Serba-serbi tips mengolah telur

Serba-serbi tips mengolah telur – Aneka telur unggas

Telur jadi salah satu sumber hidangan populer. Dalam rumah tangga atau komersil telur banyak digunakan karena  sumber tinggi protein. Pun bisa diolah ke dalam berbagai hidangan. Selain itu, dibanding daging dan ikan harganya pun tidak terlalu mahal  berkat penemuan jenis ayam petelur yang mudah dikembangbiakan.

Sering masak telur atau menggunakan telur di rumah?Di rumah kami telur jadi stock utama di kulkas. Untuk keperluan darurat jika malas masak tapi perut sedang lapar. Ceplok atau rebus saja sudah jadi.

Baca tentang :  7 Resep Masakan Telur yang Pasti Disukai Anak-Anak

Nilai Gizi Telur

Ohya apakah teman-teman pernah bertanya, telur apa yang terbaik? Menurut ahli gizi, semua jenis telur memiliki nilai gizi yang sama baiknya. Meskipun bentuknya ada yang lebih besar atau warna kulitnya berbeda.

Di Indonesia, telur yang dikonsumsi umumnya dari unggas yang diternakan. Kita kenal telur ayam negeri,  ayam ras, ayam kampung atau ayam buras. Begitu pun telur burung puyuh umum dikonsumsi. Dan terakhir telur itik, nilai gizinya sama dengan telur-telur unggas lainnya.

Baca juga:

Kiat Memilih Telur

Telur ayam siap digoreng untuk sarapan pagi

Telur ayam siap digoreng untuk sarapan pagi

Gak sekali dua kali juga kecewa saat beli telurkan? Setelah sampai di rumah telurnya kopong dan bahkan busuk. Nah biar kita tetap happy dengan telur-telur yang akan di beli ikuti kiat ini:

  1. Saat memilih pastikan telur tidak terlalu ringan. Telur segar berat sewajarnya dengan warna kulit segar.
  2. Masukan telur ke dalam baskom berisi air. Bila telur tenggelam dan rebah di dasar baskom, artinya telur tersebut baru dan segar.
  3. Bila telur dalam baskam berdiri tegak dan bahkan mengambang, artinya sudah berusia lebih 3 hari, segera rusak bila tak segera dimanfaatkan.

Serba-Serbi Tips Mengolah Telur – Cara Menyimpan Telur

Telur yang masih segar dapat disimpan dalam lemari es,  2-4 Minggu. Lap atau bersihkan, letakkan telur pada rak yang tersedia. Bila masih lama digunakan, sesekali dibalik agar posisi kuning telur tetap berada di tengah.

Baca juga:

Cara Merebus Telur

Sebelum dilanjutkan jadi telur balado, misalnya, telur harus direbus terlebih dahulu. Perhatikan kiatnya agar telur rebusnya cantik dan siap diolah jadi aneka menu:

  • Masukan ke dalam panci, isi air agar telur terendam semuanya. Tambahkan  1 sendok makan garam supaya kulitnya tidak mudah pecah saat air bergolak karena mendidih.
  • Tunggu 10 menit dan telur matang, buang airnya, ganti dengan air dingin.
  • Retakan kulitnya dengan punggung sendok dan rendam sebentar, baru di kupas.
  • Dengan cara ini pekerjaan mengupas telur lebih mudah dan hasilnya juga lebih baik.
  • Untuk memperoleh telur setengah matang masukkan telur selama 3 menit dalam air yang sedang mendidih. Jika lebih lama hingga 6 menit telur menjadi matang tetapi masih lunak

Cara Mengocok Telur

Gunakan alat pengocok yang tepat sesuai dengan banyaknya telur. Hindari  mengocok telur dalam wadah yang terbuat dari aluminium karena telur akan berubah warna menjadi kebiruan.

Baca juga:

Serba-Serbi Tips Mengolah Telur – Cara Memotong Telur Rebus

Jika tersedia, gunakan alat yang tepat agar hasilnya baik. Jika tak ada, basahi mata pisau sebelum mengiris telur rebus atau paling aman menggunakan seutas benang.

Beri guratan memanjang pada seluruh permukaan telur, agar bumbu dapat meresap dengan baik. Dan bila digoreng tidak meletus.

Follow Arenga Indonesia di Instagram