Standar Mutu Gula Aren – Kualitas Palm Sugar

Categories: PALM SUGAR|Komentar Dinonaktifkan pada Standar Mutu Gula Aren – Kualitas Palm Sugar|
Standar mutu gula aren

ARENGAINDONESIA.com  – Standar Mutu Gula Aren – Palm Sugar.

Gula aren (palm sugar) bermutu tinggi tergantung kualitas niranya. Yang terbaik adalah nira segar. Tidak diberi pengawet berupa zat kimia sintetis seperti sulfit atau zat pengeras yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Terlihat bening, rasa manis, bau harum dengan derajat keasaman (PH) 6-7 dan kadar sukrosa diatas 12.

Bila nira segar dibiarkan begitu saja warnanya berubah keruh yang menyerupai putih susu. Bau dan rasanya asam menyengat. Nira sepeti ini  tidak bisa lagi dibuat palm sugar karena sudah berubah jadi tuak dengan kadar etanol lumayan tinggi.

Standar mutu gula aren ditentukan juga oleh lodong ( tabung bambu) yang akan digunakan untuk menampung nira. Sebelum digunakan tabung yang panjangnya sekitar 3 meter itu harus bersih. Kalau tidak kotoran yang menempel di dinding dalam yang mengandung bakteri, ragi atau benih cacing akan membuat nira cepat asam.

Standar Mutu Gula Aren – Hanya Menggunakan Pengawet Alami.

pengawet nira alami Passiflora foetida
Pengawet nira alami – Passiflora foetida

Penyadapan nira dilakukan 2 kali sehari. Hasil sadapan malam hari diambil esok pagi dan hasil sadapan pagi akan diambil sore hari. Waktu yang dibutuhkan rata-rata 15-16 jam untuk malam hari dan 8-9 jam untuk pagi hari.Guna mencegah peragian yang membuat nira jadi asam, selama rentang waktu tersebut perajin memasukan laru atau pengawet alami ke dalam lodong bersih.

Jenis laru yang digunakan bervariasi dari daerah ke daerah. Perajin di Jawa Tengah menggunakan sirih dan potongan kayu nangka. Perajin di Banten menggunakan akar tanaman kawao.Sirih dan akar kawao berguna untuk menumpas bakteri. Sementara potongan kayu nangka akan mengeraskan dan memberi warna kuning pada gula yang akan jadi nanti.

Sementara di Palu terutama masyarakat perajin aren di menggunakan tumbuhan Passiflora foetida atau biasa juga disebut Rambusa, markisa mini yang tumbuh liar. Terutama perajin gula aren di Kecamatan Tuva menyebutnya Bunga Harsia.  Yang diambil adalah kulit buah mirip rambutan. Tanaman ini oleh perajin gula aren di Banten disebut Tetengsret.

Proses Memasak Gula Aren – Palm Sugar

Standar mutu gula aren
Proses memasak gula aren

Setelah semua nira terkumpul maka proses memasak pun dimulai. Untuk menilai standar mutu dari palm sugar, teman-teman harus perhatikan juga dengan cara membuat pemanis yang disebut gula aren ini.

Pertama-tama dilakukan penyaringan sebanyak 2 kali. Yang pertama untuk membuang kotoran kasar seperti ranting, daun, serangga dan ijuk. Yang kedua membuang kotoran halus yang mengambang di permukaan cairan. Kemudian nira dituang ke dalam kenceng (kuali) atau periuk untuk di jerangkan diatas tungku berbahan bakar kayu.

Selama proses pemasakan, sambil terus diaduk secara berkala, api harus dijaga agar tidak sampai menjilat permukaan sirop gula. Gunanya menghindari bau asap dan gula tidak berwarna terlalu hitam.Setelah 3-4 jam nira berubah jadi sirop kental. Api dikecilkan untuk menurunkan suhu sambil terus diaduk agar tidak gosong. Tingkat kematang massa gula bisa diketahui dengan meneteskannya ke dalam air dingin. Bila tetesan meluncur dengan panjang kurang lebih 2 cm maka gula siap di cetak atau dibuat gula semut (granulated palm sugar).

Salam hangat,

Arenga Indonesia. Produsen gula aren di Tangerang- Banten

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

    Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

  • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

    Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

  • Herbal alami atasi diare

    Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

  • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

    Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter