Tanaman Sorgum dan Aneka Produknya

Published On: 16 Maret 2022|Categories: Info|0 Comments|
Mengenal tanaman sorgum dan manfaatnya

ArengaIndonesia.com – Sorgum (Sorghum spp.) adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Digadang-gadang sebagai tumbuhan ramah lingkungan karena menggunakan lebih sedikit sumber daya alam dalam produksinya. Ia pun masuk model tanaman berkelanjutan. Sorgum tinggi serat makanan dan memiliki rasa netral sehingga ideal untuk digunakan dalam berbagai jenis produk makanan bebas gluten. Aneka produk dari tanaman sorgum kita kenal dalam bentuk tepung, beras, bio etanol dan gula.

Sorgum kaya akan senyawa fenolik yang dapat menambah manfaat kesehatan yang tidak ditemukan pada buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian lainnya. 

Sorgum yang lebih gelap, khususnya, memiliki tingkat antioksidan yang tinggi. Mari mengenal tanaman sorgum dan manfaatnya sebagai salah satu sumber makanan kita.

Di dunia, tanaman sorgum diolah jadi banyak sumber bahan makanan, manusia dan hewan. Tumbuhan biji-bijian sereal yang sejarahnya lebih tua dari padi, umum tumbuh subur di seluruh wilayah 4 musim dan bahkan kering seperti di Afrika. Akarnya dapat ditelusuri kembali 5000 tahun dan merupakan tanaman sereal terpenting kelima di dunia

1. Tepung Sorgum

Tepung Sorgum yang digiling dair biji utuh

Tepung sorgum terbuat dari biji sorgum utuh yang digiling halus .  Berasal dari varietas Sorgum bicolor, biasanya juga disebut tepung jowar. Tepung sorgum memiliki rasa yang ringan, sedikit manis dan tekstur yang halus sehingga cocok untuk membuat brownies, cookies, muffin, waffle dan segala jenis makanan panggang lainnya.

Selain makanan yang dipanggang, tepung sorgum bekerja dengan baik sebagai breading untuk makanan yang digoreng, menghasilkan lapisan yang renyah dan beraroma.

Tekstur dan kepadatan tepung sorgum membuatnya sebanding dengan tepung terigu serbaguna. Salah satu sifat yang menarik adalah membantu mengikat kelembapan ke dalam adonan untuk menghasilkan gelembung CO2 saat membuat roti.  

Tepung sorgum berwarna krem ​​​​dengan konsistensi yang lembut dan agak menggumpal, tetapi menyatu dengan baik saat diaduk dengan tepung lainnya. 

Tepung sorgum adalah tepung bebas gluten, sangat baik digunakan untuk membuat kue dan makanan lain yang bebas gluten. Untuk keperluan ini kadang dikombinasikan dengan tepung bebas gluten lainnya.

Baca juga:

2. Beras Sorgum

Manfaat tanaman sorgum, berasnya kaya serat
Beras Sorgum kaya serat dan baik bagi pencernaan

Manfaat tanaman sorgum lainnya adalah ketika bijinya digunakan sebagai beras. Bagus menggantikan beras dari padi karenan kandungan nutrisi yang tinggi seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Karena tinggi kandungan serat, mengkonsumsi beras sorgum sekaligus menyehatkan pencernaan. Banyak yang percaya beras sorgum juga dapat mencegah kanker, mengendalikan diabetes dan mencegah penyakit celiac.

Biji-bijian sorgum dapat dimasak seperti nasi, quinoa atau biji-bijian utuh lainnya.  Beras sorgum bisa dimasak menggunakan kompor, slow cooker, oven, atau rice cooker. 

Cara Memasak Beras Sorgum

Tambahkan sorgum ke panci besar berisi air. Gunakan satu cangkir sorgum gandum utuh untuk tiga cangkir air. Didihkan, kecilkan api dan biarkan masak selama kurang lebih 40-55 menit atau sampai sorgum empuk. Tiriskan cairan yang tersisa dan sajikan. 

Cita rasa nasi sorgum bisa ditingkatkan seperti nasi uduk atau nasi kuning. Ganti air dengan santan, kaldu ayam, kaldu sayuran atau daging sapi. Tambahkan garam atau bumbu-bumbu lain yang diperlukan sesuai jenis menu yang diinginkan. Ini akan menambah variasi masakan beras sorgum agar tidak bosan. Disamping tentu saja juga bisa jadi lahan bisnis.

Kita juga juga bisa memilih merendam beras sorgum utuh semalaman, dan memasukannya sebagai campuran berbagai makanan. Fungsinya mirip dengan kacang kering rendaman yang bisa diaplikasikan ke berbagai menu masakan dan minuman.

Baca juga:

3. Tanaman Sorghum Bicolor

Sorgum Bicolor dikenal sebagai cantel atau gandrung, dan sorgum manis. Sebagai bahan pangan, cantel ini berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai.

foto tanaman sorgum bicolor
Tanaman Sorghum Bicolor

Sorgum [ Sorghum bicolor (L.) adalah bahan makanan pokok penting di Afrika, Asia Selatan dan Amerika Tengah. Ini terkait dengan lingkungan tumbuhnya yang hanya membutuhkan sedikit air, lebih kuat menahan perubahan iklim dibanding tumbuhan sereal lainnya.

Menjadi tanaman yang sangat serbaguna dan salah satu sereal yang paling tahan kekeringan, bisa tumbuh subur dengan curah hujan lebih sedikit dibanding kebutuhan padi dan jagung.

Tumbuhan Sorgum Bicolor

Sorgum ditanam dari biji. Di negara 4 musim biasanya pada musim semi. Karena lebih tahan beku daripada jagung, sorghum bicolor juga dapat ditanam hingga pertengahan musim panas. Benih dibenamkan dengan jarak 15 cm dalam baris dengan jarak 1 m dengan kedalaman sedalam 3-5 cm. Bila ditanam di musim panas dan tak hujan, penanam harus disiram agar benih berkecambah. Jauhkan dari gulma, terutama saat tanaman masih kecil.

Setelah dipanen, batangnya dapat digunakan untuk pakan ternak atau bahan bakar. Batang sorgum bicolor juga sebagai bahan baku pembuatan alkohol.

Sorgum rentan terhadap berbagai hama, termasuk burung dan di beberapa bagian Afrika parasit witchweed (Striga). Rotasi tanaman dan penyiangan awal dengan tangan membantu meningkatkan produksi. Musuh alami tumbuhan sorgum adalah Bollworm Amerika, kutu daun dan penggerek. Biasanya dikendalikan dengan pestisida. Setelah matang musuh alaminya adalah burung.

4. Gula Sorgum – Produk Pemanis dari Tanaman Sorgum

gula sorgum dihasilkan dari barang sorgum yang diperas seperti membuat gula tebu
Gula Sorgum

Sorgum bicolor atau sorgum manis mengandung jus kaya gula yang dapat dengan mudah dimanfaatkan untuk produksi pemanis dan bio energi seperti etanol dan bio fuel. Karena sebaguan besar jaringan jaringan tangkai bersi sel-sel cair yang mengandung gula. Berbeda dengan tanaman aren yang membutuhkan panas dan curah hujan, ini lah tanaman sorgum yang bisa sumber gula dari tanah gersang.

Metode tradisional untuk mengekstrak gula dari sorgum manis adalah dengan memeras batangnya melalui roller mill. Proses ini akan melepaskan jus yang kaya gula seperti proses ekstraksi tanaman tebu untuk membuat gula pasir. 

Setelah disaring, nira dari sorgum akan dikurangi kadar airnya, dan akhirnya jadi lah sorghum sugar yang bisa digunakan sebagai alternatif pengganti gula pasir. Penampilannya mirip dengan palm sugar dan brown sugar.

Produk Arenga Indonesia bisa di beli di Tokopedia

Kontak Arenga by WA 0819 3241 81909

Share artikel ini

Terima kasih sudah mampir. Silahkan tinggalkan kesan dan pesan teman-teman di bawah ya. Mencegah spam komentar teman-teman kami moderasi 🙂

Artikel Terbaru

  • Rolade-bayam-bagi-yang-kurang-suka-makan-sayur

    Rolade Bayam, Alternatif Untuk Anak-Anak yang Tak Suka Sayur

  • Gula-aren-cair-untuk-cafe

    Organic Palm Sugar, Sama kah Dengan Gula Aren Asli?

  • Optimalkan kinerja otak dengan herbal ini

    Optimalkan Kinerja Otak Dengan Herbal Ini

  • Sate peluang usaha yang menjanjikan

    Peluang Usaha Sate, 4 Pilihan Sate yang Menjanjikan

  • Mengenal tanaman sorgum dan manfaatnya

    Tanaman Sorgum dan Aneka Produknya

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • gula-aren-cair-1-liter-arenga

    Gula Aren Cair 1 Liter Arenga Untuk Kedai Kopi dan Minuman

Artikel Terkait