Mengapa Arenga Palm Sugar Disebut Organik?

Categories: Referensi Arenga Palm Sugar|Komentar Dinonaktifkan pada Mengapa Arenga Palm Sugar Disebut Organik?|

Mengapa Arenga Palm Sugar Disebut Organik?

Mengapa Arenga Palm Sugar Disebut Organik – Penjelasan

Pada suatu pameran saya dapat pertanyaan dari seorang pelanggan:  Mengapa label kemasan Arenga palm sugar ditulisi organik sementara yang lain tidak?

Sebetulnya jawabannya sederhana,  Arenga Palm Sugar (gula semut aren merek Arenga) punya sertifikat organik. Jadi punya hak/legalitas untuk menggunakan kata organik di sana. Status organiknya dijamin lembaga sertifikasi internasinal  Institute for Marketecology (IMO)berkedudukan di Swiss. Tapi malah saya bercerita tentang kisah panjang di belakang label organik Arenga itu. Mulai dari metode penanaman Aren , praktek penanganan produk dari sebelum sampai pasca produksi.

 

mengapa arenga palm sugar disebut organik

Begini ceritanya mengapa Arenga palm sugar disebut organik….

Asal bahan baku Arenga palm sugar

Arenga palm sugar (gula semut aren) kategorinya adalah produk wild organic. Artinya sumber bahan baku yaitu nira aren diambil dari tumbuhan liar yang hidup di hutan, lembah dan gunung. Jadi seumur hidupnya tanaman aren yang digunakan tumbuh sesukannya di area dengan curah hujan dan cahaya matahari sepanjang tahun. Mereka tidak pernah tercemar unsur  pupuk kimia sintetis.

Sistem pengolahan Arenga palm sugar yang disebut pula gula semut aren berbasis home industri.  Seperti yang dilakukan Arenga Indonesia,sederhana, namun sebuah bless in disguise bagi kelompok tani yang terlibat dalam Proyek Gula Aren Organik ini. Mereka mengolah palm sugar setengah jadi lalu mengirimnya ke pabrik Arenga Indonesia di Tangerang.

Dengan cara itu nilai tambah produk langsung dinikmati kelompok tani. Itu karena daya simpan nira sangat pendek. Sejak menetes dari tangkai bunga jantan, nira sudah mengalami proses fermentasi.Karena kelompok tani Arenga Indonesia tidak menggunakan unsur kimia sintetis untuk pengawet, agar tidak basi nira segar yang baru turun dari pohon harus langsung diolah jadi Palm sugar (gula semut) setengah jadi.

 Pabrik Arenga Indonesia juga tak butuh zat kimia apapun. Yang dilakukan hanya proses finishing terkait pembutiran dan tingkat kekeringan. Berbeda dengan proses dalam pabrik skala besar dan moderen. Perusahaan harus mengumpulkan seluruh nira hasil sadapan perajin terlebih dulu. Setelah itu baru dibawa ke pabrik dalam tangki-tangki raksasa. Disini selain perajin tak memperoleh nilai tambah produk (cuma jualan nira), kemungkinan juga membutuhkan pengawet nira berbasis kimia sintetis.

Pasalnya pengumpulan nira dari para perajin lalu membawanya ke pabrik membutuhkan waktu lama.  Agar tidak basi pengawet alami saja tidak cukup. Jadi harus menggunakan pengawet sintetis.

mengapa arenga palm sugar disebut organik
Saat audit organik

Ketelusuran

Tapi alasan itu semua belum cukup untuk menyatakan bahwa Arenga Palm Sugar layak dinyatakan sebagai produk organik. Syarat lain  untuk memperoleh sertifikat organik adalah trust/kepercayaan. Dan itu tidak cukup hanya dengan cerita di atas. Produk organik harus ditunjang dokumen lengkap untuk memudahkan ketelusurannya.

 Maksudnya sejak dari pengolah, pengumpul, Diva Maju Bersama, sampai ke pasar, Arenga punya rekaman dokumentasi. Ini digunakan IMO dalam audit tahunan dan melakukan survey ke lapangan.

Sampai disini pelanggan itu menyentuh ujung jari saya dengan sopan. Dia bicara kepada stafnya dalam bahasa yang tidak saya mengerti. Si staf lalu bicara kepada staf saya dalam bahasa Indonesia.

Update :
Cerita selanjutnya adalah sejarah. Hingga saat ini, Desember 2013, pelanggan itu tetap bersama Diva atau Arenga Indonesia.

@arenga2

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

Artikel Terkait