Iya, gula aren ARENGA sebagai bumbu masak bukan satu ide yang terlalu nyelimet. Kita sudah terbiasa menggunakan keluarga gula merah ini sebagai perasa makanan di Indonesia. Entah masakan berkuah, goreng, atau sekadar menumis. Menambahkan pemanis ini  ke dalam makanan bertujuan meningkatkan aroma dan memperkuat rasa.  Dan Arenga palm sugar sudah biasa  untuk memperkuat rasa produk camilan, minuman ringan, sereal, kue, hingga yoghurt. Lantas mengapa sekarang tak menggunakannya sebagai bumbu masak?

Bumbu Masakan Indonesia

Hidup di negeri tropis, bangsa Indonesia diberkati tanah yang subur. Di atasnya tumbuh aneka tanaman yang bisa digunakan sebagai bumbu, penyedap, dan penyerta seluruh masakan Nusantara. Begitu pun rempah Indonesia sudah berjaya untuk menyuplai kebutuhan rempah dunia, malah sampai jadi komoditi perdagangan sampai abad ke-16.

Kekayaan terhadap akses rempah ini telah melahirkan jutaan jenis kuliner Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, bumbu masakan mempunyai racikan khas dan unik. Jahe, lengkuas, cabe, bawang putih dan bawang merah, misalnya, sama-sama digunakan di dapur Aceh sampai ke Papua. Namun warisan rasa yang diturunkan turun temurun membuat kombinasi bumbu berbeda dari daerah ke daerah. Bila Minangkabau dan Manado menonjokan rasa pedas dari cabe, pulau Jawa menonjolkan rasa manis dari gula.

Gula Aren Arenga Sebagai Bumbu Masak

Secara umum gula aren kita temukan fungsinya sebagai pemberi rasa manis terhadap semua hidangan. Tujuannya memperbaiki flavor (rasa dan aroma) untuk meningkatkan kelezatan. Selain itu gula aren juga dapat memperbaiki tekstur bahan makanan sehingga menambah bobot rasa agar lebih mudah dikunyah.

Itu lah satu alasan mengapa Arenga sugar juga tepat ditaruh dalam klasifikasi bumbu dapur Indonesia. Bisa dimasukan ke dalam sambal, kari, berbagai macam gulai, dan bahkan sampai ke tumisan.

Pernah memasak pecak kangkung menggunakan gula aren? Coba deh kalau belum. Selain sedap juga dapat menyamarkan rasa pedas cabe merah.

Dan tak terhitung jumlah resep masakan yang membutuhkan warna coklat alami dari gula aren.

Kontak Arenga

https://wa.me/6281932418190

Follow Instagram untuk mendapat tips seputar pemanis dan resep masakan