Kopi Beraroma Cokelat Dari Trung Nguyen Coffee

Categories: KOPI, TRAVELING|Komentar Dinonaktifkan pada Kopi Beraroma Cokelat Dari Trung Nguyen Coffee|
Kopi beraroma coklat dari Trung Nguyen Coffee

Arenga Indonesia – Kopi Beraroma Cokelat dari Trunk Nguyen Coffee

Kopi vietnam sudah terkenal di dunia. Jadi kalau traveling ke Vietnam memang wajib mencoba kopinya. Nah banyak sekali kedai kopi di bertebaran di kota ini. Salah satu yang terkenal dan ikonik adalah Trung Ngufen Legend Cafe di Ho Chi Minh City.

Kedai kopi yang jadi bagian dari Trung Nguyen Coffee, merek kopi terkenal yang didirikan pada tahun 1996 oleh Dang Le Nguyen Vu.

Letaknya di pojokan persimpangan jalan dan tak jauh dari tempat saya menginap di kawasan Phường Bến Thành. Jadi sore-sore habis menelisik pasar Ben Thanh, istirahat sebentar di hotel, langsung bisa jalan kaki ke sini.

Apa yang istimewa dari Trung Nguyen Legen Cafe ini?

Yah karena memang sudah terkenal di kalangan wisatawan dan pecinta kopi. Seperti saya, mereka yang datang ingin merasakan keunikan kopi berkualitas dengan budaya tradisional Vietnam.

Selain tempatnya emang elegan, bangku dan meja menggunakan kayu membuat suasana terasa hangat. Begitu pun ornamen tradisional di dinding dan digantung, menciptakan ruang yang nyaman dan menawan bagi para pengunjung.

Dan saya bertemu kopi susu gula aren juga.

Ketemu Kopi Susu Gula Aren Juga

kopi aroma cokelat dari Trung Nguyen cofee ho chi minh
Kopi susu gula aren?

Memang di Trung Nguyen Legend Cafe menyajikan berbagai jenis kopi Vietnam seperti seperti “Cà phê sữa đá”. Ini yang saya pikir sebagai kopi susu gula aren ala Vietnam. Terdiri dari kopi, susu kental manis, gula aren cair dan es.

Kurang pasti sebenarnya, pemanisnya apakah menggunakan gula aren cair atau liquid brown sugar atau hanya semata sirup karamel saja. Seperti kita tahu gula aren secara penampilan mirip dengan brown sugar, dan sirup karamel. Secara rasa yang membuat mereka berbeda.

Dari daftar menu terlihat juga “Cà phê trứng” (kopi Vietnam dengan telur), dan “Cà phê chồn” (kopi dari biji yang telah dimakan oleh luwak dan kemudian dikumpulkan dari kotoran luwak).

Tapi saya tidak banyak menghabiskan waktu dengan daftar menu mereka. Karena ikut asik mencicipi kopi hitam yang dipesan Pak Suami. Nah yang bikin saya takjub dengan kopi hitam ini adalah ada aroma cokelat yang menguar dari asap tipisnya yang lembut.

Saya yakin sih mereka tidak menambahkan cokelat bubuk ke dalam kopi hitam tersebut. Tapi memang berasal dari biji kopi yang entah mengapa kok bisa beraroma cokelat yang enak itu.

Mengapa Kopi Beraroma Cokelat?

Sebagai buah tangan, keluar dari sana, saya tak lupa membeli beberapa kantong biji kopi yang sudah disangrai. Keputusan yang tepat, dengan menggiling dan menyeduh sendiri, saya jadi tahu asal-usul aroma coklat pada kopi hitam yang pernah dinikmati di Trung Nguyen Coffee.

Dan benaran, di rumah kembali saya temukan aroma coklat yang enak itu. Tentu saja senang banget karena saya adalah penikmat cokelat setelah kopi.

Untuk memberi makan rasa ingin tahu, saya mencari beberapa informasi, tanpa menambahkan coklelat, mengapa kopi bisa beraroma seperti dari tanaman Kakao itu.

Ternyata aroma cokelat yang terasa saat menyeduh kopi mungkin disebabkan oleh beberapa faktor.

Berikut adalah beberapa kemungkinan alasannya:

1.Jenis Biji Kopi

Biji kopi memiliki karakteristik unik tergantung pada jenisnya. Beberapa varietas kopi, seperti Arabika atau Robusta, dapat memiliki aroma cokelat yang kaya secara alami.

2. Proses Pemanggangan

Selama proses pemanggangan biji kopi, senyawa kompleks dalam biji kopi mengalami reaksi kimia yang menghasilkan berbagai aroma dan rasa. Proses pemanggangan yang lebih lama dan lebih gelap cenderung menghasilkan aroma yang lebih kaya, termasuk aroma cokelat.

3. Komponen Tambahan

Beberapa kopi yang dijual memiliki tambahan bahan seperti ekstrak cokelat, sirup coklat, atau bubuk kakao. Jika teman-teman menggunakan kopi dengan tambahan ini, aroma cokelat yang yang dirasakan mungkin berasal dari bahan tambahan tersebut.

4. Interaksi dengan Air Panas

Ketika air panas menyentuh biji kopi, senyawa-senyawa aroma di dalam biji kopi akan terlepas dan tercampur dengan air. Proses ekstraksi ini dapat menghasilkan aroma cokelat yang khas.

5. Persepsi Individu

Entah saya masuk ketegori ini atau tidak, karena setiap orang memiliki indera penciuman yang berbeda. Seperti saya yang suka banget makan coklat hitam, beberapa orang mungkin lebih peka terhadap aroma cokelat daripada yang lain.

Jadi, terkadang persepsi individu juga dapat memainkan peran dalam apa yang kita rasakan sebagai aroma coklat.

Yang jelas, yang penting untuk dicatat bahwa tidak semua kopi memiliki aroma cokelat. Aroma dan rasa kopi dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada banyak faktor, termasuk asal biji kopi, proses pemanggangan, metode penyeduhan, dan aditif yang mungkin digunakan.

Arenga Indonesia. Pabrik gula aren di Tangerang – Banten

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter