10 Fakta Tentang Palm Sugar

10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

Arenga Indonesia10 Fakta Tentang Palm Sugar – Pernah merasa kebingungan ketika kantor menyuruh cari palm sugar atau gula palem atau malah disebutkan sebagai palm suiker? Atau ketemu dalam resep?  Atau seseorang menceritakan satu produk yang butuh palam sugar? Tahu sih itu pemanis tapi belum jelas benar bagaimana rupanya.

Searching di Google juga kurang membantu. Karena setiap orang punya definisi sendiri tentang palm sugar ini. Ada yang bentuk cetak, butiran seperti gula pasir, dan ada pula yang cair.

Sebenarnya gak perlu bingung juga sih karena fakta bisa kita persingkat. Bahwa palm sugar yang dikenal juga sebagai gula semut adalah segala jenis pemanis yang berasal dari tanaman palem-paleman.

Jadi, apa itu palm sugar?

Palm sugar artinya adalah jenis gula alami yang dibuat dari nira atau cairan yang diekstrak dari tandan bunga jantan pohon aren. Proses produksinya dimulai dari memasak nira hingga kental dan menghasilkan kristal gula coklat, berderai mirip gula pasir.

Agar lebih jelas simak berbagai fakta tentang pemanis yang disebut juga gula palem di bawah ini:

Tak kenal maka tak sayang. Berikut 10 fakta tentang palm sugar:

1. Asal Mula Palm Sugar: Terbuat dari getah bening (nira) keluarga pohon palm. Mereka adalah pohon Aren (enau), kelapa dan lontar. Setiap gula yang dihasilkan akan diikuti nama jenis palemnya. Misalnya Arenga sugar dari enau, coconut sugar dari kelapa, atau palmyra sugar dari lontar.

2. Beda Nama Menurut Asal Bahan Baku: Sekalipun kurang betul, ketiga pemanis palem ini  sering disatukan sebagai sebagai palm sugar saja. Jadi teman-teman yang sudah membaca artikel ini, semoga nanti bisa menyebutkan sesuai bahan asalnya.

3. Bentuk  Cair, Bubuk dan Cetak: Secara umum palm sugar tampil dalam 3 bentuk: Cair terkenal sebagai gula aren cair, bubuk disebut juga gula semut, cetak yang juga dikenal sebagai gula batok.

4.  Pemanis asli Indonesia:  Itu jelas. Bahkan keberadaannya sudah diakui dunia. Selain faktor kesehatan dan nutrisi, masyarakat internasional  menganggap ini lah pemanis eksotis dari negara tropis. Berwawasan lokal, dirawat secara tradisi, dan  bisa jadi warisan dunia dalam konteks keragaman pangan.

5. Pasar: Sebagian besar pasar pemanis asli Indonesia ini adalah industri makanan dan minuman. Diikuti industri herbal dan kopi. Digunakan oleh  usaha skala kecil, menengah, sampai industri besar. Pasarnya meliputi dalam dan luar negeri

Baca juga:

6. Pengguna : Selain industri, penyerap  pemanis berwarna coklat ini adalah rumah tangga. Tak hanya untuk membuat kolak, faktor sehatnya telah membuat palm sugar jadi salah satu anggota dapur untuk banyak kegunaan. Dari bumbu dapur sampai bahan pembuat kue.

Pisang goreng gula aren cemilan
Cemilan pisang goreng dengan palm sugar

7. Butuh Edukasi Pasar Lebih Luas: Imej sebagian besar gula merah adalah dijual di pasar tradisional. Berbeda sekarang setelah disebutkan sebagai palm sugar atau gula palem. Faktor bahasa dan merebaknya cafe, hotel dan industri kue dan bakery yang menggunakan pemanis ini membantu pengidentifikasian sebagai pemanis bergengsi.

8. Merubah Penampilan Untuk Pasar Lebih Luas: Dalam kemasan moderen seperti Arenga Indonesia,  memuluskan gerak untuk diterima berbagai kalangan. Dengan cara seperti ini citra gula aren yang ecek-ecek pun tanggal. Bahkan sekarang sangat mudah mendapatkannya karena sudah banyak di jual di Market Place ternama

Beli Arenga Gula Aren di Toped 

9.  Label dan Sertifikasi Organik: Untuk Arenga Indonesia, label Organik Indonesia pada kemasan menyatakan bahwa content berisi seratus persen dari nira aren. Cairan manis dari tandan bunga enau, diupkan, dan dikeringkan. Ini lah yang sering disebut sebagai gula aren asli atau gula aren murni.

10. Variasi Kemasan Arenga Indonesia : Guna melayani pelanggan sebaik-baiknya, Arenga dengan variasi kemasan.

Untuk versi bubuk bisnis Arenga Indonesia menyediakan dalam beberapa kemasan :

Untuk versi cair tersedia dua varian Ori dan Pandan:

Palm Sugar Digunakan Untuk Apa?

Jadi palm sugar atau palm suiker itu untuk apa?

Dikenal sebagai gula merah, gula jawa, adalah pemanis makanan dan minuman dan digunakan secara luas di Indonesia. Begitu pun tak sulit menemukan gula merah ini di makanan  Asia Tenggara,  India dan bahkan dunia.

5 Kegunaaan Palm Sugar

  • Sebagai pemanis alami: Bisa digunakan sebagai pengganti gula putih  dalam makanan dan minuman dengan rasa manis alami. Organic palm sugar juga digadang-gadang sebagai pemanis dengan  indeks glikemik yang lebih rendah tapi kandungan nutrisi lebih tinggi.
  • Sebagai pelegit masakan: Palm sugar digunakan dalam banyak hidangan tak hanya di Indonesia tapi juga  Asia Tenggara dan India. taburkan pada rendang, kari, gado-gado, laksa, dan tom yan masakan Thailand. Palm sugar memberikan rasa manis dan karamel yang unik pada hidangan tersebut.

Baca di sini tentang : Kue kering

  • Pemanis Roti dan Kukis : Pemanis alami ini teman setia dalam pembuatan kue-kue dan roti. Memberikan rasa manis yang khas dan aroma yang sedap pada kue-kue tersebut. Beberapa contoh kukis  yang menggunakan palm sugar antara lain soft cookies, ginger cookies, biskuit kacang almond, biskuit oatmeal, dan banyak lagi.
  • Sebagai bahan obat tradisional: Palm sugar digunakan dalam beberapa ramuan obat tradisional untuk meningkatkan kesehatan dan mengobati berbagai penyakit. Palm sugar mengandung nutrisi seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B, sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.
  • Sebagai bahan kosmetik: Digunakan dalam beberapa produk kosmetik untuk membantu melembutkan dan menghaluskan kulit. Iyah, palm sugar ikut membantu merawat kulit kamu. Terutamanya bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit.

Tentang Gula Palem

Ohya, seiring waktu selain istilah palm sugar dan palm suiker, kita juga sering mendengar dan membaca tentan gula palem.

Jadi apa pula itu gula palem?

Palm sugar dan gula palem adalah dua istilah yang sering digunakan secara bergantian untuk mengacu pada jenis gula yang sama. Mereka adalah produk alami yang dihasilkan dari nira (getah) pohon aren.

Dalam penggunaan umum, baik palm sugar maupun gula palem adalah pemanis alami yang terbuat dari tanaman palma dan digukan dalam makanan dan minuman. Keduanya adalah pemanis yang digunakan dalam hidangan seperti makanan penutup, makanan dan minuman kekinian, kue tradisional, atau dalam resep saus marinasi.

Demikian 10 fakta tentang palm sugar. Semoga bermanfaat.

Kontak Arenga by WA Chat only

+62819-3241-8190 

Follow Arenga di Instagram

Arenga Indonesia. Produsen palm sugar organik di Tangerang

Share artikel ini

63 Comments

  1. fanny_dcatqueen September 25, 2021 at 2:11 pm

    Sekarang kalo beli yg cair botol 650ml, udh ga bisa pake pengiriman lain kecuali sameday dan instan ya mba? Dulu kayaknya bisa, Krn pertama beli aku pake yg pengiriman bebas onkir. Soalnya yg sameday aja hrgnya LBH mahal dari gula arennyaa 😅. Makanya aku terpaksa cari reseller arenga lain yg Deket rumah, jadi kalopun pake sameday ga mahal.

    Setelah ngerasain gula aren, pake gula putih itu lgs berasa bedanya :D. Jelas lebih enak aren

    • Arenga Indonesia September 25, 2021 at 3:29 pm

      Terima kasih atas kesetiaannya pada Arenga, Mbak Fanny. Kebetulan yang kelola Arenga Indonesia di Tokopedia anak kami. Nah permasalahan di dia sekarang itu, kalau kirim non sameday banyak yang pecah. Jadi kalau teman-teman Arenga butuh gula aren cair dalam kemasan botol, terpaksa beli grosir (12 botol) dan dikirim langsung dari perusahaan. Karena akan menggunakan peti kayu. Cara lain adalah dengan mencari reseller Arenga, karena kemasan mereka sudah terbukti bagus, Mbak 🙂

  2. Aprillia September 25, 2021 at 8:25 pm

    Namanya bagus Aren ga? atau arenga? hehe aku juga suka pake aren kalau buat minuman beda aja dilidah rasanya tuh next cobain merk ini aah

    • Arenga Indonesia September 25, 2021 at 9:07 pm

      Terima kasih Mbak April. Namanya Arenga ejanya Are-Nga

  3. ariefpokto September 26, 2021 at 7:19 pm

    Penasaran sama varian Palmyra dari Lontar. Perasaan belum pernah nyobain deh . Beda asal berarti beda nama ya. Kadang orang suka pukul rata.

    • Arenga Indonesia September 27, 2021 at 11:31 am

      Emang di Jawa kurang umum gula merah dari Lontar. Tapi kalau di NTT banyak, Kang

      • Ariefpokto September 28, 2021 at 12:25 am

        nyesel kemaren ndak beli heheehe. baiklah mari balik lagi ke NTT

        • Arenga Indonesia September 28, 2021 at 7:49 am

          Rasanya seperti itu, begitu balik ke NTT, harus sering-sering lihat ke atas, memandangi pohon lontar. Jadi tahu nanti pulang mau bawa oleh-oleh apa wkwkwkwk…

  4. Indah Nuria September 27, 2021 at 1:06 pm

    Aku banyak pakai dan konsumsi gula aren juga di rumah mba. Memang enak dan sehaat ya

    • Arenga Indonesia September 28, 2021 at 2:50 pm

      Iya Mbak. Palm sugar, terutama yang organik, manisnya dapat, sehatnya jadi bonus 🙂

  5. Dian Restu Agustina September 27, 2021 at 2:05 pm

    Kenal palm sugar pertama dulu banget nemu sat nginep di hotel. Akhirnya ketagihan kadang beli.Sekarang rutin beli karena selama pandemi frekuensi ngopi dan jalan terhenti. Jadi deh bikin kopi gula aren dan camilan berbahan gula aren di rumah sendiri

    • Arenga Indonesia September 28, 2021 at 2:50 pm

      Dengan adanya palm sugar, baik granule atau liquid, acara ngafe bisa dialihkan ke rumah ya Mbak. Tinggal racik kopinya dengan susu, tuang gula aren cairnya, jadi deh kopi gula aren yang sedap itu 🙂

  6. Sulung Siti Hanum September 27, 2021 at 5:29 pm

    Aku penasaran sama manisnya palm sugar. Sampai hari ini belum pernah coba. Duh ke mana aja sih akuu tuuu. Wkwk

    • Arenga Indonesia September 28, 2021 at 7:47 am

      Ayo atuh. Bisa beli di Toped, Num. Search aja Arenga gula aren dengan logo yang seperti tertera di website ini. Kliik..Jadi deh hehehe

  7. lendyagassi September 28, 2021 at 12:13 am

    Sudah mulai perlahan beralih ke Palm Sugar.
    Alhamdulillah, anak-anak juga suka dengan manis yang tidak terlalu manis. Jadi rasanya palm sugar ini membantu kami untuk mengurangi gula pasir.

    • Arenga Indonesia September 28, 2021 at 7:48 am

      Kata orang, alah bisa karena biasa. Nenek moyang kita, sebelum kehadiran gula putih, hanya menggunakan gula aren, Mbak 🙂

      • lendyagassi September 29, 2021 at 7:07 pm

        Oh iya juga yaa..
        Pengen coba gula aren bentuk cair, kak.. In syaa Allah restock melalui e-commerce keshayangan, Toped.

  8. Nyi Penengah Dewanti September 28, 2021 at 8:30 am

    Aku punya palm sugar ini karena suamiku kak yang demen, yang bentuk cair juga punya karena dapet hadiah allhadulillah perbedaannya justru lebih enak dan nikmat.

    • Arenga Indonesia September 29, 2021 at 2:59 pm

      Sedia palm sugar selalu di rumah ya Mbak. Banyak kegunaannya, bubuk atau cair. Bisa untuk masak, bikin kue dan ngopi 🙂

  9. Tika September 28, 2021 at 8:55 am

    Keren memang negara kita ini, bahkan satu jenis gula aja bahan dasarnya bisa beda-beda. Semoga makin mendunia ya kak produknya

    • Arenga Indonesia September 29, 2021 at 3:00 pm

      Iya Mbak. Indonesia punya banyak tanaman yang bisa dijadikan sumber gula. Amin. Terima kasih ya doanya

  10. Dawiah September 28, 2021 at 10:25 am

    Di Sulawesi biasa disebut gula merah, saya biasanya menyimpan dalam bentuk biji. Sesekali beli dalam bentuk bubuk yang barlabel palm sugar biasanya hanya digunakan sebagai taburan untuk kue seperti pisang goreng ataupun roti.

    • Arenga Indonesia September 29, 2021 at 3:02 pm

      Iya Bunda. Palm sugar bisa kita temukan dalam bentuk cetak dan bubuk. Sekarang ada juga yang cair dengan nama keren Arenga Liquid Palm Sugar 🙂

      • Dawiah Oktober 2, 2021 at 4:32 pm

        Nah ini nih yang baru buat saya. Bentuk cair pasti lebih gampang penggunaannya. Tinggal tuang misalnya ke kopi langsung seruput deh.

  11. Ucig September 28, 2021 at 11:34 am

    Klo pake gula aren terasa beda mba. Dan klo untuk puding apalagi nih. Ya Allah jadi bayangin.. sukses ya untuk Arenga. Baca lontar aku ingat buah lontar yg enak ituuh..

    • Arenga Indonesia September 29, 2021 at 3:03 pm

      Amin. Terima kasih doanya, Mbak. Iya setuju, buah lontar itu enak banget. Jaman dulu, daunnya juga dipakai untuk menulis 🙂

  12. Caroline Adenan September 28, 2021 at 4:39 pm

    Aku jg di rumah stock palm sugar. Krn emang berguna buat apa aja sih, secara aku jg pecinta kopi jg 🙂
    Dan rasanya emang enakan palm sugar dibanding gula putih sih.

    • Arenga Indonesia September 29, 2021 at 1:37 pm

      Dari sisi rasa maupun aroma, palm sugar yang baik itu, lebih kaya, Mbak. Makanya sangat cocok digunakan pada makanan dan minuman yang membutuhkan improve rasa 🙂

  13. Mugniar September 28, 2021 at 7:47 pm

    Istilah palm sugar atau gula palem ini memang membuat kesan dari “gula merah” in i berbeda ya Mamin.
    Waktu kecil dulu ada juga tuh “palm suiker”, ibu saya pernah menjadikannya bahan untuk membuat kue kering.

    • Arenga Indonesia September 29, 2021 at 7:41 pm

      Iya kalau menyebutnya gula merah, kesannya biasa aja ya Niar. Seperti gula tradisional biasa. Tapi kalau disebutkan dengan palm sugar, kayaknya prestige-nya langsung naik. Padahal benda yang sama wkwkwkwk…

  14. Era Sapamama September 29, 2021 at 5:58 am

    Aku suka palm sugar, saat oven belum rusak, aku rajin banget baking dan pakai palm sugar sebagai pemanisnya. Apalagi kalau jenis kuenya berempah, makin mantul banget kalau pakai palm sugar.

    • Arenga Indonesia September 30, 2021 at 2:18 pm

      Rempah dan palm sugar dalam adonan ibar muk ketemu tutupnya ya Mbak. Pas banget kompoisisinya 🙂

  15. Tian Lustiana September 29, 2021 at 9:08 am

    Saya sedang belajar beralih ke palmsugar juga nih, duh enak banget susu uht ditambahkan palm sugar, kasi es batu hehe seger.

    • Arenga Indonesia Oktober 1, 2021 at 2:22 pm

      Untuk pemakaian gula sehari-hari,emang ada baiknya mengganti dengan pemanis yang lebih sehat, mbak 🙂

  16. Eri Udiyawati September 29, 2021 at 2:58 pm

    Belum pernah merasakan palm sugar yang dari enau gitu. Selalunya yang dari pohon kelapa, karena di daerah saya juga banyak petani aren kelapa.

    • Arenga Indonesia Oktober 1, 2021 at 2:23 pm

      Memang Mbak, kebanyakan aren tumbuh di pegunungan ya. Atau dataran tinggi. Sementara kelapa lebih merata daerah penyebarannya 🙂

  17. Ratna Dewi September 29, 2021 at 2:59 pm

    Sekarang palm sugar atau gula aren lagi naik daun nih karena ada kopi yang signature-nya kopi gula aren. Jadi banyak kedai kopi lain juga (dan tentunya perorangan) yang juga memburu gula aren buat campuran kopinya. Bahkan amenities di hotel terakhir aku nginap pun bukan cuma disuguhi gula pasir tetapi juga gula aren.

    • Arenga Indonesia Oktober 1, 2021 at 2:25 pm

      Alhamdulillah, Mbak Ratna. Memang gula aren saat ini sedang dapat momentumnya sebagai pemanis kopi. Kopi milenial yang dikenal sebagai kopi susu gula aren. Padahal sih, gula aren untuk memaniskan kopi sudah dikenal nenek moyang sejak zaman dahulu kala. Cuma dulu dianggap kurang bergengsi 🙂

  18. Nanik Nara September 29, 2021 at 4:15 pm

    Saya sering dapat kiriman gula aren dari mertua di Sumatra. Pernah dikirimi satu peti, jadilah sebagian dibagikan ke tetangga. Kata mereka enak, belinya di mana?
    Soalnya di Malang ini susah nyari gula aren yang masih asli.

    • Arenga Indonesia September 30, 2021 at 9:04 am

      Memang Sumatera salah satu sentra gula merah juga Mbak. Untuk beli Arenga bisa di Tokopedia
      Terima kasih 🙂

  19. indah savitri September 29, 2021 at 4:38 pm

    yang aku suka dari palm sugar itu rasa gurihnya yang pas mba.. dan manisnya juga ngga terlalu ‘nyelekit’ seperti gula pasir biasa. Aku selalu punya persediaan galm sugar di rumah nih mba.. biasanya meang gula semut. enaaak soalnya

    • Arenga Indonesia September 30, 2021 at 12:44 pm

      Iya Mbak Indah, palm sugar itu manisnya “lembut”, gak bikin sakit ditenggorokan. Nah kalau ada palm sugar yang berkarakter “nyelekit”, itu artinya sudah dicampur macam-macam. Jadi pastikan palm sugar organik ya Mbak 🙂

  20. Tanti Amelia September 29, 2021 at 5:10 pm

    Pertama kali cobain kopi pake gula aren itu langsung jatuh hati sama gula aren deh uni Evi,
    dan sudah pernah coba beli di tokopedia arenga ini – adikku yang punya aplikasinya

    • Arenga Indonesia Oktober 1, 2021 at 10:53 am

      Terima kasih sudah jatuh cinta, Mbak Tanti. Kopi dengan Arenga, ibarat jodoh, sudah suratan takdir enaknya 🙂

  21. Milda Ini September 29, 2021 at 5:38 pm

    Di negkulu tepatnya di Kabupaten Rejang Lebong juga banyak petani ini, meski awalnya mereka hanya menyebutnya gula merah, hehehehe. Terkenal enak dan selalu kalo sejak dulu incaran buat stok romadon

    • Arenga Indonesia Oktober 1, 2021 at 10:54 am

      Betul Mbak Milda, Rejang Lebong adalah sentra gula aren terkenal di Bengkulu ya. Jempol banget daerah itu

  22. Ria Rochma September 29, 2021 at 10:20 pm

    Awal2 palm sugar ramai dipakai istilahnya, aku nggak ngeh kalau ternyata ini tuh gula merah. Hahaha.. Katrok sekali aku

  23. Utie adnu September 29, 2021 at 10:32 pm

    Aku baru Tau bnget kalau Palm Sugar Terbuat dari getah bening phn nira.. memang nih manisnya Alami dn wangi menurut ku pernah pake mba waktu buat kue.

    • Arenga Indonesia Oktober 5, 2021 at 8:16 am

      Jadi kalau lihat palm sugar, sekarang ingatan bisa langsung ke pohon aren yang menghasilkan nira ya Mbak 🙂

  24. Uniek Kaswarganti September 29, 2021 at 10:59 pm

    Ternyata namanya beda-beda ya sesuai dengan asal tanamannya. Ada yang dari enau, kelapa dan lontar. Baru tau loh ini. Jadi pengetahuan baru yang bakalan bermanfaat banget deh.

    • Arenga Indonesia Oktober 5, 2021 at 8:54 am

      Alhamdulillah bila pos ini bisa memberi pengetahuan baru ya Mbak Uniek 🙂

  25. Dian September 29, 2021 at 11:04 pm

    sekarang aku di rumah juga sudah beralih ke palm sugar mbak
    lebih sehat dan lebih enak rasanya
    apalagi aku dan suami tu kopiholic,
    pas banget kopi disandingkan dgn palm sugar

    • Arenga Indonesia Oktober 5, 2021 at 9:43 am

      Iya Mbak Dian. Makin ke sini makin banyak masyakarat menyadari bahayanya pemakaian gula berlebihan, seperti untuk kopi sehari-hari. Untungnya sekarang sudah tersedia alternatif. Arenga palm sugar diolah secara organik, tidak dicampur gula pasir, alias murni gula aren. Jadinya emang cocok untuk kebutuhan ngopi 🙂

  26. Nia Haryanto September 30, 2021 at 5:15 am

    Aduh, ngomongin palm sugar jadi inget dengan es kopi palm sugar. Aku sukaaa. Dan Udah Lama gak minum. Nanti sing bikin ah. Pake palm sugar cair, gampang bikinnya.

    • Arenga Indonesia Oktober 5, 2021 at 9:44 am

      Es kopi dengan palm sugar, ibarat jodoh, pertemuan mereka sudah diatur dari sananya Mbak Nia 🙂

  27. Dedew September 30, 2021 at 10:06 pm

    Lebih praktis pakai aren cair ya mbak tinggal tuang dan aduk.. Apalagi kualitasnya bagus kayak Arenga..

    • Arenga Indonesia Oktober 5, 2021 at 9:54 am

      Untuk Arenga gula aren cair emang paling praktis dalam pemakaian semua jenis gula merah, Mbak Dew 🙂

  28. antung apriana Oktober 1, 2021 at 9:25 am

    gula aren ini gula merah ya, mbak? biasanya dipakai buat bikin kuah kolak gitu ya. tapi sekarang juga banyak yang pakai buat kue dan minuman karena katanya lebih sehat

  29. Rina Susanti Oktober 3, 2021 at 7:36 pm

    Makasih infonya mba, saya kira palm sugar sma dengan gula aren yang dihalusin lho, sy suka pake palm sugar kalau bikin cake pisang. Tapi rasanya mirip mirip ya

  30. sapti nurul hidayati Oktober 3, 2021 at 8:39 pm

    saya suka dengan gula aren ini. Karena manisnya ga terlalu dan lebih enak dibanding gula kelapa. Sekarang dikeseharian sudah lebih banyak memakai gula aren dibanding gula tebu

  31. ivonie Oktober 3, 2021 at 9:59 pm

    Saya tahunya gula aren warnanya lebih gelap ketimbang gula jawa, sebenarnya beda asalnya kan ya, gula jawa setahu saya disadap dari pohon kelapa. Bikin kue emang lebih sedap pakai palm sugar. kalau brown sugar ini beda lagi kah mbak?

  32. Si Klimis Oktober 7, 2021 at 5:48 am

    Arenga gula cair cocok banget buat dicampur kopi nih, rasanya tradisional Indonesia banget tapi kwalitas Internasional.

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter