Empat Manfaat Putih Telur yang Tidak disangka-sangka – Siapa di sini kalau makan telur rebus, putihnya dibuang? Atau sebaliknya? Yang jelas banyak sekali manfat dari cairan bening kental yang mengelilingi kuning telur yang berwarna kuning cerah ini. Putih telur bermanfaat dalam membuat kue lezat, untuk mempercantik wajah, dan bahkan sebagai sumber energi bersih bebas karbon.

Sejatinya fungsi putih telur bermanfaat saat telur dibuahi. Bertindak sebagai lapisan pelindung bagi embriyo  ayam yang sedang tumbuh dari bakteri berbahaya. Sekaligus sebagai sumber nutrisi untuk pertumbuhan mereka.

1. Mempercantik dan melezatkan Hidangan

Putih telur mengandung protein tinggi, sifatnya cepat kering. Kue nastar atau biskuit jahe yang dioles putih telur akan terlihat tambah cantik dan memberi nuansa setelah dipanggang.

Lapisan tipis bening ini cukup baik dalam  memegang pewarna makanan. Formulasinya bertindak seperti  “lem” mempertahanakan warna makanan tidak meleber ke mana-mana. Disamping juga banyak dimanfaatkan sebagai dekokarisi biskuit atau cookies. Kehadiran putih telur di dalam untuk memperkokoh konstruksi kue agar tidak mudah remuk.

Baca juga:

2. Putih Telur Untuk Meringue

Putih telur untuk membuat meringue

Meringue

Putih telur penuh dengan protein. Inilah sebabnya mengapa beberapa orang bersikeras untuk hanya makan putihnya di telur dadar mereka. Meskipun ini  bagian telur yang paling tidak enak. Alih-alih menggunakannya dalam sarapan hambar, Anda bisa menikmati putih telur dalam meringue yang lezat.

Ohya Meringue adalah adonan busa manis yang terbuat dari putih telur dan gula. Meringue juga merupakan adonan dasar untuk membuat macaron. Bisa juga dipanggang begitu saja menjadi kukis meringue.

Seperti meringue cookies, mengandung putih telur dan coklat yang telah dikocok menjadi busa kaku, lalu dipanggang. Berbeda dengan saat masih berubpa busa, kukis meringue  yang sudah jadi terasa lebih padat, lebih halus tapi mudah lumer di mulut.  Kulis seperti ini juga tergantung pada  struktur meringue dengan rasio putih telur dan gula yang tepat.

Putih telur juga bisa digunakan untuk  menambah volume dan kesegaran hidabgab panggang seperti souffle. Berguna juga untuk membuat makanan penutup bebas gluten (gluten free)

3. Manfaat Putih Telur Untuk Wajah

Anda mungkin pernah mendengar tentang putih telur sebagai masker wajah yang bagus untuk mengencangkan pori-pori dan bahkan skintone?

Tidak salah lagi. Buat lah masker wajah dari perpaduan putih telur, jelurk lemon dan ketimun. Tak hanya membuat kulit terlihat muda lebih lama juga terasa licin dan lembab.

Blender ketiga bahan tersebut sampai halus, aplikasikan ke wajah setiap facial.

4. Manfaat Putih Telur Sebagai Sumber Energi Bebas Karbon

Manfaat putih telur sebagai sumber energi bebas karbon

Manfaat putih telur sebagai sumber energi bebas karbon

Ada yang lebih hebat lagi.  Putih telur — bukan hanya sarapan (bebas kolesterol). Seorang peneliti Jepang telah menemukan cara untuk menggunakan molekul berbasis protein yang terdapat dalam putih telur.  Unsur kimia yang bisa menghasilkan hidrogen lebih efisien.  Langkah yang dianggap ilmuwan cukup dekat untuk  memproduksi hidrogen untuk dijadikan bahan bakar bersih. Sumber energi bebas karbon.

Saat ini, sebagian besar hidrogen diproduksi melalui  proses yang memancarkan gas  rumah kaca. Efek yang memanaskan planet kita.

“Hidrogen adalah energi yang sangat ramah lingkungan, tetapi masih dihasilkan dari bahan bakar fosil dalam proses industri, dan emisi gas rumah kaca tidak dapat dihindari,” kata Hiroyasu Tabe, rekan peneliti di fakultas teknik Universitas Osaka City. “Metode kami menghasilkan hidrogen menggunakan energi matahari, tanpa bahan bakar fosil.”

Begitu lah sedikit dari empat manfaat putih telur untuk pengetahuan Sahabat Arenga