Cara Membuat Teh Mawar

Categories: Info|32 Comments|
Cara membuat teh mawar
Cara membuat teh mawar

Teh Mawar beraroma harum dan banyak manfaat

Cara Membuat Teh Mawar  – Bunga ini sudah berabad digunakan  sebagai lambang kasih sayang. Digunakan dalam kosmetik dan parfum. Dalam pengobatan ayuverda, sudah ribuan tahun mawar jadi media ideal dalam  mengungkapkan cinta dan pengampunan. Mawar  dapat menenangkan hati dan emosi,  menyeimbangkan pikiran.

Tapi bagaimana dengan teh mawar? Di Indonesia, sepertinya, kita jarang menikmati teh mawar. Namun Di negara barat dan Timur Tengah, teh  bunga mawar lazim  digunakan. Terutama digunakan mengatasi masalah pencernaan, dada nyeri, dan sakit perut.  Teh mawar dapat juga meringankan kram menstruasi.

Teruskan membaca. Di bawah ada cara membuat teh mawar.

Saya punya beberapa rumpun tanaman mawar di halaman. Rajin berbunga. Kelopaknya segar dan tebal. Ketika saatnya gugur, merasa sayang tiap kali kelopak cantik itu terbuang percuama.
Maka  mencari informasi untuk pemanfaatannya. Ternyata selain digunakan langsung seperti menggosokan pada kulit yang berefek menghaluskan,  kelopak mawar bisa digunakan untuk membuat teh herbal atau teh kesehatan.
Hebatnya lagi teh mawar dipercaya mampu membersihkan racun dan rasa panas dari tubuh. Iya mawar memiliki efek pendinginan pada tubuh. Coba saja habis panas-panasan terus menggosokan kelopak mawar segar ke wajah, rasanya sungguh nikmat.
Jadi deh tambah semangat mengumpulkan dan mengeringkan helai demi helai kelopak mawar dari kebun halaman (pot tepatnya :))

 Berikut beberapa manfaat teh mawar bagi perawatan kesehatan :

  • Kram Menstrusi.

Perempuan yang acap mengalami kram  menstruasi bisa memanfaatkan teh mawar dalam meringankan penderitaan. Terbaca dalam studi tahun 2005 yang diterbitkan oleh Jurnal Kebidanan dan Kesehatan Wanita. Di Taiwan  remaja yang meminum teh mawar selama periode 6 bulan,  mengalami pengurangan gejala kram saat menstruasi.
Ini  terkait bahwa teh mawar  membantu meringankan stres psikologis. Maka ilmuwan menarik kesimpulan bahwa minum teh mawar bisa memberikan kelegaan pada saat nyeri haid tanpa efek samping yang merugikan.
  • Kaya Vitamin C

Kelopak bunga mawar kaya  vitamin C alami. Sebuah studi dalam journal Kedokteran di Iran  menyebutkan, vitamin C dan antioksidan alami dapat memblokir beberapa kerusakan yang dihasilkan karena paparan racun dan radikal bebas. Kerusakan yang bisa menyebabkan penuaan dini.
Vitamin C dalam teh mawar menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu produksi kolagen yaitu protein penting dalam kesehatan kulit dan rambut.
  • Kaya Folifenol

Kelopak mawar kaya polifenol dan mudah larut dalam air. Studi lain menyebutkan bahwa protein polifenol serta berbagai antioksidan termasuk asam ellagic membantu mencegah penyakit kardiovaskular,  osteoporosis,  dan bahkan kanker. Tapi tetap diperlukan penelitian bahwa polifenol dalam kelopak mawar bermanfaat menjaga kesehatan secara umum.
  • Mengatasi Sakit Tenggorokan

Secangkir teh mawar hangat adalah obat bagi sakit tenggorokan. Meredakan gejala flu dan masuk angin. Jika suka tambahkan satu sendok teh  palm sugar organik kedalam  secangkir teh mawar untuk meningkatkan potensi penyembuhan.

Alam Indonesia yang subur menyediakan  banyak sumber penyembuhan penyakit dan perawatan kesehatan. Yang kita butuhkan hanya kemauan untuk mempelajari dan mengenal mereka lebih dekat. Dari kelopak mawar saja begitu banyak manfaat yang bisa di gunakan.

