Organic Palm Sugar, Sama kah Dengan Gula Aren Asli?

Categories: Info|9 Comments|
Gula-aren-cair-untuk-cafe

ArengaIndonesia.com – Organic Palm sugar adalah pemanis yang terbuat dari nira pohon enau (arenga pinnata). Sama dengan gula aren organik, memiliki rasa karamel yang ringan. Populer sebagai pelezat masakan dan minuman di Indonesia. Tak hanya di Nusantara rasa manisnya yang lembut juga populer dalam kuliner di Asia Tenggara dan Afrika. 

Organic palm sugar dianggap sebagai alternatif pemanis yang lebih sehat dibanding yang lainnya. Ini dilatar belakangi produksinya melibatkan pemrosesan minimal. Untuk produk Arenga sendiri mengikuti standar proses makanan organik seperti tanpa menambahkan bahan pengawet kimia. Proses tersebut dimulai dari pohon aren yang tanpa diberi pupuk kimia, mempertahankan kestabilan PH nira dengan bahan-bahan alami, sampai proses produksi di pabrik.

Karena tidak dimurnikan, palm sugar yang juga dikenal sebagai gula aren di Indonesia tetap mempertahankan vitamin, mineral dan zat nabati tingkat tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan kita.

Gula aren organik dikenal juga juga memiliki indeks glikemik rendah dibandingkan dengan pemanis lainnya. Itu berarti pemanis alami ini cenderung tidak menyebabkan lonjakan  gula darah seketika. Sudah ada penelitian dan beberapa diantaranya masih berlangsung yang menunjukkan bahwa gula aren organik adalah pemanis alternatif yang baik untuk penderita diabetes . 

Kabar baiknya adalah kita dapat membeli gula aren organik ini di supermarket maupun Marketplace seperti Tokopedia.

Berbagai Bentuk Organic Palm Sugar

Beli Arenga organic palm sugar di tokopedia
Tersedia di Marketplace

Sebagai pemanis makanan dan minuman, palm sugar hadir di pasar dengan beragam ujud atau bentuk. Bentuk yang beragam ini dibutuhkan karena luas dan beragamnya kegunaan gula aren. Pada umumnya tersedia dalam bentuk padat yang disebut sebagai gula cetak, granulated palm sugar (gula aren bubuk) dan Liquid Palm Sugar (gula aren cair)

Versi Cetak – Gula Aren Batok

mould palm sugar atau gula aren cetak organic by Arenga
Mould Palm Sugar – Gula Aren Batok

Mould palm sugar atau gula aren cetak adalah yang paling umum tersedia di pasar. Fakta ini tentu tak lepas dari sejarahnya, bahwa bentuk klasik dari gula merah adalah cetakan. Nenek moyang kita mencetaknya dalam tempurung kelapa, yang kita kenal sekarang sebagai gula batok.

Namun bentuk cetakan berbeda dari daerah ke daerah, tergantung kreativitas pembuatnya. Atau bahkan karena permintaan pasar. Jadi bentuk cetakan pun bermacam, mulai dari silender terpotong, batery (kecil sebesar telunjuk), sampai bentuk cakram pipih.

Sebenarnya organic mould palm sugar ini tak perlu masuk kulkas (didinginkan). Tetapi yang diolah secara organik itu massanya cenderung lembut dan kadar airnya tinggi, apa lagi terkena paparan udara panas, jadi cepat meleleh dan mendorong pertumbuhan jamur. Kalau yang organik sebaiknya dimasukan ke kulkas saja.

Tapi gula cetak organik yang berjamur bukan tak bisa digunakan. Kikis saja permukaan yang ditumbuhi kapan berwarna putih itu, organic mould palm sugar siap dipakai.

Versi Bubuk – Gula Semut – Granules

Granulated organic palm sugar

Dari sisi pemakaian, organic palm sugar terus berkembang. Dari cetak berkembang jadi bubuk. Palm sugar versi serbuk ini dikenal sebagai gula semut aren atau granulated palm sugar. Atau ada juga yang menyebutnya gula palem.

Organicp palm sugar adalah pemanis alami. Semakin lama reputasinya semakin naik sebagai pelengkap makanan dan minuman. Ikut dikonsumsi masyarakat dari berbagai belahan dunia lain pada beberapa dekade terakhir. Ini salah satu sebab mengapa permintaan eksport untuk gula semut juga kian meningkat dari tahun ke tahun.

Setidaknya ada 2 alasan mengapa gula aren serbuk semakin di cintai:

  • 1. Dalam bentuk butiran, gula semut aren lebih mudah larut dan tidak lengket. Orang asing menyamakan rasa organic palm sugar dengan butterscotch atau karamel. Suhu lelehnya yang rendah membuatnya dapat digunakan untuk memasak, memanggang, dan diaduk ke dalam cairan sebagai pengganti gula putih.
  • 2. Alasan kedua orang tertarik dan menggunakan granulated palm sugar adalah manfaat kesehatan dibandingkan gula putih. Menurut penelitian, indeks glikemik organic palm sugar relatif rendah. Dengan demikian tidak akan menimbulkan lonjakan tiba-tiba pada gula darah.

Baca juga:

Versi Cair – Liquid

Arenga liquid palm sugar, gula aren cair organik
Liquid palm sugar by Arenga Indonesia

Setelah cetak, bubuk, bentuk lain dari organic palm sugar adalah cair. Banyak juga sebutan untuknya. Mulai dari Gula Aren Cair,  liquid Arenga palm sugar, sampai ke palm sugar syrup.

Untuk produk Arenga Indonesia sendiri, versi liquid ini 100% natural dan organik. Terbuat dari nira aren asli yang berarti bisa juga diklaim sebagai Low Glycemic Index. Tentu lebih sehat dibandingkan dengan gula tebu dalam rangka menambah cita rasa minuman dan makanan.

Organic palm sugar syrup saat ini sudah jadi bagian dari minuman ke kekinian seperti kopi susu gula aren. Pemakai terbanyak saat ini adalah kedai kopi disusul dengan industri makanan dan rumah tangga.

Baca juga:

Gula Aren Asli

gula aren asli dalam proses pemasakan
Gula aren asli dalam proses pemasakan

Terus apa yang dimaksud dengan gula aren asli? Apakah sama dengan organic palm sugar?

Sejatinya palm sugar murni terbuat dari nira aren. Namun berbagai pertimbangan dari produsen seperti masalah harga dan kemudahan, melahirkan gula aren dengan kandungan ‘aneh-aneh”. Fakta ini lah yang kemudian membuat gula aren tidak murni lagi. Singkatnya non-organic palm sugar sudah dicampur dengan macam-macam bahan. Ada yang menambahkan gula tebu, pengawet kimia sintetis yang melewati takaran wajar. Dan tak sedikit pula pula menambahkan bahan-bahan lain agar bobotnya semakin berat.

Gula aren asli itu adalah pemanis terbuat dari nira aren yang diproses mengikuti prinsip-prinsip organik. Dengan kata lain gula aren asli tak lain dari organic palm sugar, yang diproses menggunakan kearifan lokal. Pemanis ini lah yang sudah dikonsumsi masyarakat Indonesia sejak dulu untuk berbagai makanan dan minuman.

Kontak Arenga Indonesia by WA https://wa.me/6281932418190

Share artikel ini

9 Comments

  1. Nchie Hanle Mei 13, 2022 at 8:16 am - Reply

    Makasih Mba Evi penjelasannya, aku jadi manggut2. Tapi memang benar sebagai penikmat minum kopi pake brown sugar, akhirnya terjawab dengan ulasan ini.
    Ternyata gula aren pun ada yg organic dan non organic, soalnya memang rasa manisnya berbeda setelah dirasakan.

  2. Rita Mei 13, 2022 at 6:09 pm - Reply

    Terima kasih kak Evi.
    Uda menambah pengetahuan tentang gula aren . Jadi kita tambah mengerti .

  3. Tuty Queen Mei 14, 2022 at 12:31 pm - Reply

    Wah jadi tau perbedaan gula aren asli dan bukan, selama ini di pasar banyak penjual yang bilang gula aren nya asli. Jadi mesti benar-benar teliti ya mba. Terima kasih penjelasannya mba evi

  4. April Hamsa | Mom Blogger Mei 14, 2022 at 10:29 pm - Reply

    Pokoknya kalau cari gula aren asli referensiku Palm Sugar deh 😀
    Enak kalau nyetok gula aren, apalagi yang cair ya, biar bisa bikin minuman gemes2 sendiri, puas deh ketimbang beli2 hehe 😀

  5. Dzulkhulaifah Mei 18, 2022 at 7:41 pm - Reply

    Wah ada yang cair juga ya organic palm sugar-nya, cocok sama diriku yang menyukai kepraktisan, hehe. Liquid organic palm sugar sebaiknya disimpan di kulkas nggak, ya? Dan bisa tahan berapa lama, Kak?

  6. tukang jalan jajan Juni 8, 2022 at 11:38 am - Reply

    dengan begini jadi tahu perbedaan gula nira dan olahannya. Jadi ngga bakalan salah pilih butuhnya yang mana dan buat apa. Tapi untuk kualitas terbaik dan pastinya sehat pastilah Arenga. Sekalian dukung petani lokal jadi berdaya

  7. fanny_dcatqueen Juni 9, 2022 at 10:19 pm - Reply

    Pantesan mamaku itu paling rewel kalo udah soal gula aren. Dia bilang jangan beli sembarangan, ntr dpt yg palsu. Aku kan jadi mikir ya mba, palsu gimana, lah kan sama2 gula jugaaa 🤣🤣. Ternyata setelah baca ini jadi tau kalo yg non organic ditambahin bahan2 yg lain yaaaa.

    Pantesan mama suka rewel kalo aku beliin gula aren dari tempat yg bukan langganan dia pas di Aceh 🤣🤣

  8. Dawiah Juni 12, 2022 at 12:45 pm - Reply

    Pantas gula aren di rumah sering sekali meleleh, ternyata memang massanya berkurang. Begitu dimasukkan dalam kulkas malah terlalu keras, apa memang begitu mbak Evi?

    • Arenga Indonesia Juni 13, 2022 at 8:04 am - Reply

      Gula aren cetak yang disimpan di kulkas masanya juga akan berkurang Bu, karena kadar airnya juga berkurang. Malah jadi kesannya keras dan lengket. Sebaiknya keluarkan dari kulkas kurang lebih satu jam agar gulanya lembut kembali

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Rekomendasi gula aren organik sebagai pemanis harian

    Alasan Menggunakan Gula Aren Organik Sebagai Pemanis Harian

  • Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

    Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

  • Fungsi-rempah-dalam-makanan

    Fungsi Rempah dan Bumbu Dapur Dalam Makanan

  • Som-tam-salad-hidangan-penggugah-selera-Thailand

    Som Tam Salad, Hidangan Penggugah Selera Thailand

  • Pasar-Flamboyan-Pontianak-Foto-Jufihiro-Google-Maps

    Pasar Flamboyan Pontianak, Ragam Makanan Lokal Kalimantan Barat

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

Artikel Terkait