Gula Aren Bubuk, Apakah Beda Dengan Gula Semut?

Categories: Info|20 Comments|
Gula-aren-bubuk-organik

ArengaIndonesia.Com – Sebagai pemanis dan penyedap, gula aren bubuk masih bisa diharapkan sebagai sumber vitamin dan mineral yang lebih baik daripada pemanis sebanding. Di tambah lagi ketika kita terlalu banyak banyak mengkonsumsi gula, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas, disebut juga gula aren semut, pemanis ini layak jadi alternatif pengganti. 

Menurut penelitian, gula aren, terutama yang diproses secara organik, mengandung lebih sedikit glukosa dan indeks glikemik lebih rendah daripada gula pasir atau madu. Sekalipun kadar kemanisan kurang dibanding gula tebu, tetap saja lebih manis daripada kebanyakan gula alami lainnya . 

Serbuk kecoklatan yang berasal dari cairan manis pohon aren ini juga punya keunggulan lain. Masih memiliki nutrisi seperti potasium, seng, dan fosfor. Sedangkan gula tebu tidak mengandung nutrisi apa pun selain karbohidrat dan kalori.

Beda Gula Aren Bubuk dan Gula Aren Semut

gula aren bubuk sama dengan gula aren semut
Gula aren bubuk

Gula aren semut adalah gula aren berbentuk butiran seperti gula pasir. Terbuat dari nira pohon enau. Gula aren bubuk juga sama. Ciri-cirinya dalah beraroma legit, butiran halus, lembut dan mudah larut. Jadi tidak ada perbedaan antara gula aren bubuk atau gula aren semut. Mereka adalah produk yang sama, sama-sama terbuat dari nira aren dan diproses dengan cara yang sama.

Masih banyak kesamaan mereka. Pemanis alami tumbuh sebagai  teman masak favorit baik di rumah, resto, maupun hotel. Karena mudah dilarutkan, bisa bercampur sempurna dengan semua resep. Bahkan untuk membuat gula aren cair, gula aren semut adalah bahan baku yang sempurna.

Kemasan Gula Aren Bubuk

Menurut situs Kemenkes, secara umum kemasan pangan mempunyai fungsi sebagai berikut yaitu :

  • Melindungi produk terhadap pengaruh fisik, seperti pengaruh mekanik, dan cahaya.
  • Melindungi produk terhadap pengaruh kimiawi (permiasi gas, kelembaban udara/uap air) Melindungi produk terhadap pengaruh biologik (bakteri, kapang).
  • Gula aren bubuk organik mempunya karakter higrokopis yang tinggi, mudah menyerap uap air dan bebauan di sekitar. Jadi harus dikemas dengan sempurna.

Kemasan Gula Semut 10 Kg Untuk Industri dan Re-Branding

Arenga gula aren bubuk kemasan bulky 10 kg
Kemasan bulk 10 kg

Industri makanan dan minuman yang menggunakan gula aren bubuk diproyeksi masih menjadi salah satu sektor andalan penopang pertumbuhan ekonomi nasional. Banyak sekali industri manufaktur makanan yang tak bisa lepas dari pemakaian gula merah ini. Nah untuk keperluan tersebut Arenga gula aren menyadiakan kemasan bulk 10 kg.

Kemasan bulk 10 kg bukan hanya untuk keperluan industri tapi juga bagi reseller yang ingin menjual dengan merek sendiri.

Melakukan re-branding atau re-packing terhadap gula aren semut adalah hal yang umum. Proses re-packing jadi legal alias diperbolehkan selama orang atau badan usaha yang ingin melakukan kemas ulang memiliki izin repacking atau izin usaha mengemas kembali. Setelah izin didapatkan, pelaku usaha repacking harus mendaftarkan izinnya ke BPOM agar mendapatkan Izin Edar/MD.

Sumber: Bolehkah Mengemas Kembali Suatu Produk?

Gula Aren Bubuk 1 Kg

Arenga bubuk 1 kg
Arenga palm sugar 1 kg

Gula aren bubuk adalah pengganti serbaguna untuk gula tebu konvensional untuk sebagian besar tujuan pembuatan kue. Kadar kemanisan di bawah gula gula tebu (gula pasirr putih) tetapi lebih beraroma, dengan rasa seperti molase mirip dengan brown sugar.

Penggunaan versi bubuk dari palm sugar ini sangat praktis. Tidak perlu menghaluskan seperti jika menggunakan gula cetak.

Untuk keperluan baking atau keperluan memasak sehari-hari tersedia kemasan 1 kg. Kemasan hemat dan praktis.

Kemasan Gula Semut 225 Gram

Arenga sugar kemasan 225 gram
Arenga kemasan 225 gram

Bila kemasan 1 kg terlalu banyak, Arenga palm sugar menyediakan kemasan yang lebih simpel, 225 gram. Dengan kemasan ini Sahabat Arenga yang membutuhkan untuk memasak atau keperluan pemanis gula merah sehari-hari tidak akan repot lagi.

Kemasan 22 gram bisa dibeli di Tokopedia

Kegunaan Gula Aren Bubuk

Gula aren bubuk atau gula aren semut ini gunanya untuk apa?

Fungsi gula adalah memberi rasa pada makanan dan minuman. Selain membuat hidangan lebih menarik dengan warna coklatnya, penggunaan pemanis ini sudah sangat luas. Pabrik pengolahan roti dan biskuit, pembuat minuman instant adalah sedikit dari sekian banyak yang menggunakan pemanis ini.

Dimana membeli atau mendapatkannya.

Supermarket besar umumnya pasti menjual pemanis yang terbuat dari nira aren ini. Belum lagi minimarket yang jaringannya meluas sampai ke pelosok seperti Indomaret dan Alfamart. Cari saja gula aren di indomaret atau gula aren bubuk di Alfamart, pasti ketemu.

Untuk info pembelian silahkan kontak https://wa.me/081932418190

Baca juga:

Share artikel ini

20 Comments

  1. lianny Juni 9, 2022 at 10:47 am - Reply

    Aku pakai yang gula aren kemasan 225 gr, kebanyakan kalau yang 1 kg.
    Biasanya pakai buat bikin brownies, muffin, roti cinnamon dll. Enak!

  2. nurulrahma Juni 10, 2022 at 7:54 am - Reply

    aku sekarang makin hati2 buangettt kalo konsumsi gula mba.
    Soalnya skor gula darah sempat melonjak.
    ini aku mau coba gula aren aja, klo lagi pengin yg manis2

  3. Dennise Sihombing Juni 10, 2022 at 11:13 am - Reply

    Dapat lagi pengetahuan aku untuk pengenalan gula aren yang bubuk dan semut. Btw apakah gula ini dianjurkan untuk penderita diabetes? nilai gulanya lebih tinggi mana kak dibanding gula pasir putih? thanks

  4. Andiyani Achmad Juni 10, 2022 at 2:07 pm - Reply

    pagi ini aku minum kopi dengan gula aren, dan rasanya makin enak, bentuknya bubuk agak kasar sedikit.

  5. Myra (Keke Naima) Juni 10, 2022 at 6:56 pm - Reply

    Kalau palm sugar sama gak dengan gula aren bubuk? Saya suka merasa sama. Tetapi, pernah juga merasa kayak beda rasanya. Jadi suka bingung aja.

    Kalau gula aren bubuk, saya selalu beli sekalian kemasan 1kg. Karena memang lebih suka pakai gula aren daripada gula pasir.

  6. HM Zwan Juni 10, 2022 at 8:31 pm - Reply

    Aku biasanya pakai bubuk gula aren buat bikin camilan, seringnya buat toping pisang goreng keju mbak. Wangi dan enak banget gitu

  7. tehokti Juni 10, 2022 at 8:57 pm - Reply

    Betul Mbak, di minimarket dekat kecamatan saya menemukan gula aren bubuk yang dimaksud. Padahal di toserba yg lumayan besar di Cianjur ini gula aren bubuk malah tidak tersedia.
    Pendistribusian jaringan minimarket malah lebih gercep ya…

  8. Nia Haryanto Juni 11, 2022 at 2:05 pm - Reply

    Aku sering beli gula aren semut gini. Yang ukuran paling kecil. Aku biasa pakai buat bikin penganan. Tapi di sana belom tertulis organik. Kudu mulai beralih ke yang organik nih kayaknya. Biar lebih sehat ya.

  9. Tuty Queen Juni 11, 2022 at 2:40 pm - Reply

    Aku dan suami seeing beli gula semut mba, kadang beli gula aren kemudian dicairkan dan dimasukin kulkas buat stok. Jadi pengen nyibain guka aren bubuk nya juga

  10. Eri Udiyawati Juni 11, 2022 at 3:43 pm - Reply

    Penasaran nih gimana rasanya kalau pakai gula aren yang bubuk, karena di rumah adanya gula aren yang gede-gede gitu. Pasti manisya pas nih ya..

  11. Gusti yeni Juni 11, 2022 at 7:09 pm - Reply

    Gula areen aku sukaa taburi di pisang bakar atau goreng di penyet penyet atau roti bakar emmm yummy enakkkkk.

    Gula aren lebih menyehatkankah dari gula pasir tebu??

  12. Ria Rochma Juni 11, 2022 at 9:37 pm - Reply

    Aku kadang pakai gula aren bubuk buat campuran kopi hitam yang ngga butuh rasa manis berlebih dr gula. Meskipun ngga selalu aku mix sama kopi, tp mmg membantu untuk pemberian rasa manis

  13. Katerina Juni 11, 2022 at 10:19 pm - Reply

    Tempo hari waktu hadir di acara Food Market Hub saya dapat goodie bag isinya gula aren bubuk Arenga. Dan karena suka, saya beli lagi yang kemasan lain. Biasanya di rumah buat pemanis minuman. Belum pernah coba yang semut nya.

  14. eni rahayu Juni 11, 2022 at 10:46 pm - Reply

    Belum pernah sih nyobain gula aren bubuk atau yang semut, tapi ternyata terdapat perbedaan dengan gula tebu yang tidak mengandung nutrisi melainkan karbohidrat dan kalori

  15. lendyagassi Juni 11, 2022 at 10:49 pm - Reply

    Kini perlu sekali beralih ke pemanis yang lebih sehat dan alami.
    Sayangi keluarga dengan konsumsi yang lebih sehat.
    Gula aren bubuk kini semakin mudah diperoleh. Alhamdulillah~

  16. Dian Restu Agustina Juni 11, 2022 at 11:09 pm - Reply

    Senangnya Arenga menyediakan juga kemasan 10 kg gula semut untuk kebutuhan industri maupun re-branding , untuk dijual kembali. Jadi makin lengkap ya kemasannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  17. Uniek Kaswarganti Juni 11, 2022 at 11:18 pm - Reply

    Ada juga yang kemasan bulk 10 kg ya mba, cocok untuk penggunaan industri ataupun hendak dijual kembali oleh reseller. Lebih sehat nih gula aren dibandingkan gula jenis lainnya, aman untuk tubuh kita.

  18. Faradila Putri Juni 11, 2022 at 11:22 pm - Reply

    Aku baru tau ternyata beda ya. Jadi tertarik beli yang kemasan 225 gram. Dulu mamaku suka pakai ini diatas roti yang udah di kasih mentega dan di panggang. Yummm enak!

  19. Kartika Nugmalia Juni 11, 2022 at 11:24 pm - Reply

    Aku suka banget sama gula aren dan gula semut untuk jadi pemanis minuman. Dulu sempat dikasih sama teman, tapi nggak tau dimana bisa belinya. Ternyata ada distributornya ya. asik asiik

  20. Tanti Amelia Juni 12, 2022 at 7:49 am - Reply

    Fungsi gula aren yang memberi rasa pada makanan dan minuman plus aroma sedap!

    Aku tuh penyuka minuman kopi gula aren uni Evi, so kayak mencium aromanya aja udah… ssshhhaaahhhh gitu! Ternyata hidangan juga jadi lebih menarik dengan warna coklatnya, ya!

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Rekomendasi gula aren organik sebagai pemanis harian

    Alasan Menggunakan Gula Aren Organik Sebagai Pemanis Harian

  • Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

    Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

  • Fungsi-rempah-dalam-makanan

    Fungsi Rempah dan Bumbu Dapur Dalam Makanan

  • Som-tam-salad-hidangan-penggugah-selera-Thailand

    Som Tam Salad, Hidangan Penggugah Selera Thailand

  • Pasar-Flamboyan-Pontianak-Foto-Jufihiro-Google-Maps

    Pasar Flamboyan Pontianak, Ragam Makanan Lokal Kalimantan Barat

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

Artikel Terkait