  • Tertarik untuk mencoba membuat teh mawar? Berikut resepnya :

Cara Membuat Teh Mawar

  • Teh mawar bisa dibuat dari kelopak yang masih segar atau yang  telah dikeringkan. Untuk kelopak kering gunakan 1-2 sendok teh kelopak mawar untuk satu cangkir air yang telah dipanaskan sampai mendidih. Biarkan teh mawar terendam dalam cangkir selama  2-3 menit.
  • Sementara untuk teh kelopak mawar segar gunakan dua cangkir kelopaknya. Buang bagian putih di dasar kelopak yang memiliki rasa pahit lalu masukkan ke dalam 3 gelas air. Panaskan air dan kelopak sampai mendidih selama 5 menit. Kemudian saring.
  • Jika suka bisa tambahkan  teh mawar ini dengan sedikit palm sugar atau madu. Diminum seperti teh biasa. Pastikan kelopak mawar yang digunakan terbebas dari pestisida. Hanya gunakan mawar yang dibesarkan secara organik. Aau tumbuh di halaman seperti saya.

Cara Merawat Tanaman Mawar

Agar terus menghasilkan bunga, tanaman mawar membutuhkan perharian khusus.
Selain bunga mawar yang selalu bermekaran di halaman  menambah keceriaan. Ditambah lagi aromanya yang semerbak saat diterbangkan angin menenangkan perasaan. Jadi agar kelopak kembang mekar dengan baik, ditambah lagi agar bisa dimanfaatkan membuat teh jadi penting. Kabar baiknya adalah tidak begitu sulit merawat bunga ini. Degan jumlah air yang tepat ditambah sinar matahari cukup, ditambah sedikit perawatan, mawar akan terus berkembang. Sebelum rontok ke tanah manfaatkan kelopaknya untuk menunjang perawatan kesehatan keluarga kita.
  • Mawar tidak perlu disiram setiap hari tapi cukup dua kali seminggu. Arahkan selang air secara lembut ke arah akarnya. Jangan terlalu becek.
  • Kelopak bunga mawar akan Mekar lebih lebar jika diberi pupuk. Karena kelopaknya akan kita konsumsi pastikan bahwa pupuk tersebut adalah pupuk organik. Jangan sesekali menyemprot bunga mawar dengan pestisida.
  • Ketika kelopak sudah rontok atau dimanfaatkan untuk membuat teh sebaiknya tangkai kelopak sisa digunting. Selain tanaman terlihat lebih rapi bekas guntingan tangkai bunga ini akan memunculkan tunas baru. Dari sana nanti akan muncul putik-putik mawar baru.
Selamat mencoba membuat teh mawar ya teman-teman.

Share artikel ini

32 Comments

  1. Dian Farida Ismyama Oktober 11, 2021 at 10:24 am

    Wah mudah ya bikin teh mawar. Jadi pingin nanem mawar deh aku. Inget video youtube liziqi panen mawar dijadiin teh, lipstik, blush, makanan juga

    • Arenga Indonesia Oktober 13, 2021 at 4:06 pm

      Iya, gak nyangka ya Mawar banyak banget kegunaannya. Gak sekadar mempercantik halaman dan ruang dalam pot bunga

  2. fanny_dcatqueen Oktober 12, 2021 at 11:57 pm

    Aku rutin minum teh mawar, lavender ato Krisan mba. Tapi semua itu aku beli sih , kalo bikin ga mungkin hahahahah. Halaman aja ga punya :p. Dan sukaaaa banget ma teh mawar, secara aromanya itu strong dan wangiiii pas dihirup. Itu efeknya kayak nenangin mood banget. Gitu juga teh Krisan. Cuma lavender aja yg aku kurang doyan, tapi dipaksain minum Krn agak pait tehnya :p. Memang hrs diksh arenga sepertinya supaya manis.

    Soalnya aku biasa minum teh tanpa gula sih :D.

    • Arenga Indonesia Oktober 13, 2021 at 4:07 pm

      Iya Mbak Fanny. Keistimewaan teh dari bunga-bungaan itu adalah aromanya. Aku tuh tiap nyeduh teh mawar, sambil dudul di teras belakang dengan sebuah buku, rasanya sejahtera banget. Padah teras belakang rumahku ala kadarnya aja 🙂

  3. Katerina Oktober 13, 2021 at 7:25 am

    Teh Mawar bisa mengatasi kram menstruasi. Catet! Haha. Buat saya yang sampai sekarang masih sering kram saat menstruasi, informasi ini penting, mamin. Thanks.

    Soal mawar, saya jatuh cinta pertama kali sama Mawar sewaktu SD. Para tetangga di komplek perumahan Pertamina tempat saya tinggal dulu, hobi bertanam mawar. Dan saya satu-satunya anak perempuan SD yang tiap sore keliling komplek mampir ke tiap rumah tetangga cuma buat ciumin bunga-bunga mawar wkwk. Tapi tante-tante tetangga udah terbiasa dengan kelakuan saya, malah kalau mampir kadang diajak masuk makan pisang goreng, atau apalah. Sungguh indah masa kecilku dengan mawar :))

    • Arenga Indonesia Oktober 13, 2021 at 5:42 pm

      Kelakuan kita saat kecil dengan bunga mawar, kurang lebih sama Kakak Kat. Dulu sering memetik mawar tetangga atau yang tumbuh liar di belakang rumah, hanya untuk dipulin dan dioleskan ke muka. Atau bantuin kakak sepupu menghancurkan kelopak mawar untuk campuran bedak dingin 🙂

  4. Wah aku baru tahu kalau maar juga bisa dibikin teh mbak, kebayang harumnya nih 😀 Manfaatnya pun banyak ya buat kesehatan? Salah satunya buat mengurangi gejala menstruasi. Jd pengen menanam mawar di rumah soalnya aku sering nyeri haid hehe
    Kalau teh2 kyk gini apa udah ada yg jual ya? Biar paktis gk metik2 lg hehe

  5. Ophi Ziadah Oktober 13, 2021 at 1:01 pm

    Duuh aku tuh love banget sama mawar sebagai bunga yaa… tapi klo mencoba bikin teh mawar sendiri belum pernah sih. Dulu waktu umroh pernah dibawa ke perkebunan mawar dan mencoba berbagai produk dr mawar mulai dr parfume, termasuk teh mawar kayak gini. ga nyangka bs dibikin teh sendiri

  6. Lia Yuliani Oktober 13, 2021 at 4:24 pm

    Wah ternyata simpel ya bikinnya, tinggal direbus dan tambahin madu aja. Khasiat Teh Mawar juga bagus untuk kesehatan. Jadi pengen coba bikin ah

  7. lendyagassi Oktober 13, 2021 at 6:23 pm

    Wah..ini butuh banget dan manfaatnya bagus untuk wanita.
    Melihat bunga yang dijadikan minuman, aku jadi inget pas nonton drama sageuk. Suka ada manfaat bunga ini, bagus untuk tubuh.
    Dan hanya bisa dinikmati oleh orang kaya, tentunya.

  8. Lidya Oktober 13, 2021 at 8:17 pm

    Aku suka beli teh mawarm enak & harum. Ternyata bisa juga bikin sendiri ya mbak, cuma aku ga punya mawarnya hihihi. Suka lihat mawar tapi ga bisa merawatnya juga. Terima kasih infonya tentang membuat teh mawar, siapa tau aku punya mawar bisa cobain bikin

  9. Rina Susanti Oktober 13, 2021 at 9:24 pm

    Di rumah ada pohon mawar mau akhirnya dicoba mba resepnya, kalau disatukan sama teh bisa ga ya, jd seduh teh dan mawar

  10. Nanik Nara Oktober 13, 2021 at 9:38 pm

    Teh mawar, saya baru tahu kalau bunga mawar pun bisa diolah menjadi minuman teh, dan ternyata banyak khasiatnya. pas lihat gambarnya kirain teh bunga rosella, ternyata kuncup-kuncup mawar

  11. Herva Yulyanti Oktober 13, 2021 at 9:59 pm

    belum pernah cobain teh bunga2an apalagi mawar pengen banget nanemnya cuman belum berani rawat hahaha takut metong soalnya jd trauma sendiri…gampang juga ya mba buatnya ntar coba dulu beli instan ah

  12. Milda Ini Oktober 13, 2021 at 10:06 pm

    Baca ini jadi ingat artis Indonesia yang suka makan bunga mawar langsung loh, bukan dibuat teh. Mantap pasti rasa dan aromanya

  13. Nyi Penengah Dewanti Oktober 13, 2021 at 10:18 pm

    Nyi belum. Pernah coba teh mawar kak
    Kalo bodymist varian mawar pernah pake
    Pasti aroma dan rasanya enak banget nih

  14. Naqiyyah Syam Oktober 13, 2021 at 10:29 pm

    dulu ibuku suka menanam mawar dan pernah juga dibuatkan tambahan buat minum, jadi tahu ini banyak banget ya manfaatnya mawar

  15. Sri Widiyastuti Oktober 13, 2021 at 10:33 pm

    pernah lihat di drakor, teh dari berbagai bunga, ternyata memang bisa ya membuat teh dari bunga. salah satunya bunga mawar. makasih mbak infonya, jadi pengen nyeduh teh bunga mawar. kebetulana da bunganya di depan rumah

  16. diane Oktober 13, 2021 at 11:31 pm

    Jadi pengen cobain bikin teh mawar…Kebayang aromanya yang wangi gitu kali ya kak… Apalagi ternyata kandungan vitamin dan manfaatnya banyak juga ya…

  17. Dedew Oktober 14, 2021 at 7:59 am

    Ternyata mawar bisa dijadikan Teh ya Mbak, gimana rasanya ya? Apa ada rasa khusus gitu? Aku baru tahu mawar juga mengandung vitamin C dong.. Sayang nggak punya tanaman mawar..

  18. antung apriana Oktober 14, 2021 at 10:05 am

    bikin teh mawar ini nggak perlu pakai daun teh ya? baru tahu nih saya manfaat bunga mawar buat kesehatan juga banyak ya selain buat kecantikan

  19. Aprillia Oktober 14, 2021 at 10:28 am

    Penasaran ama rasanya teh mawar ini belum pernah nyoba saya loh cm tau baunya aja yang wangi dan perawatannya yang rumit paling seneng kalau uda motek taro diair awet segernya hehe

    • Erin Oktober 15, 2021 at 5:51 am

      Wah bisa dibikin teh juga ya kelopak bunga mawar. Kebetulan aku juga punya mawar yang sekarang sering banget berbunga. Biasanya aku jadi hiasan di rumah saja. Jadi mau cobain bikin teh mawar.

  20. Resky Oktober 14, 2021 at 7:39 pm

    Lah baru tau kalau bunga mawar bisa dibikin teh, kudet banget ya aku hahaha
    Btw rasanya gimana ya kak? Manfaatnya banyak banget ya

  21. eka duwi Oktober 14, 2021 at 8:11 pm

    wah mengeinpirasi sekali … patut dicoba … simpel ya cara buatnya … manfatnya juga bagus yaaa

  22. Cemil Oktober 15, 2021 at 6:27 am

    Baru tau mawar bisa jadi teh. Semacam rosella dong yaa. Kirain air mawar hny tuk kulit luar aja. Thx ilmunya kak

  23. Euisry Noor (isrinur.com) Oktober 15, 2021 at 6:47 am

    Aku belum pernah coba bikin teh mawar. Ternyata simpel dan banyak manfaatnya ya. Selama ini yg umum di kita teh melati aja.
    Di depan rumahku juga ada tanaman bunga mawar, dapat dari tetangga yg lebih dulu menanam. Sayang banget emang saat udah mekar bunganya eh terus rontok begitu aja kelopaknya. Akan lebih baik kalau dimanfaatkan ya

  24. lendyagassi Oktober 15, 2021 at 9:12 am

    Sebagai penyuka bunga mawar, aku selalu kagum dengan keindahannya.
    Dan kini, tahu manfaatnya, jadi semakin kagum.
    Wah…mashaAllah.
    Obat itu beneran ada di sekitar kita yaa..

  25. indah savitri Oktober 15, 2021 at 10:58 am

    waaah aku pengeen coba deeh ini mimin. Memang enak teh mawar yaaa dan wanginya tuh soothing banget. Thanks for the tips yaa mba

  26. Nia Haryanto Oktober 16, 2021 at 6:07 pm

    Aku penasaran dengan teh yang bahannya selain daun teh. Kayak di drama-drama Korea gitu. Termasuk teh bunga mawar begini. Kayak gimana sih rasanya? Kudu nyoba kayaknya ya. Mana punya khasiat sendiri-sendiri.

  27. Ainhy E Oktober 17, 2021 at 8:04 pm

    Saya baru tahu kalau bunga mawar bisa dijadikan teh dan banyak khasiat ternyata. Next time bakal xoba nih karena di sini juga ada bunga mawar

  28. Nyi Oktober 27, 2021 at 8:03 am

    Mawat bisa dibuat teh juga ya kak, wangi dong aromanya hmmm jadi ikutan merasakan penasran buat juga nih

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

Artikel Terkait