Sejarah Gula Aren: Kekayaan Tradisi Kuliner di Asia Tenggara

Sejarah gula aren, memperkaya tradisi kuliner di Asia Tenggrara

Arenga Indonesia – Sejarah Gula Aren: Kekayaan Tradisi Kuliner Asia Tenggara

Kalau dipikir-pikir dan diperturutkan, membahas gula aren atau palm sugar itu gak akan ada habisnya. Ada saja ide yang membuat tangan Mamin “gatel” untuk menuliskannya dalam blog kesayangan ini. Mulai dari pohon aren, aneka bagian tanamannya yang bernilai ekonomi, sampai produk akhir dan pemakaian pemanis berwarna coklat tapi sering disebut gula merah ini.

Memang menarik sih. Dan sudah sepantasnya juga menulis lebih banyak tentang gula aren yang dalam bahasa Inggris disebut palm sugar di sini. Karena selain bisnis utamanya adalah gula aren, di luar belum begitu banyak literatur yang mengulik masalah pemanis tradisional sekaligus moderen ini secara lengkap.

Dengan menuliskan setetes demi setes info di sini, semoga Indonesia semakin makmur dari tanaman palem-paleman dari species Arenga Pinnata yang belum banyak dibudidayakan ni.

Begitu pun sebagai pemanis akan semakin berkibar dan diterima secara luas untuk memperkaya tradisi kuliner di Asia Tenggara dan tentu saja Indonesia.

Dari Sejarah Gula Aren Memperkaya Tradisi Kuliner Dunia

Gula aren yang dikenal juga sebagai palm sugar
Gula aren bubuk yang dikenal juga sebagai Palm Sugar

Gula aren adalah salah satu raw material dari banyak jenis makanan dan minuman. Selain memberi rasa manis dan legit, warna coklatnya kadang dimanfaatkan sebagai pewarna.

Sudah manapaki lorong sejarah yang panjang dan memperkaya tradisi kuliner dalam budaya di Asia Tenggara. Di Nusantara sendiri, kehadirannya sudah terlihat sejak zaman Kerajaan Majapahit dan mungkin juga jauh lebih tua dari itu.

Karena, walau tidak secara eksplisit, sejarah panjang pembuatan gula merah terlihat di beberapa relief candi di Jawa.

Yang membahagiakan, dalam beberapa tahun terakhir, gula aren dalam sebutan akrab dunia internasional sebagai palm sugar, juga telah menarik perhatian dunia dengan semakin maraknya pemakaian di dapur-dapur internasional.

Negara Tujuan Ekspor Palm Sugar

Jadi gak heran ya, semakin banyak saja teman-teman Arenga mencari gula aren untuk diekspor.

Kalian tertarik mengetahui ke negara mana saja gula aren di ekspor?

Dari beberapa informasi dari Sahabat Arenga, tujuan ekspor gula aren secara umum adalah negara-negara Asia yang meliputi Jepang, Korea Selatan, dan China.

Di negara-negara Asia ini, palm sugar selain digunakan sebagai bahan baku dalam industri makanan dan minuman, banyak pula digunakan dalam rumah tangga seperti pembuatan makanan manis, sirup, dan resep dalam minuman kopi dan teh. Mereka gunakan sebagai pengganti gula tebu.

Begitu juga, terdapat permintaan signifikan dari negara-negara Barat seperti Amerika Serikat, Kanada, New Zealand dan negara-negara Eropa. Di benua ini gula aren kebanyakan digunakan dalam produk-produk makanan organik atau makanan khusus yang mengutamakan sumber gula alami.

Beberapa negara di Timur Tengah dan Afrika juga tak ketinggalan. Seperti cerita Arenga saat pameran di Arab Saudi, negara tujuan ekspor gula aren ini menggunakannya selain dalam makanan dan minuman, juga memanfaatkannya dalam ramuan herbal tradisional.

Sejarah Gula Aren di Asia Tenggara

Di balik manisnya rasa gula aren, terdapat cerita yang menarik tentang asal-usul dan perjalanan gula merah dalam lorong sejarah hingga saat ini.

Sejarah gula aren dipercaya bermula dari daerah di mana tanaman enau banyak tersebar seperti saat ini. Meskipun asal-usulnya bisa diperdebatkan, Indonesia dianggap sebagai tempat kelahiran gula aren.

Buktinya adalah tanaman enau sebagai sumber pembuatan gula aren tumbuh subur di Indonesia. Mereka hidup mulai di pegunungan, lembah, dan kebun-kebun penduduk, baik sebagai tanaman aren liar maupun budidaya.

Pohon aren memiliki nama ilmiah “Arenga pinnata”, merupakan nama spesies atau spesies tunggal dari tanaman yang lebih umum dikenal dengan tanaman enau.

Sementara “Arenga” sendiri adalah nama genus yang mencakup beberapa spesies dalam keluarga Arecaceae atau Palmae. Jadi, Arenga pinnata termasuk dalam genus Arenga dan keluarga Arecaceae atau Palmae.

Marco Polo, seorang penjelajah kuno Italia, melihat pentingnya peran pohon palem sebagai sumber makanan di Nusantara kala itu. Maka dalam jurnal perjalanannya di Asia, ia banyak menyinggung tentang “tuak dan “tepung”, yang merupakan produk dari tanaman enau.

Palm Sugar di Asia

Selain Indonesia, gula aren juga diproduksi secara luas di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Thailand, Filipina, dan Kamboja.

Gula aren juga memiliki sejarah yang kuat di Cina Selatan, India, Sri Lanka, Papua Nugini, dan Guam.

Selain arenga pinnata, jenis-jenis pohon yang menjadi sumber utama produksi palm sugar antara lain pohon palmyra (siwalan), nipah, dan kelapa.

Proses pembuatan gula aren dimulai dengan mengambil air nira dari tangkai tandan mayang jantan tanaman enau. Nira ini kemudian direbus hingga airnya menguap dan terbentuklah pekatan gula yang nanti dicetak, dibuat gula semut atau gula aren cair.

Setelah jadi bentuk yang diinginakan, gula aren siap untuk dikonsumsi, dijual secara lokal, nasional maupun ekspor.

Palm Sugar Dalam Kancah Kuliner Asia

Palm sugar dalam kancah kuliner asia
Palm sugar dalam kancah Kuliner Asia

Gula aren atau palm sugar punya peran penting dalam makanan dan budaya di Asia Tenggara. Di Indonesia, gula aren menjadi bahan utama dalam banyak makanan tradisional dan makanan kekinian.

Di Thailand, gula aren dikenal dengan sebutan “nam tan piip” dan digunakan dalam hidangan khas seperti som tam (salad papaya) dan pad Thai.

Di India, gula aren sering digunakan dalam makanan penutup tradisional seperti kheer dan payasam.

Selain kehadiran gula aren dalam masakan lokal, gula ini juga memiliki nilai budaya yang tinggi. Gula aren sering digunakan dalam upacara adat dan perayaan keagamaan di banyak komunitas di Asia Tenggara.

Penggunaan gula aren dalam budaya lokal menjadi simbol keterkaitan dengan alam dan sumber daya alam yang melimpah.

Pada saat ini, gula aren juga semakin populer di luar Asia Tenggara. Di berbagai negara, konsumen semakin menyadari manfaat gula aren yang lebih alami dan rendah glikemik dibandingkan dengan gula putih.

Selain itu, produksi gula aren juga memberikan keuntungan ekonomi bagi petani dan masyarakat lokal di daerah tersebut.

Penutup

Sejarah gula aren adalah kisah yang menghubungkan budaya, tradisi, dan sumber daya alam yang kaya di Asia Tenggara. Dari Indonesia hingga ke seluruh kawasan Asia Tenggara dan dunia, gula aren tetap menjadi salah satu komoditas yang berharga.

Kita bisa merasakan manisnya gula aren dalam makanan tradisional dan kekinian dan juga menghargai nilai-nilai budaya dan ekonomi yang terkait dengan produksi gula aren.

Arenga Indonesia, produsen gula aren organik di Tangerang – Banten

Share artikel ini

22 Comments

  1. Nchie Hanie Juni 12, 2023 at 3:28 pm

    Ahh, sekarang tuh makin banyak makanan dan minuman memakai gula aren, makin dikenal sama masyarakat. Jadi mau donat aren nya ituuu sama kopi susu aren,makin lezatos sambil dengerin eh baca sejarah gula aren yang makin tahu dan nambah wawasan seputar gula aren.
    Hmm, ga hanya penikmat kopi arennya tapi tahu sejarahnya. Makasih Mamin Arengaa.

  2. Sari Juni 12, 2023 at 4:43 pm

    Aku kenal gula aren sejak minuman kekinian yg viral itu, kemudian ada yg jual kue dan bilangnya pakai gula aren, ternyata setelah dicoba, rasa manisnya terasa soft, nggak nyelekit

  3. Nurul Sufitri Juni 12, 2023 at 7:52 pm

    Wah, jadi makin tahu deh sejarah gula aren ini 🙂 Memang khasiatnya baik sekali buat menjaga kesehatan tubuh kita ya. Selain rasanya menis, manis yang cukup tentunya, mengonsumsi gula aren yang banyak divariasikan dengan makanan dan minuman ini selalu dinikmati dengan nyaman. Paling enak me time minum kopi susu gula aren dan pisang goreng di pagi hari hehehe.

  4. Tanti Amelia Juni 13, 2023 at 4:30 pm

    senang banget sama kopi susu gula aren
    pada saat diblend ada aroma spesifik seperti gula merah disangrai

  5. Lintang Juni 13, 2023 at 9:56 pm

    Yhaaa ngga salah kalo palm sugar atau gula aren di negeri ini jadi salah satu komoditas yang berharga. Bayangin deh kalo gula aren cucok banget sama semua jenis makanan tradisional sampe yang hits. Bahkan sekarang sampe ada kopi gula aren yang viral bangets.

  6. Istiana Sutanti Juni 14, 2023 at 9:22 am

    Sejak ada kopi susu gula aren, suami akhirnya bikin kopi sendiri di rumah dan pakai gula aren juga deh, haha. Emang menghasilkan rasa manis yang berbeda dan khas soalnya sih. Ternyata lumayan juga khasiatnya ya

  7. Dian Restu Agustina Juni 14, 2023 at 12:18 pm

    Informatif artikelnya..saya jadi bertambah wawasan tentang sejarah gula aren di Indonesia dan dunia. Sedap banget makanan dan minuman pakai gula aren ini. Apalagi tidak hanya makanan tradisional saat ini produk kekinian pun menggunakannya. Membuat kita jadi menghargai nilai-nilai budaya dan ekonomi yang terkait dengan produksi gula aren ini.

  8. Jiah Al Jafara Juni 14, 2023 at 3:22 pm

    Kalau aku lihat, di beberapa makanan negara ASIA kaya Tenggara tuh pakai gula aren. Di taruh di makanan manis, kue-kuean iya. Buat makanan lain juga enak. Minuman pun tambah nikmat

  9. Suciarti Wahyuningtyas Juni 14, 2023 at 6:07 pm

    Aku biasanya kalau makan kue putu atau klepon paling senang banget kalau banyak gula arennya. Termasuk kalau jajan es kopi susu ya, pasti carinya yang pakai gula aren. Apalagi sekarang semakin banyak juga orang yang menggunakan gula aren dalam konsumsi hariannya. Baik untuk pemanis minuman atau makanan.

  10. Lia Yuliani Juni 14, 2023 at 6:18 pm

    Sekarang ini udah banyak produk yang pakai gula aren. Kandungannya lebih aman dari gula pasir soalnya. Palm sugar bahannya dari alam. Emang lebih enak makanan atau minuman dengan tambahan gula aren.

  11. April Hamsa Juni 14, 2023 at 7:00 pm

    Iya ya zaman kecil aku ya nyebutnya gula merah hehe. Ternyata banyak ya negara yang impor gula aren dari indonesia tuh. Memang salah satu bahan yang cocok buat bikin makanan manis dan minuman gitu sih ya.
    menarik juga menelusuri sejarahnya bahkan sejak zaman kerajaan udah dipakai yaa.

  12. Naqiyyah Syam Juni 14, 2023 at 8:46 pm

    sekarang makin dikenal ya gula arennya, dulu jarang orang pakai. Sering suami bikin kopi pakai gula aren dan sering dikasih oleh petani juga sih

  13. Adriana Dian Juni 14, 2023 at 9:21 pm

    Paling enak minum kopi, pake susu dan gula aren.. hihi. Yang penting gula arennya jangan sampe asal pilih supaya rasanya enak ya maaaak.. kaya gula aren produksi arenga indonesia ini yaaaaa

  14. lendyagassi Juni 14, 2023 at 9:27 pm

    Dari aku yang suka banget nge-gadoin gula aren, kini produksinya semakin ditingkatkan untuk penuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang uda paham kebaikan dari penggunaan gula aren dibandingkan gula pasir. Dan proses pembuatan serta sejarahnya memang gak semudah itu ya.. Jadi sangat kagum sekali bagaimana gula aren bisa sampai ke tangan pembeli.

  15. Milda Ini Juni 14, 2023 at 10:13 pm

    Mba udah cobalah Palm Sugqr dari Bengkulu khususnya dari Lebong atau Rejang Lebong. Kalo ada kesempatan cobain ya Mba dan review deh. Baca tulisan ini jadi ingin merekomendasikan

  16. Gusti yeni Juni 14, 2023 at 10:28 pm

    Indonesia kaya akan hasil bumi, salah satu contoh gula aren. Makanan yang menggunakan bahan dari gula.aren juga banyak dan enak enak.

  17. Dzulkhulaifah Juni 14, 2023 at 10:48 pm

    Panjang juga nih sejarahnya Gula Aren, ya. Di dekat tempat tinggalku ada namanya kecamatan Pondok Aren. Jangan-jangan dulunya di situ banyak pohon enau penghasil gula aren. Hehe. Di kancah internasional, gula aren sudah cukup terkenal juga dan banyak banget perannya dalam menambah citarasa kuliner di berbagai negara.

  18. Dian Juni 14, 2023 at 10:59 pm

    Sekarang makin banyak yang memakai gula aren
    Nggak hanya minuman, tapi juga makanan ya mbak
    Rasa manisnya soft

  19. Yurmawita Juni 14, 2023 at 11:32 pm

    Palm sugar sangat disukai di negara luar dalam bentuk cair atau serbuk, bisa menjadi potensi bagi negara kita kalau pandai memanfaatkan peluang

  20. Dawiah Juni 15, 2023 at 7:47 am

    Saya punya kenangan manis dengan gula aren Mak. Dulu itu kakek saya suka ngopi sambil mengemut gula aren yang dipotong kecil-kecil. Jadi kopinya tanpa gula dan rasakan manisnya dari gula aren yang diemut, Nah, saya yang masih SD suka ngambil diam-diam (bukan mencuri loh, hahahaha) padahal kata mamaku itu sama saja mencuri karena ngambilnya tanpa sepengetahuan kakek, tapi kan ada bapak dan mamaku yang senyum-senyum melihat kelakuanku.
    Gula aren yg sudah dipotong kecil-kecil itu adalah pengganti permen yg kubawa kemana-mana.

    Ah, gula aren selalu membuatku rindu sama kakek.

  21. Dian Farida Ismyama Juni 15, 2023 at 1:58 pm

    Wow aq baru tahu kalau Jepang, Korea Selatan dan Cina justru banyak ya yg membutuhkan gula aren. Enak sih soalnya ya, dan bisa dipakai di berbagai menuu makanan dan minuman

  22. Herva Yulyanti Juni 18, 2023 at 11:07 pm

    wow tujuan ekspor gula aren secara umum adalah negara-negara Asia yang meliputi Jepang, Korea Selatan, dan China. memang sekarang lagi happening minuman dan makanan berbasis gula aren ya mba bahkan kini suamiku aja klo bikin kopi maunya gula aren hahaha udah pensiun gula putih dong

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • resep daging sapi panggang oven dengan kentang tumbuk

    Daging Sapi Panggang Oven dengan Kentang Tumbuk yang Lezat

  • Stigma rendah makan umbi-umbian di Indonesia

    Stigma Rendah Makan Singkong dan Ubi Jalar

  • manfaat kulit manggis sebagai pewarna alami

    Manfaat Kulit Manggis Sebagai Pewarna Alami

  • mengangin-anginkan sebuah cara menjaga kesegaran hasil panen

    Cara Menjaga Kesegaran Hasil Panen

  • Kebab ayam, sejarah dan budaya

    Kebab Ayam: Budaya dan Sejarah

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter