Resep Mie Kangkung Paripurna

Resep Mie Kangkung Paripurna

Resep Mie Kangkung Paripurna – Hidangan mie memang praktis. Baik dalam tehnik memasak maupun penyajian. Hidangan komplit dalam satu mangkok untuk keluarga atau pun bisa untuk bisnis.. Bagaimana pun hidangan adalah favorit Indonesia. Disukai tua dan muda, di kota maupun di desa

Berbeda dengan mie ayam yang mudah di dapat dimana saja, mie kangkung paling-paling terlihat di cafe, food court atau tempat semacam itu. Saya belum pernah menemukan tukang mie kangkung mendorong gerobak seperti tukang mie ayam dan mangkal  di tepi jalan. Apakah ini jenis makanan ekslusif? Rasanya sih tidak.

Terlepas dari siapa yang lebih populer, mie ayam atau mie kangkung, makanan ber-topping sayur kangkung dan toge ini memang istimewa. Kuah dengan rasa  udang, potongan daging ayam, terus diberi perasan jeruk limo. Sensi segarnya nendang.

Tambahkan sedikit sambel jiga teman-teman suka. Sungguh selain nikmat, mie kangkung boleh lah kita masukan ke dalam kelompok makanan sehat.

Baca juga :

Mau coba buat sendiri? Kali ini Arenga Kuliner memberikan resep seperti ini :

Resep Mie Kangkung Paripurna

Bahan-bahan:

  • 200 gr mike kering, rendam dalam air mendidih sampai lunak. Tiriskan
  • 1 buah dada ayam
  • 1/4 kg udang besar, kupas
  • 1 sdm ebi, rendam dalam air mendidih sampai lunak, tiriskan, sangrai, haluskan.
  • 3 buah jamur kuping segar, potong-potong.
  • Minyak untuk menumis
  • 6 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 sdm kecap asin
  • 1 sdt kecap manis
  • 1.000 ml air
  • 1 sdt tepung mazeina, larutkan dalam 5 sdm air.
  • 200 gr kangkung cabut yang sudah dibersihkan
  • 1 sdm bawang goreng merah untuk taburan
  • 1 sdm Arenga Palm Sugar (gula aren bubuk)

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, masukan bawang putih dan jahe. Tumis hingga harum, masukan ebi, daging ayam , aduk
  2. Tambahkan jamur, kecap asin, kecap manis, minyak wijen, ARENGA palm sugar, dan garam, aduk. Tuang air, masak hingga mendidih
  3. Tambahkan larutan mazeina, aduk hingga mengental. Masukan kangkung, aduk.
  4. Masukan udang
  5. Segera matikan api, agar kangkung dan udang masak tapi masih renyah.
  6. Atur mie dalam mangkuk saji, tuangi kuah dan kangkung. Taburi bawang goreng. Segara sajikan

Mie Kangkung nikmati disantap kapan saja. Namun akan lebih istimewa bila sedang musim hujan, karena kuahnya yang selalu panas itu cocok sebagai penghangat badan.

Mie kangkung juga cocok untuk sarapan, bila sayurannya mencukupi, seratnya akan membuat kita lapar lagi lebih lama. Karena sudah terdapat unsur protein dari cincangan daging ayam dan udang, di tambah kalori dari mie. Mmaka semangkuk mie kangkung ini sudah dianggap mencukupi memenuhi kebutuhan gizi menjelang makan siang.

Suka mie kangkung teman-teman? Menurut kalian apa yang istimewa dari sajian ini?

Follow Arenga Indonesia di Instagram

Untuk gula aren organik bisa beli di Tokopedia

Share artikel ini

4 Comments

  1. Dawiah November 9, 2021 at 7:07 pm

    Jujur, saya baru tahu ada mie kangkung. Terus kebayang, gimana rasanya ya?
    Setelah baca resepnya, pikiran saya langsung berubah. Pasti enak ini.
    Kalau mau dijadikan sarapan bagus juga tuh. Ada karbo dari mienya, serat dari kangkung juga protein dari udang dsb.
    Baiklah, saya catat resepnya. Suatu saat akan saya praktikkan.

  2. Fanny_dcatqueen November 11, 2021 at 2:56 pm

    Mba, jahe Ama minyak wijen nya berapa banyak? Krn di bagian2, jahe Ama minyak wijen ga ditulis, tapi di cara membuat ada.

    Duluuuu mie kangkung favoritku ada di jual di salah satu tenant kecil di Semanggi plaza. Itu Enaaaak bangetttt …. Biasa pas pulang kantor aku Ama temen sering makan di sana. Duuuh udh lama ih ga main ke Semanggi sejak nikah. Ga tau deh tenant nya masih jualan atau ga.

    Jrg Nemu yg enak kalo mie kangkung ini.

  3. Mugniar November 11, 2021 at 4:42 pm

    Saya belum pernah terpikir makan mie kangkung, Mamin. Rupanya enak ya.
    Kalau baca resepnya, enak nih.

  4. lendyagassi November 12, 2021 at 6:39 am

    Paduan yang bikin nyaman banget, apalagi di musim hujan.
    Mie kangkung dan udang. Waah~
    Serasa hangat hatiku setelah membaca menu makanan rekomendasi kak Evi.

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

Artikel Terkait