Peluang Ekspor Gula Aren dan Makanan Indonesia ke Jepang

Categories: Referensi Arenga Indonesia|Komentar Dinonaktifkan pada Peluang Ekspor Gula Aren dan Makanan Indonesia ke Jepang|
Peluang ekspor gula aren ke Jepang

Arenga IndonesiaPeluang ekspor gula aren ke Jepang – Indonesia merupakan negara yang kaya akan sektor pertanian. Hal ini menyebabkan Indonesia menjadi salah satu negara yang berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan dunia, salah satunya berkontribusi dalam penyediaan bahan baku makanan olahan. Salah satu produk pertanian Indonesia yang menjadi komoditas ekspor unggulan baru adalah Gula Aren.

Gula aren saat ini banyak dikonsumsi sebagai pemanis alami yang cukup aman bagi tubuh. Selain itu, kandungan yang terdapat pada gula aren memiliki peran penting untuk membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi tertentu. 

Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia sebagai salah satu negara yang berkontribusi dalam memproduksi Gula Aren untuk memenuhi kebutuhan dunia memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan kontribusi untuk menyeimbangkan pasokan bahan baku pembuatan pangan.

Peluang Ekspor Gula Aren dan Makanan Indonesia ke Jepang.

Saat ini, sudah banyak eksportir gula aren dan dan sudah melakukan mengekspor ke berbagai negara. Salah satunya adalah Jepang.

Peluang yang sangat besar saat ini bagi produk Gula Aren (Palm Sugar) di Jepang sudah tidak diragukan lagi. Kandungan kalorinya yang rendah dan dapat digunakan untuk membuat kue menjadikan Gula Aren asli sangat diminati.

Mr. Ryuji Nishi mengungkapkannya dalam sebuah seminar mengenai potensi produk makanan dari Indonesia di pasar Jepang. Dalam presentasinya, konsultan ini memberi masukan tentang produk yang diminati adalah gula aren organik, artinya tidak mengandung bahan kimia dan ditanam di lahan yang alami tanpa pupuk organik.

Diperlukan kesungguhan mencari mitra di Jepang dengan pengusaha yang memproduksi kue-kue khas Jepang, produsen gula pasta atau pemilik kedai kopi.

Barang contoh beserta harga jual di toko swalayan juga diperlihatkan dalam seminar tersebut. Dalam contoh yang diperlihatkan, harga Palm Sugar JPY 735/200 gram; Maple Sugar JPY 1000-2000/1 kg; Brown Sugar JPY 240/0,5 kg; Crystal Sugar JPY 160/0,5 kg; Gula Pasta JPY 500/0,5 kg. Negara pesaing untuk produk ini adalah Thailand yang menguasai pasar 49%, Australia 39%, Afrika Selatan 12%, namun belum pernah mengimpor dari Indonesia.

Baca juga:

Makanan Indonesia Untuk Pasar Jepang

Jagung Kriuk, salah satu produk makanan Indonesia yang juga dibahas dalam seminar peluang ekspor gula aren di pasar Jepang ini. Rasanya yang enak namun perlu diperbaharui model kemasannya agar terlihat lebih menarik. Isinya yang bervariasi dicampur dengan jenis kacang-kacangan lain, lebih disarankan, karena konsumen Jepang sangat menggemari makanan kecil seperti ini dengan berbagai rasa.

Pada saat yang bersamaan, diperlihatkan contoh produk dari Amerika dan China yang isinya bervariasi dan dibungkus rapi dan menarik dengan harga JPY 105/40 gram, JPY 400/400 gram dan JPY 50/30 gram.

Tanggapan Mr. Nishi terhadap produk Ikan Asin Indonesia sudah bagus dan penampilannya terlihat bersih. Rasanya enak dan agar lebih bernilai diharapkan sebelum pengepakan, ikan asin diletakkan dalam sebuah wadah plastik supaya tersusun rapi dan selanjutnya dibungkus. Lebih disarankan jika dikemas dalam tempat yang kedap udara dan sangat dianjurkan mencantumkan informasi cara pemakaian dan memasaknya. Diperlihatkan produk ikan asin dari Vietnam sebagai contoh dengan harga JPY 400/150 gram.

Baca juga:

Kemasan Teh Murbel disarankan agar diperbaharui. Penyimpanan kedalam aluminium foil pada setiap bungkus teh lebih terkesan rapi. Untuk menarik minat konsumen sebaiknya dicantumkan penjelasan tentang kandungan di dalam teh tersebut, khasiatnya dan cara pemakaiannya.

Saat ini Jepang tidak lagi menjual Teh Agaric dan Jamur Agaricus kering secara terbuka. Menurut penelitian, jamur tersebut dapat memicu kanker dan hipertensi. Jika konsumen membutuhkannya hanya dapat dicari dan dibeli melalui internet saja.

Jamur yang dapat mengganggu mulai dijauhi konsumen Jepang. Diperlukan upaya tangguh yang penuh tantangan dan memerlukan tenaga ahli khusus tentang jamur untuk dapat menerangkan kepada konsumen tentang manfaat dan kegunaan jamur serta tidak berbahaya jika dikonsumsi.(dn)

Sumber : NAFED

Demikian lah sedikit pengetahuan peluang ekspor gula aren ke Jepang. Semoga bermanfaat untuk teman-teman.

Follow IG Arenga Indonesia

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Fakta Menarik Udang Goreng yang Jarang Diketahui

    Ini Lah Fakta Menarik Udang Goreng yang Jarang Diketahui

  • Es jelly cincau gula aren cair

    Es Jelly Cincau Gula Aren, Minuman Segar untuk Segala Cuaca

  • tomat ceri simanis cantik yang kaya manfaat

    Tomat Ceri Si Mungil Manis dengan Segudang Manfaat

  • nasi timbel masakan khas Sunda

    Nasi Timbel Makanan Khas Sunda yang Bikin Nagih

  • Mengenal pretzel roti jerman

    Berkenalan Dengan Pretzel: Camilan Renyah dan Lembut Khas Jerman

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter