Tanaman Sorgum dan Aneka Produknya

Mengenal tanaman sorgum dan manfaatnya

ArengaIndonesia.com – Sorgum (Sorghum spp.) adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Digadang-gadang sebagai tumbuhan ramah lingkungan karena menggunakan lebih sedikit sumber daya alam dalam produksinya. Ia pun masuk model tanaman berkelanjutan. Sorgum tinggi serat makanan dan memiliki rasa netral sehingga ideal untuk digunakan dalam berbagai jenis produk makanan bebas gluten. Aneka produk dari tanaman sorgum kita kenal dalam bentuk tepung, beras, bio etanol dan gula.

Sorgum kaya akan senyawa fenolik yang dapat menambah manfaat kesehatan yang tidak ditemukan pada buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian lainnya. 

Sorgum yang lebih gelap, khususnya, memiliki tingkat antioksidan yang tinggi. Mari mengenal tanaman sorgum dan manfaatnya sebagai salah satu sumber makanan kita.

Di dunia, tanaman sorgum diolah jadi banyak sumber bahan makanan, manusia dan hewan. Tumbuhan biji-bijian sereal yang sejarahnya lebih tua dari padi, umum tumbuh subur di seluruh wilayah 4 musim dan bahkan kering seperti di Afrika. 

Akarnya dapat ditelusuri kembali 5000 tahun dan merupakan tanaman sereal yang juga dibuat tepung terpenting kelima di dunia.

1. Tepung Sorgum

Tepung Sorgum yang digiling dair biji utuh

Tepung sorgum terbuat dari biji sorgum utuh yang digiling halus .  Berasal dari varietas Sorgum bicolor, biasanya juga disebut tepung jowar. Tepung sorgum memiliki rasa yang ringan, sedikit manis dan tekstur yang halus sehingga cocok untuk membuat brownies, cookies, muffin, waffle dan segala jenis makanan panggang lainnya.

Selain makanan yang dipanggang, tepung sorgum bekerja dengan baik sebagai breading untuk makanan yang digoreng, menghasilkan lapisan yang renyah dan beraroma.

Tekstur dan kepadatan tepung sorgum membuatnya sebanding dengan tepung terigu serbaguna. Salah satu sifat yang menarik adalah membantu mengikat kelembapan ke dalam adonan untuk menghasilkan gelembung CO2 saat membuat roti.  

Tepung sorgum berwarna krem ​​​​dengan konsistensi yang lembut dan agak menggumpal, tetapi menyatu dengan baik saat diaduk dengan tepung lainnya. 

Tepung sorgum adalah tepung bebas gluten, sangat baik digunakan untuk membuat kue dan makanan lain yang bebas gluten. Untuk keperluan ini kadang dikombinasikan dengan tepung bebas gluten lainnya.

Baca juga:

2. Beras Sorgum

Manfaat tanaman sorgum, berasnya kaya serat
Beras Sorgum kaya serat dan baik bagi pencernaan

Manfaat tanaman sorgum lainnya adalah ketika bijinya digunakan sebagai beras. Bagus menggantikan beras dari padi karenan kandungan nutrisi yang tinggi seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Karena tinggi kandungan serat, mengkonsumsi beras sorgum sekaligus menyehatkan pencernaan. Banyak yang percaya beras sorgum juga dapat mencegah kanker, mengendalikan diabetes dan mencegah penyakit celiac.

Biji-bijian sorgum dapat dimasak seperti nasi, quinoa atau biji-bijian utuh lainnya.  Beras sorgum bisa dimasak menggunakan kompor, slow cooker, oven, atau rice cooker. 

Cara Memasak Beras Sorgum

Tambahkan sorgum ke panci besar berisi air. Gunakan satu cangkir sorgum gandum utuh untuk tiga cangkir air. Didihkan, kecilkan api dan biarkan masak selama kurang lebih 40-55 menit atau sampai sorgum empuk. Tiriskan cairan yang tersisa dan sajikan. 

Cita rasa nasi sorgum bisa ditingkatkan seperti nasi uduk atau nasi kuning. Ganti air dengan santan, kaldu ayam, kaldu sayuran atau daging sapi. Tambahkan garam atau bumbu-bumbu lain yang diperlukan sesuai jenis menu yang diinginkan. Ini akan menambah variasi masakan beras sorgum agar tidak bosan. Disamping tentu saja juga bisa jadi lahan bisnis.

Kita juga juga bisa memilih merendam beras sorgum utuh semalaman, dan memasukannya sebagai campuran berbagai makanan. Fungsinya mirip dengan kacang kering rendaman yang bisa diaplikasikan ke berbagai menu masakan dan minuman.

Baca juga:

3. Tanaman Sorghum Bicolor

Sorgum Bicolor dikenal sebagai cantel atau gandrung, dan sorgum manis. Sebagai bahan pangan, cantel ini berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai.

foto tanaman sorgum bicolor
Tanaman Sorghum Bicolor

Sorgum [ Sorghum bicolor (L.) adalah bahan makanan pokok penting di Afrika, Asia Selatan dan Amerika Tengah. Ini terkait dengan lingkungan tumbuhnya yang hanya membutuhkan sedikit air, lebih kuat menahan perubahan iklim dibanding tumbuhan sereal lainnya.

Menjadi tanaman yang sangat serbaguna dan salah satu sereal yang paling tahan kekeringan, bisa tumbuh subur dengan curah hujan lebih sedikit dibanding kebutuhan padi dan jagung.

Tumbuhan Sorgum Bicolor

Sorgum ditanam dari biji. Di negara 4 musim biasanya pada musim semi. Karena lebih tahan beku daripada jagung, sorghum bicolor juga dapat ditanam hingga pertengahan musim panas. Benih dibenamkan dengan jarak 15 cm dalam baris dengan jarak 1 m dengan kedalaman sedalam 3-5 cm. Bila ditanam di musim panas dan tak hujan, penanam harus disiram agar benih berkecambah. Jauhkan dari gulma, terutama saat tanaman masih kecil.

Setelah dipanen, batangnya dapat digunakan untuk pakan ternak atau bahan bakar. Batang sorgum bicolor juga sebagai bahan baku pembuatan alkohol.

Sorgum rentan terhadap berbagai hama, termasuk burung dan di beberapa bagian Afrika parasit witchweed (Striga). Rotasi tanaman dan penyiangan awal dengan tangan membantu meningkatkan produksi. Musuh alami tumbuhan sorgum adalah Bollworm Amerika, kutu daun dan penggerek. Biasanya dikendalikan dengan pestisida. Setelah matang musuh alaminya adalah burung.

4. Gula Sorgum – Produk Pemanis dari Tanaman Sorgum

gula sorgum dihasilkan dari barang sorgum yang diperas seperti membuat gula tebu
Gula Sorgum

Sorgum bicolor atau sorgum manis mengandung jus kaya gula yang dapat dengan mudah dimanfaatkan untuk produksi pemanis dan bio energi seperti etanol dan bio fuel. Karena sebaguan besar jaringan jaringan tangkai bersi sel-sel cair yang mengandung gula. Berbeda dengan tanaman aren yang membutuhkan panas dan curah hujan, ini lah tanaman sorgum yang bisa sumber gula dari tanah gersang.

Metode tradisional untuk mengekstrak gula dari sorgum manis adalah dengan memeras batangnya melalui roller mill. Proses ini akan melepaskan jus yang kaya gula seperti proses ekstraksi tanaman tebu untuk membuat gula pasir. 

Setelah disaring, nira dari sorgum akan dikurangi kadar airnya, dan akhirnya jadi lah sorghum sugar yang bisa digunakan sebagai alternatif pengganti gula pasir. Penampilannya mirip dengan palm sugar dan brown sugar.

Produk Arenga Indonesia bisa di beli di Tokopedia

Kontak Arenga by WA 0819 3241 81909

Makanan Apa Saja yang Terbuat dari Tepung Sorgum?

Sorgum adalah jenis biji-bijian yang tepungnya dapat digunakan untuk membuat berbagai macam makanan dan minuman. Beberapa contoh makanan yang terbuat dari sorgum antara lain:

  1. Roti: Sorgum dapat digunakan sebagai bahan pengganti tepung terigu dalam pembuatan roti. Roti yang terbuat dari sorgum biasanya lebih padat dan memiliki rasa yang lebih kaya.
  2. Biskuit: Sorgum juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan biskuit. Biskuit yang terbuat dari sorgum biasanya lebih renyah dan gurih.
  3. Cereal: Sorgum juga bisa diolah menjadi sereal yang sehat dan bergizi tinggi. Sereal sorgum bisa dijadikan sarapan yang sehat dan memberikan energi yang tahan lama.
  4. Makanan ringan: Sorgum dapat dijadikan bahan untuk membuat camilan sehat seperti keripik, kacang-kacangan panggang, atau popcorn.
  5. Bir: Sorgum juga bisa dijadikan bahan pembuatan bir, terutama di Afrika dan Amerika Serikat. Bir yang terbuat dari sorgum biasanya lebih ringan dan beraroma kacang.
  6. Minuman tradisional: Beberapa daerah di Afrika juga membuat minuman tradisional dari sorgum yang disebut dengan nama “bushera” atau “togwa”. Minuman ini biasanya mengandung sedikit alkohol dan dianggap sehat untuk pencernaan.

Itulah beberapa contoh makanan yang terbuat dari sorgum. Sorgum bisa menjadi pilihan yang baik untuk Sobat Arenga yang ingin mencoba makanan sehat dan bergizi tinggi.

Arenga Indonesia. Pabrik gula aren di Tangerang – Banten

Share artikel ini

21 Comments

  1. nurulrahma Juni 13, 2022 at 9:03 am

    Sorgum ini lagi happening alias naik daun banget ya mbaaa
    apalagi buat yg ada keluhan diabetes, udah paling bener dah klo rutin konsumsi aneka produk pangan dari bahan sorgum.
    lebih sehaaatt

  2. Dzulkhulaifah Juni 13, 2022 at 9:37 am

    Baru tahu tentang tanaman Sorgum yang ternyata selain jadi tepung bisa juga jadi beras dan gula. Menarik banget beras Sorgum ternyata kaya serat dan baik untuk pencernaan.

  3. Andiyani Achmad Juni 14, 2022 at 1:33 pm

    ternyata banyak juga produk yang bisa dihasilkan dari tanaman sorgum, bahkan bisa jadi beras juga. wah menarik

  4. Lidhamaul Juni 14, 2022 at 2:32 pm

    Waw sorgum. Saya belum kesampaian nih cobain sorgum. Abis baca ini, jadi tahu kalau sorgum ada produk gulanya.
    Pertama kali dengar sorgum waktu nonton si bolang. Ternyata sorgum ini menjadi bahan makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia. Sayangnya, namanya kurang kesohor dibanding makanan pokok lain. Semoga sih tidak bergeser dari lahan pembudidayaan.

  5. Dian Restu Agustina Juni 14, 2022 at 5:35 pm

    Yang saya ingat Sorgum bicolor di kampung saya memang disebut cantel. Dulu ini dijadikan bubur. Ada yang jual, tapi saya enggak tahu bentuk tanaman atau bijinya seperti apa. Baru paham kalau bisa jadi produk pemanis juga. Iya ya mirip sekali dengan palm sugar dan brown sugar

  6. Bibi Titi Teliti Juni 14, 2022 at 8:39 pm

    Baru tahu nih tentang tanaman sorgum yang ternyata banyak banget manfaatnya yah dan dapat dipergunakan dalam berbagai macam makanan

    Tapi aku sendiri sepertinya sih belon pernah nyobain deh mbak, penasaran pengen nyicipin deh

  7. Lintang Juni 14, 2022 at 9:23 pm

    Baru tahu nih gula sorgum, Proses ekstraksinya menggunakan roller mill yah. Kalo palm sugar atau brown sugar udah sering tahu tapo kalo gula sorgum nih baru denger hehee.

  8. Jiah Al Jafara Juni 14, 2022 at 9:33 pm

    Aku tahu Sorgum ini kapan hari waktu ikut webinar. Penasaran juga gimana rasanya apalagi bisa dimanfaatin buat produksi pemanis dan bio energi. Kalau dilihat sekilas tuh kaya brondong jagung ya

  9. Katerina Juni 15, 2022 at 8:34 am

    Jadi ingat waktu datang ke acara Food Market Hub di Almond Zucchini, di booth Timurasa ada sorgum beras dan gula, aku hampir beli waktu itu, tapi akhirnya aku malah belanja gula semut aren Arenga punya 😀

    Aku sekarang semakin banyak menggunakan produk yang aman dan baik buat kesehatan, salah satunya seperti yang dibahas oleh mamin di sini, soal sorgum.

  10. Gusti yeni Juni 15, 2022 at 2:38 pm

    Baru tau akan manfaat sorgum, mulai dari beras sampai gula sorgum.
    Sorgum ini produk pangan selain padi, dan ternyata manfaatnya bagus buat tubuh.

    Penasaran pengen mencoba berasnya.

  11. Hidayah Sulistyowati Juni 15, 2022 at 2:52 pm

    Aku kira sorgum itu nama lain cantel atau kantel, agak lengket kalo udah matang. Ternyata bukan ya? Taamannya mirip sih dengan cantel. Di perumahan kami dulu saat masih banyak tanah kosong, ada tanaman ini. Aku jadi penasaran hasil produk tepung sorgum rasanya seperti gimana, mba

  12. lendyagassi Juni 15, 2022 at 6:08 pm

    Rasa manis dari sorgum sampai bisa dijadikan pemanis yaah..
    Aku pikir tidak lebih manis dari padi.

    Konsumsi sorgum sebagai menu karbo bikin badan semakin sehat, karena kaya akan serat.
    Pencernaan sehat, hari pun jadi penuh kebahagiaan.

  13. Momtraveler Juni 15, 2022 at 8:12 pm

    Aku baru tau sorgum bisa dibuat gula mbak. Ternyata macam2 ya produk yg bisa dihasilkan dari sorgum. Penasaran juga sama beras sorgum seratnya pasti lebih tinggi dr padi

  14. Eni Martini Juni 15, 2022 at 8:48 pm

    Wah, aku baru tahu sorgum ini, kudet banget ya. Padahal ada tanteku dan juga sepupu yang sudah kena diabetes. Aku mau coba deh sounding ke mereka, makasih ya Kak infonya

  15. Efi Fitriyyah Juni 15, 2022 at 9:09 pm

    Biasanya aku familiar sama tepung beras biasa (nulis komen ini jadi terngiang-ngiang iklan yang jinglenya familiar itu hihihi). Ga kepikiran adanya tepung beras bebas gluten. Taunya tepung terigu bebeas gluten. Jadi tau sama keberadaan sorgum ini. Urusan makanan aku taunya beres, tinggal makan atau masak yang gampang dan cepet aja 🙂

  16. Lidya Juni 15, 2022 at 9:19 pm

    Aku awalnya gak tau sorgum loh Arenga, tapi di suatu acara yang menampilkan bahan panganan lokal & dikasih camilan yang terbuat dari sorgum ternyata enak juga

  17. echaimutenan Juni 15, 2022 at 10:18 pm

    sorgum ini emang banget ad abanyak manfaatnya Kak. Aku di sini kalau mau bikin makanan kadang ada yang kudu pakai sorgum biar nikmat. Katanya lebih baik dibanding gula biasa yang modelan manisssssss banget, buat yang suka diet tepung sorgum juga cocok dimaem ya, bebas gluten

  18. Andy Hardiyanti Juni 15, 2022 at 11:03 pm

    Masya Allah, aneka produk bisa dihasilkan dari tanaman bernama Sorgum ini ya. Bijinya terlihat putih kecoklatan dan bersih, seperti kedelai putih. Jadi penasaran deh gimana kalau sorgum ini dimasak kayak nasi. Eh tapi kalau-kalau anak saya sih, kayaknya bakal doyan menyantap sorgum sebagai sereal untuk menu sarapan.

  19. Damar Aisyah Juni 16, 2022 at 4:51 am

    Ternyata Sorgum bisa dibuat jadi gula juga ya, hal baru nih buat saya. Kalau tepung Sorgum sudah sering konsumsi, kalau gula masih awam, saya membayangkan hampir seperti pembuatan gula gandum tapi biasanya untuk gulali kalau gula gandum.

  20. Helena Juni 16, 2022 at 11:05 pm

    wah ilmu baru buatku, ada tepung, beras, sampai gula.
    aku pernah makan quinoa. Sebelum makan, ku lihatin lama sambil mikir ini apa. LOL
    jadinya malah googling dulu. Rasanya plain tapi acceptable.

  21. Nia Haryanto Juni 18, 2022 at 10:32 am

    Alm. bapak dulu sering konsumsi sorgum. Dulu sih disarankan karena lebih ramah katanya buat penderita diabetes. Dikonsumsinya dengan dibuat nasi gitu. Walopun tetep, dengan jumlah yang sangat dibatasi. Aku baru tahu kalo sorgum ada gulanya juga. Mirip dengan gula aren ya. Jadi penasaran.

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Coffee wine, cita rasa unik dari kopi fermentasi

    Kopi Wine: Cita Rasa Unik Dari Kopi Fermentasi

  • Pewarna makanan sintetis aman atau bahaya?

    Pewarna Makanan Sintetis Aman atau Bahaya?

  • Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

    Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

  • Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

    Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

  • Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

    Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter