagi-bagikan atau dipajang sebagai simbol berkah untuk upacara perayaan.

Meski populer di banyak negara, asal buah nanas sebenarnya adalah Brazilia (Amerika Selatan). Lalu dibawa oleh orang-orang Spanyol pada abad ke-16 ke Filipina dan semenanjung Malaysia.

Sementara buah nanas dibawa masuk ke Indonesia justru pada abad ke-15 tahun 1599. Di Indonesia nanas dikembangkan dengan sebagai tanaman pekarangan. Namun belakangan semakin banyak ditemukan budidaya tanaman nanas dalam skala besar. Dikelola pada lahan perkebunan yang luas di banyak wilayah nusantara.

Dengan mengetahui kandungan nilai gizi buah nanas, sudah selayaknya jika kita pertimbangan sebagai buah wajib untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga tercinta.

Begitu lah sedikit artikel tentang Nanas Anti Radang Sendi dan Ganguan Cerna. Semoga bermanfaat

Disadur dari Majalah Sehat Alami