Tips Menyimpan Arenga Gula Semut

Categories: Info|29 Comments|
Tips menyimpan gula semut

ArengaIndonesia. com – Tips menyimpan Arenga gula semut – Terbuat dari nira aren asli,  diproses secara organik,  tanpa menambahkan bahan-bahan pengawet atau pengisi. Jadi merupakan gula aren murni yang terbuat dari  100% nira aren. Ternyata  karakter alami seperti ini mudah menyerap molekul air dari udara (higroskopis). Agar tetap kering dan bisa digunakan dalam waktu lama, selalu simpan Arenga gula semut dalam wadah tertutup rapat. Begini cara menyimpan gula merah agar awet.

Dari mengamati bertahun-tahun, sekarang kami sudah menemukan kemasan paling pas untuk gula semut organik. Kemasan minimal pori-pori dengan double seal adalah yang paling cocok untuk daerah tropis yang lembab seperti Indonesia. Kemasan yang saya maksud seperti teman-teman lihat pada foto kemasan 1 kg di atas. 

Untuk Sahabat Arenga Tips menyimpan Arenga Gula Semut

Arenga gula semut aren dipasarkan dalam kemasan sangat melindungi isi di dalamnya. Jadi selama berada dalam kemasan, daya simpan pemanis alami ini bertahan sangat lama. Dari test yang kami lakukan, dalam kemasan seperti di atas bisa bertahan sampai 4 tahun.

Selama itu Arenga gula semut aren  tidak  mengalami perubahan apapun. Baik fisik maupun warna.Tetap kering dan wangi.Sebenarnya setelah dibuka, dengan tetap menyimpan dalam kemasan juga bisa. Karena standing pouch yang digunakan menggunakan klip. Pastikan bahwa setelah dibuka klip kembali dirapatkan sehingga tak berpeluang masuk udara.

Mudah ya cara mengyimpan gula merah agar awet? Tapi kalau suka lupa (seperti saya 🙂 )  mending salin seluruh isinya ke dalam botol kaca. Sebab klip yang tak ditutup kembali dengan rapat meloloskan udara ke dalam kemasan. 

Baca juga :

Jadi agar Arenga gula semut tetap bisa digunakan dalam waktu lama sebaiknya setelah kemasan dibuka tutup kembali rapat-rapat. Tapi kalau sering lupa tidak ada salahnya juga disalin ke dalam botol kaca. Setelah itu ditutup rapat. Bisa menggunakan botol bekas selai. Keuntungan menggunakan botol bekas selai, disamping melindungi Palm Sugar  kesayangan, mendaur ulang wadah makanan, secara tak langsung Sahabat Arenga ikut melestarikan bumi.

Baca juga :   Supplier Gula Aren Bubuk dan Cair Untuk Industri

Bila tak tersedia botol kaca bagaimana dengan botol plastik?

Jangan! Karena botol plastik pori-porinya besar. Sebentar juga isinya akan lembab. Tapi kalau maksa juga apa boleh buat 🙂 Setelah itu harus dimasukan ke dalam lemari pendingin (kulkas). Dan bila sudah diambil sebagian isinya segera kembalikan botol Arenga Palm Sugar  ke kulkas. Jangan tunggu sampai botol berembun.

Demikian tips menyimpan gula semut aren semoga bermanfaat. Semoga tips cara menyimpan gula merah ini berguna bagi teman-teman. 

Untuk membeli Arenga gula semut Organik bisa ke http://arenga.id/toped

Share artikel ini

29 Comments

  1. nchie hanie April 22, 2021 at 1:18 pm - Reply

    Naah, aku sringnya di taro di dalam kemasannya yang pouch kalo gula semut, di kulkas pulaa.
    Hahhaaa, tapi beneran aku se tipe sama Mamin juga suka lupaaa nutupin, alhasil ya gitu deh plus di kulkas gulanya berserakan dan cepel .
    BHuahhaaa, makasih mamin tipsnya yaa

    • Arenga Indonesia April 22, 2021 at 10:02 pm - Reply

      Iyaaa biar gak lupa, mending salin ke botol selai aja Cik. Sayang, soalnya gulanya enak kalau terus dalam keadaan wangi dan segar hehehe

  2. Dian Restu Agustina April 22, 2021 at 3:18 pm - Reply

    Informatif tipsnya, Mbak..Terima kasih. Baru tahu jika botol plastik sebagai kemasan akan membuat isinya lebih cepat lembap.Kalau saya memang memakai botol kaca bekas kemasan kopi atau selai untuk wadah gula, garam, merica dan lainnya. Reuse saja sayang kalau dibuang

  3. indah savitri April 23, 2021 at 7:03 pm - Reply

    aku biasanya taruh di kulkas mba… bisa di dalam container plastik atau kaca, yang penting di kulkas biar aman dari semuut huhuhu.. Sayang kalau baru terpakai sedikit sudah kena invasi hehe

  4. Bibi Titi Teliti April 23, 2021 at 8:19 pm - Reply

    Untunglah aku kalo beli gula atau kopi selalu pindahin langsung ke toples kaca aja,
    Ternyata emang jangan ke botol plastik yah, baru tahuuuu

  5. Juliastri Sn April 23, 2021 at 9:40 pm - Reply

    Wah, kebetulan banget aku juga dapat kiriman gula aren dari saudara. Awalnya bingung gimana mau nyimpen. Kemasannya belum kubuka, aku masukin ke toples tertutup takut gula semutnya dikerubung semut hehe..

  6. Mugniar April 23, 2021 at 10:18 pm - Reply

    Bisa digunakan dalam waktu lama selama belum ada perubahan pada warna, bau, dan rasa ya, Mamin?

  7. Dian April 24, 2021 at 2:12 am - Reply

    lhoo baru tahu aku klo menggunakan botol plastik sebagai kemasan akan membuat isinya lebih cepat lembap.

    padahal saya selalu memakai botol kaca bekas kemasan kopi atau selai untuk wadah gula, garam, merica dan bumbu bubuk lainnya

    oke mulai besok ganti kemasan

  8. Susindra April 24, 2021 at 4:37 am - Reply

    Pantas saja kalau ditaruh di wadag pastik jadi menggumpal. Itu alasannya.
    Sipp. Makasih tipsnya

  9. Nanik Nara April 24, 2021 at 8:04 am - Reply

    Lama juga ya waktu simpannya, bisa sampai 4 tahun.

    oh, jadi tidak disarankan menggunakan wadah plastik ya, sebaiknya menggunakan wadah dari kaca. Noted mbak

    • Efi Fitriyyah April 24, 2021 at 9:54 pm - Reply

      Duh itu gula palemnya nampak yummy sih Mak.
      Iya nih kalau ga buru-buru disimpan ke toples kaca abis deh dirubung semut. Mana semutnya gede-gede dan galak. Btw botol plastik ini maksudnya botol bekas minuman gitu, ya?

  10. Ririe April 24, 2021 at 9:30 am - Reply

    MasyaAllah, masa simpannya bisa mencapai 4 tahun ya. Jadi ingat, doeloe pernah dapat hadiah gula semut Arenga ini, sebagian saya simpan sampai hampir dua tahu dan kondisinya masih baik-baik saja, butirannya tetap kering.

  11. Rara Adindarara April 24, 2021 at 1:04 pm - Reply

    Gula semut ini kayaknya enak banget ini bisa jadi rekomen banget buat gula apalagi buat pelengkap gula saat bikin es buat takjil

  12. lendyagasshi April 24, 2021 at 5:46 pm - Reply

    Aku ingat-ingat banget ini, kak..
    Karena selama ini kalau simpan gula memang di toples kaca, tanpa tahu kalau pakai plastik bisa beresiko.
    Haturnuhun kak EVi.

  13. Caroline Adenan April 24, 2021 at 7:18 pm - Reply

    Aku selama ini pakai plastik aja trus masukkan ke kulkas, harus botol kaca ya? soalnya spacenya terbatas di kulkas :))

  14. Alfa Kurnia April 24, 2021 at 7:46 pm - Reply

    Terima kasih tipsnya, Mbak. Baru tahu kalau lebih baik simpan gula semut di botol kaca daripada botol plastik. Baiklaah, besok akan cek-cek lagi tempat penyimpanan gula semutnya.

  15. diane April 24, 2021 at 8:30 pm - Reply

    Penyimpanan emang penting ya kak… Kalau nyimpennya bener..selain awet..rasa juga tetep gak berubah…Biasanya aku biarin aja nih tetep di plastiknya..

  16. Umimami April 24, 2021 at 8:32 pm - Reply

    Saya naro gula semut di botol kaca bekas selai, tapi masuk kulkas, padahal gpp ya aman suhu ruang selama kemasannya kedap, salah deh selama ini

  17. Cindy Vania April 24, 2021 at 10:14 pm - Reply

    Jadi memang kalau pakai penyimpanan plastik lebih baik taro di kulkas ya, aman banget.
    Tapi benernya aku kalau pake kaca, nyimpen gula ini tuh di kulkas juga 😆

  18. echaimutenan April 24, 2021 at 10:21 pm - Reply

    Mbak aku biasanya simpen di kulkas setelah clip tutupnya rapettt
    Jadinya emang rada gumpal di dalam kulkas. Cuma untuk sekarang itu yg paling aman g dimainin anak2 😂

  19. Diah Kusumastuti April 24, 2021 at 11:02 pm - Reply

    Alhamdulillah di rumah kami tempat menyimpan gula juga di toples kaca. Tapi baru tau nih kalau toples plastik pori-porinya lebih besar.
    Makasih sharing infonya, Mbak 🙂

  20. April April 24, 2021 at 11:46 pm - Reply

    Wowo banget ada gula bisa bertahan selama 4 tahun lamanya ya
    Wah makasih tipsnya mbak, jd tahu cara menympan gula semut ini. Aku juga suka simpan di dalam lemari es mbak, krn kyk ya itu lokasi paling aman dari jangkauan semut2 yang suka makan gula semut hehe

  21. Eryvia Maronie April 25, 2021 at 3:40 am - Reply

    Baru tau saya soal penyimpanan dalam botol atau wadah plastik yang ternyata berpori-pori besar sehingga tetap akan kemasukan udara.
    Sebaiknya memang di botol kaca ya.

    Makasih masukannya, kak.
    Artikel ini bermanfaat sekali.

  22. Meykke Santoso April 26, 2021 at 5:53 am - Reply

    Aku malah baru tahu ada produk namanya Arenga gini mba dan MasyaAllah kemanisannya sangat terjamin dan terjaga ya Mba

  23. Icha Afriza April 27, 2021 at 8:42 am - Reply

    terima kasih kak tipsnya kak berguna banget, soalnya dirumahpun jarang sekali nyetok gula merah karena takut meleleh. Jadinya pas mau di pakai baru beli deh.

  24. nyi Penengah Dewanti April 27, 2021 at 8:51 am - Reply

    Aku baru tahu tips ini Mba Evi, jadi ini sebabnya nggak boleh di plastik mennding di botol kaca ya.
    Allhamdulillah jadi tahu tips bijaknya mengamankan gula

  25. Mei Daema April 27, 2021 at 9:11 am - Reply

    ini sangat bermanfaat mba, kebetulan saya suka menyimpan banyak gula, bisa saya sharingkan juga ke ibu saya niy bagaimana penyimpanan gula ini

  26. ima satrianto April 28, 2021 at 9:13 pm - Reply

    waaah baru tahuu kalau gula aren dimasukin ke kulkas, ilmu baru nih. Selama ini kutaruh di botol di luaran pantesan gumpal. makasih tipsnya

  27. Ivonie April 29, 2021 at 3:00 pm - Reply

    Bener banget, kalau sudah dibuka memang lebih baik disimpan dobel tempat. klip pouch kadang udah merasa rapat tapi masih ada celahnya walau keciil. paling fatal ya lupa diklip kembali

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Rekomendasi gula aren organik sebagai pemanis harian

    Alasan Menggunakan Gula Aren Organik Sebagai Pemanis Harian

  • Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

    Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

  • Fungsi-rempah-dalam-makanan

    Fungsi Rempah dan Bumbu Dapur Dalam Makanan

  • Som-tam-salad-hidangan-penggugah-selera-Thailand

    Som Tam Salad, Hidangan Penggugah Selera Thailand

  • Pasar-Flamboyan-Pontianak-Foto-Jufihiro-Google-Maps

    Pasar Flamboyan Pontianak, Ragam Makanan Lokal Kalimantan Barat

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

Artikel Terkait