Tren Kopi Terkini: Berbagai Jenis Minuman Kopi Baru dan Cara Penyajiannya

Categories: KOPI|Komentar Dinonaktifkan pada Tren Kopi Terkini: Berbagai Jenis Minuman Kopi Baru dan Cara Penyajiannya|
Tren kopi terkini

ARENGAINDONESIA.comTren Kopi Terkini: Berbagai Jenis Minuman Kopi Baru dan Cara Penyajiannya.

Kopi adalah minuman yang terbuat dari biji kopi yang disangrai, ditumbuk jadi bubuk sehingga nanti bisa diseduh dengan air panas. Saat diseduh warnanya tetap gelap, rasanya pahit dengan sedikit asam. Tapi minuman ini mempunya efek merangsang saraf manusia, terutama karena kandungan kafeinnya . 

Efek kafein ternyata menyenangkan. Membuat kita bersemangat dan bertenaga selain meningkat konsentrasi saat dibutuhkan. Tak heran bila kopi sebagai minuman panas dinobatkan dengan penjualan tertinggi di pasar dunia.

Hebatnya lagi, kopi sebagai minuman, bisa dinikmati oleh hampir semua kalangan masyarakat. Mulai dari anak muda hingga orang tua. Pun di Indonesia, kopi adalah minuman favorit yang ditandai dengan menjamurnya kedai kopi, mulai dari desa sampai perkotaan.

Seiring dengan perkembangan zaman, tren kopi juga terus mengalami perubahan. Selain kopi susu gula aren, sekarang hal yang bisa jika kita membaca nama-nama kopi yang cantik dari daftar menu di cafe. Seperti Kopi Gula Aren Nutella yang terbuat dari espresso, susu, gula aren, dan Nutella.

Berikut ini adalah beberapa tren kopi terkini yang perlu Sobat Arenga ketahui:

1. Minuman Kopi Baru

Tren kopi terkini dengan latte art
Latte Art

Salah satu tren kopi terkini adalah kemunculan berbagai jenis minuman kopi baru. Minuman-minuman ini biasanya dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang unik dan menarik.

Perkembangan teknologi, ketersediaan bahan-bahan, preferensi konsumen yang berubah, telah memungkinkan para barista meracik aneka menu baru untuk disajikan ke pelanggan mereka.

Berikut ini adalah beberapa contoh minuman kopi baru:

  • Cold brew: Terbuat dari bubuk kopi yang direndam dalam air dingin selama beberapa jam atau semalaman. Menghasilkan minuman yang lebih lembut dan tidak terlalu pahit dibandingkan dengan kopi yang diseduh dengan air panas.
    .
  • Latte art: Minuman kopi yang secara penampilan sangat cantik. Di dibuat dengan menambahkan susu dan foam susu ke atas espresso. Latte art membutuhkan barista yang trampil dan kreatif untuk menghasilkan gambar-gambar menarik di atas permukaan susu.
    .
  • Kopi botolan: Minuman kopi ini dikemas dalam botol dan siap untuk diminum. Kopi botolan sangat praktis dan dapat dibawa ke mana saja.
    .
  • Kopi dingin: Minuman kopi ini dibuat dengan menambahkan es batu ke dalam espresso atau kopi panas. Salah satu contoh adalah kopi americano. Kopi dingin sangat cocok di negeri tropis seperti Indonesia. Menyegarkan untuk diminum di cuaca panas.
    .
  • Kopi susu gula aren: Minuman kopi ini dibuat dengan menambahkan susu, gula aren cair ke dalam espresso atau kopi panas. Kopi susu gula aren memiliki rasa yang lebih creamy dan lembut.

2. Cara Penyajian Kopi yang Unik

Selain minuman kopi baru, tren kopi terkini juga ditandai dengan kemunculan cara penyajian kopi yang unik. Tujuannya tentu saja untuk menghantarkan pengalaman menarik bagi para penikmat kopi.

Penyajian kopi yang unik ini tak lepas dari peran media sosial. Platform seperti Instagram, Tik Tok dan Youtube telah menjadi sarana efektif untuk menyebarkan tren-tren baru. Tentu saja tak ketinggalan foto dan video penyajian kopi yang unik dan menarik, unggahan tersebut tak pelak semakin menarik dan menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Berikut ini adalah beberapa contoh cara penyajian kopi yang unik:

  • Kopi dengan topping: Kopi dapat ditambahkan dengan berbagai topping, seperti krim kocok, whipped cream, cokelat, biskuit atau buah-buahan.
    .
  • Kopi dengan dekorasi: Kopi dapat didekorasi dengan berbagai macam gambar atau tulisan.
    .
  • Kopi dengan alat penyajian yang unik: Kopi dapat disajikan dengan menggunakan alat penyajian yang unik, seperti French press atau moka pot.
    .
  • Kopi dengan metode penyajian yang unik: Kopi dapat disajikan dengan menggunakan metode penyajian yang unik, seperti aeropress atau cold brew.

3. Tren Kopi Berkualitas

Selain minuman kopi baru dan cara penyajian yang unik, tren kopi terkini juga ditandai dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap kopi berkualitas. Salah satunya adalah kopi organik.

Kopi organik adalah kopi yang ditanam, dipanen, dan diproses tanpa menggunakan bahan kimia sintetis, seperti pestisida, herbisida, dan pupuk kimia. Kopi organik biasanya ditanam di tanah yang subur dan kaya akan nutrisi seperti kopi di Aceh, sehingga tanaman kopi dapat tumbuh dengan baik tanpa bantuan bahan kimia.

Kopi organik memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan kopi konvensional, antara lain:

  • Lebih sehat. Kopi organik bebas dari bahan kimia sintetis yang dapat berbahaya bagi kesehatan.
  • Lebih enak. Kopi organik memiliki rasa yang lebih murni dan alami.
  • Lebih ramah lingkungan. Kopi organik lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia sintetis yang dapat merusak tanah dan air.

Kopi organik semakin naik trennya dari tahun ke tahun karena masyarakat semakin sadar akan pentingnya kualitas kopi yang mereka konsumsi.

Begitu pun, tren kopi berkualitas ini ditandai dengan meningkatnya permintaan terhadap kopi single origin, dan kopi specialty. Kopi single origin adalah kopi yang berasal dari satu varietas kopi dan ditanam di satu wilayah tertentu. Kopi specialty adalah kopi yang memiliki kualitas tinggi dan memenuhi standar tertentu.

Kesimpulan

Tren kopi terkini terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Tren-tren ini menunjukkan bahwa kopi tidak hanya sekadar minuman, tetapi juga menjadi gaya hidup.

Arenga Indonesia. Produsen gula aren untuk kopi di Tangerang – Banten

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

    Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

  • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

    Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

  • Herbal alami atasi diare

    Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

  • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

    Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter