Jelajahi Aneka Jenis Tepung untuk Membuat Kreasi Kuliner Lezat

Categories: BAKING|Komentar Dinonaktifkan pada Jelajahi Aneka Jenis Tepung untuk Membuat Kreasi Kuliner Lezat|
Jelajahi Aneka Jenis Tepung untuk Membuat Kreasi Kuliner Lezat

Tepung adalah bahan yang sangat penting dalam pembuatan makanan. Tepung digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan roti, kue, dan makanan lainnya. Namun, tepung tidak sama. Jenis tepung yang tersedia di pasaran digunakan untuk kreasi makanan berbeda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa jenis tepung yang umum digunakan dalam memasak

1. Jenis Tepung Terigu

Jenis tepung terigu
Tepung Terigu

Ini lah jenis tepung paling umum digunakan dalam membuat roti, kue, mie, pastry, dan makanan lainnya. Terbuat dari gandum yang dicuci, dikeringkan, dan diayak untuk memisahkan endosperm dari kulit dan biji-biji lainnya.

Tepung terigu tersedia dalam berbagai jenis dan kelas, tergantung pada tingkat pemurnian dan kadar proteinnya. Kadar protein lebih rendah cocok untuk membuat kue dan pastry. Kadar protein lebih tinggi digunakan untuk membuat adonan yang perlu diuleni.

Selain digunakan untuk membuat roti dan kue, tepung terigu juga sering digunakan sabagai agen pengental dalam saus, sup, dan resep masakan lainnya.

Namun, karena tepung terigu mengandung gluten, orang yang memiliki sensitivitas atau alergi gluten perlu menghindari produk yang mengandung tepung terigu dan mencari alternatif tepung bebas gluten.

Baca dini tentang: Resep Poffertjes: Cara Mudah Membuat Kue Tradisional Belanda yang Lezat

2. Tepung Gandum

Berbeda dengan jenis tepung terigu yang terbuat hanya dari daging (endosperm) gandum, tepung gandum terbuat dari biji gandum utuh.

Karena proses pembuatan ini lah, tepung gandum dianggap lebih sehat. Mengandung seluruh bagian gandum, jadinya lebih banyak serat dan nutrisi dari pada tepung terigu biasa. Makanan berserat tinggi lebih sehat untuk pencernaan. Artinya bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Baca di sini tentang: Beragam kegunaan gula Aren Cair

3. Ragam Tepung Jagung

Foto tepung jagung
Tepung Jagung

Tepung jagung terbuat dari biji jagung kering kemudian ditepung halus. Sering digunakan sebagai bahan pengganti tepung terigu.

Banyak kegunaan jenis tepung ini. Sebagai agen pengental untuk saus dan sup. Banyak juga digunakan sebagai bahan dasar kue dan roti, terutama dalam resep kue dan roti tanpa gluten (gluten free).

Tepung Maizena terbuat dari tepung jagung. Begitu pun digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan tortilla, keripik jagung, bubur jagung, arepa ( roti datar dari Amerika Latin) dan masih banyak lainnya.

Nilai nutrisinya juga baik. Mengandung karbohidrat kompleks dan serat makanan, vitamin B kompleks, vitamin E, dan mineral seperti fosfor dan magnesium.

Karena tidak mengandung gluten, adonan dari tepung jagung tidak elastis, tidak mengembang sebaik kalau menggunakan tepung terigu. Makanya adonan yang menggunakan tepung jagung perlu sedikit keahlian agar dapat tekstur yang diinginkan.

Baca di sini tentang: Homemade Cookies Tepung Mocaf, Biscuit Bebas Gluten

4. Ragam Tepung Beras

Tepung beras
Tepung Beras

Tepung beras terbuat dari beras yang dihaluskan. Di Indonesia banyak sekali jenis makanan yang menggunakan tepung ini. Dari bahan dasar aneka kue tradisional sampai ke kue, roti, dan bihun. Bisa juga digunakan sebagai agen pengental hidangan sup atau saus.

Salah satu kelebihan tepung beras dari tepung terigu adalah rendahnya kandungan gluten. Jadi makanan yang terbuat dari tepung beras lebih mudah dicerna oleh seorang bermasalah dengan pencernaan atau intoleransi gluten.

Kekurangan kandungan protein lebih rendah dari tepung terigu lainnya adalah makanan yang terbuat dari tepung beras cenderung lebih rapuh dan mudah hancur.

Tepung beras mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan beberapa vitamin dan mineral seperti thiamin, niacin, folat, dan zat besi.

Baca di sini tentang: Wajik Bungkus Kulit Jagung – Lengket, Manis, Gurih

5. Jenis Tepung Ketan

Tepung ketan terbuat beras ketan atau glutinous rice. Berbeda dengan tepung beras, tepung ketan mengandung lebih banyak amilopektin dan sedikit amilosa, sehingga hasil masakan lebih lengket dan kenyal saat dikunyah.

Di Indonesia tepung ketan digunakan dalam pembuatan kue tradisional. Sebut saja onde-onde, klepon, kue lumpur, lopis dan sebagainya. Untuk memberi tekstur yang kenayal, kehadirannya juga terlihat kue modern seperti cake atau brownies.

Sekalipun lebih mudah dicerna karena rendah gluten, karena sifat lengket dan kenyalnya , makanan yang terbuat dari tepung ketan lebih sulit diolah. Terutama bila dibandingkan dengan makanan yang terbuat dari tepung terigu.

Baca di sini tentang: Kombinasi Manis Gula Aren dan Kopi Espresso dalam Palm Sugar Latte

6. Jenis Tepung Kacang-Kacangan

Tepung kacang-kacangan terbuat dari kacang merah, kacang hijau, kedelai, atau kacang tanah. Bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu. Selain untuk membuat makanan yang bebas gluten , tepung kacang-kacangan bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan makanan vegetarian dan vegan.

Kaya akan serat, protein, vitamin, dan mineral. Jadi mereka dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mempromosikan kesehatan tulang dan jantung.

Tapi harap diwaspadai bagi mereka yang alergi terhadap kacang-kacangan tertentu. Selalu periksa label dan pastikan bahwa tepung tidak mengandung kacang yang menyebabkan alergi pada diri Sobat Arenga.

Baca di sini tentang: 5 Jenis Bumbu Dapur dari Buah – Bikin Tambah Semangat Makan

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis tepung yang umum digunakan dalam memasak. Setiap jenis tepung memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Sebagai seorang pengguna, kita harus memahami jenis tepung yang tepat untuk digunakan dalam setiap resep yang akan dibuat.

Arenga Indonesia, produsen gula aren di Tanggerang

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Coffee wine, cita rasa unik dari kopi fermentasi

    Kopi Wine: Cita Rasa Unik Dari Kopi Fermentasi

  • Pewarna makanan sintetis aman atau bahaya?

    Pewarna Makanan Sintetis Aman atau Bahaya?

  • Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

    Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

  • Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

    Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

  • Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

    Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter