Dua Versi Penemu Kopi Pertama Dunia

Categories: Gula Aren dan Kopi|Komentar Dinonaktifkan pada Dua Versi Penemu Kopi Pertama Dunia|
dua versi penemu kopi pertama dunia

ARENGAINDONESIA.com – Sobat Arenga penggemar kopi, bisnis kopi, penyaji kopi (barista), pemerhati kopi? Apapun lah pastinya sudah tahu dong tentang penemu kopi pertama di dunia? Ternyata ada dua versi cerita mengenai penemuan minuman paling populer di dunia ini. Versi Ethiopia dan negara tetangganya Yaman.

Jadi legenda populer mengatakan bahwa penemuan kopi dapat ditelusuri kembali ke Ethiopia dan Yaman negeri tetangganya.

Terkisahlah seorang penggembala kambing bernama Kaldi yang mendapati kambingnya tiba-tiba jadi sangat energik. Usut punya usut ternyata kawanan ternak itu habis mengonsumsi beberapa buah beri dari tanaman tertentu.

Dari Ethiopia, pengetahuan tentang kopi menyebar ke daerah tetangga,Yaman, di mana kopi menjadi populer di kalangan mistikus Sufi yang menggunakannya untuk membantu mereka tetap terjaga selama ibadah malam.

Nah begini ceritanya:

1. Kaldi di Etiopia Sekitar 2000 Tahun Lalu

Cerita versi pertama dari penemu kopi dunia adalah Kaldi, seorang penggembala kambing dari Ethiopia. Terlepas dari fakta sejarah, dalam berbagai literatur yang ditambahi kosa “legenda”, Kaldi lah yang sering disebut-sebut sebagai asal muasal cerita tentang kopi.

Menurut legenda itu, Kaldi memperhatikan bahwa kambingnya menjadi sangat energik setelah memakan buah beri dari jenis semak tertentu. Penasaran, dia memutuskan untuk mencoba buah itu sendiri dan mengalami ledakan energi yang serupa.

Dia berbagi buah beri dengan biksu setempat, yang menemukan bahwa buah beri membantu mereka tetap terjaga selama waktu doa yang lama. Akhirnya, para biarawan mulai mengolah buah beri dan menyeduhnya menjadi minuman, dan dengan demikian lahirlah kopi beriskut seluruh tradisinya.


Meskipun legenda Kaldi mungkin tidak sepenuhnya akurat secara historis, adalah bahwa kopi telah ditanam di Etiopia selama ribuan tahun. Negara ini dikenal sebagai penghasil kopi Arabika berkualitas tinggi yang masih sangat dihargai oleh pecinta kopi hingga saat ini.

2. Omar dari Yaman Versi Ke-2 Tentang Penemu Kopi Pertama Dunia


Versi ke-2 tentang penemuan kopi datang dari Yaman, negara yang terletak di Jazirah Arab. Menurut cerita ini, seorang sufi sufi bernama Omar diasingkan ke sebuah gua gurun di mana dia bertahan hidup dengan memakan buah beri dari semak terdekat.

Suatu hari, dia memanggang buah beri agar lebih enak dan menemukan bahwa buah itu memberinya energi dan membantunya tetap terjaga selama doanya.

Seperti kita tahu tujuan kehidupan seorang Sufi di biara adalah untuk mencapai kesadaran spiritual yang lebih tinggi dan pengalaman tentang keberadaan Tuhan yang lebih dalam. Dan itu dilakukan siang dan malam yang membutuhkan energi sangat besar.


Maka tanpa berpikir panjang lagi Omar langsung membagikan penemuan itu dengan mistikus lainnya. Segera saja kabar tentang buah beri ajaib menyebar ke seluruh pelosok. Sejak itu kopi jadi minuman populer di kalangan komunitas sufi di seluruh wilayah.

Dari Yaman, kopi akhirnya sampai ke Turki, di mana kopi menjadi pokok budaya Ottoman, dan dari sana menyebar ke Eropa dan seluruh dunia.

Sekali lagi, dua versi penemu kopi pertama kali dunia ini hanyalah kisah legenda. Asal muasal kopi yang sebenarnya kemungkinan besar hilang dari sejarah. Tapi karena cerita itu adalah bagian penting dari pengetahuan kopi dan membantu menjelaskan mengapa minuman ini sangat disukai selama berabad-abad, mari kita nikmati saja layaknya menikmati segelas kopi tubruk kesayangan.

Arenga Indonesia, Produsen Gula Aren Cair dan Bubuk di Tangerang. Kontak by WA Chats 081932418190

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • resep daging sapi panggang oven dengan kentang tumbuk

    Daging Sapi Panggang Oven dengan Kentang Tumbuk yang Lezat

  • Stigma rendah makan umbi-umbian di Indonesia

    Stigma Rendah Makan Singkong dan Ubi Jalar

  • manfaat kulit manggis sebagai pewarna alami

    Manfaat Kulit Manggis Sebagai Pewarna Alami

  • mengangin-anginkan sebuah cara menjaga kesegaran hasil panen

    Cara Menjaga Kesegaran Hasil Panen

  • Kebab ayam, sejarah dan budaya

    Kebab Ayam: Budaya dan Sejarah

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter