Perbedaan Gado-Gado dan Pecel

Categories: Referensi Arenga Indonesia|Komentar Dinonaktifkan pada Perbedaan Gado-Gado dan Pecel|
Beda gado-gado dan pecel

Di Indonesia banyak sekali makanan yang kontennya mirip tapi diberi nama berbeda. Seperti karedok dan lotek, yang sama-sama berbahan sayur dengan kuah kacang. Tak ketinggalan gado-gado dan pecel. Nah sebenarnya apa sih perbedaan antara gado-gado dan pecel?

Yah kedua jenis makanan ini sama-sama enak rasanya karena penggunaan bumbu kacang yang memberikan rasa gurih, manis dari gula merah, dan pedas dari cabe rawit atau cabe merah biasa.

Bumbu kacang pada kedua hidangan ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti kacang tanah, bawang putih, gula merah, garam, air asam jawa, dan cabe rawit yang dihaluskan dan dicampur dengan air hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.

Gado-gado dan pecel adalah dua jenis hidangan khas Indonesia yang menggunakan bumbu kacang sebagai saus. Meskipun keduanya menggunakan bahan-bahan yang serupa, namun ada perbedaan dalam bahan dasar, cara membuat, dan bumbu kacang yang digunakan.

1. Bahan Dasar

Gado-gado biasanya terbuat dari campuran sayuran segar seperti kubis, kacang panjang, tauge, mentimun, kentang, bayam, kangkung, tahu, tempe, dan telur rebus. Bahan-bahan ini di rebus terlebih kemudian diaduk dengan bumbu kacang yang digiling bersama gula merah sesaat sebelum dihidangkan. Terakhir di atasnya diberi bawang goreng.

Sementara itu, pecel lebih terfokus pada bahan-bahan pokok sayuran hijau, seperti kacang panjang, daun singkong, dan kangkung, serta ditambahkan juga dengan bahan pelengkap seperti kerupuk gendar.

2. Cara Membuat

Untuk membuat gado-gado, semua bahan yang sudah dipilih harus dicuci bersih terlebih dahulu. Kemudian sayuran dicacah, direbus dan ditata dalam sebuah wadah besar.

Setelah bumbu kacang digiling atau dihaluskan, sedikit dari semua sayuran, tahu dan tempe goreng diaduk dengan bumbu kacang di atas cobek. Lalu dipindahkan ke piring, ditambahkan bawang goreng serta telur rebus.

Sementara itu, untuk membuat pecel, sama seperti bahan gado-gado, semua sayuran dipotong, dicuci bersih dan direbus terlebih dahulu. Sayuran kemudian ditata di piring atau pincuk (piring segit tiga dari daun pisang) lalu disiram dengan kuah kacang di atasnya.

Sama dengan gado-gado, pecel juga bisa disajikan dengan nasi dan lauk yang berbeda-beda tergantung selera.

3. Perbedaan Bumbu Kacang Pada Gado-Gado dan Pecel

Pecel. Dari penampilan langsung kelihatan perbedaan gado-gado dan pecel
Pecel. Dari penampilan langsung kelihatan perbedaan gado-gado dan pecel

Bumbu kacang untuk gado-gado dan pecel memang memiliki kesamaan, namun tetap ada sedikit perbedaan. Bumbu kacang untuk gado-gado umumnya lebih kental karena ditambahkan kentang rebus. Selain bumbu kacang juga dihaluskan pada saat gado-gado hendak disajikan. Jadi rasanya sedikit lebih kaya dibandingkan dengan pecel.

Bumbu kacang untuk pecel biasanya lebih encer dengan gilingan kacang lebih kasar. Bumbu kacangnya sudah dibuat terlebih dahulu. Jadi begitu pecel akan disajikan, bumbu kacangnya langsung di tuang saja. Pecel biasanya juga tidak ditambahkan bawang goreng, hanya kerupuk gendar.

Namun, keduanya, baik gado-gado atau pecel secara umum menggunakan bahan-bahan yang sama. Seperti kacang tanah, bawang putih, terasi, gula merah, garam, air asam jawa, dan cabe rawit. Bumbu kacang ini kemudian dihaluskan dan dicampur dengan air hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.

Demikianlah perbedaan antara gado-gado dan pecel. Meskipun keduanya memiliki bahan dasar dan bumbu yang serupa, namun perbedaan dalam komposisi bahan dan cara penyajian memberikan rasa yang berbeda pula.

Arenga Indonesia, produsen gula aren organik di Tangerang.

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

  • Kuliner Indonesia yang diadopsi dari kuliner Belanda

    Makanan Indonesia yang Diadopsi Dari Makanan Belanda

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar