Cara Menyimpan Gula Aren Cair Agar Tahan Lama

Categories: Gula Aren dan Kopi|Komentar Dinonaktifkan pada Cara Menyimpan Gula Aren Cair Agar Tahan Lama|
Simpan-Sirup-Gula-Aren-dengan-Benar-agar-Tetap-Segar-dan-Nikmat

TANGERANG.ARENGAINDONESIA.comCara Menyimpan Gula Aren Cair Agar Tahan Lama – Sirup gula aren adalah sirup yang dibuat dari nira atau getah yang diambil dari bunga pohon aren. Nira ini kemudian dipanaskan dan diaduk hingga mengental dan menghasilkan cairan kental berwarna coklat gelap yang manis. Arenga Indonesia adalah produsen sirup gula aren yang bisa untuk kopi dan diolah secara organik. Seperti kita tahu produk organik mudah sekali mengalami kerusakan.

Jadi sirup gula aren organik adalah sirup yang diolah dengan cara alami, alias tanpa menambahkan zat kimia atau pengawet sintetis. Sejak dari penyadapan nira dari pohon enau sampai menjalani proses produksi di pabrik, cairan kental manis ini bebas dari segala bahan yang membahayakan kesehatan manusia.

Mudah Rusak

cara menyimpan sirup gula aren organik agar awet

Tentu saja gula aren cair organik lebih sehat. Masalahnya produk dari alam ini juga mudah rusak! Terutama bila dibandingkan dengan produk serupa menggunakan pengawet.

Kenapa mudah rusak? Pasti itu pertanyaan yang muncul dari pikiran Sobat Arenga semua.

Iya sirup gula aren organik cenderung mudah rusak karena kandungan gula aren alaminya. Bila terpapar udara sangat mudah terjadi fermentasi atau oksidasi.Jadi tidak bisa bertahan lama seperti sirup yang mengandung bahan pengawet.

Fermentasi terjadi ketika udara masuk ke dalam kemasan. Lalu ragi mulai menyantap kandugan gula dalam sirup yang lalu mengubahnya jadi asam dan gas. Kondisi seperti suhu yang tinggi atau kelembaban yang tinggi dapat mempercepat proses fermentasi ini.

Jadi oksidasi dapat terjadi ketika gula aren cair organik terpapar udara dalam waktu yang lama. Oksigen dalam udara akan bereaksi dengan gula aren dan menyebabkan sirup berubah aroma tidak menyenangkan dan rasa jadi asam.

Baca juga:

Cara Menyimpan Sirup Gula Aren Agar Segar Lebih Lama dan Tidak Rusak

Simpan Sirup Gula Aren dengan Benar agar Tetap Segar dan Nikmat
Sirup gula aren organik

Berikut adalah beberapa cara menyimpan sirup gula aren organik agar tidak mudah rusak:

  • Simpan di tempat yang sejuk dan kering: Untuk mencegah fermentasi, sirup gula aren organik harus disimpan dalam ruang yang sejuk dan kering. Hindari menyimpan sirup di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di ruang lembab.
  • Simpan dalam wadah yang bersih: Sirup gula aren organik harus disimpan dalam wadah yang bersih. Sebelum digunakan pastikan wadah sudah dicuci bersih dan dan kering sebelum diisi sirup.
  • Tidak menyimpan terlalu lama: Jangan disimpan terlalu lama. Misalnya menyimpan sirup gula merah selama berbulan-bulan karena waktu tidak bisa mencegah terjadinya fermentasi dan oksidasi.
  • Simpan di lemari es: Untuk gula aren cair Arenga, setelah tutup kemasan dibuka dan tidak habis dipakai dalam 2 hari, segera masukan ke lemari pendingin. Begitu pun jika membuatnya sendiri, jika ingin menyimpan sirup gula aren organik untuk jangka waktu yang lebih lama, simpan di dalam lemari es. Gula merah cair tanpa pengawet ini akan tetap segar dan tahan lebih lama jika disimpan dalam suhu yang dingin.
  • Gunakan sendok bersih: Ketika tidak dituang atau menyimpannya dalam mangkuk, jika ingin menggunakan sirup, pastikan menggunakan sendok atau alat yang bersih dan kering. Hindari mengambil sirup menggunakan tangan atau sendok yang terkontaminasi karena dapat menyebabkan sirup cepat rusak.

Dengan cara-cara tersebut, diharapkan sirup gula aren organik yang bisa untuk kopi agar bertahan lebih lama dan tetap segar ketika digunakan. Jadi mengetahui cara menyimpan gula aren cair atau simpan sirup gula aren organik Sobat Arenga dengan baik, agar tetap segar dan nikmat untuk waktu yang lama.

Arenga Indonesia, produsen sirup gula aren organik di Tangerang.

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

    Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

  • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

    Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

  • Herbal alami atasi diare

    Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

  • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

    Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter