Nanas Anti Radang Sendi dan Gangguan Cerna

Nanas Anti Radang Sendi dan Ganguan Cerna

Nanas anti radang sendi dan gangguan cerna – Buah nanas mengandung bromelain enzim proteolitik yang mencerna makanan dengan memecah protein. Senyawa bromelin ini bersifat anti inflamasi, anti pembekuan dan antikanker.

Kapan terakhir Anda mengkonsumsi nanas? Rasa dan sensasi apa saja yang teringat atau tersimpan di lidah? Manis, asam, atau kombinasi keduanya? Apapun rasa dominan yang diingat, satu hal yang perlu kita tahu adalah manfaat buah nanas. Banyak nilai gizi yang tersembunyi dibalik permukaan bulir kulitnya yang unik ini. Tersimpan juga dalam kombinasi warna, tekstur daging buahnya yang segar.

Semua tergantung dari  cara kita mengolah dan mengkonsumsi buah nanas. Seperti halnya alpukat dan mangga, nanas mengandung banyak antioksidan. Kandungan vitamin A dan C juga tinggi. Nanas juga kaya kandungan serat, kalsium, fosfor, magnesium, besi natrium kalium, dekstrosa sukrosa dan enzim bromelain.

Nanas Anti Radang Sendi dan Gangguan Cerna

Nanas anti radang sendir dan gangguan cerna

Buah nanas masak di kebun

Beberapa Manfaat Enzim Bromelin yang terdapat dalam Nanas

  • Secara umum enzim bermanfaat membantu fungsi pencernaan. Enzim bromelin bekerja dengan cara memecah protein makanan,  sehingga meringankan beban kerja pencernaan.
  • Bromelin juga membantu membersihkan  kotoran di saluran cerna, mengikis racun yang menempel di dinding usus, bisa mencegah kanker.
  • Bromelain dapat membantu meningkatkan pemulihan tubuh dari cedera dan membantu mengurangi peradangan.
  • Bromelain memiliki kandungan anti inflamasi, anti pembekuan dan antikanker.
  • Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi nanas secara teratur membantu memerangi peradangan sendi atau arthritis, gangguan pencernaan dan cacing kutu.
  • Ditambah lagi enzim alami ini juga sering digunakan sebagai suplemen populer di kalangan pelaku diet dan atlet yang ingin mendapatkan bentuk tubuh lebih ramping namun tetap sehat.
  • Keistimewaan enzim alami bromelain lainnya adalah dapat bekerjasama dengan enzim lain yang berfungsi untuk mencerna lemak yaitu lipase.
  • Kerjasama dua enzim ini dapat membantu dalam mengontrol nafsu makan dan meningkatkan sekresi lemak.

Lihat di sini tentang Bottle Gula Aren Cair Organik

Konsumsi Nanas Agar Awet Muda

Nanas sebagai obat awet muda

Nanas sebagai obat awet muda

Buah nanas termasuk jenis makanan katabolik. Artinya dapat membantu tubuh mengeluarkan kalori lebih banyak saat dicerna dalam usus.  Itu lah mengapa nanas sangat baik dalam upaya mengurangi lemak yang tersimpan di dalam perut.

Selain kaya vitamin dan mineral, tiap 100 gram buah nanas memiliki kandungan 50 kalori, setara dengan nilai kalori apel. Daging buah nanas tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

Sebaliknya kaya akan kandungan serat larut maupun serat tidak larut seperti pektin. USDA –  national nutrition databases mencatat, 100 gram nanas segar mengandung 47,8 atau 80% dari vitamin C yang merupakan sumber antioksidan tinggi.

Kita tahu vitamin C diperlukan untuk sintesis kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktur utama dalam tubuh yang diperlukan untuk menjaga integritas pembuluh darah kulit organ dan tulang.

Mengkonsumsi sumber vitamin seperti nanas yang kaya kandungan vitamin C membantu tubuh melindungi diri dari penyakit kulit, membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan dapat menangkal radikal bebas pro-inflamasi dari tubuh.

Selain itu buah nanas juga kaya akan vitamin B Kompleks seperti folat, thiamin,piridoksin, riboflavin, dan mineral seperti tembaga, mangan, dan kalium.

Lihat di sini tentang Arenga Sugar vs Coconut Sugar Beda di Mana

Sementara kandungan vitamin A dalam nanas meski kecil hanya menyediakan 50 iu per 100 gram diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit dan sangat penting untuk kesehatan mata.

penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya kandungan flavonoid membantu tubuh manusia untuk melindungi diri dari gangguan paru-paru dan kanker rongga mulut.

Cara Mengkonsumsi  Nanas Anti Radang Sendi dan Gangguan Cerna

 

Cara mengkonsumsi buah nanas untuk radang sendi dan gangguan cerna

Konsumsi lah nanas dengan tepat untuk mendapatkan segala manfaatnya

Agar dapat manfaat maksimal sebagai Anti Radang Sendi dan Ganguan Cerna ada beragam cara mengkonsumsi buah nanas. Selain bisa dikonsumsi dalam keadaan segar karena bisa memberikan sensasi rasa manis dan segar nanas juga dapat diolah menjadi beragam makanan dan minuman.

Beberapa jenis makanan dan minuman olahan dari nanas antara lain seperti selai, saus asam manis, jus, campuran salad, buah asinan, dan rujak. Sebagai buah segar nanas dapat dipotong dan dikupas dalam banyak cara menggunakan mata pisau yang tajam.

Untuk mengupas buah nanas kita dapat menempatkan salah satu sisi sebagai alasnya dan secara berhati-hati mengiris kulit. Secara bergilir untuk membuang permukaan kulit yang kasar serta setiap sisa makanan khas dengan ujung pisau yang tajam. setelah kulit dikupas kita dapat memotong buah nanas sesuai bentuk dan ukuran yang diinginkan.

Untuk mendapatkan manfaat kandungan nilai gizi dan merawat radang sendi secara optimal,  ada baiknya nanas dikonsumsi sesegera mungkin setelah dipotong. Atau jika tidak bungkus nanas dengan rapat dan segera simpan di ruang kedap udara pada lemari es. Usahakan tidak terlalu lama menyimpan nanas karena bisa mengubah tekstur dan rasa serta mengurangi kandungan dan nilai gizinya.

Cara Memilih Buah Nanas

Cara memilih buah nanas

Cara memilih buah nanas

  1. Untuk mendapatkan buah nanas kualitas bagus kita perlu memilih buah nanas secara baik dan benar.
  2. Pilihlah buah nanas yang matang dengan warna kulit kekuningan dan terasa berat. Tidak memiliki jamur di permukaan kulit luarnya serta bersih.
  3. Pilih buah nanas yang matang untuk mendapatkan cita rasa manis dan segar dari daging buahnya yang berwarna kuning terang.
  4. Nanas yang belum matang biasanya bercitarasa asam dan daging buahnya berwarna pucat atau hijau kekuningan. Sebagai catatan meski secara umum buah nanas dinyatakan aman nanas yang masih muda atau hijau bisa menyebabkan mual dan muntah jika dikonsumsi terlalu banyak.
  5. Reaksi alergi juga dapat muncul pada mereka yang mempunyai alergi terhadap serbuk buah pohon yang bisa dibawa oleh lebah madu.

Resep Minuman Smoothies Nanas – Nanas anti radang sendi dan gangguan cerna

Nanas Anti Radang Sendi dan Ganguan Cerna

Saat terik panas matahari di siang hari atau saat menjelang buka puasa, mengkonsumsi jus buah nanas bisa memberi sensasi segar dan asupan cairan alami kaya nutrisi. Jika menginginkan resep smoothies berikut ini patut Anda pertimbangkan.

Bahan

  • 1 buah nanas
  • 3 buah jeruk lemon
  • 1 buah bengkuang potong dadu kecil
  • 2 gelas air
  • 2 sendok makan Arenga Palm sugar
  • Es batu sesuai selera

Cara Membuat Smoothie Nanas

  1. Campur potongan nanas air arenga Palm sugar dan jeruk lemon.
  2. Masukkan dalam blender hingga halus
  3. Tuang hasilnya dalam gelas tinggi selanjutnya masukkan potongan bengkoang
  4. Untuk menambah rasa bisa ditambahkan es batu Jus buah nanas siap dihidangkan

Asal Muasal Buah Nanas

Sejarah buah nanas

Sejarah buah nanas

Nanas adalah jenis tanaman tropis dan subtropis. Nama ilmiahnya ananas comosus.  Dalam bahasa Inggris disebut dengan pineapple. Orang Spanyol menyebutnya pina. Dalam bahasa Mandarin nanas bermakna kemakmuran.

Dalam tradisi Tionghoa, nanas dianggap sebagai lambang kemakmuran dan sering dimunculkan dalam tradisi perayaan Imlek dan cap Go meh. Ditampilkan  sebagai souvenir festival untuk dibagi-bagikan atau dipajang sebagai simbol berkah untuk upacara perayaan.

Meski populer di banyak negara, asal buah nanas sebenarnya adalah Brazilia (Amerika Selatan). Lalu dibawa oleh orang-orang Spanyol pada abad ke-16 ke Filipina dan semenanjung Malaysia.

Sementara buah nanas dibawa masuk ke Indonesia justru pada abad ke-15 tahun 1599. Di Indonesia nanas dikembangkan dengan sebagai tanaman pekarangan. Namun belakangan semakin banyak ditemukan budidaya tanaman nanas dalam skala besar. Dikelola pada lahan perkebunan yang luas di banyak wilayah nusantara.

Dengan mengetahui kandungan nilai gizi buah nanas, sudah selayaknya jika kita pertimbangan sebagai buah wajib untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga tercinta.

Begitu lah sedikit artikel tentang Nanas Anti Radang Sendi dan Ganguan Cerna. Semoga bermanfaat

Disadur dari Majalah Sehat Alami

 

Share artikel ini

18 Comments

  1. Suciarti Wahyuningtyas Juli 17, 2020 at 10:01 pm

    Semenjak pandemi ini kalau saya sekeluarga gak boleh absen makan buahnya, jadi harus rajin. Kebetulan hari ini kita baru belanja buah, karena emang jatahnya seminggu sekali. Ternyata manfaat nanas bagus juga ya mbak, jarang aku beli nanas.

  2. Lidya Juli 18, 2020 at 7:22 am

    Buah kesukaan aku banget ini nanas mbak, biaanya sih dimakan begitu aja, kadang aja di j=buat jusnya tambah gula semut dikit kalau dapetnya nanas asam. Ternyata nanas bermanfaat buat radang sendi juga ya aku taunya buat gangguan pencernaan aja

  3. agi tiara Juli 18, 2020 at 8:20 am

    baru tau kalo nanas itu punya banyak manfaat untuk persendian dan pencernaan. Selama ini mah makan nanas banyak-banyak karena enak hehehe,.

  4. RAch Alida Juli 18, 2020 at 2:32 pm

    Wah anakku suka nanas. Aku juga suka naas mba. Makasih mba bisa dapat manfaat dari nanas. Biasanya main langsung lahap makan aja 🙂 mANTAAP

  5. Lina W. Sasmita Juli 18, 2020 at 5:47 pm

    Paling suka olahan nanas itu diselai. Apalagi dimasukkan ke nastar. Tapi makan buah aslinya langsung juga menyenangkan asal nggak asam-asam banget.

  6. diane Juli 18, 2020 at 6:05 pm

    Nanas salah satu buah favorit keluargaku nih… dimakan tanpa diolah.. Spertinya juga bagus dikonsumsi kalo pas vertigo.. hilang keliyengannya..

  7. Utie adnu Juli 18, 2020 at 8:12 pm

    Kebetulan mang Nanas buah favorite nih kak biasanya aku pakai buat makan malam tapi dimakan langsung sih gak d buat smoothies next aku mau buat deh

  8. Erin Juli 18, 2020 at 8:41 pm

    Buah nanas memang lebih segar setelah dikupas bersih kulitnya langsung dikonsumsi. Nanas ini memang banyak maafaatnya, salah satunya untuk radang sendi.

  9. Eri Udiyawati Juli 18, 2020 at 8:45 pm

    Wah ternyata buah nanas banyak manfaatnya. Rasanya juga enak. Kalau di daerah saya banyak olahan nanas seperti kerupuk nanas, manisan nanas, sambal nanas juga ada. Rasanya memang maknyuuus.

    Baru tahu juga ternyata aslinya dari Brazil. Tapi masuk ke Indonesia juga sudah sangat lama ya.. dari abad 16. Dapat pengetahuan baru juga nih di sini.

  10. Lisdha Juli 18, 2020 at 9:11 pm

    Wah, ternyata banyak banget manfaat buat nanas. Bagus banget nih, sebab dari sisi harga, ini termasuk buah yang tidak mahal. Tapi aku belum pandai memilih buah nanas mbak. Kadang zonk…luarnya kuning tp aseeeem. Sering takjub dengan kepandaian tukang buah memperkirakan kematangan buah dengan cara mengetuk2 buah nanas. Nggak ngerti bunyi ketukan seperti apa yg menandakan matang hahahah

  11. Milda Ini Juli 18, 2020 at 9:13 pm

    i am like eat pineapple mba but mazy to open, hahaha. so i ussually buying the pineapple was open, hahaha. Btw that smoothies is fresh, i will drink ah

  12. keluarga nawra Juli 18, 2020 at 9:13 pm

    nanas emang enak apalagi kalo tinggal makan, ngak pake gatal

  13. echaimutenan Juli 18, 2020 at 9:14 pm

    Aku sering ini mba sendi sendir rasanya ngilu2 ga enak
    Tapi kalau nanas suka gatal lidah ga mba. Pakai gula arenga ini makin bikin nikmat makan nanas ya mbaa

  14. nyi Penengah Dewanti Juli 19, 2020 at 12:07 am

    Nanas aku suka banget mau diapain aja selalu enak.
    Di Pemalang sini ada nanas madu mba manisss banget

  15. Nunung Juli 19, 2020 at 8:35 am

    Waah baru tau kalau buah Nanas bagus untuk sendi. Suami dan anak-anak suka banget sama nanas. Tapi aku sendiri kurang begitu suka. Mungkin cocok ya dibikin smoothie gini biar aku doyan.

  16. Uniek Kaswarganti Juli 20, 2020 at 11:36 am

    Aku termasuk ga suka dengan nanas kalau harus dimakan langsung gitu mba. Tapi kalau dibikin jus atau smoothie mau.
    Seneng banget sama jus mix nanas dengan pokchoy. Ditambah perasan lemon dikit tambah segar. Apalagi dikasih gula Arenga, wah pas mantap tuh.

    • Arenga Indonesia Juli 20, 2020 at 3:02 pm

      Membayangkan saja, resep Mbak Unik itu rasayan sudah terasa segarnya 🙂

  17. Damar Aisyah Juli 21, 2020 at 4:47 am

    Wow, berarti nanas ini cucok banget buat diet ya Mbak. Kalau orangtua jaman dulu kan malah ngelarang makan nanas, katanya bikin gatal. Mungkin cara konsumsinya yang kurang tepat. Sedangkan kalau melihat kandungannya justru bagus banget buat kesehatan.

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula-aren-cair-1-liter-arenga

    Gula Aren Cair 1 Liter Arenga Untuk Kedai Kopi

Artikel Terkait