4 Jenis Cokelat Batangan Untuk Kue

Categories: COKELAT|Komentar Dinonaktifkan pada 4 Jenis Cokelat Batangan Untuk Kue|
4 jenis cokelat coklat batangan untuk kue dan baking

Arenga Indonesia – 4 Jenis Coklat Batangan Untuk Kue yang Lezat dan Mantap!

Jika Sobat Arenga adalah seorang pecinta kue dan masak-memasak, pasti tahu bahwa cokelat batangan adalah salah satu jenis bahan yang tak tergantikan dalam dunia baking. Jenis cokelat batangan yang digunakan akan memberi perbedaan signifikan pada produk akhir.

Apakah teman-teman lebih suka menggunakan cokelat batangan susu yang lembut dan manis, atau mungkin cokelat hitam yang pahit dan intens?

Masing-masing jenis cokelat batangan memiliki karakteristik yang unik dan dapat memberikan sentuhan yang berbeda dalam adonan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis cokelat batangan yang cocok untuk baking, dan mengapa pemilihan yang tepat sangat penting untuk menciptakan hidangan yang memikat selera.

Varian Coklat Batangan Dalam Baking

Cokelat padat yang digunakan untuk memasak maupun untuk dikonsumsi langsung, tersedia dalam berbagai macam varian. Perbedaan mereka terletak pada proporsi kandungan kakao, mentega kakao (cocoa butter), mapun penambahan vanila dan gula.

Biasanya, jenis cokelat untuk kue atau baking dijual dalam bentuk persegi, dengan satuan berat 1 ons, dan dibungkus satu persatu(biasanya dalam kotak berat 8 ons).

Ohya, kreasi coklat batang di bawah juga cocok untuk dijual.

Nah 4 Jenis Coklat untuk Kue yang lezat itu adalah :

1. Coklat Hitam (Dark Chocolate)

Cokelat hitam adalah jenis cokelat yang dikenal dengan rasa yang kaya dan kuat. Cokelat ini mengandung persentase kakao lebih tinggi dan jumlah gula lebih rendah dibandingkan dengan jenis cokelat lainnya.

Padatan kakao memberikan cokelat hitam rasa pahit yang khas, yang sering disukai oleh para pecinta cokelat.

Dalam baking, sentuhan pahit coklat hitam berguna untuk menyelaraskan manisnya adonan. Juga memberi aroma yang kaya dan intens, serta menciptakan tekstur yang lembut pada kue atau roti.

Cokelat hitam juga diketahui memiliki manfaat kesehatan ketika dikonsumsi dalam jumlah yang moderat, karena merupakan sumber antioksidan yang baik.

2. Coklat Susu

Jenis coklat batangan lainnya untuk kue adalah cokelat susu. Coklat jenis ini memiliki rasa yang lebih lembut dan manis dibanding coklat hitam. Itu karena diberi tambahan bubuk susu atau susu kental manis.

Persentase padatan kakao pada coklat susu lebih rendah dengan kandungan gula lebih tinggi. Jenis cokelat susu populer sebagai camilan atau digunakan dalam berbagai hidangan penutup dan permen.

3. Coklat Putih

Di sisi lain, cokelat putih, meskipun dinamakan demikian, sebenarnya bukan cokelat sesungguhnya. Karena bahan kue ini tidak mengandung padatan kakao melainkan terbuat dari mentega kakao (cocoa butter), gula, dan produk olahan susu.

Cokelat putih memiliki rasa krimi dan manis yang terkadang dengan sentuhan vanila. Dalam industri kue atau baking, white cocholate tidak langsung dikonsumsi melainkan untuk tujuan dekoratif. Yang dimanfaatkan adalah sifatnya yang mudah meleleh saat dituangkan di atas hidangan seperti dessert.

4. Cokelat Chips

Chocolate chip, juga dikenal sebagai morsel cokelat, adalah potongan-potongan kecil cokelat yang dirancang agar bentuknya tidak berubah saat dipanggang.

Cokelat chips sering kita temukan dalam kue kering (cookies), brownies, dan makanan panggang lainnya. Berguna untuk memberikan rasa dan tekstur cokelat yang nikmat.

Bentuk coklat satu ini juga tersedia dalam berbagai ukuran dan dapat ditemukan dengan persentase kadar kakao yang berbeda, memungkinkan para pembuat kue memilih intensitas rasa cokelat yang mereka inginkan dalam kreasi mereka.

Penutup Ragam Coklat untuk Baking

Ketika memasak, baking atau membuat kue lainnya, penggunaan jenis cokelat batangan yang tepat sangat penting untuk mencapai rasa dan tekstur yang diinginkan. Pilihan antara cokelat hitam, susu, atau putih tergantung pada preferensi pribadi dan resep yang akan disiapkan. Beberapa resep mungkin membutuhkan jenis cokelat tertentu, sementara yang lain memungkinkan eksperimen dan penyesuaian.

Arenga Indonesia. Produsen gula aren untuk coklat di Tangerang – Banten

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • resep daging sapi panggang oven dengan kentang tumbuk

    Daging Sapi Panggang Oven dengan Kentang Tumbuk yang Lezat

  • Stigma rendah makan umbi-umbian di Indonesia

    Stigma Rendah Makan Singkong dan Ubi Jalar

  • manfaat kulit manggis sebagai pewarna alami

    Manfaat Kulit Manggis Sebagai Pewarna Alami

  • mengangin-anginkan sebuah cara menjaga kesegaran hasil panen

    Cara Menjaga Kesegaran Hasil Panen

  • Kebab ayam, sejarah dan budaya

    Kebab Ayam: Budaya dan Sejarah

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter