Tips Makanan Sehat Untuk Musim Kemarau – Cara Terbaik menjaga Tubuh

Categories: Kesehatan|Komentar Dinonaktifkan pada Tips Makanan Sehat Untuk Musim Kemarau – Cara Terbaik menjaga Tubuh|
Tips makanan sehat di musim kemarau

ARENGAINDONESIA.com – Tips Menciptakan Makanan Sehat di Musim Kemarau: Segar, lezat dan sehat

Seperti teman-teman tahu, Indonesia saat ini sedang memasuki masa iklim El Nino. Seperti kita tahu, El Niño adalah fenomena iklim alamiah yang terjadi secara periodik di Samudera Pasifik tengah dan timur. Fenomena ini mempengaruhi pola cuaca di seluruh dunia dan dapat memiliki dampak signifikan terhadap cuaca dan iklim suatu regional. Iklim El Nino yang terjadi secara siklus ini berlangsung setiap 2 hingga 7 tahun sekali, waktunya bisa beberapa bulan hingga setahun.

El Niño terjadi ketika suhu permukaan laut yang biasanya dingin di sepanjang garis khatulistiwa Samudera Pasifik timur-tengah menjadi lebih hangat dari biasanya. Ini dapat mengakibatkan perubahan besar dalam pola angin dan sirkulasi atmosfer di wilayah tersebut.

Nah salah satu dampak dari iklim ini adalah peningkatan suhu global karena pelepasan panas besar-besaran dari samudera ke atmosfer. Di Indonesia kita rasakan sebagai musim kemarau seperti sekarang. Pada siang hari panasnya ampun-ampunan.

Tapi karena ini adalah siklus iklim alamiah, kita tidak bisa berbuat apapun kecuali menjaga lingkungan agar jangan sampai terjadi kebakaran. Sedang untuk makanan dan minuman sendiri, harus kita pilih agar tubuh tetap sehat, segar, dan bisa menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa mengurangi staminanya.

Berikut tips untuk teman-teman untuk memilih makanan selama musim kemarau ini agar tetap produktif.

Tips Memilih Makanan di Musim Kemarau

Halo Sobat Arenga penyaji makanan di restoran dan rumah tangga! Saat cuaca panas musim kemarau seperti sekarang, satu hal yang tak boleh kita lupakan adalah memastikan bahwa makanan yang kita konsumsi atau sajikan tetap sehat dan segar.

Cuaca yang panas dapat meningkatkan risiko dehidrasi, jadi sangat penting untuk memahami bagaimana menciptakan hidangan yang dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh anggota keluarga atau pelanggan kita. Walau cuaca panas mendera, aktivitas sehari-hari tak terganggu dan kita tetap produktif.

Artikel akan membahas beberapa tips dan trik untuk menghadirkan makanan sehat di musim kemarau. Bisa digunakan di rumah atau untuk memikat selera pelanggan teman-teman bila disajikan di resto atau rumah makan.

1. Sajikan Makanan yang Kaya Air

Salad salah satu makanan kaya air cocok dikonsumsi di musim panas
Salad salah satu makanan yang kaya air

Seiring dengan meningkatnya risiko dehidrasi di musim kemarau, penting untuk memasukkan makanan yang kaya air ke dalam menu makanan kita. Buah-buahan seperti semangka, melon, belimbing, jeruk, stawberry, dan mentimun adalah pilihan yang segar dan lezat. Dengan buah-buahan ini kita dapat menciptakan sajian salad buah segar, jus atau racikan minuman kaya nutrisi lainnya.

Kita beruntung tinggal di Indonesia, yang tak mengenal musim dingin, jadi buah-buah dan sayuran berlimpah sepanjang tahun. Sudah begitu jenisnya banyak pula, jadinya kita punya kebebasan untuk memilih.

Nah, sayuran seperti selada, labu siam, dan tomat juga mengandung banyak air dan bisa menjadi tambahan menu penuh kesegaran.

2. Pilih-Pilih Protein Agar Semakin Sehat di Musim Kemarau

Protein adalah bagian penting dari diet kita. Karena protein berfungsi  sebagai sumber energi dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan kata lain, tubuh yang kekurangan protein akan rentan terserang penyakit dan infeksi.

Tapi selama musim kemarau, kita mungkin sedikit menghindari hidangan berat yang memerlukan waktu lama untuk dicerna.

Jadi, pilihlah sumber protein sehat seperti ayam tanpa kulit, ikan, telur, tempe, atau tahu (tofu). Buat hidangan ringan seperti salad ayam panggang atau ikan kukus atau tim dengan bumbu spesial. Ini akan membantu menjaga energi Sobat Arenga tetap stabil tanpa merasa terlalu kenyang.

3. Hindari Makanan Terlalu Berlemak

Makanan yang dikukus atau di tim sangat cocok di musim panas
Makanan yang dikukus atau di tim sangat cocok di musim panas

Saat cuaca panas, tubuh kita cenderung lebih sensitif terhadap makanan berlemak berlebihan. Jadi, hindari hidangan yang terlalu berminyak atau berlemak, karena ini dapat membuat Sobat Arenga merasa lemas dan tidak nyaman.

Cobalah memasak dengan metode yang lebih sehat seperti panggang, kukus, atau rebus. Ini tidak hanya akan mengurangi asupan lemak berlebihan tetapi juga akan mempertahankan rasa dan nutrisi dalam makanan.

4. Minum yang Cukup

Selain makanan, minuman juga penting untuk mempertahankan hidrasi selama musim kemarau. Pastikan untuk memiliki pilihan minuman sehat seperti air mineral, infused water, atau teh herbal dengan sedikit pemanis sehat seperti Organic Palm Sugar di dalam menu Sobat Arenga. Hindari minuman bersoda dan beralkohol yang dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

5. Manfaatkan Buah-Buahan Lokal

Musim kemarau sering kali menjadi waktu yang tepat untuk menikmati buah-buahan lokal kita. Karena pertanian kita juga sudah maju, banyak dari buah lokal kita sekarang sudah sangat berkualitas. Contoh-contoh buah lokal yang banyak mengandung sudah disebutkan di atas seperti melon, strawberry, jeruk keprok, jeruk medan, semangka dll.

Manfaatkan kesempatan ini untuk menghadirkan hidangan yang menggunakan buah-buahan dan sayuran lokal sebagai bahan utama. Ini tidak hanya mendukung petani lokal kita tetapi juga memberikan rasa autentik Indonesia pada konsumsi teman-teman.

6. Kreatif Dalam Menciptakan Hidangan

Terakhir, jangan ragu untuk berkreasi dengan berbagai resep dan menu. Cobalah mengkombinasikan berbagai bahan sehat menjadi hidangan yang menggugah selera.

Misalnya, buatlah camilan seperti roti sanwich menggunakan daun selada dan tomat alih-alih selai manis. Begitu punsajikan smoothie buah atau sayuran sebagai alternatif pencuci mulut segar bernutrisi.

Penutup

Mengonsumsi makanan sehat saat musim kemarau adalah investasi dalam kesehatan dan kebugaran kita. Dengan mengikuti tips sederhana ini, semoga Sobat Arenga bisa menciptakan hidangan yang tak hanya lezat tetapi juga mendukung kesehatan pelanggan dan keluarga kita selama musim kemarau yang panas.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Selamat menciptakan hidangan sehat dan segar di musim kemarau!

Arenga Indonesia. Produsen palm sugar di Tangerang-Banten

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter