10 Fakta Tentang Palm Sugar – Pernah merasa kebingungan ketika kantor menyuruh cari palm sugar? Atau ketemu dalam resep?  Atau seseorang menceritakan satu produk yang butuh palam sugar? Tahu sih itu pemanis tapi belum jelas benar bagaimana rupanya.

Searching di Google juga kurang membantu. Karena setiap orang punya definisi sendiri tentang palm sugar. Ada yang bentuk cetak, butiran seperti gula pasir, dan ada pula yang cair.

10 fakta Tentang Palm Sugar

Palm Sugar bubuk atau Gula Semut

Tak kenal maka tak sayang. Berikut 10 fakta tentang palm sugar:

1. Asal Mula Palm Sugar: Terbuat dari getah bening (nira) keluarga pohon palm. Mereka adalah Aren (enau), kelapa dan lontar. Setiap gula yang dihasilkan akan diikuti nama jenis palemnya. Misalnya Arenga sugar dari enau, coconut sugar dari kelapa, atau palmyra sugar dari lontar.

2. Beda Nama Menurut Asal Bahan Baku: Sekalipun kurang betul, ketiga pemanis palem ini  sering disatukan sebagai sebagai palm sugar saja. Jadi teman-teman yang sudah membaca artikel ini, semoga nanti bisa menyebutkan sesuai bahan asalnya.

Baca juga Arenga Sugar vs Coconut Sugar Beda di Mana

3. Bentuk  Cair, Bubuk dan Cetak: Secara umum palm sugar tampil dalam 3 bentuk: Cair terkenal sebagai gula aren cair, bubuk disebut juga gula semut, cetak yang juga dikenal sebagai gula batok.

4.  Palm sugar  pemanis asli Indonesia:  Itu jelas. Bahkan keberadaannya sudah diakui dunia. Selain faktor kesehatan dan nutrisi, masyarakat internasional  menganggap ini lah pemanis eksotis dari negara tropis. Berwawasan lokal, dirawat secara tradisi, dan  bisa jadi warisan dunia dalam konteks keragaman pangan.

5. Pasar Palm Sugar: Sebagian besar pasar palm sugar Indonesia adalah industri makanan dan minuman. Diikuti industri herbal dan kopi. Digunakan oleh  usaha skala kecil, menengah, sampai industri besar. Pasarnya meliputi dalam dan luar negeri

6. Pengguna Palm Sugar: Selain industri, penyerap  pemanis berwarna coklat ini adalah rumah tangga. Tak hanya untuk membuat kolak, faktor sehatnya telah membuat palm sugar jadi salah satu anggota dapur untuk banyak kegunaan. Dari bumbu dapur sampai bahan pembuat kue.

Pisang goreng gula aren cemilan

Cemilan pisang goreng dengan palm sugar

7. Butuh Edukasi Pasar Lebih Luas: Imej sebagian besar gula merah adalah dijual di pasar tradisional. Berbeda sekarang setelah disebutkan sebagai palm sugar atau gula palem. Faktor bahasa dan merebaknya cafe, hotel dan industri kue dan bakery yang menggunakan pemanis ini membantu pengidentifikasian palm sugar sebagai pemanis bergengsi.

8. Merubah Penampilan Untuk Pasar Lebih Luas: Dalam kemasan moderen seperti Arenga Indonesia,  memuluskan gerak untuk diterima berbagai kalangan. Dengan cara seperti ini citra gula aren yang ecek-ecek pun tanggal. Bahkan sekarang sangat mudah mendapatkannya karena sudah banyak di jual di Market Place ternama

Beli Arenga Gula Aren di Toped 

9.  Label dan Sertifikasi Organik: Untuk Arenga Indonesia, label Organik Indonesia pada kemasan menyatakan bahwa content berisi seratus persen dari nira aren. Cairan manis dari tandan bunga enau, diupkan, dan dikeringkan. Ini lah yang sering disebut sebagai gula aren asli atau gula aren murni.

10. Variasi Kemasan Arenga Indonesia : Guna melayani pelanggan sebaik-baiknya, Arenga dengan variasi kemasan.

Untuk versi bubuk tersedia :
Bulk 10 kg, pouch 1 kg, dan pouch 225 gram.

Untuk versi cair tersedia:
Botol kaca 650 ml dan Jerigen 1 liter. Dua varian Ori dan Pandan

Kontak Arenga by WA Chat only

+62819-3241-8190 (Call / WA)