10 Fakta Menarik Tentang Gula Aren

Categories: Referensi Arenga Indonesia|Komentar Dinonaktifkan pada 10 Fakta Menarik Tentang Gula Aren|
10 fakta menarik tentang gula aren

ARENGAINDONESIA.com – 10 Fakta Menarik tentang Gula Aren.

Karena bisnisnya gula aren, bila Sobat Arenga mampir ke blog ini, di sini gak habis-habis tulisan tentang pemanis alami ini :). Gak bosan tah Mamin?

Ooo tentu tidak. Dengan meningkatnya berbagai artikel tentang pemanis yang disebut juga Arenga sugar ini, semoga teman-teman semua mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam memahami pemanis tradisional tapi untuk kebutuhan era moderen ini.

Jadi sekali lagi, apa itu gula aren?

Gula aren adalah pemanis alami yang berasal dari nektar bunga pohon aren. Cara membuat gula aren cukup sederhana tapi membutuhkan jam terbang dan kesabaran. Yaitu nira, jus manis dari tandan bunga jantan pohon enau dimasak sampai kekentalan tertentu lalu dicetak atau dibuat gula semut. Baca di sini tentang cara membuat gula semut.

Gula aren dikenal juga sebagai palm sugar di negara-negara yang tidak mempunyai pohon palem sendiri. Namun karena berbagai keistimewaannya, palm sugar diterima sebagai pemanis alternatif untuk menggantikan berbagai jenis gula.

Reputasi gula aren sebagai palm sugar sudah terkenal. Sudah digunakan dalam berbagai masakan dan minuman di seluruh dunia selama berabad-abad.

Selain rasanya yang khas, gula aren juga memiliki sejumlah fakta menarik yang perlu teman-teman ketahui. Berikut adalah 10 fakta menarik tentang gula aren:

1. Proses Pemanenan Tangan

Gula aren dihasilkan melalui proses pemanenan nektar bunga pohon aren secara manual. Para petani aren akan memanjat pohon aren yang tinggi untuk mengambil nektar dari tandan bunga jantan.

Nektar ini kemudian disaring dan dimasak hingga mengental untuk dijadikan garen seperti yang kita kenal.

2. Rasa yang Khas

Satu lagi fakta menarik tentang gula aren adalah tentang rasanya. Sering juga disebut gula jawa, pemanis ini memiliki rasa karamel yang khas dan lezat, dengan sentuhan, earthy, smoky, gurih yang kaya. Rasa ini berasal dari kandungan gula invert, yang merupakan gula alami yang tidak diproses.

3. Kaya Nutrisi

Berbeda dengan gula yang dimurnikan seperti gula putih, gula aren relatif masih mengandung beberapa nutrisi penting. Diantaranya adalah zat besi, kalium, dan serat. Zat besi penting untuk pembentukan sel darah merah, kalium penting untuk kesehatan jantung, dan serat penting untuk kesehatan pencernaan.

4. Kandungan Mineral

Menarik bukan bila ada pemanis yang mengandung mineral? Jadi, gula aren adalah sumber yang baik untuk mineral penting seperti magnesium, zinc, dan fosfor. Magnesium penting untuk kesehatan otot dan tulang, zinc penting untuk sistem kekebalan tubuh, dan fosfor penting untuk kesehatan gigi dan tulang.

5. Penggunaan Pemanis Tradisional untuk Era Moderen

Gula aren sebagai palm sugar telah digunakan dalam berbagai masakan dan minuman tradisional di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika. Gula ini sering digunakan dalam makanan penutup, minuman panas, dan masakan gurih. Contoh, latte Palm sugar adalah minuman kekinian yang tak bisa lepas dari gula aren.

6. Alternatif Pengganti Gula Putih

Sudah banyak yang mengatakan bahwa gula aren adalah alternatif gula yang lebih sehat daripada gula putih. Dan mereka tidak salah. Tapi sepanjang itu adalah gula aren organik, ya teman-teman.

Gula aren murni memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, yang berarti tidak menyebabkan lonjakan gula darah. Ingat ya teman-teman, gula aren organik, bukan gula merah yang sudah dicampur dengan bahan-bahan lain.

7. Manis Alami

Gula aren adalah pemanis alami yang tidak diproses. Seperti gula aren organik produksi Arenga, sejak di sadap dari tandan bunga aren, dimasak, dikeringkan dan dikemas jadi satuan 1 kg dan 225 gram, prosesnya selalu organik. Ini yang membuatnya menjadi pilihan yang lebih sehat daripada pemanis buatan.

8. Pewarna Alami

Gula aren dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan dan minuman. Gula ini memberikan warna cokelat kemerahan yang khas.

10. Konservasi Lingkungan

Pohon aren adalah tanaman yang berkelanjutan. Pohon ini dapat menghasilkan nektar selama bertahun-tahun tanpa merusak lingkungan.

11. Kegunaan kosmetik

Gula aren dapat digunakan dalam produk kosmetik, seperti sabun dan lulur. Gula ini memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu mencerahkan kulit.

Baca juga:

Itulah 10 fakta menarik tentang gula aren. Gula ini adalah pemanis alami yang memiliki rasa yang khas dan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Arenga Indonesia. Pabrik gula aren cair di Tangerang – Banten

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

  • Kuliner Indonesia yang diadopsi dari kuliner Belanda

    Makanan Indonesia yang Diadopsi Dari Makanan Belanda

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar