Pengasapan Lodong

Categories: Referensi Arenga Indonesia|Komentar Dinonaktifkan pada Pengasapan Lodong|

Pengasapan lodong - Sterilisasi alat penambung NiraPengasapan Lodong – sterilisasi wadah penampung nira

Setiap bidang pekerjaan membutuhkan alat bantu. Alat tersebut diberi nama menurut kegunaan, tempat asal, maupun mengikuti bahasa masyarakat yang menggunakan. Lodong salah satu alat yang digunakan industri gula aren tradisional di Jawa Barat.

Lodong sendiri adalah tabung bambu besar yang dipotong diantara bukunya. Meriam buatan, pemermainan tradisional yang banyak terdengar bulan puasa juga disebut lodong. Terbuat dari bambu dan diisi minyak tanah atau karbit. Saat pemantiknya dinyalakan, akan terdengar dentaman keras dari mulut lodong itu

Dalam industri gula aren, lodong digunakan untuk  menampung nira. Kalau teman-teman Arenga piknik di kampung perajin aren, pemandangan lumrah melihat kaum bapak menyandang lodong di punggung mereka. Pagi dan sore mereka melintas untuk menaikan atau menurunkan kontainer bambu ini ke atas pohon enau.

Penyadap nira enau membawa lodong

Membawa lodong

Proses Fermantasi Dalam Lodong

Untuk mendapatkan gula bermutu, nira harus selalu dalam kondisi segar.  Prosesnya dimulai dari setetes demi setetes, nira aren mengalir dari tandan bunga jantan pohon aren menuju penampungan yang disebut lodong. Di sanalah, petualangan rasa nira dimulai. Tanpa menunggu lama, nira langsung memulai proses fermentasi alaminya.

Penyebabnya adalah mikroorganisme alami yang menempel pada nira dan lodong menjadi kunci utama dalam proses ini. Mereka bekerja sama, mengubah gula alami dalam nira menjadi alkohol dan asam organik. Perpaduan inilah yang menciptakan rasa khas nira aren yang segar, sedikit manis, dan sedikit asam.

Proses fermentasi ini terus berlangsung selama nira disimpan di lodong. Semakin lama nira disimpan, semakin kuat pula rasa fermentasinya. Hal ini yang menjadi dasar pembuatan berbagai produk olahan nira  seperti tuak.

Agar jadi gula aren berklualitas bagik, penyadap perlu menambahkan akar kawao seperti yang dibawa anak muda penyadap pada foto di atas. Gunanya untuk mencegah peragian atau proses fermantasi berlangsung tidak terlalu cepat.
Baca juga :

Pentingnya Lodong yang Bersih untuk Nira Aren

Lodong yang bersih dan terjaga kehigienisannya memegang peranan penting dalam menjaga kualitas nira aren. Mikroorganisme yang tidak diinginkan, yang mungkin menempel pada dinding lodong kotor, dapat merusak nira, yang akan mempengaruhi mutu gula aren yang akan dibuat.

Mikroba tersebut bisa jadi bukan jenis yang tepat untuk proses fermentasi nira aren. Alhasil, alih-alih menghasilkan rasa dan aroma yang  diinginkan untuk gula aren berkualitas, nira malah jadi busuk.

Oleh karena itu, kebersihan lodong menjadi hal yang wajib diperhatikan. Dengan lodong yang bersih, fermentasi nira aren pun bisa dicegah atau diperlambat, menghasilkan produk akhir yang berkualitas.

Jadi, lodong harus steril agar nira di dalamnya tidak mudah dirusak oleh berbagai jasad renik yang mungkin saja menempel pada dinding lodong kurang higienis.
Karena nira yang sudah berubah jadi asam, seperti cuka tak bisa lagi dibuat gula aren. Terutama gula semut, harus berasal dari nira dengan PH seimbang.
Memanjat tangga bambu yang mengganti lodong

Memanjat tangga bambu yang mengganti lodong

Jadi sebelum digunakan lodong harus bersih.  Bagian dalam dibersihkan dengan air dingin untuk melarutkan kotoran-kotorang yang mudah tercuci. Setelah itu dibilas dengan air panas.  Setelah dianginkan sebenat lodong diasapi. Caranya dengan menjungkir balikan di atas tungku yang sedang menguapkan nira. Prosesnya seperti gambar diatas sampai bagian dalam kering. Lodong bersih siap digunakan lagi.

Maksud pengasapan adalah agar lapisan lilin pada dinding bagian dalam bisa meleleh dan keluar karena uap panas. Asap itu juga sekalian menumpas makhluk penebeng hidup seperti bakteri, ragi dan benih cacing.

Arenga Indonesia.

Kontak 0819 3241 8190

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

    Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

  • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

    Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

  • Herbal alami atasi diare

    Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

  • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

    Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter