Peluang Usaha Sate, 4 Pilihan Sate yang Menjanjikan

Categories: Info|Komentar Dinonaktifkan pada Peluang Usaha Sate, 4 Pilihan Sate yang Menjanjikan|
Sate peluang usaha yang menjanjikan

ArengaIndonesia.Com – Terkadang dengan bumbu kacang, kecap dan gula merah yang menggoda. Irisan daging lembab, diberi bumbu tipis, ditusuk dan dipanggang hingga sempurna di atas bara api, sate adalah hidangan yang sulit ditolak. Ini lah salah satu hidangan paling terkenal di Indonesia. Terkadang tiap daerah punya ciri unik terkait dengan bumbu yang digunakan. Ini salah satu alasan mengapa pintu untuk peluang usaha sate selalu terbuka lebar.

 Sate adalah salah satu hidangan yang diklaim sebagian besar negara Asia Tenggara sebagai milik mereka. Namun secara historis, dapat ditelusuri kembali ke Jawa, ke para pedagang makanan jalanaan sekitar awal abad ke-19. Ketika itu banyak pendatang dari Arab, Muslim Tamil dan Gujarat dari India datang ke Indonesia untuk berdagang. Nah mereka lah yang membawa resep kebab yang oleh para pedagang makanan di Jawa berubah jadi sate seperti yang dikenal sekarang.

Dari jawa sate menjalar ke seluruh Nusantara. Sate mengalami banyak variasi didukung faktor alam, tempat tumbuh dan ketersediaan bahan baku. Disamping juga disebabkan budaya dari kelompok etnis yang beragam. Beragam latar belakang ini yang membuat sate bervariasi.  Umumnya perbedaannya terletak pada bumbu yang digunakan, saus pelengkapnya, dan bahkan cara menusuk dan membakar satenya .

Berikut adalah 4 jenis sate yang dapat dijadikan peluang usaha yang menjanjika.

1. Sate Maranggi

Sate Maranggi peluang usaha yang menjanjikan
Sate Maranggi

Sate maranggi, sekalipun ditemukan di Purwakarta, Cianjur dan sekitarnya, salah satu jenis sate yang punya peluang besar untuk usaha bisnis kuliner di mana saja. Satenya terbuat dari daging sapi. Karakternya unik. Sate daging umumnya disuguhkan dengan saus kacang atau saus kecap., tapi sate maranggi disuguhkan dengan sambal oncom dan uli bakar.

Meski nama nya sama-sama sate maranggi tapi Purwakarkarta dan Cianjut sedikit berbeda dalam menyajikan sate.

Di Cianjur sate maranggi disuguhkan dengan ketan uli dan sambal oncom. Di Purwakarta sate maranggi disajikan dengan kecap manis yang diberi potongan cabe dan tomat. Malah Admin pernah mendapatkan sajian yang ditambahkan daun singkong.

Rasa dagingnya sangat empuk dan moist atau lembab karena daging ditusuk oleh berselang-seling dengan lemak. Ketika dibakar lemak yang meleleh ini melembabkan sate dan membuat sate jadi kering sekaligus juga memberi rasa gurih. Nilai plus untuk dijadikan peluang usaha sate.

Sambal oncom beraroma wangi karena dicampur jahe dan kencur. Rasa sate maranggi sedikit pedas, tetapi sungguh pas ketika dinimati bersama bumbu dan dipadu dengan lontong.

Rasa sate maranggi versi Purwakarta tak kalah menggoda. Saus kecap manis yang meriah berpadu dengan kesegaran irisan tomat dan cabe rawit. Rasa segar ini menetralkan rasa sate yang gurih.

Baca juga:

2. Peluang Usaha Sate Ayam Madura

Peluang usaha sate ayam madura
Sate Ayam Madura

Sesuai namanya, sate ini berasal dari Madura. Tapi peluang usaha sate ini sangat menjanjikan karena cukup terkenal di luar Madura. Sebetulnya sate ayam Indonesia tak hanya dari Madura. Ada lagi jenis sate ayam lain yang berasal dari Blora, Cilacap, atau sate ayam khas Ponorogo. Tapi sate madura lah yang keluar sebagai juara favorit di berbagai kota di Indonesia.

Sate ayam madura sangat empuk. Terbuat dari daging ayam negeri dan dipotong ukuran kecil. Sebelum dibakar direndam dalam saus rendaman saus rendaman dengan cara digulingkan ke dalam saus kacang yang diberi kecap manis. Baru dibakar.

Setelah setengah matang, sate kembali digulingkan ke dalam saus rendaman. Lalu dibakar lagi sampai matang.

Ini lah rahasia sate ayam madura. Walau berbumbu sederhana namun tetap kaya rasa. Karena dibumbui berkali-kali hingga meresap ke dalam serat daging ayam.

Setelah matang, sate disuguhkan dengan saus kacang yang dicampur dengan kecap manis. Supaya terasa segar dilengkapi dengan air jeruk limau dan taburan bawang merah goreng. Sebagai teman makan sate di tambahkan irisan lontong, acar ketimun yang dicampur dengan wortel dan cabe rawit.

Baca juga:

3. Sate Kambing Salah Satu Jenis Sate yang Paling Disukai

Peluang usaha sate kambing
Sate kambing

Kalau ada sate yang kontroversial, sate kambing mungkin masuk salah satunya. Karena orang takut pada kolesterol yang terkandung dalam daging. Tapi tetap saja untuk usaha sate, kuliner ini tak pernah kekurangan peminat. Tapi tentu saja ini tetap peluang usaha sate yang menjanjikan karena sate kambing sangat populer di Indonesia.

Sate kambing terbuat dari potongan daging kambing yang ditusuk dengan tusukan sate. Sate kambing yang enak adalah yang empuk dan sate tidak berbau prengus atau bau khas daging kambing. Ciri khas lain sate kambing ada pada tusukan sate nya. Kalau sate ayam di tusuk pakai lidi, tusukan sate kambing berupa irisan bambu yang dibuat pipih berbentuk segitiga.

Bumbu rendaman sate sendiri tidak macam-macam, hanya berupa kecap dan air jeruk nipis. Tapi panduan yang sederhana ini justru menghasilkan rasa yang luar biasa karena aroma daging bakar memang paling pas dijodohkan dengan kecap manis.

Setelah matang, sate dihidangkan dengan kecap manis yang dicampur dengan irisan bawang merah cabai rawit merah dan irisan kol. Tentu saja jika diberi perasan air jeruk nipis . Tak lupa juga di taburkan merica diatasnya. Rata-rata pedas merica akan menetralkan lemak pada daging kambing.

Beberapa penjual sate kambing, juga menyediakan saus kacang sebagai pilihan kalau tidak suka saus kecap. Karena banyak pembeli yang telanjur mengidentifikasikan sate dengan saus kacang meski saus kecap sebetulnya lebih pas dijodohkan dengan sate kambing yang lebih gurih yang sudah gurih dan berlemak.

Sate kambing lebih nikmat dimakan dimakan panas panas karena selain daging kemah ada pula potongan lemaknya untuk membuat sate terasa lembut, lembap, dan gurih. Saat sate menjadi dingin, lemak akan terasa ngendal di lidah.

Sate kambing tak selalu disajikan dalam bentuk potongan daging. Ada juga sate kambing yang dibuat dari daging giling. Tentu dengan bumbu yang berbeda titik misalnya sate buntel dari solo atau sate mahtub dari Banten.

4. Sate Sapi Manis

Foto sate sapi manis
Sate Sapi Manis

Tidak seperti sate jenis lain yang disuguhkan dengan saus, sate sapi manis disajikan tanpa saus. Tapi karena rasa dagingnya sendiri sudah komplit, tanpa saus pun, rasa sate nya sudah sangat lezat.

Sate sapi manis sering juga dibuat dari cincangan daging supaya bumbunya lebih mudah merusak dan teksturnya tidak keras. Meskipun tidak keras, tekstur kasarnya tetap terasa karena dagingnya tidak di blender, tetapi digiling secara manual atau dicincang. Daging yang digiling atau dicincang itu lalu dibungkus kan di tusukan sate.

Ciri khas sate sapi manis, bukan hanya pada rasanya yang manis, tetapi juga pada aromanya. Aroma ini berasal dari campuran bumbu dan rempah. Paduan rasa merica dan ketumbar cukup menonjol yang membuat peluang usaha sate manis ini cukup menjanjikan.

Warna satenya cenderung gelap karena sate di campur dengan kecap manis dan gula aren dalam jumlah banyak. Kedua bahan ini pulalah yang membuat sate jadi terasa sangat manis

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

Artikel Terkait