Teh dan Kopi: 2 Minuman Kafein yang Dicintai Dunia

teh dan kopi, 2 minuman kafein yang dicintai dunia

Arenga Indonesia – Selain air tawar dan susu, kopi dan teh adalah minuman yang paling populer di dunia. Baik dalam keadaan panas maupun dingin, kuat atau ringan, manis atau polos, kita terima tanpa preseden. Apa yang membuat mereka begitu dihargai selama lebih dari seribu tahun? Ya tentu saja teh dan kopi terkenal karena kandungan kafein, stimulan alami dari alam, yang membuat hari-hari kita lebih baik.

Enam ratus tahun yang lalu, semua sumber utama alami kafein kita — teh, kopi, cola, cokelat, dan yerba mate — sudah ditemukan. Sejak itu manusia telah mengonsumsinya dengan antusias, menciptakan peralatan yang semakin spesialis untuk meningkatkan kenikmatan dan efektivitas mereka terhadap mood kita.

3 Budaya Minum Kopi, teh dan Kafein Terkenal Dunia

Kopi dan teh telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari banyak orang di seluruh dunia. Minuman ini telah menjadi simbol budaya dan tradisi dalam banyak masyarakat seperti budaya Minum Teh di Inggris, Tiongkok dan budaya minum kopi Italia.

Berikut adalah contoh 3 budaya minum teh dan kopi yang terkenal di dunia:

1.. Budaya Minum Teh di Inggris

budaya minum teh di Inggris
Budaya minum kopi di Inggris

Orang Inggris dikenal memiliki tradisi minum teh yang sangat khas. Teh adalah minuman yang populer di negeri King Charless III ini dengan tradisi minum teh sore, yang dikenal sebagai “afternoon tea” atau “high tea.

Tradisi minum teh mereka berawal pada abad ke-17. Ketika teh mulai diperkenalkan oleh pedagang dan penjelajah seperti Thomas Garway, yang membuka toko teh pertama di London pada tahun 1657.

Teh biasanya disajikan dengan susu dan gula, dan disantap bersama dengan scones, kue, dan roti yang disajikan dengan mentega dan selai.

2. Budaya Minum Teh di Tiongkok

Boleh dibilang, orang Tiongkok lah penemu minuman teh. Daun dari tanaman Camellia sinensis ini telah menjadi bagian penting dari budaya Tiongkok selama ribuan tahun. Berbagai jenis teh seperti teh hijau, teh hitam, teh putih, dan teh oolong disajikan dengan ritual dan adab yang khas.

Teh sering diseduh dengan menggunakan cetakan teh tradisional. Dan prosesi minum teh di Tiongkok juga mencakup upacara minum teh yang terkadang dilakukan dalam suasana yang tenang dan reflektif.

3. Budaya Minum Kopi di Italia

Italia terkenal dengan tradisi minum kopi yang kuat dan beragam. Espresso adalah minuman kopi yang populer di Italia dan menjadi inti dari budaya minum kopi di negara itu.

Orang Italia seringkali menikmati espresso di bar kopi lokal dan menciptakan momen sosial yang penting. Selain itu, tradisi minum kopi lainnya di Italia termasuk cappuccino yang disajikan hanya di pagi hari, serta minuman kopi lain seperti macchiato, latte, dan americano yang juga populer di seluruh dunia.

Sejarah Kopi dan Teh

Sejarah minum teh dan kopi dunia
Kopi dan Teh telah mempengaruhi budaya dunia sejak zaman kuno

Kopi diperkirakan berasal dari daerah Ethiopia modern, di mana bijinya pertama kali digunakan untuk membuat minuman pada abad ke-9. Dari sana, kopi menyebar ke Arab dan kemudian ke seluruh dunia.

Teh, di sisi lain, berasal dari Tiongkok kuno dan menjadi minuman populer pada dinasti Tang pada abad ke-7. Seperti halnya kopi, teh juga menyebar ke seluruh dunia dan memiliki berbagai variasi rasa dan cara penyajiannya di berbagai budaya.

Kafein Dalam Teh dan Kopi

Salah satu alasan mengapa kopi dan teh begitu populer adalah karena kandungan kafein di dalamnya. Kafein adalah zat stimulan yang terkenal karena mampu meningkatkan kejagaan, meningkatkan konsentrasi, dan mengurangi kelelahan.

Banyak orang mengonsumsi kopi atau teh sebagai minuman penyegar di pagi hari atau saat butuh energi tambahan selama hari kerja.

Keunggulan lain dari kopi dan teh adalah keanekaragaman rasa dan variasi yang ditawarkan. Mulai dari kopi hitam yang kaya dan pahit hingga teh hijau yang segar dan menyehatkan, setiap minuman memiliki karakteristik uniknya sendiri.

Selain itu, keduanya dapat disajikan dengan tambahan susu, gula, serti kopi susu gula aren dan chai masala tea dari India. Walau pemakaian pemanis sesuai selera individu, namun gula adalah kawan dekat dari kedua minuman berkafein ini.

Sebagai Alat Ritual Sosial

Teh dan kopi dalam ritual sosial
Teh dan Kopi dalam ritual sosial

Sekarang, kedua minuman yang terkenal di duni ini lebih dari sekadar minuman sehari-hari. Kopi dan teh telah menjadi bagian dari ritual sosial dan budaya di banyak negara.

Di banyak tempat, termasuk Indonesia, pertemuan bisnis atau temu kawan sering kali dilakukan di kedai kopi atau rumah teh. Selain itu, ritual minum teh atau kopi juga dapat menjadi momen relaksasi dan introspeksi bagi individu.

Tidak hanya minuman itu sendiri yang terus berkembang, tetapi juga peralatan yang digunakan untuk menyeduh kopi dan teh. Dari pembuatan alat pembuat kopi modern yang canggih hingga peralatan khusus untuk menyeduh teh seperti celupan teh atau ceret, inovasi terus muncul untuk memperkaya pengalaman minum kopi dan teh. Peralatan modern ini dirancang untuk menghasilkan rasa dan aroma yang optimal, memungkinkan para pecinta kopi dan teh untuk menikmati minuman mereka dengan lebih baik.

Jadi Sumber Mata Pencaharian

Sebagai sumber mata pencarian
Jutaan orang di dunia menggantungkan hidup pada teh dan kopi

Selain itu, industri kopi dan teh telah menjadi sumber mata pencaharian bagi banyak orang di seluruh dunia. Perkebunan kopi dan perkebunan teh menyediakan lapangan kerja bagi ribuan petani dan pekerja di berbagai negara. Proses panen, pengolahan, dan distribusi kopi dan teh menciptakan rantai pasok yang kompleks dan melibatkan banyak individu.

Namun, meskipun minuman ini memiliki banyak manfaat dan menjadi bagian penting dari budaya global, penting juga untuk mengonsumsinya dengan bijak.

Minuman teh dan kopi serta kafein, meskipun memiliki efek stimulan yang positif, juga dapat menyebabkan ketergantungan dan efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Oleh karena itu, penting untuk mengatur konsumsi kopi dan teh sesuai dengan kebutuhan dan toleransi individu.

Penutup

Dalam kesimpulannya, kopi dan teh adalah dua minuman yang paling populer di dunia. Kandungan kafein, keanekaragaman rasa, dan ritual sosial yang terkait telah menjadikan kopi dan teh sebagai bagian integral dari kehidupan banyak orang. Di samping itu, inovasi peralatan dan industri kopi dan teh terus berkembang untuk meningkatkan pengalaman minum yang lebih baik. Namun, penting juga untuk mengonsumsi kopi dan teh dengan bijak dan memahami batas toleransi tubuh masing-masing individu.

Arenga Indonesia. Produsen gula aren untuk kopi di Tangerang – Banten

Share artikel ini

17 Comments

  1. Ria Juni 6, 2023 at 3:32 pm

    Saya termasuk yang hanya bisa minum teh ataupun kopi sebelum jam makan siang. Kalau saya minumnya sudah sore-sore sekitar jam 3-an begitu, bakal asli melek sepanjang malam dan baru bisa tidur menjelang pagi. Memang manfaatnya kopi dan teh ini ada, tapi kita2 juga yang harus bijak ya ketika konsumsi teh atau kopi. Jangan sampai kebanyakan juga, karena manfaatnya malah jadi berkurang.

  2. Nurul Sufitri Juni 6, 2023 at 7:02 pm

    Ternyata yang utama dalam kopi maupun teh adalah kandungan kafein ya 🙂 Bisa menjadi penyemangat dan gairah bekerja. Yang tadinya ngantuk, bisa lebih segar lagi beraktivitas. Oh, seperti itu sejarahnya sejak dahulu kala di negara2 di dunia. Minum teh maupun kopi kini menjadi lebih istimewa. Apalagi jika peralatannya modern, atau ala jadul juga makin wow, bisa mahal 🙂 Yang penting paham ada batasan mengonsumsinya disesuaikan dengan kebutuhan.

  3. Myra (Jalan-Jalan KeNai) Juni 6, 2023 at 8:12 pm

    Saya udah agak lama gak ngopi. Padahal sebelumnya setiap hari. Sekarang lagi suka ngeteh. Mungkin karena varian teh ada banyak. Jadi rasanya belum bosa nyobain berbagai rasa.

  4. Helena Juni 7, 2023 at 6:04 am

    ini yang membuatku penasaran, budaya minum teh sore hari di Inggris.
    aku dan anakku baca buku Lima Sekawan, isinya remaja bertualang tapi mereka selalu ingat waktunya minum teh ya break lalu minum teh dan makan kue.
    apa di lain waktu, misal pagi atau malam, orang Inggris tidak minum teh?
    kalau di Indonesia, teh wajar jadi teman makan di warung maupun resto.

  5. Katerina Juni 7, 2023 at 8:06 am

    Aku sedang minum teh kala membaca tulisan ini. Hati yang sedang senang, jadi semakin senang karena diingatkan lagi bahwa minuman yang aku minum punya manfaat baik untuk kesehatan. Sekaligus, sebuah budaya mendunia yang punya makna tersendiri di tiap tradisinya. Aku pun minum kopi, sesekali.

    Ah iya, sekalian mau cerita juga kalau teh dan kopi yang aku dan keluargaku minum, sudah lama pakai gula aren, termasuk sudah pakai gula aren organik ARENGA juga. Pilihan tepat buat kami.

    Tfs Mamin

  6. Jiah Al Jafara Juni 7, 2023 at 8:37 pm

    Oh pates kalau ada perjamuan itu minum kopi atau teh. Ternyata memang kaya gitu ya. Aku sendiri sekarang kadang-kadang aja karena memang mengurangi, tapi sesekali gak masalah ya. Biasanya milih pagi sih sebelum beraktifitas

  7. Hanifa Juni 7, 2023 at 8:50 pm

    Kalo misal disuruh milih antara kopi dan teh, aku prefer teh sih Mak. Gatau kenapa kalo kopi kayanya lebih strong aja dan lebih cocok buat nemenin kerja daripada nemenin bersantai wkwk

  8. Dian Restu Agustina Juni 7, 2023 at 9:21 pm

    Saya jadi tambah wawasan soal teh dan kopi serta seputar asal dan budaya mengonsumsi 2 minuman berkafein yang dicintai dunia dari artikel ini. Informatif! Saya sendiri termasuk penikmat keduanya meski kalau diminta memilih lebih suka kopi. Dan setuju mesti bijak meminumnya. Seperti saya dulu kuat aja ngopi di waktu apapun..Kini harus beneran perut terisi/tidak kosong baru berani ngopi hihi

  9. Naqiyyah Syam Juni 7, 2023 at 9:50 pm

    Keluargaku termasuk pencinta minum kopi dan teh kalau sekarang suamiku yang suka banget minum kopi kalau kumpul keluarga itu wajib banget jadi minuman yang ditunggu-tunggu

  10. Dian Juni 7, 2023 at 10:10 pm

    Aku kopi addict
    Kalau nggak ngopi nggak semangat
    Favoritku Ice Americano no sugar

  11. sri widiyastuti Juni 7, 2023 at 11:11 pm

    wah jadi tahu deh sejarahnya kopi dan teh main di blognya mbak. Menarik ya bagaimana teh dan kopi menjadi salah satu alat ritual sosial. sepertinya sampai saat ini masih dilakukan ya, salah satunya dengan ngopi atau ngeteh bareng itu

  12. Ida Raihan Juni 7, 2023 at 11:13 pm

    Iyupz kopi. Beium bisa jeda kopi nih sayah. Minimal sehari satu cangkit itu harus. Kalo kelewat, suka kambuh migrennya. Wakakkaka

  13. Uniek Kaswarganti Juni 8, 2023 at 6:43 am

    Dulu saya suka banget dengan kopi, Mbak. Namun sekarang lebih menikmati teh dengan berbagai varian. Lagi nyobain moroccan mint green tea, enak banget tuh mbak dinikmati saat sore, apalagi ketika rinai hujan turun ke bumi. Paduan yang sempurna tuh hujan dan teh panas.

  14. Ismarlina Mokodompit Juni 9, 2023 at 12:58 pm

    Setuju banget Mak, meski teh dan kopi udah jadi minuman populer yang bahkan nggak bisa ditinggalkan oleh sebagian orang, penting juga untuk tetap mengonsumsinya dengan bijak menyesuaikan kebutuhan dan batas toleransi tubuh masing-masing ~

  15. Dedew Juni 12, 2023 at 10:41 am

    Iya hits banget ya kedua minuman ini, bangga deh karena Indonesia termasuk penghasil kopi yang terbesar dan berkualitas tinggi, terkenal karena kenikmatannya ya..

  16. Rina Susanti Juni 12, 2023 at 4:00 pm

    Minuman favorit ini, tapi less gula , kalau gulanya kebanyakan suka ga enak after tastenya

  17. Nyipenengah Juni 12, 2023 at 6:44 pm

    Aku suka sekali kopi, terutama saat memulai aktivitas dan menyesap kopi tanpa gula dulu. Seharian bisa terasa semangat gitu. Bahkan mencium aromanya aja bisa berasa beda gitu

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • resep daging sapi panggang oven dengan kentang tumbuk

    Daging Sapi Panggang Oven dengan Kentang Tumbuk yang Lezat

  • Stigma rendah makan umbi-umbian di Indonesia

    Stigma Rendah Makan Singkong dan Ubi Jalar

  • manfaat kulit manggis sebagai pewarna alami

    Manfaat Kulit Manggis Sebagai Pewarna Alami

  • mengangin-anginkan sebuah cara menjaga kesegaran hasil panen

    Cara Menjaga Kesegaran Hasil Panen

  • Kebab ayam, sejarah dan budaya

    Kebab Ayam: Budaya dan Sejarah

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter