Fusion Food Indonesia – Pecah di Lidah!

Categories: Kuliner Indonesia|Komentar Dinonaktifkan pada Fusion Food Indonesia – Pecah di Lidah!|
Sate taichan salah satu jenis fusion food indonesia

ARENGAINDONESIA.com – Indonesia pernah didatangi Portugis, Spanyol, Belanda dan Jepang. Belum lagi ketika era perburuan rempah sedang jaya-jayanya, berbagai bangsa pedagang tiba di Kepulauan Nusantara. Selain Eropa, sebut saja Arab dan India. Mereka semua membawa tradisi dan budaya makan dari negeri asal mereka. Seiring waktu tradisi makan itu berkelindan dengan kuliner nusantara yang sekarang bisa kita juluki sebagai, salah satunya, fusion food Indonesia.

Iya rempah telah membuat Kepulauan Nusantara yang sebagian sekarang jadi Negara Kesatuan Republik Indonesia, terbuka terhadap segala jenis makanan. Bahkan hingga saat ini jejak makanan Portugis masih tersisa di Maluku, Kepulauan yang mereka datangi pertama kali, yang salah satunya adalah semacam gulai ikan yang diberi perasan eruk. Di Betawi mereka meninggalkan jejak “gadu” yang kita ambil alih sebagai “gado-gado”

Jadi mencampur adukan berbagai menu dari seluruh pojokan dunia adalah keahlian kita. Membuat dapur Indonesia terbuka lebar terhadap ide baru, engeksplor rasa, alah satunya kita sebut sebagai fusion food Indonesia itu.

Sekilas Tentang Fushion Food

Burger rendang salah satu fusion food indonesia
Burger Rendang. Enak, lezat pecah di mulut!

Jadi apa itu fusion food?

Fusion food atau makanan fusi adalah jenis makanan yang menggabungkan elemen atau teknik memasak dari dua atau lebih budaya atau negara. Inspirasi penggabungan untuk menciptakan rasa dan presentasi baru.

Contoh fusion food yang populer adalah sushi roll. Selain bahan-bahan tradisional Jepang mereka menambahkan bahan lain seperti krim keju, alpukat, dan daging panggang. Dari Indonesia adalah Burger Rendang. Menggabungkan makanan Amerika roti burger dengan Makakanan Etnis Minangkabau, rendang.

Di lain tempat, fusion food juga menggabungkan teknik memasak dari budaya yang berbeda. Misalnya memadukan teknik memasak Jepang dengan teknik memasak Prancis. Dari sana lahir lah hidangan yang baru yang menggugah selera pengemarnya. Contohnya Japanese-style Ratatouille , hidangan sayuran Prancis disajikan dengan cara Jepang dengan tambahan dashi dan mirin.

Baca juga:

6 Contoh Makanan dari Fusion Food Indonesia yang Akan Bikin Kamu Terkesima

Makanan indonesia yang lahir dari berbagai teknik memasak dan memadukan bahan dari berbagai negara atau budaya
Ayam goreng, Kari dan Pisang Goreng

Sebagai negara terbuka, Indonesia tak kalalah meriah fussion food-nya. Menggabungkan masakan tradisional dengan masakan asing. Berikut 6 contoh fusion food di Indonesia:

  1. Sate Taichan – Kalau lah ada fusion food yang diterima secara luas di Indonesia, itu adalah sate taichan. Terinspirasi dari masakan Taiwan menggunakan daging ayam. Seperti sate ayam umumnya tapi tidak dileletkan kecap dan bumbu kacang. Penampilan sate taichan bersih, disajikan dengan bumbu pedas khas Taiwan dan sambal.
  2. Martabak Pizza – Biasanya kita kenal kalau gak martabak manis atau martabak telor ya. Sekarang adalah martabak yang diisi dengan topping keju terus ditambahkan saus tomat, dan pepperoni.
  3. Gado-gado Salad – Salad yang terinspirasi dari gado-gado, yaitu masakan tradisional Indonesia yang terdiri dari sayuran dan bumbu kacang. Gado-gado salad biasanya disajikan dengan sayuran seperti selada, kacang panjang, tomat, dan ketimun dengan saus kacang.
  4. Rendang Burger – Burger yang diisi dengan daging rendang, saus sambal, dan sayuran segar seperti tomat dan selada. Rendang burger merupakan perpaduan antara citarasa tradisional Indonesia dengan masakan barat populer.
  5. Nasi Goreng Spaghetti – Nasi goreng yang dicampur dengan spaghetti, saus tomat, keju, dan sayuran seperti paprika dan jagung. Nasi goreng spaghetti merupakan contoh dari fusion food yang menggabungkan masakan Indonesia dengan masakan Italia.
  6. Sushi Tempe – Sushi yang diisi dengan oseng di dalamnya. Sushi tempe merupakan contoh dari fusion food yang menggabungkan cita rasa Jepang dengan bahan-bahan tradisional Indonesia.

Fusion food dapat menjadi sumber inovasi dan kreativitas dalam industri kuliner. Jadi sumber inspirasi bagi yang ingin mengotak-atik rasa dan penampilan. Bagus untuk perkembangan industri kuliner. Hanya saja, kadang juga menimbulkan kontroversi juga. Karena mengubah cita rasa dari masakan tradisional menjadi tidak jelas 🙂

Arenga Indonesia. Supplier gula aren cair dan bubuk di Tangerang

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Coffee wine, cita rasa unik dari kopi fermentasi

    Kopi Wine: Cita Rasa Unik Dari Kopi Fermentasi

  • Pewarna makanan sintetis aman atau bahaya?

    Pewarna Makanan Sintetis Aman atau Bahaya?

  • Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

    Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

  • Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

    Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

  • Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

    Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter