Empat Manfaat Putih Telur yang Tak Disangka-sangka

Categories: Referensi Arenga Indonesia|Komentar Dinonaktifkan pada Empat Manfaat Putih Telur yang Tak Disangka-sangka|
empat manfaat putih telur yang tak disangka-sangka

Empat Manfaat Putih Telur yang Tidak disangka-sangka – Siapa di sini kalau makan telur rebus, putihnya dibuang? Atau sebaliknya? Yang jelas banyak sekali manfat dari cairan bening kental yang mengelilingi kuning telur yang berwarna kuning cerah ini. Putih telur bermanfaat dalam membuat kue lezat, untuk mempercantik wajah, dan bahkan sebagai sumber energi bersih bebas karbon.

Sejatinya fungsi putih telur bermanfaat saat telur dibuahi. Bertindak sebagai lapisan pelindung bagi embriyo  ayam yang sedang tumbuh dari bakteri berbahaya. Sekaligus sebagai sumber nutrisi untuk pertumbuhan mereka.

1. Mempercantik dan melezatkan Hidangan

Putih telur mengandung protein tinggi, sifatnya cepat kering. Kue nastar atau biskuit jahe yang dioles putih telur akan terlihat tambah cantik dan memberi nuansa setelah dipanggang.

Lapisan tipis bening dari putih telur baik bermanfaat dalam  memegang pewarna makanan. Formulasinya bertindak seperti  “lem” mempertahanakan warna makanan tidak meleber ke mana-mana. Disamping juga banyak dimanfaatkan sebagai dekokarisi biskuit atau cookies. Kehadiran putih telur di dalam untuk memperkokoh konstruksi kue agar tidak mudah remuk.

Baca juga:

2. Putih Telur Untuk Meringue

Putih telur untuk membuat meringue
Meringue

Putih telur penuh dengan protein. Inilah sebabnya mengapa beberapa orang bersikeras untuk hanya makan putihnya di telur dadar mereka. Meskipun ini  bagian telur yang paling tidak enak. Alih-alih penggunaan putih telur dalam sarapan hambar, Anda bisa menikmati putih telur dalam meringue yang lezat.

Meringue adalah adonan yang terbuat dari putih telur dan gula yang dikocok hingga kaku dan mengembang. Meringue sering digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat hidangan pencuci mulut, seperti pai lemon meringue, pavlova, atau sebagai hiasan pada kue atau pastry.

Meringue juga merupakan adonan dasar untuk membuat macaron. Bisa juga dipanggang begitu saja menjadi kukis meringue.

Seperti meringue cookies, mengandung putih telur dan coklat yang telah dikocok menjadi busa kaku, lalu dipanggang. Berbeda dengan saat masih berubpa busa, kukis meringue  yang sudah jadi terasa lebih padat, lebih halus tapi mudah lumer di mulut.  Kulis seperti ini juga tergantung pada  struktur meringue dengan rasio putih telur dan gula yang tepat.

Ada tiga jenis meringue yaitu:

  1. Meringue Italia: terbuat dari putih telur yang dikocok kaku dengan gula panas hingga mencapai suhu 121 derajat Celsius.
  2. Meringue Swiss: terbuat dari campuran putih telur dan gula yang dipanaskan di atas air mendidih, kemudian dikocok hingga kaku.
  3. Meringue Prancis: terbuat dari putih telur yang dikocok hingga kaku, kemudian gula ditambahkan secara bertahap dan dikocok hingga kaku dan mengkilap.

Putih telur juga bisa digunakan untuk  menambah volume dan kesegaran hidangan panggang seperti souffle. Berguna juga untuk membuat makanan penutup bebas gluten (gluten free)

3. Manfaat Putih Telur Untuk Wajah

Manfaat putih telur sebagai sumber energi bebas karbon
Manfaat putih telur sebagai sumber energi bebas karbon

Anda mungkin pernah mendengar tentang putih telur sebagai masker wajah yang bagus untuk mengencangkan pori-pori dan bahkan skintone?

Tidak salah lagi. Buat lah masker wajah dari perpaduan putih telur, jelurk lemon dan ketimun. Tak hanya membuat kulit terlihat muda lebih lama juga terasa licin dan lembab.

Blender ketiga bahan tersebut sampai halus, aplikasikan ke wajah setiap facial.

Baca juga : Cara Membuat Kue Selai Kacang Untuk Pemula

4. Manfaat Putih Telur Sebagai Sumber Energi Bebas Karbon

Ada yang lebih hebat lagi.  Putih telur — bukan hanya sarapan (bebas kolesterol). Seorang peneliti Jepang telah menemukan cara untuk menggunakan molekul berbasis protein yang terdapat dalam putih telur.  Unsur kimia yang bisa menghasilkan hidrogen lebih efisien.  Langkah yang dianggap ilmuwan cukup dekat untuk  memproduksi hidrogen untuk dijadikan bahan bakar bersih. Sumber energi bebas karbon.

Saat ini, sebagian besar hidrogen diproduksi melalui  proses yang memancarkan gas  rumah kaca. Efek yang memanaskan planet kita.

“Hidrogen adalah energi yang sangat ramah lingkungan, tetapi masih dihasilkan dari bahan bakar fosil dalam proses industri, dan emisi gas rumah kaca tidak dapat dihindari,” kata Hiroyasu Tabe, rekan peneliti di fakultas teknik Universitas Osaka City. “Metode kami menghasilkan hidrogen menggunakan energi matahari, tanpa bahan bakar fosil.”

Begitu lah sedikit dari empat manfaat putih telur untuk pengetahuan Sahabat Arenga

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter